12 Obat Kencing Sakit di Apotik untuk Pria dan Wanita

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Obat Kencing Sakit di Apotik untuk Pria dan Wanita

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Rasa nyeri dan tidak nyaman saat buang air kecil bisa saja menjadi gejala masalah kesehatan yang cukup serius. Anda dapat memanfaatkan beragam obat kencing sakit di apotik untuk pria dan wanita seperti Monuril, Urogetix serta Harnal Ocas.

Pernahkah Anda merasa nyeri tak tertahankan saat buang air kecil? Sakit kencing ini bisa saja disebabkan oleh infeksi saluran kemih. Baik pada pria maupun wanita, terdapat beberapa obat kencing sakit di apotik yang dapat Anda manfaatkan sesuai dengan aturan pakai.

Perlu diketahui apabila kencing sakit tidak segera diatasi, dapat menyebabkan ketidaknyamanan yang mengganggu ataupun menjadi gejala penyakit berbahaya.

Jadi, pastikan untuk segera mangatasi masalah buang air kecil atau memeriksakan diri pada dokter spesialis guna mendapatkan penanganan terbaik.

Baca juga: Penyebab Infeksi Saluran Kemih pada Wanita dan Kenali Gejalanya

Rekomendasi Obat Kencing Sakit di Apotik untuk Pria dan Wanita

Untuk mengatasi ketidaknyamanan saat buang air kecil, terdapat beberapa jenis obat baik golongan obat keras resep dokter maupun yang bisa dibeli secara bebas di apotik. Berikut ini merupakan rekomendasi obat kencing sakit untuk pria dan wanita.

1. Monuril

obat kencing sakit monuril

Beli Monuril Klik di Sini

Salah satu obat untuk sakit kencing yang dapat Anda manfaatkan adalah Monuril. Komposisi dari obat ini adalah fosfamycin trometamol.

Termasuk dalam golongan obat keras, Anda memerlukan resep dokter untuk mendapatkan Monuril. Obat ini biasa diresepkan untuk mengobati ataupun mencegah infeksi saluran kemih yang diakibatkan oleh bakteri Str. faecalis dan E. Coli.

Kisaran harga: Rp 300 ribu/pcs

2. Nephrolit

nephrolit untuk anyang anyangan kencing

Beli Nephrolit Klik di Sini

Kencing sakit juga bisa diakibatkan oleh adanya batu urine di dalam saluran kemih. Untuk mengatasinya, Nephrolit menjadi salah satu pilihan obat yang tepat.

Obat tradisional sakit kencing ini memiliki beberapa kandungan bermanfaat di dalamnya seperti orthosifon stamineus folium extract dan strobilantus crispus folium extract.

Kisaran harga: Rp 3 ribu/strip

3. Urogetix

urogetix tablet

Beli Urogetix Klik di Sini

Nyeri pada bagian saluran kemih dapat membuat kencing menjadi sakit dan tidak nyaman. Anda dapat mengonsumsi Urogetix dengan kandungan phenazopyridine HCl di dalamnya.

Dosis anjuran penggunaan obat ini adalah 3 kali sehari 2 kaplet tiap kali minum atau sesuai dengan petunjuk dokter.

Kisaran harga: Rp 9 ribu/tablet

4. Floxifar

floxifar di apotik

Beli Floxifar Klik di Sini

Infeksi saluran kemih dapat menyebabkan kencing sakit dan perlu diatasi menggunakan antibiotik. Salah satu yang sering diresepkan adalah Floxifar dengan kandungan Ciprofloxacin HCl di dalamnya.

Penggunaan antibiotik ini harus berdasarkan resep dokter dan harus dihabiskan untuk mencegah resistensi obat.

Kisaran harga: Rp 7 ribu/strip

5. Harnal Ocas

obat kencing sakit harnal ocas

Beli Harnal Ocas Klik di Sini

Dengan kandungan tamsulosin HCl di dalamnya, Harnal Ocas dapat mengatasi gangguan saluran kemih pada pria maupun wanita. Obat ini memerlukan resep dokter dan pastikan untuk memperhatikan dosis serta aturan pakai yang ada.

Aturan pakai obat ini adalah sesudah makan dengan dosis 0,2-0,4 mg per harinya. Terdapat beberapa kondisi yang menjadi pertimbangan dokter sebelum penggunaan obat ini seperti penderita gangguan ginjal maupun insufisiensi hati berat.

Kisaran harga: Rp 23 ribu/tablet

6. Urispas

urispas untuk sakit kencing

Beli Urispas Klik di Sini

Urispas merupakan obat yang ampuh untuk menghilangkan beragam gejala disuria atau sakit kencing. Kandungan bahan aktif di dalam obat ini adalah flavoxate dan penggunaannya harus berdasarkan resep dokter.

Anjuran penggunaan obat ini adalah 1-2 jam sebelum ataupun sesudah makan dengan dosis 3 kali sehari 200 mg atau sesuai petunjuk dokter.

Kisaran harga: Rp 9 ribu/tablet

7. Helixim

helixim obat di apotek

Beli Helixim Klik di Sini

Mengandung cefixime di dalamnya, obat ini dapat membantu Anda mengatasi infeksi saluran kemih dan juga beberapa masalah kesehatan lainnya yang membutuhkan antibiotik. Helixim ini termasuk dalam golongan obat keras sehingga perlu resep dokter untuk mendapatkannya.

Perlu diketahui bahwa ketika diresepkan antibiotik, Anda wajib menghabiskannya untuk mencegah resistensi obat dalam tubuh.

Kisaran harga: Rp 15 ribu/strip

8. Urinter

obat kencing sakit urinter

Beli Urinter Klik di Sini

Salah satu penyebab seseorang mengalami sakit pada saat kencing adalah infeksi saluran kemih. Pada beberapa kondisi, dokter mungkin meresepkan obat seperti Urinter untuk mengatasinya.

Kandungan zat aktif dalam obat ini adalah pipemidic acid yang dapat bekerja ampuh melawan infeksi saluran kemih yang disebabkan oleh bakteri gram positif ataupun negatif. Pastikan untuk mengonsumsi sesuai dosis yang dianjurkan oleh dokter.

Kisaran harga: Rp 9 ribu/tablet

9. Batugin Elixir

batugin elixir sakit saat menahan kencing

Beli Batugin Elixir Klik di Sini

Cara mengobati sakit akibat menahan kencing adalah dengan memanfaatkan obat-obatan baik herbal maupun sesuai yang diresepkan dokter. Menahan kencing sendiri sering kali menyebabkan seseorang memiliki batu ginjal dan permasalahan saat kencing.

Batugin Elixir dapat menjadi salah satu pilihan tepat untuk Anda. Komposisi dari obat ini adalah sari daun tempuyung dan juga dari daun kejibeling yang bekerja efektif dapat melarutkan batu ginjal sekaligus meredakan rasa sakit saat Anda buang air kecil.

Kisaran harga: Rp 36 ribu/botol

10. Prive Uri Cran

prive uri cran di apotik

Beli Prive Uri Cran Klik di Sini

Prive Uri Cran merupakan salah satu obat andalan dengan kandungan ekstrak Cranberry di dalamnya. Obat ini dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan saluran kemih, termasuk mengatasi sakit pada saat kencing atau yang bisa disebabkan oleh anyang-anyangan.

Anjuran penggunaan obat ini adalah 1-2 kapsul per hari dan pastikan untuk mengonsumsi Prive Uri Cran sesudah makan atau dalam kondisi perut tidak kosong. Hal ini berguna untuk mencegah terjadinya efek kurang nyaman pada lambung.

Kisaran harga: Rp 6 ribu/tablet

11. Sanprima

sanprima tablet

Beli Sanprima Klik di Sini

Diproduksi oleh PT Sanbe Farma Indonesia, setiap tablet dari Sanprima sendiri mengandung antibiotik cotrimoxazole. Obat ini harus digunakan sesuai petunjuk dokter dan hanya bisa dibeli menggunakan resep dokter.

Penggunaan antibiotik ini menjadi solusi ampuh untuk mengobati infeksi saluran kemih pada pria maupun pada wanita.

Kisaran harga: Rp 15 ribu/strip

12. Urotractin

obat kencing sakit urotractin

Beli Urotractin Klik di Sini

Bermanfaat untuk mengurangi beragam gejala infeksi saluran kemih, Urotractin dapat menjadi solusi tepat dalam menangani rasa sakit saat kencing pada pria dan wanita. Obat ini mengandung asam pipemidat di dalamnya.

Anda dapat mengonsumsi Urotractin sesuai dengan petunjuk dokter dan pastikan untuk mengonsumsi sesudah makan. Biasanya, dosis anjuran untuk penggunaan Urotractin adalah 2 kali sehari 1 kapsul sekali minum dengan durasi 7-10 hari pengobatan.

Kisaran harga: Rp 5 ribu/tablet

Nah, itulah tadi beragam rekomendasi obat kencing sakit di apotik paling ampuh yang dapat Anda manfaatkan sesuai dosis penggunaan yang ada.

Apabila tidak kunjung membaik, pastikan untuk segera memeriksakan diri pada dokter ahli guna mencegah masalah kesehatan yang lebih parah.

Butuh obat cepat tapi cuaca sedang tidak bersahabat? Cukup dari layar ponsel, Anda dapat memesan obat online di K24Klik dengan lebih praktis dan jaminan 24 menit sampai.

Unduh aplikasi kami di Play Store atau App Store sekarang juga, gunakan kode voucher K24KLIKGRATISONGKIR khusus untuk Anda. (writer/ib)

Referensi:

https://my.clevelandclinic.org/health/symptoms/15176-dysuria-painful-urination diakses pada 8 Oktober 2024