Neurobion Forte – Manfaat, Dosis dan Efek Samping

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

neurobion forte manfaat dosis dan efek samping

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Neurobion forte adalah vitamin untuk mengatasi kesemutan, kebas yang biasanya terjadi karena kekurangan vitamin neutropik dengan adanya kandungan vitamin B kompleks di dalamnya.

Kombinasi vitamin B1, vitamin B6 dan vitamin B12 dalam Neurobion Forte merupakan pilihan tepat untuk membantu Anda mengatasi kekurangan vitamin neutropik. Apa dampaknya? Ketika seseorang kekurangan vitamin neutropik, biasanya menjadi mudah kebas dan kesemutan.

Merek Neurobion di apotik sendiri dari 2 jenis obat, berwarna putih biasa dan juga neurobion pink Forte. Dapat dikatakan bahwa versi Forte mengandung vitamin lebih tinggi dari Neurobion putih dan tentunya bekerja lebih efektif dalam mengatasi keluhan.

Vitamin ini termasuk dalam golongan obat bebas sehingga Anda dapat membelinya tanpa resep dokter di apotik offline maupun online K24Klik. Sediaan obat ini berbentuk tablet dan diformulasikan khusus hanya untuk orang dewasa, sesuai kebutuhannya.

Baca juga: 19 Obat Nyeri Otot dan Sendi Paling Ampuh di Apotik

Manfaat Neurobion Forte

Manfaat utama dari Neurobion Forte sendiri adalah memenuhi kebutuhan vitamin B kompleks atau dapat disebut juga vitamin neutropik. Jenis vitamin ini dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan saraf dan mencegah ataupun mengatasi kerusakan saraf.

Pada ibu hamil, vitamin B kompleks sangat berguna untuk mendukung perkembangan otak janin dan mencegah kelainan kongenital. Tapi tentunya, penggunaan pada ibu hamil maupun menyusui harus berdasarkan petunjuk dokter.

neurobion forte di apotik

Beli Neurobion Forte Klik di Sini

Apabila dijabarkan sesuai komposisinya, berikut ini merupakan manfaat detail dari Neurobion Forte yang perlu Anda ketahui.

  • Vitamin B1, penting untuk metabolisme karbohidrat dan glukosa, serta berperan penting dalam menjaga fungsi saraf, otot serta jantung.
  • Vitamin B6, berperan ampuh dalam membantu proses induksi insulin, metabolisme protein dan asam amino, kemudian melawan infeksi hingga mengurangi rasa mual pada ibu hamil.
  • Vitamin B12, peran utamanya adalah menjaga kesehatan jaringan saraf tetapi juga dapat membantu pencegahan terhadap anemia atau mewujudkan tingkat sel darah merah yang sehat.

Sedangkan secara fungsi masalah kesehatan, berikut ini adalah manfaat dari Neurobion Forte.

  • Terapi neuropati (kerusakan sel saraf)
  • Kesemutan
  • Kebas atau mati rasa di beberapa bagian tubuh
  • Defisiensi neurotropik (vitamin B1, B6 dan B12)

Dosis dan Aturan Pakai

Dosis penggunaan Neurobion yang dianjurkan adalah 1 tablet 1 kali sehari, diformulasikan khusus untuk dewasa.

Pada beberapa kasus yang lebih berat, dosis penggunaan Neurobion Forte mungkin akan ditingkatkan. Tetapi, pertimbangan dosis ini hanya boleh sesuai dengan anjuran dokter yang telah memeriksa kondisi dan kebutuhan pasien terlebih dahulu.

Efek Samping Neurobion Forte

Dengan kandungan vitamin bermanfaat di dalamnya, dapat dikatakan obat ini merupakan multivitamin yang aman dikonsumsi. Apabila dikonsumsi sesuai dengan dosis dan aturan pakainya, potensi terjadinya efek samping sangatlah minim.

vitamin neutropik

Beli Neurobion Forte Klik di Sini

Namun, beberapa orang mungkin saja masih merasakan beberapa efek samping vitamin B kompleks.

  • Mual
  • Perut terasa tidak nyaman atau kram ringan
  • Pusing atau sakit kepala
  • Warna urine kuning pekat

Efek samping yang dirasakan biasanya tergolong ringan dan mudah hilang atau reda dengan sendirinya. Jika tidak kunjung mereda, Anda dapat langsung memeriksakan diri pada dokter ahli untuk mencegah masalah kesehatan yang lebih serius.

Beberapa efek samping di bawah ini juga mungkin Anda rasakan, tetapi sangat jarang ditemui.

  • Bengkak pada beberapa bagian tubuh seperti wajah, tenggorokan dan juga bibir
  • Nyeri sendi
  • Sesak napas
  • Diare
  • Ruam dan Gatal

Peringatan Penggunaan

Penggunaan Neurobion Forte yang terpenting adalah sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang ada. Berikut ini merupakan beberapa peringatan penggunaan Neurobion yang perlu untuk Anda ketahui.

  • Pastikan untuk memberitahukan kepada dokter apabila Anda memiliki riwayat alergi terhadap kandungan vitamin di dalamnya. Bisa dikatakan bahwa Neurobion Forte tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang alergi terhadap vitamin B.
  • Penggunaan Neurobion perlu pertimbangan dokter ketika penderita juga memiliki penyakit diabetes, penyakit celiac, gangguan fungsi hati, rheumatoid arthritis hingga anemia pernisiosa.
  • Hamil, menyusui ataupun merencanakan kehamilan perlu untuk konsultasi dokter terlebih dahulu sebelum penggunaan Neurobion.
  • Apabila mengonsumsi suplemen herbal ataupun obat-obatan lainnya, beritahukan dokter untuk menghindari adanya interaksi.
  • Jangan mengonsumsi minuman beralkohol selama penggunaan obat ini. Selain tidak bagus untuk kesehatan, alkohol juga dapat menurunkan efektivitas vitamin ini.
neurobion forte di apotik

Beli Neurobion Forte Klik di Sini

Meskipun mengandung vitamin B kompleks, bukan berarti vitamin ini dapat menggantikan kebutuhan nutrisi sepenuhnya yang seharusnya didapatkan dari makanan. Pastikan untuk selalu mengonsumsi makanan yang bernutrisi untuk menjaga kesehatan tubuh.

Beberapa makanan yang biasa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan vitamin B kompleks dalam tubuh adalah daging sapi, ikan salmon, telur, daging ayam, hati sapi hingga beberapa sayuran hijau seperti bayam, selada, lobak dan juga kangkung.

Kemudian juga ada beberapa buah yang mengandung vitamin B kompleks diantaranya adalah mangga, jeruk, anggur, semangka, strawberry, alpukat, blueberry hingga kurma.

obat neurobion

Beli Neurobion Forte Klik di Sini

Interaksi Obat

  • Obat levodopa berpotensi menurunkan efektivitas Neurobion Forte.
  • Jika dikonsumsi bersama dengan obat tuberkulosis seperti isoniazid, efektivitas dari Neurobion Forte juga dapat menurun.
  • Beberapa obat antikejang seperti valproic acid, phenytoin ataupun carbamazepine juga dapat menyebabkan penurunkan efektivas vitamin neutropik yang satu ini.
  • Penyerapan kandungan vitamin B12 dalam Neurobion juga dapat terganggu jika dikonsumsi bersama dengan obat antasida, calchicine dan metformin.

Itulah tadi informasi lengkap seputar apa itu obat Neurobion Forte beserta manfaat, dosis dan juga efek samping yang perlu untuk Anda ketahui. Dapatkan harga produk terbaik dengan potongan harga hanya di aplikasi K24Klik sekarang juga.

Apabila kesemutan ataupun kebas tidak kunjung membaik dan bertambah parah, segera periksakan ke dokter ahli untuk pengobatan yang lebih tepat.

Butuh obat ataupun vitamin di tengah malam? Tidak perlu pergi langsung ke apotik, K24Klik siap mengantar pesanan obat Anda sampai ke depan rumah hanya dalam waktu 24 menit saja.

Unduh aplikasi kami di Play Store ataupun App Store sekarang juga, dapatkan beragam penawaran menarik khusus untuk Anda. (writer/ib)

Referensi:

https://www.mims.com/indonesia/drug/info/neurobion%20forte%205000?type=brief&lang=id diakses pada 4 Oktober 2024