15 Obat Kumur yang Bagus di Apotik

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat kumur yang bagus di apotik
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Menjaga kesehatan mulut sangat penting. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan dalam upaya tersebut, termasuk di antaranya adalah dengan menggunakan obat kumur. Pemakaiannya secara rutin bisa membantu dalam mengatasi berbagai masalah, seperti sariawan, karang gigi, radang tenggorokan, dan bahkan sakit gigi.

Rekomendasi Obat Kumur yang Bagus di Apotik

Untuk solusi dalam menjaga kesehatan rongga mulut, Anda bisa menemukan banyak pilihan obat kumur yang bisa diperoleh di apotik. Sebagai referensi, berikut ini adalah 15 rekomendasi merek yang bisa Anda pertimbangkan.

1. Minosep Gargle

obat kumur minosep

Beli Minosep Gargle 150ml Klik di Sini

Obat kumur Minosep Gargle 150 ml tidak hanya bermanfaat dalam mengatasi sariawan. Namun, Anda juga bisa menggunakannya untuk mencegah terjadinya gingivitis dan menjaga kebersihan mulut. Dengan begitu, mulut tidak bau dan bebas plak.

Cara pemakaiannya sangat mudah. Anda bisa menggunakan Minosep untuk berkumur setidaknya 1 menit, dan lakukan secara rutin 2x setiap hari.

Harga: Rp59 ribuan

2. Betadine Gargle

betadine obat kumur

Beli Betadine Obat Kumur Klik di Sini

Berikutnya, ada Betadine obat kumur ukuran 190 ml. Obat ini memiliki banyak manfaat. Sifatnya yang berguna sebagai antiseptik sangat efektif dalam mengatasi berbagai permasalahan mulut, termasuk di antaranya adalah gusi bengkak, gigi berlubang, bau tak sedap, sariawan, sakit tenggorokan, serta napas yang tak segar.

Dosis untuk setiap pemakaian Betadine kumur ini adalah sebanyak 15 ml. Selanjutnya, Anda perlu berkumur antara 30-60 detik. Dalam sehari, Anda bisa menggunakan obat ini sebanyak 3 sampai 5 kali.

Harga: 43 ribuan

3. Orslim Mouthwash

obat kumur orslim mouthwash

Beli Orslim Mouthwash Klik di Sini

Kalau Anda mencari obat kumur perontok karang gigi, jawabannya adalah Orslim Mouthwash 180 ml. Obat kumur ini bisa membantu dalam mengatasi bau tak sedap dari mulut. Dengan begitu, Anda dapat berbicara di depan orang lain dengan penuh percaya diri.

Harga: Rp41 ribuan

4. Listerine Original

obat kumur listerine

Beli Listerine Original Klik di Sini

Rekomendasi selanjutnya adalah obat kumur Listerine Original. Kandungan di dalamnya berguna dalam menjaga mulut tetap bersih. Selain itu, Anda juga bisa memperoleh manfaat pemakaiannya dalam mengatasi masalah bau mulut, plak, dan sekaligus menjaga kesehatan gusi.

Dosis pemakaiannya adalah sebanyak 2 kali sehari. Selain itu, biasakan untuk berkumur menggunakan Listerine setelah selesai sikat gigi.

Harga: Rp41 ribuan

5. Enkasari

obat kumur enkasari herbal

Beli Enkasari Klik di Sini

Enkasari menggunakan bahan-bahan herbal, Enkasari aman digunakan untuk anak-anak dan dewasa.

Dosis pemakaian Enkasari untuk orang dewasa 3 kali sehari 2 gelas takar, (1 gelas takar = 15ml). Cara penggunaannya bisa Anda lakukan sebelum maupun sesudah makan.

Harga: Rp23 ribuan

6. Fordontis Mouthwash Green Tea Mint

obat kumur fordontis mouthwash green tea mint

Beli Fordontis Mouthwash Green Tea Mint Klik di Sini

Selanjutnya ada solusi obat kumur bagus di apotik dengan menggunakan Fordontis Mouthwash Green Tea Mint. Anda bisa mencoba produk ini dalam ukuran yang ekonomis 120 ml.

Harga: Rp18 ribuan

7. Listerine Cool Mint 250 ml

obat kumur listerine cool mint

Beli Listerine Cool Mint 250ml Klik di Sini

Pilihan selanjutnya adalah obat kumur Listerine Cool Mint 250 ml. Berkumur dengan produk ini menawarkan kelebihan sensasi dingin dan menyegarkan. Di waktu yang sama, Anda bisa terhindar dari berbagai masalah mulut, termasuk plak dan bau mulut.

Harga: Rp25 ribuan

8. Listerine Cool Mint 80 ml

obat kumur listerine cool mint 80 ml

Beli Listerine Cool Mint 80ml Klik di Sini

Listerine menyediakan produk obat kumur miliknya dalam berbagai varian ukuran. Kalau ingin ukuran botol yang praktis dan mudah dibawa ke mana saja, Anda bisa memilih Listerine Cool Mint 80 ml. 

Harga: Rp9 ribuan

9. Tantum Verde Gargle

obat kumur tantum verde gargle

Beli Tantum Verde Gargle Klik di Sini

Kandungan benzydamine HCL dalam Tantum Verde Gargle 60 ml menjadikan produk ini sebagai obat kumur tenggorokan yang cukup efektif. Anda bisa memanfaatkannya untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti, kelainan periodontal, tonsillitis, sakit pada mulut, sakit tenggorokan, serta post ekstraksi gigi.

Harga: Rp30 ribuan

10. Ika Sariawan

obat kumur ika sariawan

Beli Ika Sariawan Klik di Sini

Ika Sariawan 120 ml memiliki Kandungan daun sirih yang dapat membantu mulut jadi lebih segar dan meringankan masalah sariawan.

Harga: Rp21 ribuan

11. Aloclair Plus Mouthwash

obat kumur aloclair plus mouthwash

Beli Aloclair Plus Mouthwash Klik di Sini

Selanjutnya, ada solusi obat kumur sakit gigi dari Aloclair Plus Mouthwash 60 ml. Obat kumur ini memiliki khasiat dalam meredakan rasa nyeri. Selain itu, Anda bisa pula memanfaatkannya dalam menyembuhkan ulkus yang ada di rongga mulut.

Harga: Rp115 ribuan

12. Listerine Siwak

obat kumur listerine siwak

Beli Listerine Siwak Klik di Sini

Obat kumur Listerine dapat pula Anda temukan dengan varian yang memiliki kandungan ekstrak siwak, yakni Listerine Siwak 250 ml. Anda bisa menggunakannya berkumur sebanyak 2 kali sehari, dengan volume 20 ml selama kurang lebih 30 detik.

Harga: Rp27 ribuan

13. Sanorine Biru

obat kumur sanorine blue

Beli Sanorine Biru Klik di Sini

Sanorine Biru 200 ml jadi solusi obat kumur yang punya banyak manfaat. Kandungan asam hialuronat di dalamnya bisa membantu dalam melumasi jaringan di dalam mulut. Dengan begitu jaringan saraf bisa menjadi lebih elastis dan terlindungi. Anda pun dapat terhindar dari berbagai permasalahan seperti sariawan, plak, serta gusi bengkak.

Harga: Rp25 ribuan

14. Hexadol Gargle

obat kumur hexadol gargle

Beli Hexadol Gargle Klik di Sini

Obat kumur radang tenggorokan dan sekaligus pembersih mulut bisa Anda dapatkan dari Hexadol Gargle 120 ml. Pemakaiannya dapat pula membantu ketika Anda melakukan pencabutan gigi, baik sebelum ataupun sesudah. Selain itu, Anda bisa memperoleh manfaat Hexadol dalam mengatasi berbagai permasalahan mulut dan tenggorokan, seperti:

  • Gingivitis
  • Faringitis
  • Periodontitis
  • Oral thrush
  • Perikoronitis
  • Ulkus aphthous
  • Radang amandel
  • Stomatitis

Aturan pakai Hexadol bisa Anda sesuaikan dengan kondisi. Anda bisa menggunakan obat ini dengan cara berkumur selama 30 detik, pagi dan malam sebanyak 15 ml. Selain itu, ada pula pilihan untuk mengoleskannya pada luka menggunakan kapas.

Harga: Rp30 ribuan

15. Total Care Mouthwash Cool Mint

obat kumur total care mouthwash cool mint

Beli Total Care Mouthwash Cool Mint Klik di Sini

Rekomendasi yang terakhir adalah Total Care Mouthwash Cool Mint 250 ml. Cairan kumur mulut ini menawarkan perlindungan yang lengkap untuk rongga mulut. Anda dapat menggunakannya untuk menjaga kesehatan gigi, gusi, dan mulut. Selain itu, pemakaiannya bisa jadi solusi dalam upaya menjaga gigi agar tetap putih dan bersih.

Harga: Rp15 ribuan

Itulah 15 rekomendasi obat kumur yang bagus di apotik dan bisa Anda manfaatkan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, Anda perlu mengusahakan untuk menggunakannya secara rutin.

Untuk mendapatkan obat-obat kumur tersebut pun sangat mudah. Anda tidak perlu pergi ke apotik. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan layanan K24Klik. Lewat K24Klik, Anda bisa belanja berbagai jenis obat dengan praktis dan gampang.

K24Klik melayani pembelian obat secara online melalui website dan aplikasi. Anda dapat menggunakan aplikasi K24Klik di platform Android dan iOS. Yuk, jaga kesehatan Anda dan keluarga bersama K24klik!