Info GP Farmasi Tentang Obat Sirup yang Aman untuk Anak

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

info gp farmasi obat sirup yang aman

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Gabungan Perusahan (GP) Farmasi Indonesia menggelar dialog interaktif kesehatan mengenai “Sirop Obat Aman untuk Anak” pada Selasa (21/3/2023). Acara ini diadakan guna memberikan rilis edukasi yang lebih informatif untuk masyarakat bahwa sekarang obat sirup sudah aman untuk dikonsumsi. Masyarakat tidak perlu takut lagi, selama pemakaian sesuai aturan dan juga membeli obat sirup di tempat resmi.

Keresahan masyarakat akan pemakaian obat sirup berawal dari kasus Gagal Ginjal Akut pada Anak (GGPA) di Indonesia sejak Oktober 2022. Ratusan anak terindikasi mengalami GGPA akibat kandungan Etilen Glikol (EG) / Dietilen Glikol (DEG). Kandungan tersebut ternyata ditemukan dalam obat sirup anak. Kemenkes dan BPOM pun menghentikan penyediaan obat sirup di masyarakat sebelum terbukti aman dari kandungan berbahaya.

Lebih dari lima bulan berlalu, masalah kepercayaan di masyarakat masih terus saja merebak. Padahal, BPOM sendiri telah menyatakan bahwa ratusan obat sirup yang beredar di tempat berizin sudah melalui pengujian dan dinyatakan aman. Selama membeli obat di tempat resmi dan juga mengonsumsi sesuai aturan, obat sirup ini sudah aman untuk diberikan pada anak-anak.

Edukasi GP Farmasi: Obat Sirup Sudah Aman Dikonsumsi

Saat anak sakit, sirup menjadi jenis obat yang paling mudah untuk digunakan dalam mengobati permasalahan kesehatan anak. Kasus penarikan obat sirup beberapa bulan lalu membuat mayoritas orang tua menjadi khawatir untuk memilih jenis obat ini lagi. Dalam acara Dialog Interaktif GP Farmasi ini, sejumlah pakar kesehatan Indonesia memaparkan beberapa hal yang menekankan keamanan obat sirup.

“Kalau Kemenkes dan BPOM sudah nyatakan aman, maka dokter pun sama, “ pernyataan dari dr. Piprim Basarah Yanuarso, SpA(K) selaku Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

Orang tua tidak perlu merasa khawatir berlebih lagi terkait resep obat sirup yang saat ini telah kembali dilakukan oleh para dokter anak. Ketersediaan obat sirup di seluruh sarana farmasi juga turut membuktikan bahwa keamanan atau kelayakan telah teruji.

Tips Beli Obat Sirup Yang Aman

Masih merasa ragu untuk membeli obat sirup? Anda dapat mencoba melakukan beberapa cara di bawah ini untuk memastikan pembelian obat sirup yang aman.

1. Obat Sirup Teruji BPOM

Proses pengujian BPOM dilakukan dengan penuh hati-hati guna memastikan keamanan masyarakat. Sebagai tindak lanjut dalam kasus GGPA yang terjadi Oktober 2022 lalu, BPOM terus melakukan rilis update obat yang sudah diuji dan dinyatakan aman.

“Jangan khawatir, minumlah sirup obat yang sudah dinyatakan rilis oleh BPOM. Kita sudah nyatakan aman,” ucap Dra. Tri Asti Isnariani, Apt., M.Pharm selaku Plt. Direktur Registrasi Obat BPOM Indonesia.

Seperti yang diketahui, Anda dapat melakukan checking terhadap list obat apa saja yang sudah dinyatakan aman oleh BPOM di website resmi mereka. Ibu Tri Asti juga menyatakan bahwa per Februari 2023 sudah ada 616 produk obat sirup yang teruji aman. Jika belum mendapatkan hasil pengujian aman dari BPOM, tidak ada produk yang akan disediakan di sarana kesehatan resmi seperti Apotek.

2. Beli di Apotek Resmi

Produk teruji aman oleh BPOM, tetapi pendistribusiannya masih membuat Anda ragu? Cara untuk mendapatkan obat sirup yang aman tentunya adalah membeli di Apotek resmi yang telah berizin.

“Obat itu aman apalagi kalau dibeli di Apotek. Kenapa? Karena Apotek dapat izin dari pemerintah, salah satu sarana kesehatan,” pernyataan dari apt. Noffendri Roestam, S.Si yang menjabat sebagai Ketua Umum PP Ikatan Apoteker Indonesia (IAI).

Untuk memudahkan Anda, saat ini juga tersedia Apotek Online seperti K24Klik yang melayani pembelian obat secara lebih praktis. K24Klik juga sudah terdaftar Penyelenggara Sistem Elektronik Farmasi (PSEF) yang berada dibawah naungan Kemenkes.

3. Ikuti Aturan Pemakaian Sesuai Kebutuhan

Tips yang ketiga adalah pastikan untuk mengonsumsi obat sirup sesuai dengan aturan pemakaian dan juga kebutuhan. Setiap obat selalu memiliki dosis anjuran agar pengguna mendapatkan khasiat yang diharapkan, namun tidak luput juga dari efek samping jika digunakan berlebihan.

“Kita sudah nyatakan aman, sepanjang tentu saja digunakannya sesuai aturan pakai. Bagaimanapun, obat selalu ada efek sampingnya tetapi khasiatnya banyak,” pesan dari Plt. Direktur Registrasi Obat BPOM Indonesia.

Apabila Anda membeli obat di tempat resmi, informasi mengenai anjuran dosis pemakaian pasti sudah ada dalam kemasan. Terlebih jika membeli di Apotek Online seperti K24Klik, Anda akan disuguhkan informasi lengkap beserta kemungkinan efek samping yang alami dalam halaman pembelian.

Obat Sirup Yang Aman Untuk Anak

Sudah merasa yakin untuk memberikan obat sirup pada anak tapi masih bingung apa saja produknya? Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi obat sirup yang aman untuk anak.

1. Hufagripp BP

obat sirup yang aman untuk anak hufagripp batuk pilek

Beli Hufagripp Batuk Pilek Klik di Sini

Rekomendasi obat sirup aman untuk anak yang pertama adalah Hufagripp Batuk Pilek. Obat ini bermanfaat untuk meringankan gejala flu, seperti hidung tersumbat dan juga bersin-bersin. Selain itu, gejala batuk pada anak-anak juga bisa diobati menggunakan Hufagripp Batuk Pilek Sirup. Anda dapat membeli obat ini secara praktis, dijamin asli dengan harga yang terjangkau di Apotek online K24Klik.

Kisaran harga: Rp 21 ribu/botol

2. Praxion

obat sirup aman untuk anak praxion

Beli Praxion Klik di Sini

Anak mengalami demam disertai rasa nyeri atau sakit kepala? Praxion Sirup telah terbukti aman untuk dikonsumsi dan juga memberikan khasiat efektif untuk turunkan demam serta pereda nyeri. Meskipun dijual secara bebas, Anda perlu memerhatikan aturan pemakaian Praxion Sirup sesuai dengan dosis yang disarankan.

Kisaran harga: Rp 32 ribu/botol

3. Rhinos

obat sirup yang aman untuk anak rhinos junior sirup

Beli Rhinos Junior Sirup Klik di Sini

Anda dapat mengandalkan Rhinos Junior Sirup untuk meringankan gejala flu pada anak. Misalnya ketika anak Anda mulai menunjukkan gejala bersin-bersin ataupun hidung tersumbat karena pilek. Namun, perlu menjadi perhatian bahwa terdapat efek samping yang mungkin dialami seperti mengantuk dan juga mulut kering.

Kisaran harga: Rp 61 ribu/botol

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi obat sirup yang aman untuk anak. Produk-produk di atas pastinya telah teruji aman oleh BPOM dan juga tersedia di Apotek baik offline maupun online store.

Kebutuhan farmasi mulai dari obat, suplemen, vitamin hingga susu dapat Anda beli melalui K24Klik. Anda tidak perlu repot lagi keluar rumah, cukup memesan lewat aplikasi dan kebutuhan farmasi akan tiba segera. Unduh aplikasi K24Klik di Play Store maupun App Store, dapatkan manfaatnya segera.

Referensi :

https://www.youtube.com/live/vGyA6gufdGQ?feature=share diakses pada 29 Maret 2023

https://www.gpfarmasi.id/detailpost/imbas-kasus-eg-deg-produksi-pembuatan-obat-sirup-kini-makin-ketat diakses pada 29 Maret 2023

https://www.gpfarmasi.id/detailpost/jangan-takut-lagi-beli-obat-sirup-gp-farmasi-bagikan-tips-beli-obat-yang-aman-dan-bebas-cemaran diakses pada 29 Maret 2023