13 Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan Tubuh

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

manfaat oatmeal untuk kesehatan tubuh

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Manfaat oatmeal untuk kesehatan sendiri sangatlah beragam mulai menjadi sumber serat dan vitamin, mengurangi kolesterol, mengontrol gula darah hingga bantu menurunkan berat badan.

Oatmeal adalah satu jenis makanan yang kaya akan karbohidrat, protein, serat dan juga berbagai nutrisi baik untuk kesehatan tubuh. Salah satu manfaat oatmeal yang ampuh mendukung program diet adalah efek mengenyangkan dari kandungan gandum dan susu.

Baca juga: Tips Diet Sehat dan Aman untuk Mendapatkan Berat Badan Ideal

Cara mengonsumsi oatmeal pun juga cukup mudah dan dapat dikombinasikan dengan berbagai topping seperti buah-buahan, oatmeal dan juga cookies. Jadi, Anda tidak hanya mengonsumsi makanan sehat penuh nutrisi tapi juga memiliki rasa yang lezat.

Tenang saja, saat ini sudah banyak oatmeal instan yang dapat Anda andalkan setiap saat cukup dengan menambahkan air hangat atau susu dan juga topping. Misalnya adalah Quaker Oats Instant yang dijual mulai dari harga 14 ribuan dengan kemasan 200 gram.

quaker-instant-oatmeal

Beli Quaker Instant Oatmeal Klik di Sini

Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan Tubuh

Apa yang membuat oatmeal istimewa? Selain menawarkan rasa yang cukup lezat dan dapat diterima oleh seluruh kalangan, berikut ini merupakan beberapa manfaat oatmeal untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Bahan utama dalam pembuatan oatmeal adalah gandum, nah serat dalam gandum ini memiliki manfaat sangat baik dalam meningkatkan kesehatan pencernaan.

Sebagai salah satu sumber serat larut, oatmeal dapat membantu Anda dalam memberi nutrisi bakteri baik yang hidup di usus. Ini akan berdampak pada terciptanya mikrobioma yang lebih sehat.

2. Menurunkan Kolesterol

Manfaat makan oatmeal selanjutnya adalah ampuh membantu Anda untuk menurunkan kolesterol. Kandungan serat dalam gandum di oatmeal mampu membersihkan kolesterol yang mungkin menumpuk di dinding arteri.

Dengan mengonsumsi oatmeal, Anda dapat menjaga kadar kolesterol dalam darah tetap normal. Tidak hanya itu, oatmeal juga bantu menghambat penyerapan kolesterol jahat (LDL) yang biasanya menjadi pemicu penyakit kardiovaskular.

3. Mengurangi Lemak Perut

Oatmeal diketahui ampuh untuk membakar lemak perut sehingga membuat program diet Anda semakin lancar. Hal ini juga dikarenakan oatmeal membuat Anda kenyang lebih lama sehingga meminimalisir konsumsi kudapan berlebih penyebab lemak perut.

Tidak heran apabila banyak orang memanfaatkan oatmeal untuk diet sehat. Anda dapat memanfaatkannya sebagai pengganti nasi agar konsumsi glukosa tidak terlalu banyak sehingga potensi obesitas pun ikut menurun.

Baca juga: Kalkulator BMI Online Gratis untuk Wanita & Pria

4. Makanan Penuh Nutrisi Baik

Oatmeal merupakan sumber protein berkualitas tinggi yang memiliki vitamin, mineral serta antioksidan baik untuk tubuh. Beberapa kandungan dalam oatmeal adalah magnesium, fosfor, mangan, zat besi, folat, vitamin B1, vitamin B5, kalsium, vitamin B6 dan B3.

Jadi dalam satu asupan oatmeal saja, Anda dapat memperoleh nutrisi karbohidrat, protein, lemak, serat dan juga kalori.

Inilah yang membuat oatmeal menjadi salah satu makanan padat nutrisi yang baik untuk Anda konsumsi secara sering. Makanan oatmeal untuk ibu hamil juga tentunya dapat memberikan manfaat baik untuk janin dalam kandungan.

quaker-instant-oatmeal

Beli Quaker Instant Oatmeal Klik di Sini

5. Melindungi Tubuh dari Efek Radikal Bebas

Paparan radikal bebas yang berlebihan sangatlah tidak baik untuk kesehatan tubuh. Untuk menguranginya, Anda memerlukan antioksidan.

Oatmeal mengandung avenanthramide, bekerja ampuh melawan radikal bebas yang biasanya menyerang HDL. Tidak hanya itu, antioksidan avenanthramide juga dapat menangkal peradangan, gatal serta memperlancar aliran darah.

Cara kerja aventhramide sendiri adalah menetralkan radikal bebas dalam tubuh, penyebab stres oksidatif. Radikal bebas ini yang biasanya mampu menyebabkan kerusakan sel dan berakibat fatal dalam menimbulkan penyakit kronis.

6. Mengatur Gula Darah

Merupakan salah satu makanan yang lambat dicerna, ini yang membuat oatmeal ampuh untuk membantu Anda mengatur gula darah. Hal ini dikarenakan kandungan serat tinggi dalam oatmeal memungkinkan pelepasan glukosa menjadi lebih lambat dan stabil ke darah.

Dengan mengonsumsi oatmeal untuk sarapan, Anda dapat mengurangi kalori sekaligus menghindari nafsu makan ekstrem yang membuat kadar glukosa meningkat. Oatmeal membuat Anda merasa kenyang lebih lama daripada makanan lainnya.

7. Memperbaiki Kesehatan Kulit dan Wajah

Paparan sinar UV sendiri diketahui sangat berbahaya jika terus menerus mengenai kulit, nah oatmeal dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasinya. Anda dapat menggunakan oatmeal sebagai produk kecantikan untuk menciptakan mikrobioma kulit sehat.

Sifat lembut dari oatmeal nyatanya ampuh untuk mendetoksifikasi kulit. Bahan makanan sehat ini dapat bekerja sebagai exfoliator dan juga ampuh mengurangi bengkak dan jerawat serta menghilangkan noda hitam pada kulit akibat paparan sinar UV berlebih.

Anda juga dapat memanfaatkan oatmeal untuk wajah yang biasanya diolah menjadi masker. Ini akan ampuh bekerja untuk melembabkan dan juga mencerahkan wajah serta bantu menghilangkan komedo.

8. Menjaga Tekanan Darah Normal

Tekanan darah yang tinggi dapat meningkatkan potensi risiko penyakit kardiovaskular yang membahayakan. Kandungan avenanthramides dalam oatmeal dapat membantu Anda untuk melebarkan dan melemaskan pembuluh darah untuk penurunan tekanan darah.

9. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tahukah Anda bahwa kandungan beta glucan dalam oatmeal memiliki manfaat sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh? Bantu merangsang fungsi sel darah putih, betaglucan ampuh bekerja untuk melawan infeksi dalam tubuh.

Beta glucan juga ampuh untuk meningkatkan aktivitas sel kekebalan lain seperti neutrofil dan makrofag. Kemudian juga bantu mematikan parasit, bakteri, virus maupun jamur. Itulah yang membuat oatmeal mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

10. Meningkatkan Kualitas Tidur

Triptofan merupakan asam amino yang berfungsi untuk membuat melatonin, hormon tidur yang bekerja mengatur siklus tidur-bangun tubuh Anda. Nah, oatmeal ini mengandung triptofan sehingga ampuh untuk membantu Anda tidur lebih nyenyak.

Bagaimana cara kerjanya? Melatonin akan lebih banyak diproduksi saat gelap untuk memberi sinyal siap tidur pada tubuh Anda. Sedangkan saat terpapar cahaya, produksi melatonin akan menurun sehingga membuat tubuh tetap terjaga.

Tidak hanya itu, kandungan magnesium dan juga kalsium dalam oatmeal juga berperan ampuh dalam meningkatkan kualitas tidur Anda.

11. Meningkatkan Pergerakan Usus

Untuk menjaga kesehatan pencernaan, serat merupakan kunci utama dalam meningkatkan pergerakan usus. Serat bekerja efektif dalam mencegah sembelit serta membantu frekuensi buang air besar (BAB) jadi lebih teratur.

Apakah Anda pernah merasakan sakit saat BAB? Mengonsumsi oatmeal juga dapat menjadi salah satu pilihan Anda untuk mengatasinya.

12. Bantu Menurunkan Berat Badan

Berat badan berlebih membuat Anda ingin menjalani program diet? Tenang, Anda dapat memanfaatkan oatmeal sebagai salah satu asupan bernutrisi yang baik untuk mendukung diet sehat.

quaker-instant-oatmeal

Beli Quaker Instant Oatmeal Klik di Sini

Efek mengenyangkan dari oatmeal dapat membantu Anda mengurangi asupan kalori sehingga berat badan dapat menurun. Dengan berkurangnya asupan kalori, Anda juga dapat terhindar dari resiko obesitas.

13. Meredakan Gejala Asam Lambung

Makanan berserat memiliki manfaat baik dalam meredakan gejala asam lambung. Oatmeal yang diketahui kaya akan serat memiliki pengaruh baik dalam tekanan sfingter di kerongkongan sehingga ampuh mengurangi resiko kenaikan asam lambung.

Jadi, Anda dapat mengonsumsi oatmeal untuk asam lambung untuk meredakan gejalanya secara efektif.

Itulah tadi informasi lengkap seputar beragam manfaat oatmeal untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Untuk membuat penyajian serta rasa menjadi lebih menarik, Anda dapat menambahkan buah-buahan seperti pisang dan juga strawberry diatas oatmeal.

Stok oatmeal habis tapi Anda tidak ingin repot keluar rumah? Tenang, beli saja di K24Klik. Produk dijamin 100% asli, pengiriman cepat sampai ke depan rumah Anda.

K24Klik sendiri merupakan aplikasi beli obat online bekerjasama dengan jaringan luas apotek K-24 yang siap melayani Anda 24 jam nonstop. Yuk unduh aplikasi K24Klik di Play Store dan juga App Store sekarang juga!

Referensi:

https://www.healthline.com/nutrition/9-benefits-oats-oatmeal#:~:text=Studies%20show%20that%20oats%20and,minerals%2C%20fiber%2C%20and%20antioxidants diakses pada 29 Juli 2023

https://healthiersteps.com/11-amazing-health-benefits-of-oatmeal/ diakses pada 31 Juli 2023