15 Obat Biang Keringat Paling Ampuh di Apotik

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat biang keringat paling ampuh di apotik

Dikurasi Oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Bantu meringankan gatal-gatal pada kulit, terdapat beberapa obat biang keringat paling ampuh di apotik yang dapat Anda gunakan seperti Caladine Gel, Alleron dan juga Bedak Herocyn.

Biang keringat merupakan salah satu gangguan kulit gatal yang disebabkan oleh adanya penyumbangan pada pori-pori kulit sehingga keringat tidak bisa keluar. Untuk mengatasinya, Anda dapat memanfaatkan beragam pilihan obat biang keringat paling ampuh di apotik.

Beberapa gejala biang keringat sendiri cukup beragam mulai dari kulit gatal-gatal, bentol-bentol hingga kemerahan. Tidak hanya mengganggu penampilan, biang keringat juga dapat membuat penderitanya tidak nyaman dalam menjalani aktivitas harian.

Pada beberapa kasus, biang keringat dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, penggunaan obat-obatan dapat mempercepat proses pemulihan dengan cara meredakan beragam gejala kulit iritasi atau alergi.

Baca juga: 15 Obat Gatal Kulit Paling Ampuh di Apotik

Rekomendasi Obat Biang Keringat Paling Ampuh di Apotik

Jenis obat yang biasa diandalkan untuk menangani kulit gatal dengan cepat adalah topikal mulai dari jenis gel, lotion, bedak dan juga cream. Penggunaan obat-obatan oral juga dapat membantu meredakan reaksi alergi yang dirasakan dari dalam.

Baik jenis topikal maupun oral, berikut ini merupakan beragam rekomendasi obat biang keringat paling ampuh di apotik yang dapat Anda manfaatkan.

1. Caladine Gel

caladine gel untuk biang keringat

Beli Caladine Gel Klik di Sini

Caladine Gel merupakan obat biang keringat yang mengkombinasikan kandungan ekstrak hammamelis, panthenol, champora, menthol, aloevera dan juga ekstrak timun. Obat ini bekerja efektif dalam meredakan gatal-gatal serta kemerahan pada kulit.

Cara penggunaan obat topikal yang satu ini pun sangat mudah, Anda dapat langsung mengoleskan Caladine Gel beberapa kali dalam sehari pada kulit yang gatal.

Kisaran harga: Rp 26 ribu/pcs

2. Nosib Salep

obat biang keringat di apotik nosib salep

Beli Nosib Salep Klik di Sini

Ampuh mengatasi keluhan kulit gatal-gatal termasuk yang disebabkan oleh biang keringat, Nosib Salep memiliki kandungan acidum salicylicum, acidum benzoicum dan juga sulfur praecipitalum di dalamnya.

Anda dapat membeli obat oles ini secara bebas tanpa resep dokter, namun pastikan untuk selalu memerhatikan dosis penggunaan. Oleskan secara tipis-tipis pada bagian kulit yang gatal untuk setidaknya 3 kali dalam sehari.

Kisaran harga: Rp 13 ribu/pcs

3. Orphen

orphen untuk kulit gatal

Beli Orphen Klik di Sini

Tidak hanya penggunaan obat-obatan topikal saja, biang keringat juga perlu diatasi dengan obat oral antialergi seperti Orphen. Obat dengan kandungan chlorpheniramine maleate atau CTM di dalamnya ini efektif digunakan untuk mengatasi reaksi alergi seperti kulit gatal.

Perlu diketahui bahwa Orphen memiliki efek sedatif yang dapat menimbulkan efek samping mengantuk. Pastikan untuk tidak mengonsumsi obat gatal ini ketika hendak melakukan aktivitas dengan fokus tinggi seperti menyetir.

Kisaran harga: Rp 1 ribu/strip

4. Salep Kulit 88

salep kulit 88

Beli Salep Kulit 88 Klik di Sini

Biasa dimanfaatkan untuk mengatasi beragam gangguan kulit, Salep Kulit 88 mengandung acidum salicylicum, acidum benzoicum, sulfur praecipitatum, camphora, mentholatum dan juga base salep di dalamnya.

Anda dapat mengoleskan Salep Kulit 88 secukupnya pada area kulit yang gatal untuk 3 kali dalam sehari.

Kisaran harga: Rp 15 ribu/tube

5. Bedak Herocyn

bedak herocyn untuk biang keringat

Beli Bedak Herocyn Klik di Sini

Salah satu obat biang keringat dewasa maupun anak yang paling populer digunakan adalah Bedak Herocyn. Komposisi dari bedak gatal yang satu ini adalah bals peruv, zinc oxide, salicylic acid dan juga menthol.

Penggunaan obat ini dapat langsung digosokkan pada area kulit yang gatal beberapa kali dalam sehari sesuai kebutuhan.

Kisaran harga: Rp 15 ribu/pcs

6. Bedak Biang Keringat Konicare

bedak biang keringat konicare

Beli Bedak Biang Keringat Konicare Klik di Sini

Biang keringat pada anak-anak membuat Anda panik dan bingung menentukan obat mana yang tepat? Bedak Biang Keringat Konicare dapat menjadi pilihan Anda dengan kombinasi kandungan kalamin, seng oxide, allantoin, vitamin E hingga minyak zaitun di dalamnya.

Obat biang keringat anak ini cukup digunakan beberapa kali dalam sehari sesuai kebutuhan dan digosokkan langsung pada kulit gatal, bentol-bentol ataupun kemerahan.

Kisaran harga: Rp 17 ribu/botol

7. Alleron

alleron untuk gatal

Beli Alleron Klik di Sini

Dengan kandungan CTM 4 mg di dalamnya, Alleron merupakan salah satu obat biang keringat paling ampuh di apotik yang dapat Anda manfaatkan. Obat ini juga biasa digunakan untuk mengatasi biduran, gatal karena gigitan serangga hingga alergi dermatitits.

Perhatikan anjuran penggunaan obat ini sesuai umurnya, mulai dari 3-4 kali sehari 1 kaplet untuk dewasa, setengah kaplet untuk usia 6-12 tahun dan seperempat kaplet untuk anak-anak usia 2-6 tahun.

Kisaran harga: Rp 1 ribu/strip

8. Caladine Lotion

caladine lotion untuk biang keringat

Beli Caladine Lotion Klik di Sini

Selain jenis gel, Anda juga dapat menggunakan Caladine jenis lotion untuk meredakan kulit gatal-gatal, bentol-bentol ataupun kemerahan akibat biang keringat. Komposisi dari Caladine Lotion sendiri adalah calamin, zinc oxide dan juga diphendramine HCl.

Selalu bersihkan kulit terlebih dahulu sebelum menggunakan Caladine Lotion untuk memaksimalkan efektivitas kinerja obat biang keringat yang satu ini.

Kisaran harga: Rp 24 ribu/botol

9. Diprosalic Salep

diprosalic salep kulit gatal

Beli Diprosalic Salep Klik di Sini

Mengkombinasikan betamethasone dipropionate dan juga salicylic acid, Diprosalic Salep menjadi salah satu obat ampuh untuk mengatasi gangguan pada kulit. Hal ini termasuk jika kulit gatal-gatal akibat biang keringat.

Termasuk dalam golongan obat keras, Diprosalic Salep dapat Anda beli menggunakan resep dokter dan digunakan sesuai petunjuk dokter.

Kisaran harga: Rp 93 ribu/tube

10. Gel Pengurang Gatal Konicare

gel pengurang gatal konicare

Beli Gel Pengurang Gatal Konicare Klik di Sini

Mengandung ekstrak hammamelis di dalamnya, Gel Pengurang Gatal Konicare juga sama efektifnya seperti Caladine dalam meredakan kulit gatal-gatal akibat biang keringat. Obat ini juga diperkaya dengan kandungan ekstrak aloe vera, etanol, carbomer dan trietanolamin.

Dapat digunakan pada dewasa maupun anak, oleskan Gel Pengurang Gatal Konicare secukupnya langsung pada area kulit yang gatal.

Kisaran harga: Rp 9 ribu/botol

11. Bedak Salicyl Cap Gajah

bedak salicyl cap gajah

Beli Bedak Salicyl Cap Gajah Klik di Sini

Bedak Salicyl Cap Gajah mengkombinasikan kandungan acyd salicyl dan juga talc venetum yang bekerja ampuh dalam mengurangi kemerahan pada kulit, bentol-bentol dan juga gatal-gatal.

Anda dapat langsung menaburkan atau menggosokkan bedak ini pada bagian kulit yang gatal, bentol atau kemerahan.

Kisaran harga: Rp 6 ribu/pcs

12. Cetirizine

obat gatal cetirizine

Beli Cetirizine Klik di Sini

Obat antialergi yang efektif membantu Anda mengatasi masalah kulit yang disebabkan oleh biang keringat adalah cetirizine. Anda dapat mengonsumsi obat ini maksimal 10mg/hari atau sesuai dengan petunjuk dokter.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

13. Loratadine

loratadine untuk biang keringat

Beli Loratadine Klik di Sini

Selain cetirizine dan juga obat dengan kandungan CTM, Loratadine juga menjadi salah satu pilihan obat yang tepat untuk mengatasi kulit gatal-gatal. Obat ini biasa dimanfaatkan untuk mengatasi beragam reaksi alergi dan memiliki efek sedatif yang minim.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

14. Sriti Antiseptic Cream

sriti antiseptic cream

Beli Sriti Antiseptic Cream Klik di Sini

Mengandung benzethonium chlorida di dalamnya, Sriti Antiseptic Cream dapat membantu meredakan beragam masalah kulit seperti jamur, kurap, kudis, gatal-gatal dan juga kemerahan. Obat luar ini dapat dioleskan langsung pada kulit 2-3 kali sehari.

Kisaran harga: Rp 10 ribu/pcs

15. Alerhis

obat biang keringat alerhis

Beli Alerhis Klik di Sini

Kaplet dengan kandungan loratadine 10 mg di dalamnya, Alerhis juga dapat menjadi salah satu pilihan obat biang keringat paling ampuh untuk Anda. Obat ini dapat dikonsumsi sekali sehari dengan aturat 1 kaplet 10 mg sekali minum.

Kisaran harga: Rp 13 ribu/strip

Itulah tadi beragam rekomendasi obat biang keringat paling ampuh di apotik yang dapat Anda manfaatkan. Apabila kondisi gatal, bentol atau kemerahan pada kulit tidak kunjung baik maka segera periksakan pada dokter spesialis untuk penanganan terbaik.

Gatal-gatal menyerang tiba-tiba dan kehabisan stok obat? Tidak perlu panik dan repot menerjang cuaca panas maupun hujan ke apotek offline, semua jadi beres dengan memesannya di aplikasi K24Klik.

Kami siap melayani Anda 24 jam nonstop dengan pengiriman kemanapun dan jaminan 1 jam sampai. Yuk unduh aplikasi kami di Play Store dan juga App Store sekarang juga! (writer/ib)

Referensi:

https://www.nhs.uk/conditions/heat-rash-prickly-heat/ diakses pada 24 Mei 2024