Kasus Covid-19 Naik Lagi di Jakarta, Tak Perlu Panik Lakukan Ini!

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

kasus covid 19 naik lagi di jakarta

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Covid-19 DKI Jakarta kembali mencatat lonjakan kasus pada Rabu (12/4/2023). Catatan terbaru menunjukkan munculnya 475 kasus aktif dengan gejala ringan. Juru bicara (Jubir) Kementerian Kesehatan, dr. Mohammad Syahril, Sp.P, MPH mengatakan bahwa lonjakan kasus ini tidak mematikan, tetapi masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaan.

“Situasi sangat terkendali di DKI Jakarta. Walau tren kasus Covid-19 di Jakarta naik dalam satu bulan terakhir, tapi tidak disertai kenaikan kematian dan perawatan rumah sakit,” ujar Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, dr. Ngabila Salama.

Masyarakat diminta untuk jangan panik menghadapi fenomena pelonjakan kasus Covid-19 ini. Dinkes menyarankan masyarakat untuk terus memperkuat imun tubuh dengan menjalani pola hidup sehat. Kemudian juga Anda dapat melakukan vaksinasi booster jika belum serta kembali menjalankan protokol kesehatan.

Kasus Covid-19 Naik Lagi di Jakarta, Efek Varian Arcturus?

Lonjakan kasus ini juga memicu spekulasi akibat munculnya varian Arcturus yang menyerang masyarakat di India dan juga Amerika Serikat. Dinkes DKI Jakarta pun menyatakan bahwa varian tersebut belum ditemukan di Jakarta. Sejauh ini, kasus Covid-19 di Jakarta menunjukkan gejala umum seperti batuk, pilek, sakit kepala, pegal, sakit perut dan diare.

“Belum dapat dibuktikan adanya efek dari varian baru karena Arcturus belum ditemukan di Jakarta,” pernyataan dari dr. Ngabila Salama dari Dinkes DKI Jakarta.

Adapun varian Arcturus ini diklaim lebih menular dibanding varian lainnya, namun tidak menunjukkan bahaya yang lebih parah. Salah satu gejala yang mayoritas ditemukan di India terkait Covid Arcturus adalah mata yang memerah. Kebanyakan kasus yang ditemukan di luar negeri pun menyerang anak-anak, sedangkan di Indonesia belum ditemukan berbagai klaim tersebut.

Mengonsumsi Vitamin Untuk Covid-19

Menjelang arus mudik lebaran ini, kesehatan menjadi salah satu hal yang perlu untuk Anda perhatikan. Meskipun tidak mematikan, gejala Covid-19 dapat membuat ketidaknyamanan hingga keperluan perawatan medis. Anda dapat mengonsumsi multivitamin sebagai langkah antisipatif dalam mencegah Covid-19.

1. Enervon C

vitamin covid enervon c

Beli Enervon C Klik di Sini

Vitamin C, B1, B2, B6, B12, niacinamide dan kalsium pantotenat dalam Enervon C dapat bantu Anda menjaga daya tahan tubuh. Anda dapat mengonsumsi multivitamin ini 1 kali sehari 1 tablet sesudah makan.

Kisaran harga: Rp 35 ribu/pcs

2. Imboost Extra Vit C dan D3

vitamin covid imboost extra vit c dan d3

Beli Imboost Extra Vit C dan D3 Klik di Sini

Tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, Imboost Extra Vit C dan D3 juga dapat membantu proses pemulihan setelah sakit. Multivitamin ini mengandung echinaceae, zinc picolinate, vitamin C dan vitamin D3. Sesuai anjuran, Anda dapat mengonsumsi Imboost Extra Vit C dan D3 sebanyak 1 tablet pada pagi atau sore setelah makan/

Kisaran harga: Rp 41 ribu/strip

3. Vitamin D3

vitamin covid d3

Beli Vitamin D3 Klik di Sini

Selanjutnya, Anda juga dapat mengonsumsi vitamin D3 untuk bantu memenuhi kebutuhan vitamin D pada tubuh. Jenis vitamin ini berperan penting dalam membantu penyerapan kalsium, memperkuat otot dan juga menjaga daya tahan tubuh. Anda dapat mengonsumsi vitamin D3 dengan anjuran dosis 1 kali sehari 1 tablet atau sesuai kebutuhan.

Kisaran harga: Rp 10 ribu/strip

Atasi Gejala Covid: Rekomendasi Obat Batuk Pilek di Apotik yang Bagus

Lalu, apa yang harus ketika Anda mengalami berbagai gejala Covid seperti batuk dan pilek? Tidak harus langsung diberi perawatan medis, Anda dapat memanfaatkan obat batuk pilek di apotik untuk meringankan sekaligus mengobati gejala yang muncul. Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi obat batuk pilek di apotik yang bagus.

Baca juga: 15 Obat Batuk Berdahak dan Kering Paling Ampuh di Apotik

1. OBH Combi Dewasa Batuk Flu

obat batuk pilek obh combi dewasa

Beli OBH Combi Dewasa Batuk Flu Klik di Sini

Anda dapat mengonsumsi OBH Combi Dewasa Batuk Flu untuk meringankan gejala flu yang disertai batuk. Sirup obat yang satu ini mengandung paracetamol, liquorice succus, amonium klorida, epgedrin hcl dan juga CTM. Anjuran dosis untuk OBH Combi Dewasa Batuk Flu adalah 3 kali sehari sebanyak 3 sendok takar atau 15 ml.

Kisaran harga: Rp 21 ribu/botol

2. Siladex Cough n Cold Sirup

obat batuk pilek siladex cough n cold

Beli Siladex Cough n Cold Sirup Klik di Sini

Apabila Anda mengalami batuk berdahak yang disertai dengan pilek, Siladex Cough n Cold Sirup dapat menjadi pilihan yang tepat. Obat ini mengandung dextromethorphan hbr yang efektif untuk kurangi batuk serta pseudoefedrin dengan manfaat melegakan hidung tersumbat.

Kisaran harga: Rp 22 ribu/botol

3. Procold Flu dan Batuk

obat batuk pilek procold flu dan batuk

Beli Procold Flu dan Batuk Klik di Sini

Mengonsumsi Procold Flu dan Batuk efektif untuk meringankan gejala flu seperti hidung tersumbat, sakit kepala hingga batuk kering. Procold Flu dan Batuk dapat dikonsumsi sesuai anjuran 3 kali sehari, 1 tablet untuk dewasa dan anak serta setengah tablet untuk anak 6-12 tahun.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

Pola Hidup Sehat Untuk Cegah Covid-19

Selain mengandalkan vitamin ataupun obat-obatan, Anda juga dapat menerapkan pola hidup sehat untuk mencegah Covid-19. Berikut ini merupakan beberapa saran pola hidup sehat dari Kemenkes RI yang dapat Anda coba terapkan.

1. Makanan Bernutrisi

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk menjalani pola hidup sehat adalah mengonsumsi makanan bernutrisi. Perhatikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh misalnya karbohidrat, protein, serat dan lain sebagainya.

2. Pola Waktu Tidur yang Cukup

Selain nutrisi makanan, hidup sehat juga dapat didukung dengan memiliki waktu tidur yang cukup. Anjuran kesehatan menyarankan waktu tidur yang baik adalah 7-8 jam per malam. Ini juga bisa disiasati dengan tambahan waktu tidur siang apabila Anda harus produktif di malam hari.

3. Rutin Melakukan Olahraga

Tubuh yang sehat dan bugar dibentuk melalui aktivitas olahraga. Tidak perlu dengan intensitas yang berat, Anda dapat melakukan rutinitas olahraga ringan seperti jogging atau sekedar senam pemanasan di pagi hari. Ini akan membantu tubuh terbiasa bergerak, meningkatkan fleksibilitas serta menambah kekuatan otot.

4. Perhatikan Kesehatan Mental

Tidak hanya secara fisik, mental juga sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh seseorang. Anda dapat menjaga kesehatan mental melalui langkah kecil seperti terus melatih diri untuk berpikir positif dalam berbagai hal.

Nah, itulah tadi informasi mengenai Covid-19 yang sedang naik lagi di Jakarta pada April 2023 ini. Tak perlu panik, Anda dapat mencegah Covid-19 serta mengatasi gejalanya dengan rekomendasi multivitamin dan obat batuk pilek di atas. Apabila merasa kesehatan tubuh tidak kunjung membaik, segera konsultasikan pada dokter ahli.

Butuh obat, vitamin atau susu? K24Klik siap untuk antar kebutuhan farmasi Anda sampai ke rumah. Kami juga menjamin produk farmasi yang lengkap, 100% asli dengan pengiriman cepat. Yuk download aplikasi K24Klik di Play Store atau App Store sekarang juga, dapatkan manfaatnya untuk Anda.

Referensi:

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230412075636-20-936557/kasus-covid-19-di-jakarta-naik-lagi-mayoritas-gejala-ringan diakses pada 13 April 2023

https://promkes.kemkes.go.id/mulai-pola-hidup-sehat-di-masa-pandemi-dengan-aktivitas-sederhana diakses pada 13 April 2023