FG Troches Obat Apa? Manfaat, Dosis dan Efek Samping

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

fg troches obat apa manfaat dosis dan efek samping

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

FG Troches Meiji adalah obat antibiotik yang berfungsi untuk mengatasi berbagai infeksi bakteri pada rongga mulut, seperti sariawan, amandel dan juga radang tenggorokan.

Obat FG Troches merupakan salah satu obat antibiotik yang dapat menjadi andalan Anda untuk menghambat atau mematikan pertumbuhan bakteri pada rongga mulut. Antibiotik ini dapat mengatasi radang tenggorokan, amandel dan sariawan.

Terdapat berbagai jenis bakteri yang dapat menyebabkan radang tenggorokan, diantaranya adalah streptococcus, propionibacterium acnes, staphylococcus dan juga bacteroides. Infeksi dari bakteri-bakteri tersebut dapat ditangani menggunakan FG Troches.

Baca juga: 20 Obat Radang Tenggorokan Paling Ampuh di Apotik

Dengan bentuk tablet hisap, FG Troches aman untuk dikonsumsi baik anak-anak maupun dewasa. Namun, tentunya terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan seperti efek samping, interaksi obat dan juga peringatan seputar penggunaan FG Troches.

obat fg troches meiji tablet

Beli FG Troches Meiji Klik di Sini

Manfaat FG Troches

Sering menjadi andalan untuk mengatasi infeksi rongga mulut, FG Troches Meiji obat apa? Merupakan jenis obat antibiotik, FG Troches Meiji bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan ataupun mematikan bakteri penyebab infeksi rongga mulut.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat dari FG Troches yang perlu Anda ketahui.

  • Meredakan radang tenggorokan
  • Bantu mengobati penyakit amandel
  • Mengatasi sariawan
  • Mengurangi sakit tenggorokan saat batuk

Perlu diketahui bahwa FG Troches Meiji untuk batuk bukanlah mengobati batuk itu sendiri. Namun lebih pada meredakan sakit tenggorokan yang biasa dialami saat Anda batuk, terutama batuk kering atau tidak berdahak.

Baca juga: 15 Obat Batuk Kering dan Gatal Paling Ampuh di Apotik

Komposisi FG Troches

Dalam setiap tablet dari FG Troches Meiji mengandung fradiomycin sulfate dan juga gramicidin-S HCl. Pada beberapa merek FG Troches biasanya juga memberi rasa dan juga pemanis tambahan agar lebih nyaman untuk dikonsumsi, terutama anak-anak.

Belum diketahui pasti apakah FG Troches memiliki interaksi berbahaya pada obat lainnya. Namun untuk meminimalisir resiko, usahakan untuk mengonsumsi FG Troches sesuai aturan pakai dan memberi jarak waktu yang cukup jika ingin mengonsumsi obat lain.

obat fg troches meiji tablet

Beli FG Troches Meiji Klik di Sini

Dosis dan Aturan Pakai FG Troches

Kapan Anda harus mengonsumsi FG Troches? Berikut ini merupakan beberapa ciri radang tenggorokan yang mungkin Anda rasakan dan memerlukan bantuan obat antibiotik FG Troches.

  • Tenggorokan terasa kering dan juga gatal
  • Merasakan sakit pada tenggorokan, nyeri saat menelan makanan ataupun minuman
  • Adanya benjolan di sekitar leher, yang berarti pembesaran kelenjar getah bening di leher
  • Amandel yang terlihat membengkak
  • Langit-langit mulut tiba-tiba muncul bercak kemerahan

Saat mengalami radang tenggorokan ataupun infeksi rongga mulut lainnya, Anda juga berpotensi untuk mengalami gangguan kesehatan lainnya seperti di bawah ini.

  • Batuk kering
  • Demam tinggi
  • Suara serak
  • Flu
  • Hidung tersumbat
  • Pusing
  • Kesulitan menelan
  • Nafsu makan menurun

Nah, saat itulah Anda mungkin memerlukan obat antibiotik FG Troches ini. Termasuk ke dalam golongan obat keras, Anda memerlukan resep dokter untuk menggunakannya.

Dapat dikonsumsi baik untuk anak-anak maupun dewasa, berikut ini merupakan dosis yang dianjurkan untuk FG Troches.

  • Dosis FG Troches untuk anak: 1 tablet hisap dalam 1 kali konsumsi, maksimal 5 kali dalam sehari
  • Dosis FG Troches untuk dewasa: konsumsi 1-2 tablet dalam sekali konsumsi untuk maksimal pemberian 5 kali sehari

Dosis penggunaan obat ini bersifat relatif, tergantung pada kondisi dan juga usia dari pasien. Pastikan untuk selalu mengikuti saran dari dokter atau tidak melebihi batas maksimal yang telah ditentukan.

Apabila mengonsumsi obat tidak sesuai kebutuhan, tentunya dapat berdampak dengan meningkatnya potensi efek samping atau gangguan kesehatan yang lebih serius.

Anjuran untuk mengonsumsi FG Troches adalah setelah makan, tablet dapat dihisap seperti mengonsumsi permen. Usahakan untuk menggunakan obat antibiotik ini di waktu yang sama setiap harinya agar dapat bekerja dengan maksimal.

Peringatan Tentang FG Troches

Sebelum mengonsumsi FG Troches, apakah Anda memiliki alergi pada satu jenis kandungan obat? Lebih baik untuk menghindari FG Troches apabila Anda alergi terhadap kandungan dalam obat ini ataupun antibiotik aminoglikosida lainnya.

FG Troches bukanlah obat yang baik untuk digunakan dalam jangka panjang. Tidak lebih dari 7 hari, kecuali atas saran atau petunjuk dari dokter. Pastikan untuk segera berkonsultasi pada dokter ahli, apabila infeksi rongga mulut tidak kunjung membaik.

Sebagai bahan pertimbangan, Anda perlu untuk berkonsultasi pada dokter ahli sebelum menggunakan FG Troches apabila memiliki beberapa riwayat penyakit di bawah ini.

  • Multiple sclerosis
  • Gangguan keseimbangan
  • Penyakit ginjal
  • Gangguan pendengaran
  • Myasthenia gravis

Selain itu, pastikan untuk selalu mengonsumsi FG Troches sesuai dengan aturan pakainya. Apabila Anda menambah, mengurangi, menghentikan ataupun melanjutkan penggunaan obat antibiotik tanpa saran dokter dapat meningkatkan risiko resistensi antibiotik.

Jika sudah mengalami resistensi antibiotik, bakteri dapat bermutasi dan meningkatkan potensi penyakit kambuh lagi nantinya. Dampak paling buruknya, antibiotik tidak lagi bekerja mengatasi infeksi bakteri pada tubuh dan membuat kesehatan memburuk.

obat fg troches meiji tablet

Beli FG Troches Meiji Klik di Sini

Efek Samping dan Bahaya FG Troches

Kandungan obat dalam FG Troches bisa saja menyebabkan efek samping jika dikonsumsi tidak sesuai aturan ataupun berinteraksi dengan beberapa obat lain. Berikut ini merupakan beberapa efek samping FG Troches yang perlu Anda perhatikan.

Selain itu, ada juga potensi beberapa efek samping yang meskipun jarang terjadi tapi perlu untuk Anda waspadai.

  • Pendarahan yang biasanya disebabkan karena adanya defisiensi vitamin K
  • Infeksi glositis dan juga mukosa yang membuat warna lidah berubah menjadi hitam maupun kemerahan
  • Dapat menyebabkan defisiensi vitamin B, dimana akibatnya adalah sariawan, infeksi lidah, nafsu makan berkurang hingga terjadinya nyeri saraf

Apabila mengalami berbagai gejala efek samping di atas, lebih baik untuk segera menghentikan penggunaan obat FG Troches. Anda memerlukan konsultasi bersama dokter ahli ketika mendapati efek samping tidak kunjung membaik dan semakin parah.

FG Troches untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Untuk penggunaan FG Troches pada ibu hamil dan ibu menyusui sampai saat ini belum terkategorikan. Hal ini membuat obat ini belum dapat diindikasikan apakah menyerap ke ASI atau tidak, menembus plasenta dan lain sebagainya.

Pada beberapa penelitian, ditemukan bahwa penggunaan fradiomycin dalam FG Troches ini dapat membahayakan ibu hamil. Bahkan, memengaruhi kondisi kelahiran bayi yang menjadi bermasalah.

Untuk pertimbangan kesehatan ibu dan si kecil, hindari mengonsumsi obat apapun kecuali atas saran dokter. Kondisi hamil dan menyusui merupakan masa-masa rentan sehingga penggunaan obat-obatan dapat memicu efek membahayakan.

Itulah tadi beberapa informasi mengenai obat FG Troches yang perlu Anda ketahui. Apabila infeksi rongga mulut tidak kunjung membaik, segera konsultasikan pada dokter ahli untuk mendapatkan penanganan terbaik.

Butuh obat, vitamin ataupun susu tapi tidak ingin repot keluar rumah terutama di malam hari? Tenang, unduh aplikasi K24Klik di Play Store dan juga App Store sekarang juga untuk rasakan manfaat beli obat jadi lebih praktis.

Referensi:

https://www.mims.com/indonesia/drug/info/fg%20troches%20meiji?type=brief&lang=id diakses pada 24 Juli 2023