15 Obat Anemia Paling Ampuh di Apotik

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat anemia paling ampuh di apotik

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Anemia dapat menyebabkan tubuh mengalami kekurangan oksigen dan perlu untuk segera diatasi. Beberapa obat anemia paling ampuh di apotik yang dapat Anda manfaatkan adalah Sangobion, Maltofer dan juga Tonikum Bayer.

Jumlah sel darah merah yang lebih rendah dari jumlah normal merupakan gambaran kondisi dimana seseorang menderita anemia. Untuk membantu pengobatan, Anda dapat memanfaatkan beragam obat anemia yang tersedia di apotik.

Kekurangan sel darah merah sendiri berpengaruh pada gangguan tubuh yang tidak dapat menerima oksigen dengan cukup. Hal ini dikarenakan sel darah merah memiliki tugas utama yang krusial yaitu mengirimkan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Baca juga: 15 Vitamin E yang Bagus di Apotik dan Harganya

Rekomendasi Obat Anemia Paling Ampuh di Apotik

Ketika anemia menyerang seseorang, penggunaan obat-obatan tidak bersifat instan mengatasi secara langsung. Mengonsumsi suplemen tambah darah dapat menjadi salah satu langkah tepat untuk menormalkan jumlah sel darah merah dalam tubuh.

Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi obat anemia paling ampuh di apotik yang dapat Anda manfaatkan.

1.  Sangobion

obat anemia sangobion

Beli Sangobion Klik di Sini

Mengkombinasikan zat besi, vitamin dan mineral di dalamnya, Sangobion merupakan salah satu suplemen yang dapat membantu mengatasi anemia. Suplemen ini memungkinkan penyerapan zat besi lebih maksimal dn pembentukan sel darah merah.

Anda dapat mengonsumsi Sangobion sekali sehari dengan aturan 1 kapsul tiap kali minum. Pada wanita, suplemen ini juga dapat mencegah anemia saat menstruasi dengan cara dikonsumsi mulai dari 3 hari sebelum dan selama periode haid.

Kisaran harga: Rp 22 ribu/strip

2. Etabion

etabion tablet di apotik

Beli Etabion Klik di Sini

Cara mengobati anemia paling efektif adalah memastikan pembentukan sel darah merah lebih efektif dengan menjaga asupan zat besi. Anda dapat mengonsumsi beragam suplemen penambah darah seperti Etabion untuk mengatasi anemia.

Komposisi dari suplemen ini adalah fero glukonat, vitamin C, asam folat, vitamin B12, vitamin D, Cu-Sulfat dan juga Mn Sulfat. Anjuran penggunaan Etabion adalah 2 kaplet sehari, sesudah makan.

Kisaran harga: Rp 3 ribu/strip

3. Ferospat Effervescent Tablet

ferospat effervescent tablet

Beli Ferospat Effervescent Klik di Sini

Obat untuk anemia tidak hanya tersedia dalam versi tablet ataupun kapsul, tetapi juga effervescent yang mudah dikonsumsi. Ferospat Effervescent Tablet dapat membantu memenuhi kebutuhan zat besi pada tubuh, termasuk dalam mendukung pengobatan anemia.

Anda dapat melarutkan 1 tablet effervescent dengan segelas air putih, konsumsi 1 kali sehari sesudah makan.

Kisaran harga: Rp 103 ribu/tube

4. Maltofer

maltofer chewable tablet untuk anemia

Beli Maltofer Chewable Tablet Klik di Sini

Bagaimana cara mengobati anemia pada anak-anak? Maltofer Chewable Tablet dapat menjadi salah satu obat yang tepat untuk Anda.

Dikemas dalam bentuk tablet kunyah yang hadir dengan rasa coklat manis, obat ini mengandung 100 mg zat besi dan dapat dikonsumsi sekali sehari 1 tablet.

Kisaran harga: Rp 24 ribu/strip

5. Folavicap

folavicap penambah darah

Beli Folavicap Klik di Sini

Diproduksi oleh PT. Caprifamindo Laboratories, Folavicap merupakan suplemen asam folat yang dapat membantu mengobati anemia. Suplemen yang satu ini biasanya sangat dianjurkan untuk ibu hamil dan menyusui dimana beresiko tinggi mengalami anemia.

Kisaran harga: Rp 12 ribu/strip

6. Tonikum Bayer

obat untuk anemia tonikum bayer

Beli Tonikum Bayer Klik di Sini

Ada beberapa kondisi kesehatan yang dapat meningkatkan resiko anemia seperti kehamilan, menstruasi, masa pertumbuhan dan juga usia lanjut. Untuk membantu mengatasi gangguan kesehatan tersebut, Anda dapat mengonsumsi Tonikum Bayer.

Multivitamin yang satu ini mengandung vitamin B kompleks, vitamin C, zat besi hingga zinc di dalamnya. Tonikum Bayer hadir dalam bentuk sirup yang mudah dikonsumsi, gunakan sesuai dengan aturan pakai yang tertera pada kemasan.

Kisaran harga: Rp 19 ribu/botol

7. Tablet Tambah Darah Marin

tablet tambah darah di apotek

Beli Tablet Tambah Darah Marin Klik di Sini

Tablet salut selaput yang satu ini dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah sehingga beragam gejala anemia pun teratasi. Selain itu, tablet tambah darah Marin juga membantu memenuhi kebutuhan zat besi dan asam folat pada tubuh.

Anjuran mengonsumsi tablet tambah darah ini adalah sekali sehari sebanyak 1 tablet tiap kali minum, sesudah makan.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

8. Ferobion Tablet

ferobion tablet

Beli Ferobion Tablet Klik di Sini

Multivitamin yang efektif mengatasi keluhan anemia, Ferobion Tablet dapat dikonsumsi 1-2 tablet per harinya sesuai kebutuhan ataupun petunjuk dokter. Beberapa kandungan dalam multivitamin ini adalah folic acid, fe fumarate, vitamin B kompleks hingga lysine HCl.

Kisaran harga: Rp 10 ribu/strip

9. Tropibion

tropibion kaplet untuk kurang darah

Beli Tropibion Klik di Sini

Bantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral dalam tubuh, Tropibion dapat menjadi salah stau obat anemia yang tepat untuk Anda. Selain mengatasi anemia, Tropibion juga bekerja efektif dalam memelihara kesehatan tubuh.

Kisaran harga: Rp 36 ribu/strip

10. Solvitron

solvitron kapsul

Beli Solvitron Klik di Sini

Setiap kapsul Solvitron memiliki kandungan zat besi fumarate, kalsium pantotenat, asam folat, vitamin B kompleks, manganese sulfat dan juga copper sulfat. Suplemen yang satu ini dapat mengobati ataupun mencegah anemia.

Pastikan untuk mengonsumsi suplemen ini sesuai dosis yang dianjurkan baik pada dewasa maupun anak-anak guna memaksimalkan efektivitasnya.

Kisaran harga: Rp 9 ribu/strip

11. Hufabion

obat anemia di apotik hufabion

Beli Hufabion Klik di Sini

Hufabion merupakan suplemen yang mengandung zat besi, asam folat dan juga multivitamin di dalamnya. Manfaat utama dari penggunaan suplemen ini adalah mengatasi anemia akibat kekurangan zat besi.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

12. Inbion

inbion kapsul untuk tambah darah

Beli Inbion Klik di Sini

Salah satu cara mengobati anemia adalah memastikan kebutuhan zat besi dalam tubuh terpenuhi sehingga pembentukan sel darah merah pun menjadi lebih efektif. Untuk memenuhi asupan zat besi, Anda dapat mengonsumsi suplemen seperti Inbion.

Anjuran mengonsumsi suplemen penambah darah ini adalah 1-2 kapsul per harinya, sesudah makan.

Kisaran harga: Rp 43 ribu/strip

13. Vitalex

vitalex kapsul

Beli Vitalex Klik di Sini

Penyakit anemia sendiri sering menyerang ibu hamil dan menyusui yang dapat berpengaruh pada pertumbuhan janin. Untuk mengatasinya, Vitalex merupakan pilihan tepat karena efektif membantu memenuhi kebutuhan zat besi serta vitamin pada tubuh.

Kisaran harga: Rp 5 ribu/strip

14. Emibion

emibion kapsul untuk penyakit anemia

Beli Emibion Klik di Sini

Kapsul penambah darah yang mengkombinasikan beragam vitamin ataupun mineral, Emibion dapat Anda manfaatkan dalam pengobatan anemia. Anjuran mengonsumsi Emibion adalah 1-2 kapsul sehari.

Kisaran harga: Rp 22 ribu/strip

15. Livron B Plex

obat penambah darah livron b plex

Beli Livron B Plex Klik di Sini

Multivitamin yang bekerja ampuh dalam proses pengobatan anemia, Livron B Plex memiliki beragam kandungan bermanfaat di dalamnya. Anda dapat mengonsumsi multivitamin ini sesuai petunjuk dokter, sesudah makan.

Kisaran harga: Rp 5 ribu/strip

Itulah tadi beragam rekomendasi obat anemia paling ampuh di apotik yang dapat Anda manfaatkan. Apabila gejala-gejala anemia semakin memburuk, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan terbaik.

Anemia yang tidak segera diatasi dapat memicu beragam masalah kesehatan serius seperti menurunnya sistem kekebalan tubuh, rentan terserang infeksi dan lain sebagainya.

Butuh obat segera tapi apotik jauh dari lokasi Anda? Tidak perlu cemas, semua jadi beres bersama aplikasi K24Klik.

Aplikasi beli obat online yang menjamin pengiriman cepat serta penawaran gratis ongkos pengiriman khusus untuk Anda, yuk unduh di Play Store maupun App Store sekarang juga! (writer/ib)

Referensi:

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/anemia/diagnosis-treatment/drc-20351366 diakses pada 10 Juli 2024