Diclofenac Potassium Obat Apa? Manfaat, Dosis dan Efek Samping

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

diclofenac potassium obat apa_manfaat dosis efek samping

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Diclofenac Potassium adalah obat yang digunakan untuk mengatasi nyeri dan juga peradangan pada tubuh. Obat ini memiliki sifat analgesik, antiinflamasi dan antipiretik.

Nyeri dan peradangan pada tubuh sering kali menyebabkan beragam masalah kesehatan yang mengganggu. Jenis obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) dan termasuk dalam golongan obat keras, yuk kenali lebih dalam apa itu diclofenac potassium.

Selain dikenal sebagai diclofenac potassium, obat ini juga sering disebut dengan nama diklofenak kalium.

Baca juga: 19 Obat Nyeri Otot dan Sendi Paling Ampuh di Apotik

Manfaat Diclofenac Potassium

Salah satu obat NSAID yang sering diresepkan oleh dokter, sebenarnya apa manfaat dari diclofenac potassium? Kegunaan utama obat ini adalah mengatasi berbagai rasa nyeri dan peradangan pada tubuh yang disebabkan oleh berbagai hal.

Anda dapat memanfaatkan obat nyeri ini untuk mengatasi dismenore atau nyeri haid parah yang membuat kesulitan menjalani aktivitas sehari-hari.

Apabila Anda mengalami nyeri otot ataupun nyeri setelah melakukan prosedur operasi, diclofenac potassium juga dapat membantu mengatasi ketidaknyamananm yang ada. Pastinya, beragam manfaat tersebut dikarenakan sifat analgesik dan antiinflamasi dari obat ini.

Secara garis besar, berikut ini merupakan beberapa manfaat dari penggunaan obat diclofenac potassium.

  • Bantu meredakan nyeri haid
  • Mengatasi nyeri otot ataupun sendi
  • Membantu meringankan nyeri yang terasa pasca menjalani prosedur medis yaitu operasi
  • Mengatasi peradangan pada sendi seperti rheumatoid arthritis dan juga osteoartritis
  • Meringankan nyeri yang dirasa saat sakit gigi

Obat NSAID ini mungkin juga memiliki banyak kegunaan lain untuk kondisi kesehatan Anda, sesuai dengan hasil pemeriksaan dokter.

Dosis dan Aturan Pakai

Lalu, bagaimana penggunaan diclofenac potassium yang benar? Tetap mengacu pada anjuran dokter, Anda dapat mengikuti aturan pakai di bawah ini.

  • Dewasa dan juga anak-anak di atas 12 tahun, Anda dapat memberikan obat nyeri ini 3-4 kali sehari dengan dosis tiap kali minum 25-50 mg atau sesuai petunjuk dokter.
  • Anak-anak usia 6-12 tahun, anjuran penggunaan obat ini adalah 3-4 kali sehari dengan takaran 25 mg sekali minum.
  • Anak-anak di bawah usia 6 tahun maupun orang lanjut usia, saran penggunaan obat ini harus mengacu pada hasil pemeriksaan dokter.

Perbedaan kondisi kesehatan pada setiap orang dapat memengaruhi pemberian dosis obat, jadi pastikan untuk melakukan konsultasi pada dokter terlebih dahulu.

Mematuhi dosis dan aturan pakai dapat membantu meminimalisir efek samping dan meningkatkan efektivitas obat pada tubuh.

Efek Samping

Mengonsumsi obat apapun dapat meningkatkan resiko terjadinya efek samping, tergantung pada penggunaan dan juga kondisi kesehatan tubuh. Beberapa efek samping umum yang bisa saja Anda dalami saat menggunakan diclofenac potassium adalah sebagai berikut ini.

  • Sakit kepala
  • Mual dan muntah
  • Gangguan pencernaan seperti diare
  • Nyeri perut

Namun, tidak menutup kemungkinan juga beberapa efek samping serius menyerang Anda. Semuanya tergantung pada kondisi tubuh dan pemakaian obat nyeri ini sesuai dengan anjuran dokter.

Segera periksakan diri pada dokter ketika mengalami beberapa efek samping serius penggunaan obat diclofenac potassium di bawah ini.

  • Sesak napas
  • Keringat berlebihan
  • Saat BAB, tinja berwarna hitam
  • Mengalami nyeri di beberapa bagian tubuh yang tidak kunjung mereda seperti perut, dada ataupun rahang
  • Perubahan penglihatan atau penglihatan kabur

Efek samping yang dirasakan setiap orang bisa saja berbeda-beda. Hentikan penggunaan obat ini apabila Anda merasakan efek samping yang tidak kunjung mereda dan menimbulkan masalah kesehatan lain pada tubuh/

Peringatan Penggunaan

Dalam setiap penggunaan obat-obatan apapun, Anda perlu untuk memerhatikan beragam peringatan yang menyertainya. Jika dikonsumsi secara sembarangan, obat tidak hanya menimbulkan efek samping namun bisa kehilangan efektivitas menyembuhkannya.

Berikut ini merupakan beberapa peringatan terkait penggunaan diclofenac potassium yang perlu untuk Anda ketahui.

  • Pemeriksaan intensif mungkin diperlukan untuk mendukung pertimbangan dokter dalam meresepkan obat NSAID ini.
  • Ketika mengonsumsi obat ini, resiko pembekuan darah dalam tubuh bisa saja meningkat dan mengakibatkan beberapa gangguan kesehatan lebih serius seperti serangan jantung dan edema.
  • Penggunaan obat ini juga dapat menyebabkan masalah gastrointestinal seperti terjadinya pendarahan dan juga tukak lambung.
  • Beritahukan pada dokter apabila Anda pernah menjalani operasi serius ataupun memiliki reaksi alergi khusus sebelum diresepkan obat ini.
  • Diclofenac dapat menunda proses ovulasi, jadi sangat tidak disarankan untuk Anda yang sedang merencanakan kehamilan.

Pada kondisi hamil dan menyusui, apakah obat ini boleh dikonsumsi? Penelitian belum dapat menemukan efek samping khusus pada janin dengan studi terkontrol pada ibu hamil dan menyusui.

Namun, penggunaan obat apapun itu untuk ibu hamil dan menyusui harus berdasarkan hasil pemeriksaan dokter untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Beragam Pilihan Obat Diclofenac Potassium

Obat diclofenac potassium 50 mg untuk apa? Jenis dosis tersebut merupakan yang paling sering diresepkan dokter untuk mengatasi nyeri ringan hingga sedang sesuai dengan kondisi pasien.

Baik paten maupun generik, berikut ini merupakan beberapa pilihan diclofenac potassium 50 mg dan 25 mg yang tersedia di apotik offline maupu online K24Klik.

1. Diclofenac Potassium Medikon

diclofenac potassium medikon

Beli Diclofenac Potassium Medikon Klik di Sini

Versi generik dengan takaran 50 mg, obat ini dikemas dalam bentuk tablet salut film. Anda memerlukan resep dokter untuk mendapatkan Dicofenac Potassium Medikon.

Cara kerja obat ini adalah dengan menghambat kerja enzim yang memicu pembentukan prostaglandin, penyebab munculnya rasa sakit, nyeri serta peradangan.

Kisaran harga: Rp 10 ribu/strip

2. Kalium Diklofenak Dexa

kalium diklofenak dexa

Beli Kalium Diklofenak Dexa Klik di Sini

Diproduksi oleh PT Dexa Medica, Kalium Diklofenak Dexa dapat menjadi pilihan andalan untuk meredakan nyeri dan peradangan pada tubuh. Tebus langsung obat ini melalui layanan Dokter Siaga Online (DSO) Resep di aplikasi K24Klik.

Kisaran harga: Rp 6 ribu/strip

3. Laflanac

laflanac tablet

Beli Laflanac Klik di Sini

Selain versi generik, terdapat juga versi paten dari Diclofenac Potassium seperti Laflanac. Obat ini hadir dengan manfaat yang sama seperti obat kalium diklofenak lainnya dan harus dikonsumsi sesuai dengan petunjuk dokter.

Anjuran mengonsumsi obat ini adalah sesuai aturan pakai, sesudah makan pada anak-anak maupun dewasa dengan dosis terbagi.

Kisaran harga: Rp 31 ribu/strip

4. Cataflam 25 mg

cataflam 25 mg di apotik

Beli Cataflam Klik di Sini

Untuk nyeri ringan dengan pemeriksaan intensif, Anda mungkin akan diresepkan untuk mengonsumsi diclofenac potassium 25 mg. Nah, Cataflam ini dapat menjadi pilihan tepat yang tersedia dalam bentuk tablet.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/tablet

Itulah tadi informasi lengkap seputar apa itu obat diclofenac potassium beserta manfaat, dosis dan juga efek sampingnya yang perlu Anda ketahui.

Hindari penggunana obat ini secara sembarangan, konsultasikan terlebih dahulu bersama dokter terbaik kami di Dokter Siaga Online. Anda dapat langsung menebus obat resep dokter langsung di aplikasi K24Klik dengan harga terjangkau dan jaminan produk 100% asli.

Unduh aplikasi K24Klik di Play Store ataupun App Store, klaim voucher K24KLIKGRATISONGKIR khusus untuk Anda sekarang juga. (writer/ib)

Referensi:

https://www.mims.com/indonesia/drug/info/diclofenac?mtype=generic diakses pada 6 Agustus 2024.