15 Obat Osteoporosis yang Bagus di Apotik

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat osteoporosis yang bagus di apotik

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Obat osteoporosis dapat membantu menghambat pengeroposan tulang yang lebih parah dan mendukung kelancaran aktivitas harian. Beberapa rekomendasi obat osteoporosis yang bagus adalah Oscal, Cal-95 dan Osteonate Oaw.

Osteoporosis merupakan kondisi dimana kepadatan tulang menurun sehingga tulang menjadi keropos dan penderitanya dapat mengalami keterbatasan pergerakan. Untuk membantu mengatasi kondisi tersebut, tersedia beberapa obat osteoporosis yang bagus di apotik.

Obat osteoporosis sendiri tidak bekerja langsung dalam memperbaiki kepadatan tulang, tetapi mencegah keparahan. Anda juga harus menghindari terjadinya benturan yang berpotensi menyebabkan tulang patah ataupun retak.

Baca juga: 15 Vitamin untuk Tulang dan Sendi di Apotik

Rekomendasi Obat Osteoporosis yang Bagus di Apotik

Untuk menentukan pengobatan terbaik dari osteoporosis, Anda perlu melakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter spesialis. Penggunaan obat-obatan biasanya juga diimbangi dengan mengonsumsi vitamin ataupun menjalankan pola hidup sehat seperti olahraga.

Berikut ini merupakan beragam rekomendasi obat osteoporosis yang bagus di apotik dan biasa disarankan oleh dokter.

1. Ossopan

obat osteoporosis ossopan

Beli Ossopan Klik di Sini

Ossopan merupakan obat yang memiliki kandungan Ossein Hydroxyapatite Compound (OHC) di dalamnya. Manfaat utama dari obat itu adalah membantu metabolisme pertumbuhan tulang, termasuk dalam mendukung pengobatan penyakit osteoporosis.

Termasuk dalam golongan obat keras, Anda memerlukan resep dokter untuk mendapatkan Ossopan di apotik.

Kisaran harga: Rp 7 ribu/tablet

2. Osteopor

osteopor kapsul di apotik

Beli Osteopor Klik di Sini

Suplemen yang satu ini mengkombinasikan kandungan kalsium, soy isoflavone, magnesium, zinc dan juga vitamin D3 di dalamnya. Anda dapat mengonsumsi Osteopor untuk menjaga kesehatan tulang, sekaligus mencegah keparahan penyakit osteoporosis.

Anjuran mengonsumsi suplemen tulang ini adalah 1 kali sehari sebanyak 1 kapsul tiap kali minum, sesudah makan.

Kisaran harga: Rp 39 ribu/strip

3. Cal-95

cal 95 untuk pengobatan osteoporosis

Beli Cal-95 Klik di Sini

Untuk terapi suportif pada osteoporosis, Cal-95 sering kali disarankan oleh dokter karena mengandung beragam zat aktif bermanfaat. Dosis anjuran mengonsumsi obat ini adalah 1-2 kapsul per hari.

Komposisi dari obat ini adalah Coral Ca, natural soy isoflavone, vitamin D3, vitamin K1, magnesium, zinc dan juga borom.

Selain membantu pengobatan osteoporosis, Cal-95 juga dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium pada anak yang berada dalam masa pertumbuhan.

Kisaran harga: Rp 54 ribu/strip

4. Oscal

oscal kapsul di apotek

Beli Oscal Klik di Sini

Salah satu penyebab osteoporosis adalah ketika wanita sudah memasuki masa menopause dan mengalami penurunan jumlah hormon estrogen, pemicu pengeroposan tulang. Untuk mengatasi osteoporosis akibat menopause, Oscal menjadi pilihan tepat untuk Anda.

Kandungan dari obat ini adalah kalsitriol 0,25 mcg dan dapat dikonsumsi sesuai dengan petunjuk dokter.

Kisaran harga: Rp 10 ribu/tablet

5. Alovell

alovel tablet di apotek

Beli Alovell Klik di Sini

Alovell merupakan obat yang digunakan untuk mencegah dan juga mengobati osteoporosis. Kandungan zat aktif dalam obat osteoporosis ini adalah Alendronate Na.

Obat ini termasuk dalam golongan obat keras dan penggunaannya harus berdasarkan petunjuk dokter.

Kisaran harga: Rp 131 ribu/tablet

6. Teorol

teorol untuk osteoporosis

Beli Teorol Klik di Sini

Penyakit osteoporosis juga dapat disebabkan oleh defisiensi vitamin D. Anda dapat memanfaatkan obat Teorol dalam terapi pengobatan osteoporosis sesuai dosis yang dianjurkan.

Obat yang diproduksi oleh Novell Pharma ini memiliki kandungan cholecalciferol di dalamnya. 

Kisaran harga: Rp 4 ribu/tablet

7. Epocaldi

epocaldi kapsul

Beli Epocaldi Klik di Sini

Suplemen untuk osteoporosis, Epocaldi mengkombinasikan kandungan kalsium, evening primrose oil, alpha linoleate, vitamin D3 dan juga cholecalciferol di dalamnya. Anjuran mengonsumsi Epocaldi adalah 2 kapsul sehari.

Kisaran harga: Rp 246 ribu/botol

8. Prove D3

prove d3 chew tablet

Beli Prove D3 Klik di Sini

Vitamin yang bekerja ampuh dalam membantu pencegahan osteoporosis, Prove D3 mengandung bahan aktif vitamin D3 500 IU di dalamnya. Selain untuk pencegahan, vitamin ini juga dapat mengurangi resiko keparahan osteoporosis.

Kandungan vitamin D3 sendiri bekerja efektif dalam membantu tubuh menyerap kalsium dan fosfor yang penting untuk pencegahan ataupun pengobatan osteoporosis. Dapatkan harga terbaik produk vitamin tulang ini hanya di aplikasi K24Klik.

Kisaran harga: Rp 6 ribu/tablet

9. Calplex

vitamin calplex tablet di apotik

Beli Calplex Klik di Sini

Suplemen yang diformulasikan khusus untuk memenuhi kebutuhan kalsium tubuh, Calplex dapat mendukung pengobatan osteoporosis. Suplemen ini mengkombinasikan kandungan Coral Ca, soy germ, vitamin D3, K1, zinc, magnesium dan juga boron di dalamnya.

Anda dapat mengonsumsi vitamin ini 1-3 kali sehari sebanyak 1 kaplet tiap kali minum, sesudah makan.

Kisaran harga: Rp 182 ribu/botol

10. Osteocal

vitamin tulang osteocal

Beli Osteocal Klik di Sini

Vitamin tulang yang bekerja ampuh dalam menangani gangguan metabolisme dan defisiensi kalsium, Osteocal memiliki kandungan Ca Carbonate di dalamnya. Anda dapat memanfaatkan vitamin ini 1-2 tablet per hari sesuai dengan kebutuhan dan aturan pakai.

Kisaran harga: Rp 7 ribu/strip

11. Biocalci 72

biocalci vitamin tulang untuk osteoporosis

Beli BioCalci 72 Klik di Sini

Suplemen kalsium organik yang bekerja ampuh dalam meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh, BioCalci 72 dapat menjadi solusi ampuh mencegah osteoporosis bertambah parah.

Komposisi dari suplemen ini adalah calcium organic, Ester-C dan juga vitamin D3 di dalamnya. Dosis penggunaan BioCalci 72 adalah 1 kali sekali sebanyak 1 tablet selaput sekali minum.

Kisaran harga: Rp 88 ribu/botol

12. Osteonate Oaw

osteonate tablet

Beli Osteonate Oaw Klik di Sini

Selain disebabkan oleh menurunnya hormon pasca menopause, osteoporosis juga bisa dipicu oleh glukokortikoid. Untuk mendukung proses terapi dan juga mencegah keparahan osteoporosis tersebut, Anda dapat mengonsumsi Osteonate Oaw.

Suplemen yang dikemas dalam bentuk salut selaput ini mengandung risedronate sodium di dalamnya.

Kisaran harga: Rp 127 ribu/tablet

13. Obical

obat osteoporosis obical

Beli Obical Klik di Sini

Bantu memenuhi kebutuhan kalsium pada kondisi osteoporosis, Obical memiliki kandungan utama Ca Carbonate yang dikombinasikan dengan magnesium hingga vitamin D3. Anda dapat mengonsumsi obat osteoporosis ini 1 kali sehari 1 kapsul.

Kisaran harga: Rp 39 ribu/strip

14. Kolkatriol

kolkatriol untuk osteoporosis

Beli Kolkatriol Klik di Sini

Temasuk dalam golongan obat keras, penggunaan Kolkatriol memerlukan resep dokter. Kandungan utama dari obat untuk osteoporosis ini adalah kalsitriol sebesar 0,25 mcg dan harus dikonsumsi sesuai petunjuk dokter.

Kisaran harga: Rp 8 ribu/tablet

15. Actonel

actonel untuk osteoporosis

Beli Actonel Klik di Sini

Bekerja efektif dalam mendukung terapi maupun pencegahan penyakit osteoporosis, Actonel merupakan salah satu obat resep dokter yang dapat menjadi andalan Anda. Kandungan utama dari obat osteoporosis paling ampuh di apotik ini adalah risedronate sodium.

Pastikan untuk mengonsumsi obat ini sesuai dengan dosis yang dianjurkan oleh dokter. Selain itu, perhatikan beberapa efek samping yang mungkin berpotensi mengganggu aktivitas harian Anda seperti sakit kepala, mual dan muntah.

Kisaran harga: Rp 167 ribu/tablet

Itulah tadi informasi lengkap mengenai apa itu osteoporosis beserta rekomendasi obat osteoporosis yang bagus di apotik. Untuk pengobatan terbaik, konsultasikan pada dokter ahli terlebih dahulu.

Beberapa rekomendasi obat di atas mungkin memerlukan resep dokter, Anda dapat memanfaatkan layanan Dokter Siaga Online di aplikasi K24Klik. Konsultasi online bersama dokter, dapatkan resep dokter dan tebus langsung hanya dalam satu genggaman.

Yuk unduh aplikasi K24Klik sekarang juga di Play Store maupun App Store, dapatkan penawaran gratis pengiriman khusus untuk Anda. (writer/ib)

Referensi:

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/osteoporosis/in-depth/osteoporosis-treatment/art-20046869 diakses pada 23 Juli 2024