10 Salep Luka Lecet Paling Ampuh dan Aman di Apotik

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

salep luka lecet di apotik

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Salep luka lecet dapat membantu proses pemulihan luka dan juga mencegah terjadinya infeksi. Beberapa rekomendasi salep luka lecet paling ampuh adalah Bioplacenton, Betadine Oint dan juga Hansaplast Wound Care Oint.

Penanganan awal terhadap luka menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan guna meminimalisir terjadinya infeksi. Anda dapat memanfaatkan beragam salep luka lecet yang tersedia di apotik.

Salep luka lecet sendiri merupakan obat pengering luka yang biasanya berbentuk cairan ataupun salep dan bertindak sebagai pertolongan pertama.

Baca juga: 18 Obat Pengering Luka Luar di Apotik

Rekomendasi Salep Luka Lecet Paling Ampuh dan Aman di Apotik

Sudah bukan hal yang asing lagi ketika Anda memiliki luka luar termasuk lecet, biasanya cairan seperti Rivanol ataupun Betadine menjadi andalan untuk mengatasinya. Namun, obat berbentuk salep juga dapat menjadi salah satu alternatif.

Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi salep luka lecet paling ampuh dan aman di apotik yang dapat Anda manfaatkan.

1. Bioplacenton

salep luka lecet bioplacenton

Beli Bioplacenton Klik di Sini

Mengkombinasikan kandungan placenta extract dan neomycin sulfate di dalamnya, Bioplacenton biasa digunakan untuk mengobati luka. Termasuk dalam golongan obat keras, pembelian Bioplacenton harus sesuai dengan resep dokter.

Penggunaan salep luka lecet kecelakaan ini pun cukup mudah, Anda dapat langsung mengoleskan Bioplacenton pada luka 4-6 kali sehari atau sesuai kebutuhan.

Kisaran harga: Rp 37 ribu/tube

2. Bioskin Gel

bioskin gel di apotik

Beli Bioskin Gel Klik di Sini

Manfaat utama dari Bioskin Gel sendiri adalah meringankan luka bakar, tanpa meninggalkan bekas luka. Salep ini mengkombinasikan kandungan tea tree oil, aloe vera dan juga centellae herba extract di dalamnya.

Tidak hanya mengatasi luka bakar, Anda dapat memanfaatkan obat ini untuk meringankan luka lecet sekaligus membantu proses pemulihannya.

Kisaran harga: Rp 45 ribu/tube

3. Betadine Oint

betadine oint untuk luka lecet

Beli Betadine Oint Klik di Sini

Betadine Oint merupakan salep dengan kandungan zat aktif povidone iodine 10% yang bekerja efektif sebagai salep antiseptik luka. Anda dapat langsung mengoleskan salep ini 1-2 kali sehari pada permukaan kulit yang lecet.

Selain membantu pengobatan luka lecet, Betadine Oint juga dapat dimanfaatkan untuk membunuh kuman penyebab infeksi luka bakar, tergores dan luka luar lainnya.

Kisaran harga: Rp 44 ribu/tube

4. Centabio Gel

obat centabio gel di apotek

Beli Centabio Gel Klik di Sini

Luka lecet berpotensi menyebabkan infeksi yang tentunya perlu untuk segera diatasi. Salah satu solusi tepat untuk mengatasi kondisi tersebut adalah memanfaatkan salep luka luar seperti Centabio Gel.

Obat ini memiliki kandungan neomycin sulfate dan juga placenta extract di dalamnya. Anjuran penggunaan salep ini adalah 2-5 kali sehari atau sesuai kebutuhan.

Kisaran harga: Rp 36 ribu/tube

5. Hansaplast Wound Care Oint

hansaplast wound care oint untuk luka

Beli Hansanplast Wound Care Oint Klik di Sini

Serbaguna untuk mengatasi beragam jenis luka luar, Hansaplast Wound Care Oint memiliki kandungan petroleum jelly di dalamnya. Produk ini diformulasikan khusus untuk membantu proses penyembuhan luka serta mencegah terbentuknya bekas luka.

Anda dapat langsung mengoleskan langsung salep ini minimal 2 kali per hari pada bagian yang sakit. Setelah mengoleskan Hansaplast Wound Care Oint, tutup luka menggunakan plester apabila memang diperlukan.

Kisaran harga: Rp 47 ribu/tube

6. Salep Levertran

salep levertran

Beli Salep Levertran Klik di Sini

Untuk membantu proses penyembuhan luka lecet, Anda dapat memanfaatkan Salep Levertran dengan kandungan oleum lecoris ass di dalamnya. Oleskan langsung salep ini pada luka lecet secukupnya, sesuai kebutuhan.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/pcs

7. Lanakeloid-e Krim

lanakeloid e krim obati luka lecet di apotik

Beli Lanakeloid-e Krim Klik di Sini

Obat yang mengkombinasikan centella asiatica phytosome dan juga vitamin E di dalamnya, Lanakeloid-e Krim dapat membantu mengobati luka lecet.

Salep untuk luka lecet ini dapat digunakan 1-2 kali sehari dengan cara dioleskan langsung secara tipis-tipis pada kulit yang sakit. Segera hentikan pemakaian krim ini apabila terjadi reaksi alergi.

Kisaran harga: Rp 214 ribu/tube

8. Liposin Salep

liposin salep di apotik

Beli Liposin Salep Klik di Sini

Liposin Salep merupakan obat yang bekerja efektif dalam mencegah infeksi bakteri pada kulit akibat luka lecet ataupun luka luar lainnya. Komposisi dari obat ini adalah bacitrcin, lidocaine HCl dan juga neomycin sulfate di dalamnya.

Perlu diperhatikan bahwa obat ini termasuk dalam golongan obat keras yang memerlukan resep dokter untuk mendapatkannya. Anda dapat memanfaatkan layanan Dokter Siaga Online untuk berkonsultasi secara online dan mendapatkan resep dokter di aplikasi K24Klik.

Kisaran harga: Rp 56 ribu/tube

9. Octenilin Gel

octenilin gel di apotik untuk luka

Beli Octenilin Gel Klik di Sini

Mengkombinasikan kandungan allantoin dan juga octenidine hydrochloride di dalamnya, Octenilin Gel dapat digunakan untuk mengatasi luka lecet. Allantoin dalam obat ini berfungsi sebagai pelembap yang dapat mencegah kulit kering, kasar ataupun iritasi.

Anjuran penggunaan obat ini adalah 2-3 kali sehari, dioleskan langsung ke area luka secukupnya.

Kisaran harga: Rp 41 ribu/tube

10. Vaseline Petrolium Jelly

vaseline petroleum jelly untuk luka lecet

Beli Vaseline Petroleum Jelly Klik di Sini

Cara mengobati luka lecet yang paling mudah dilakukan adalah memastikan kulit dalam kondisi lembab sehingga tidak menimbulkan iritasi yang parah. Salah satu salep yang dapat Anda manfaatkan untuk kondisi tersebut adalah Vaseline Petroleum Jelly.

Komposisi dari salep ini adalah 100% petroleum jelly murni yang juga akan berperan ampuh dalam membantu proses pemulihan kondisi kulit pasca luka.

Kisaran harga: Rp 39 ribu/tube

Cara Menangani Luka Lecet dengan Tepat

Sebelum memanfaatkan obat-obatan baik jenis cair ataupun salep, Anda dapat melakukan beberapa langkah pertama saat luka lecet. Berikut ini merupakan beragam cara menangani luka lecet dengan tepat untuk mencegah infeksi.

1. Basuh Luka dengan Air Bersih

Ketika luka lecet pertama terjadi, pastikan untuk langsung membasuh luka dengan air bersih. Sebelum itu, jangan lupa untuk mencuci tangan Anda terlebih dahulu.

2. Keringkan Luka Menggunakan Kain Bersih

Setelah luka dipastikan bersih, gunakan kain bersih untuk mengeringkan luka. Saat melakukan langkah ini, Anda juga dapat sembari mengusap perlahan kotoran-kotoran yang mungkin masih tersisa di area luka lecet.

Terutama ketika luka lecet akibat jatuh dari motor biasanya terdapat banyak debu, kerikil halus ataupun kotoran lain yang perlu dibersihkan sebelum melakukan pengobatan.

3. Oleskan Salep

Setelah memastikan luka lecet telah bersih dan kering, Anda dapat mengoleskan salep luka lecet maupun cairan antiseptik untuk mengobatinya. Pastikan tangan dalam keadaan steril ketika melakukan pengobatan.

Nah, itulah tadi beragam rekomendasi salep luka lecet paling ampuh dan aman di apotik yang dapat Anda gunakan sesuai aturan pakai yang tepat. Apabila luka tidak kunjung membaik, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan terbaik.

Butuh obat luka segera? Tidak perlu repot keluar rumah, Anda dapat langsung memesan obat secara online melalui aplikasi K24Klik.

Unduh aplikasi kami di Play Store ataupun App Store sekarang juga, dapatkan beragam penawaran gratis ongkos pengiriman dan juga potongan harga produk terbaik khusus untuk Anda. (writer/ib)

Referensi:

https://www.healthline.com/health/abrasion#:~:text=Cover%20a%20wound%20that%20bled,and%20bandage%20once%20per%20day diakses pada 11 Juli 2024