Apa Itu Dispepsia? Kenali Gejala, Penyebab dan Pengobatannya

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

apa itu dispepsia

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Dispepsia adalah kondisi tidak nyaman pada perut karena adanya masalah pada sistem pencernaan seperti asam lambung naik.

Dispepsia menjadi salah satu masalah yang ramai menyerang para jemaah haji dari Indonesia di tahun 2024 ini. Menyebabkan rasa tidak nyaman di perut dan memengaruhi kesehatan secara keseluruhan, mengenal apa itu dispepsia menjadi penting untuk diketahui.

Pada beberapa kasus, Anda mungkin memerlukan pengobatan intensif untuk mengatasi penyakit ini. Apabila tidak segera ditangani dengan cepat dan tepat, dispepsia dapat berakibat pada masalah kesehatan yang lebih serius.

Baca juga: 18 Obat Sakit Perut dengan Penyebabnya di Apotik

Apa Itu Dispepsia?

Penyakit dispepsia adalah gangguan pencernaan yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan di perut. Umumnya, gangguan pencernaan ini terjadi setelah makan ataupun minum.

Gangguan pencernaan yang satu ini dapat membuat Anda merasakan perut kembung, begah yang mengganggu. Meski bukan termasuk dalam salah satu kondisi medis yang serius, dispepsia dapat memengaruhi kelancaran aktivitas harian penderitanya.

Penyebab dari dispepsia sendiri sangatlah beragam dan mungkin perlu pemeriksaan dokter untuk menentukan pengobatan yang spesifik.

Gejala Dispepsia

Lalu, bagaimana cara mengenali dispepsia? Beberapa gejala gangguan pencernaan dispepsia di bawah ini mungkin dapat membantu Anda.

  • Perut kembung atau terasa begah setelah makan
  • Merasa cepat kenyang, meskipun baru mengonsumsi sedikit makanan
  • Perut terasa nyeri ataupun perih yang tidak nyman
  • Adanya sensasi rasa panas ataupun terkabar di bagian ulu hati hingga tenggorokan
  • Mual dan muntah

Penyebab Dispepsia

Gangguan pencernaan dispepsia sendiri sering kali dikaitkan dengan pola hidup yang kurang sehat sehingga memengaruhi sistem pencernaan. Mulai dari pola makan yang tidak teratur, mengonsumsi makanan minuman tanpa mempertimbangkan gizi hingga kebiasaan merokok.

Selain karena pola hidup yang kurang sehat, perut kembung ataupun nyeri dapat menjadi salah satu gejala terjadinya masalah serius pada sistem pencernaan. Beberapa orang mudah terserang dispepsia ketika memiliki riwayat penyakit gastritis, batu empedu dan lain sebagainya.

Secara umum, berikut ini merupakan beberapa penyebab dari dispepsia yang perlu untuk Anda pahami.

  • Sering makan terlalu cepat sehingga membuat proses pencernaan makanan menjadi kurang maksimal.
  • Mengonsumsi makanan ataupun minuman terlalu banyak.
  • Kebiasaan buruk merokok.
  • Banyak mengonsumsi minuman tinggi kafein, alkohol dan juga bersoda
  • Tanda penyakit gastritis, pankreatitis, batu empedu hingga ulkus peptikum
  • Kenaikan asam lambung

Cara Mengobati Dispepsia

Ketika nyeri perut telah menyerang, apa yang harus dilakukan? Beberapa cara alami dapat Anda lakukan terlebih dahulu sebelum penggunaan obat-obatan. Berikut ini merupakan cara mengobati dispepsia yang dapat Anda coba lakukan.

  • Menjaga pola makan yang baik, pastikan untuk mengonsumsi makanan secara perlahan dan juga teratur untuk meredakan dispepsia.
  • Hindari mengonsumsi makanan minim gizi seperti berlemak tinggi, makanan pedas, minuman tinggi kafein maupun alkohol.
  • Jaga berat badan ideal untuk menghindari resiko masalah kesehatan menjadi lebih serius. Beberapa cara yang dapat Anda lakukan adalah berolahraga rutin dan tidur yang cukup.
  • Hindari kebiasaan berbaring setelah makan karena dapat meningkatkan resiko asam lambung naik. Idealnya, Anda dapat berbaring 2-3 jam setelah makan.
  • Kelola stres dengan baik untuk menghindari pemicu asam lambung naik.

Apabila cara-cara alami tersebut belum dapat bekerja maksimal dalam meredakan dispepsia, Anda dapat memanfaatkan beragam pilihan obat-obatan di apotik.

Rekomendasi Obat Dispepsia di Apotik

Saat ini, telah banyak obat dispepsia yang tersedia di apotik offline maupun online K24Klik yang dapat menjadi pertolongan pertama untuk Anda. Tentunya, penggunaan dari masing-masing obat perlu untuk diperhatikan guna memaksimalkan efektivitasnya.

Berikut ini merupakan rekomendasi obat dispepsia di apotik yang bagus untuk Anda manfaatkan.

1. Promag

obat dispepsia di apotik promag

Beli Promag Klik di Sini

Perut kembung dapat menjadi salah satu gejala maag dan diatasi menggunakan obat penetral asam lambung seperti Promag. Komposisi dari obat ini adalah hydrotalcite, magnesium hydroxide dan juga simetikon.

Obat ini bekerja dengan cara mengurangi gas berlebihan di saluran pencernaan sehingga dispepsia pun dapat mereda. Dikemas dalam bentuk tablet kunyah, Anda dapat mengonsumsi Promag 1-2 jam sesudah atau sebelum makan sesuai dosis anjuran.

Kisaran harga: Rp 9 ribu/strip

2. Tolak Angin Cair Plus Madu

tolak angin cair plus madu

Beli Tolak Angin Cair Plus Madu Klik di Sini

Dispepsia juga dapat menjadi salah satu gejala masuk angin yang dialami oleh seseorang. Biasanya, ketidaknyamanan di perut seperti perut kembung diikuti dengan pusing, abdan lemas, meriang hingga mual.

Nah, salah satu obat dispepsia di apotik yang dapat Anda manfaatkan dalam kondisi tersebut adalah Tolak Angin Cair Plus Madu. Memiliki kandungan herbal kaya manfaat, obat ini dikemas dalam bentuk sachet siap minum yang praktis dibawa kemana-mana.

Kisaran harga: Rp 54 ribu/dos isi 12 sachet

3. Minyak Telon

dragon minyak telon untuk dispepsia

Beli Dragon Minyak Telon Klik di Sini

Tidak hanya umum dialami oleh orang dewasa, dispepsia juga dapat menyebabkan ketidaknyamanan di perut anak-anak. Untuk mengatasinya, Anda dapat memanfaatkan Dragon Minyak Telon yang aman digunakan pada segala usia.

Anda cukup mengoleskan minyak telon yang satu ini secukupnya pada beberapa bagian seperti pusar dan sekitar perut. Dapatkan beragam penawaran harga produk terbaik untuk pesanan obat online hanya di aplikasi K24Klik.

Kisaran harga: Rp 25 ribu/pcs

4. New Enzyplex

new enzyplex tablet di apotek

Beli New Enzyplex Klik di Sini

New Enzyplex merupakan obat yang mengandung amilase, lipase, protease, desoxycholic acid, dimetilpolisiloksan, vitamin dan juga mineral di dalamnya. Obat ini dapat menjadi salah satu pilihan Anda untuk meredakan ketidaknyamanan saat dispepsia.

Anjuran mengonsumsi obat ini pada orang dewasa adalah sekali sehari dengan aturan 1-2 tablet sekali minum. Waktu terbaik untuk mengonsumsi New Enzyplex adalah beberapa saat sesudah makan.

Kisaran harga: Rp 12 ribu/strip

5. Minyak Angin Polar Bear

minyak angin polar bear

Beli Minyak Angin Polar Bear Klik di Sini

Salah satu ketidaknyamanan yang ditimbulkan saat dispepsia adalah perut nyeri. Untuk meredakannya, Anda dapat menggunakan Minyak Angin Polar Bear yang memiliki efek analgesik.

Komposisi dari minyak angin yang satu ini adalah peppermint oil, campora dan polar bear menthol crystals. Selain meredakan perut nyeri, Minyak Angin Polar Bear juga dapat digunakan untuk emngurangi gatal pada kulit.

Kisaran harga: Rp 21 ribu/botol

6. Mylanta Cair

mylanta cair untuk perut kembung

Beli Mylanta Cair Klik di Sini

Mylanta Cair merupakan obat yang bekerja ampuh dalam membantu mengatasi perut kembung, begah ataupun nyeri akibat asam lambung naik. Obat ini memiliki kandungan magnesium hidroksida, alumunium hidroksida dan juga simetikon di dalamnya.

Anda dapat mengonsumsi obat Mylanta Cair ini untuk 3-4 kali sehari dengan aturan 5-10 ml sekali minum.

Kisaran harga: Rp 18 ribu/botol

7. Polysilane

polysilane sirup untuk dispepsia

Beli Polysilane Klik di Sini

Mengkombinasikan magnesium hidroksida, alumunium hidroksida dan juga dimethicone di dalamnya membuat Polysilane menjadi salah satu obat yang ampuh mengatasi kelebihan asam lambung.

Obat ini dapat membantu Anda mengurangi rasa tidak nyaman di perut seperti perut kembung, nyeri di ulu hati hingga mual.

Kisaran harga: Rp 28 ribu/botol

Itulah tadi informasi lengkap seputar apa itu dispepsia beserta gejala, penyebab dan cara mengobatinya yang perlu Anda ketahui.

Apabila gangguan pencernaan tidak kunjung membaik setelah diberi obat, segera periksakan pada dokter ahli guna mendapatkan pengobatan terbaik.

Butuh obat segera? Tidak perlu cemas, K24Klik siap jadi andalan Anda 24 jam nonstop dengan jaminan pengiriman cepat 30 menit sampai.

Untuk mendapatkan beragam penawaran harga produk terbaik dan juga gratis ongkos pengiriman, unduh aplikasi K24Klik di Play Store ataupun App Store sekarang juga. (writer/ib)

Referensi:

https://www.medicalnewstoday.com/articles/163484 diakses pada 18 Juni 2024