13 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan Tubuh

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan Tubuh
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Daun sirsak sejak lama telah digunakan sebagai bahan alternatif untuk berbagai masalah kesehatan. Sebenarnya, apa saja sih manfaat daun sirsak untuk kesehatan tubuh? Kandungan apa yang ada dalam sirsak yang membuatnya baik untuk kesehatan?

Nah, artikel ini mengajak Anda untuk memahami manfaat daun sirsak dan bagaimana cara mengonsumsi tanaman ini.

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan Tubuh

Daun sirsak memiliki sejumlah nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa diantaranya adalah tannin, fruktosa, kalsium, alkaloid, protein, dan vitamin A, B, dan C. Selain itu, tanaman ini juga kaya akan senyawa lain yang bermanfaat bagi kesehatan seperti annonacin, annocatalin, annocatacin, annohexocin, dan acetogenin.

1. Membantu melawan kanker

Penelitian menunjukkan bahwa asetogenin yang terkandung di dalam daun sirsak mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Uniknya, asetogenin ini mampu untuk menghancurkan sel kanker dengan menghambat pertumbuhan protein sel kanker.

Daun sirsak berpotensi digunakan untuk membantu pengobatan melawan kanker. Meski demikian, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengetahu keamanan dan keefektifannya.

2. Mengendalikan peradangan

Daun sirsak memiliki senyawa yang bersifat anti peradangan. Ekstrak daun sirsak menunjukkan sifat anti radang dan anti oksidan.

Anda bisa mendapatkan khasiat daun sirsak ini dengan merebus dan mengoleskannya pada bagian tubuh yang sakit. Pasalnya, daun ini dapat memberikan efek anti rematik dan neuralgik. Bahkan ramuan ini juga bisa mengurangi dan menyembuhkan luka.

manfaat sari daun sirsak sidomuncul

Beli Sari Daun Sirsak Sidomuncul Kapsul Klik di Sini

3. Mengatasi insomnia

Salah satu manfaat teh daun sirsak adalah untuk mengatasi insomnia. Daun sirsak  memiliki sifat menenangkan otot dan bekerja sebagai zat penenang. Karena itulah, mengonsumsi segelas teh daun sirsak juga bisa membantu mengurangi stres.

4. Membantu mengurangi gejala diabetes

Manfaat lainnya adalah untuk membantu metabolisme glukosa dalam tubuh. Ketika metabolisme glukosa membaik, maka kadar gula dalam darah juga berkurang. Itulah mengapa daun sirsak merupakan tanaman obat herbal yang cukup populer di Indonesia untuk penderita diabetes.

5. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Serat dalam sirsak memiliki potensi untuk meredakan konstipasi. Tidak hanya itu saja, daun sirsak juga dapat mencegah gangguan pencernaan lainnya,seperti kram, kembung, dan diare. Karena itulah, mengonsumsi daun sirsak juga dapat menjaga kesehatan pencernaan Anda.

6. Mengurangi risiko darah tinggi

Darah tinggi adalah situasi ketika tekanan dalam darah melebihi batas normal. Jika dibiarkan, kondisi ini dapat memicu terjadinya penyakit lain yang lebih serius seperti serangan jantung. Mengonsumsi daun sirsak dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

7. Meningkatkan sistem imun

Manfaat daun sirsak selanjutnya adalah meningkatkan sistem imun tubuh. Pasalnya, daun sirsak kaya akan berbagai zat yang ampuh melawan penyakit seperti annocatalin, anomurine, asam linoleat, dan annohexocin.

8. Mengobati anemia

Karena tinggi zat besi, daun sirsak juga bermanfaat untuk mengobati anemia. Pasalnya, zat besi berfungsi untuk meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh. Karena itulah penderita anemia bisa mendapatkan manfaat dengan mengonsumsi ekstrak daun sirsak.

9. Membantu proses kesembuhan akibat infeksi

Daun sirsak juga kaya akan kandungan alkaloid, flavonoid, tannin, dan saponin. Senyawa-senyawa ini berfungsi sebagai anti bakteri yang ampuh untuk proses penyembuhan karena infeksi. Tidak hanya itu saja, senyawa tersebut ternyata juga dapat melindungi paru-paru dari penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus.

10. Menjaga kesuburan

Salah satu manfaat daun sirsak untuk wanita adalah sebagai pengobatan herbal untuk memperkuat rahim. Karena itulah, tanaman ini dipercaya dapat meningkatkan keseuburan wanita. Meski demikian, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengetahui keefektifan daun sirsak untuk kesuburan.

11. Mengatasi asam urat

Kandungan senyawa dalam sirsak juga memiliki kemampuan untuk mengeluarkan racun dalam darah. Karena itulah salah satu manfaat daun sirsak adalah mengobati asam urat.  Cukup dengan mengonsumsi air rebusan daun sirsak setiap hari, maka masalah asam urat Anda akan lebih terkendali.

12. Menyembuhkan jerawat

Jika Anda ingin mencoba pengobatan alternatif yang lebih alami untuk mengobati masalah jerawat, maka cobalah perawatan menggunakan daun sirsak. Mencuci muka dengan ramuan daun sirsak dipercaya dapat membantu menyembuhkan jerawat dengan cepat.

13. Menurunkan berat badan

Terakhir, karena kemapuannya melancarkan sistem pencernaan, daun sirsak juga dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan. Meski demikian, Anda masih harus mengimbanginya dengan menjaga pola makan dan rutin berolahraga, ya!

Cara Mengonsumsi Daun Sirsak

Sebenarnya cukup mudah mengolah daun sirsak dan mengonsumsinya. Pertama, cuci dahulu daun sirsak sampai benar-benar bersih. Selanjutnya, rebus hingga mendidih, kemudian saring airnya. Nah, air rebusan inilah yang bisa Anda konsumsi untuk mendapatkan menfaat kesehatannya.

Jika tidak mau repot, Anda juga bisa langsung membeli teh daun sirsak atau kapsul ekstrak daun sirsak yang kini sudah banyak dijual di apotik. Anda bahkan tidak perlu pergi ke apotik sendiri jika sedang repot atau tidak punya banyak waktu. Pesan saja secara online di K24 klik.

Apotik online ini memberikan layanan 24 jam dan proses pengiriman yang sangat cepat. Anda cukup masuk ke laman situs https://www.k24klik.com/ kemudian pilih kapsul atau teh daun sirsak yang ingin dibeli. Selanjutnya lakukan pemesanan dan barang akan segera dikirim dalam waktu 1 jam saja.

Itulah tadi beberapa manfaat daun sirsak untuk kesehatan sekaligus beberapa cara praktis mengonsumsinya. Meskipun demikian, ingatlah untuk selalu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi vitamin atau suplemen kesehatan. Jadi, dokter bisa memberikan Anda saran tentang cara terbaik mengonsumsi supplemen tersebut!