Ketahui Cara Beli Obat Online yang Tepat, Amankan Diri dan Keluarga

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Dikurasi Oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Saat Anda sakit, membeli obat menggunakan resep dokter sangatlah dianjurkan. Tapi, berkat perkembangan teknologi, kini masyarakat bisa beli obat secara online.

Dampaknya, kini masyarakat pun lebih mudah untuk membeli obat-obat tertentu. Bai dengan maupun tanpa resep dokter. Padahal, lebih aman jika Anda konsultasi terlebih dulu sebelum membeli obat.

Atau, untuk menyingkat waktu, Anda cukup perhatikan beberapa hal ketika beli obat berikut ini. Sehingga Anda bisa terhindar dari obat yang malah membahayakan diri Anda.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Obat

Saat ini tentunya anda dapat dengan mudah membeli obat. Namun bukan berarti anda dapat sembarangan mengonsumsi atau menggunakan obat-obatan tersebut. Pastikan anda telah melakukan pengecekan obatnya, apakah telah dinyatakan aman atau tidak. Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membeli obat adalah sebagai berikut:

  • Kemasan

Lihatlah apakah kemasan obat tersebut masih layak dijual atau tidak. Jika boksnya sudah berlubang dan usang, itu berarti obat tersebut tidak disimpan pada tempat yang layak. Sebaiknya jangan dibeli atau dikonsumsi. 

  • Label

Jangan lupa untuk selalu baca label obat yang ingin dibeli. Seharusnya setiap obat mengandung informasi atau label berupa nama produk, kategori obat, bahan aktif atau komposisi, dosis obat, kegunaan obat, peringatan untuk orang yang memiliki kondisi kesehatan tertentu, dan informasi lainnya.

  • Izin edar

Pastikan agar obat-obatan yang dibeli telah mengantongi izin edar Badan POM Indonesia, yang biasanya juga akan terdapat nomor registrasi. 

  • Kedaluwarsa

Jangan lupa untuk selalu lihat tanggal kedaluwarsa. Ingat, meminum obat yang telah lewat tanggal kedaluwarsanya dapat mengurangi khasiat obat tersebut.

Belilah Obat di Sarana Pelayanan Kesehatan Resmi

Tahukah anda bahwa agar dapat menjamin keamanan obat yang dikonsumsi, maka sangatlah penting untuk membeli obat pada sarana kesehatan resmi. Salah satunya anda bisa membelinya di apotek.

Anda bisa mendatangi apotek ketika anda menginginkan obat asli agar dapat meredakan berbagai penyakit. Tentunya apotek akan menyimpan obat sesuai kondisi yang layak.

Dapat dikatakan bahwa ketika obat terkena sinar matahari terlalu lama serta panas yang tinggi, maka hal ini dapat menjadikan obat rusak. Selama berada di apotek, maka penyimpanan obat akan terjamin.

Atau, Anda juga bisa beli obat online. Cukup mengakses K24klik via website maupun aplikasi. Jam berapa pun, obat yang Anda butuhkan akan diantar oleh tim kami!

beli-obat-online
Beli obat online yang aman (Dok.Istimewa/K24klik.Blog)

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mengonsumsi Obat 

Meminum obat bukanlah kegiatan yang semata-mata anda membuka bungkus, lalu mengambil obatnya, dan minum. Sebenarnya, anda perlu memperhatikan beberapa hal ketika mengonsumsi obat, baik dengan resep dokter maupun tanpa resep dokter.

Salah satunya adalah dari segi penggunaannya. Jika anda membeli obat secara bebas, anda sebaiknya hanya mengonsumsi obat sesuai dosis anjuran tersebut. Karena kelebihan dosis bisa membuat toksisitas obat meningkat.

Untuk obat-obatan dari resep dokter, maka cara penggunaan obatnya juga sudah tertera pada label yang terdapat pada kemasan obat. Sebaiknya anda pun dapat mengonsumsi obat tersebut sesuai cara penggunaan yang telah diinstruksikan dokter.

Selain itu, perhatikan juga cara penyimpanan obatnya. Baik obat dengan resep dokter maupun tanpa resep dokter, maka setelah selesai mengonsumsinya, jangan lupa agar menyimpannya dengan baik, sesuai aturan penyimpanan yang telah dipersyaratkan.

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Keluhan Tidak Berkurang?

Ketika anda sudah meminum obat, apakah anda pernah merasakan keluhan penyakit yang tidak berkurang? Jika sudah begini, maka sudah saatnya anda berkonsultasi kembali kepada dokter.

Tanyakan kepada dokter kenapa keluhan yang diderita tidak berkurang. Tentu saja hal ini dilakukan agar dokter bisa memberikan solusi lain yang lebih efektif.

Misalnya saja memberikan obat resep dokter lainnya yang dapat diandalkan untuk mengatasi permasalahan kesehatan yang sedang anda alami.

Pun, saat beli obat online, Anda juga bisa berkonsultasi dengan apoteker K24klik.com. Lewat aplikasi, Anda cukup klik tombol ‘Butuh Bantuan’. Kemudian, Anda akan langsung dihubungkan dengan konsultan kesehatan. Jika ingin mencoba, klik di sini sehingga Anda bisa langsung pindah menuju halaman Bantuan K24klik.