Mengenal Diet DEBM untuk Menurunkan Berat Badan

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

mengenal diet debm untuk menurunkan berat badan

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Diet DEBM merupakan singkatakan dari Diet Enak Bahagia Menyenangkan yang memungkinkan penurunan berat badan dengan prinsip rendah karbohidrat dan tinggi protein serta lemak.

Diet menjadi salah satu pilihan mayoritas orang dalam upaya menurunkan berat badan. Meski tujuannya adalah menurunkan berat badan, Anda juga perlu mempertimbangkan cara yang sehat seperti Diet DEBM.

Jenis diet yang satu ini tidak mengharuskan seseorang berolahraga dengan ekstra ataupun menahan rasa lapar. Meskipun begitu, terdapat beberapa acuan nutrisi yang perlu diperhatikan untuk menjalanan diet ini seperti kadar karbohidrat, protein dan lemak.

Baca juga: 5 Susu Rendah Lemak untuk Diet

Apa itu DEBM?

DEBM (Diet Enak Bahagia dan Menyenangkan) merupakan upaya menurunkan berat badan dengan cara menjaga pola makan seseorang berdasarkan asupan karbohidrat, protein dan lemaknya. Jenis diet ini dipopulerkan oleh Robert Hendrik Liembono pada tahun 2018.

Karbohidrat diketahui menjadi salah satu penyebab utama seseorang mengalami obesitas. Mengapa bisa? Hal ini dikarenakan karbohidrat dapat memberikan kalori besar pada tubuh sehingga berpengaruh pada peningkatan berat badan.

Tidak seperti metode diet lain yang mengharuskan Anda olahraga keras dan juga menjaga pola makan secara ekstra, DEBM hanya mengacu pada rendah karbohidrat, tinggi protein dan lemak saja.

Beberapa penelitian juga telah menunjukkan efektivitas dari DEBM dapat dikatakan lebih baik dibandingkan diet rendah lemak.

Tentunya, diet ini juga meminimalisir seseorang mengalami stress karena tidak membatasi mengonsumsi makanan favorit meskipun sedang menjalani program diet.

Aturan Makan DEBM

Sumber energi utama yang diperlukan oleh tubuh kita adalah karbohidrat. Namun, kelebihan karbohidrat dapat menjadi salah satu penyebab seseorang mengalami kenaikan berat badan yang terkadang drastis.

Konsep utama dari menjalani diet DEBM adalah mengurangi konsumsi karbohidrat dan menggantinya dengan makanan tinggi protein. Jadi, usahakan untuk selalu menjaga makanan Anda tetap sesuai dengan konsep diet menurunkan berat badan yang satu ini.

Berikut ini merupakan beberapa aturan makan DEBM yang perlu untuk Anda perhatikan dan terapkan untuk hasil yang lebih maksimal.

  • Jangan melewatkan waktu sarapan dan pastikan untuk mengonsumsi makanan tinggi protein.
  • Pastikan untuk mengonsumsi air putih dengan cukup, terutama pada waktu-waktu tertentu seperti pada pagi dan juga sore hari.
  • Anda boleh untuk mengonsumsi makanan dengan minyak dan garam, namun harus menghindari makanan ataupun minuman yang mengandung gula dan tepung.
  • Tentukan waktu untuk berpuasa sejenak seperti tidak mengonsumsi makanan berat lagi setelah jam 6 sore.
  • Anda dapat mengonsumsi cemilan-cemilan sehat ketika merasa lapar, namun sudah bukan waktu makan lagi. Beberapa cemilan sehat yang dapat Anda jadikan pilihan adalah buah-buahan dan yogurt.
  • Memanfaatkan sumber protein hewani setiap kali makan seperti daging, telur dan juga ikan.
cimory yogurt drink original

Beli Cimory Yogurt Drink Klik di Sini

Menu Makanan Diet DEBM

Lalu, apa saja yang dapat Anda konsumsi selama menjalani DEBM? Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi makanan yang rendah karbohidrat, namun tinggi lemak dan protein yang dapat Anda jadikan menu makanan diet DEBM.

1. Daging Ayam

Mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi menjadi kunci utama dalam menjalanai diet DEBM. Nah, salah satu jenis makanan yang dapat Anda konsumsi adalah daging ayam.

Protein hewani yang satu ini diketahui memiliki kandungan kalori relatif rendah namun tinggi protein. Pastikan untuk mengonsumsi daging ayam yang diolah dengan cara sehat seperti dipanggang atau direbus matang saja.

Untuk porsi yang tepat dalam sekali makan berat, Anda dapat mengkombinasikan daging ayam dengan sayuran segar.

2. Telur

Selanjutnya, menu andalan untuk diet DEBM adalah telur. Makanan yang dapat diolah secara praktis ini kaya akan nutrisi baik untuk tubuh, rendah karbohidrat dan juga tinggi protein.

Mudah dikreasikan dan ditemukan di berbagai warung atau toko tentunya membuat telur menjadi salah satu solusi praktis untuk menjalani diet DEBM tanpa pusing.

Tentunya, mengonsumsi telur juga tidak disarankan secara terus menerus karena beresiko menimbulkan gangguan pencernaan dan juga reaksi alergi.

3. Ikan

Kandungan lemak tinggi pada beberapa jenis ikan seperti tuna dan juga salmon merupakan pilihan tepat untuk memenuhi nutrisi harian saat diet DEBM.

Omega 3 merupakan kandungan lemak yang terkandung dalam ikan tuna dan salmon, lemak baik yang kaya manfaat bagi tubuh.

blackmores_omega_daily

Beli Blackmores Omega Daily Klik di Sini

Jadi, tidak hanya sehat dan baik untuk kesehatan tubuh tetapi ikan tuna dan salmon juga memiliki rasa lezat. Anda dapat menurunkan berat badan, tanpa perlu menyiksa diri dengan mengonsumsi makanan hambar.

4. Daging Sapi

Tidak terlalu menyukai daging ayam? Tenang, Anda juga dapat mengonsumsi daging sapi sebagai alternatif makanan tinggi protein. Anda dapat mengolah daging sapi menjadi beragam masakan favorit seperti steak.

Meski menjadi sumber protein yang baik, mengonsumsi daging sapi secara berlebihan dapat berakibat buruk bagi tubuh karena tinggi akan kandungan lemak jenuh.

5. Sayuran

Metode diet apapun selalu menyarankan sayuran menjadi makanan rutin karena minim pengolahan dan kaya akan nutrisi. Sama halnya ketika Anda menjalani DEBM, salah satu makanan yang wajib dikonsumsi adalah sayuran.

Tidak perlu terus menerus menjadikan sayuran sebagai makanan utama ataupun membiarkannya tanpa diolah. Anda dapat mengkombinasikannya dengan beragam makanan kesukaan seperti daging ayam, daging sapi dan juga Ikan.

Jenis sayuran yang paling disarankan adalah sayuran hijau karena rendah karbohidrat, namun memiliki kandungan serat tinggi sehingga membuat Anda kenyang lebih lama.

6. Buah

Meskipun konsep dari DEBM adalah memastikan Anda dapat mengonsumsi makanan enak secara bebas, namun beberapa rekomendasi makanan sehat menjadi pilihan terbaik. Pada umumnya, semua jenis buah memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh.

Namun, salah satu buah tinggi lemak yang cocok dikonsumsi saat menjalani diet DEBM adalah buah alpukat. Pastikan untuk mengonsumsi buah ini dengan cara pengolahan yang sehat untuk memaksimalkan efektivitas manfaatnya.

Selain alpukat, beberapa rekomendasi buah yang baik untuk Anda konsumsi adalah apel, pir, bengkoang dan juga jambu air.

7. Susu

Menurunkan berat badan menjadi tujuan utama seseorang ketika menjalani diet, termasuk DEBM. Diet yang sehat tidak hanya membuat fokus pada menurunkan berat badan, namun juga membentuk otot guna menjaga tubuh tetap ideal.

ultra_milk_low_fat

Beli Ultra Milk Low Fat Klik di Sini

Anda dapat mengonsumsi susu saat menjalani diet karena kandungan proteinnya yang tinggi. Susu dapat membuat Anda kenyang lebih lama sehingga asupan kalori harian pun dapat lebih terjaga.

Itulah tadi informasi lengkap seputar diet DEBM yang perlu Anda ketahui. Pastikan untuk menjalani diet dengan cara yang sehat, bukan semata-mata mengejar hasil cepat saja.

Beli vitamin, obat ataiupun susu sekarang dapat menjadi lebih praktis dengan memanfaatkan aplikasi K24Klik. Kami siap melayani Anda 24 jam nonstop dengan jaminan produk 100% asli dan pengiriman cepat 1 jam sampai.

Dapatkan beragam penawaran harga produk terbaik dan juga gratis ongkos pengiriman, unduh aplikasi K24Klik di Play Store dan App Store sekarang juga! (writer/ib)

Referensi:

https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/healthy-diet diakses 21 Mei 2024