13 Manfaat Kopi untuk Kesehatan Tubuh

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

manfaat kopi untuk kesehatan tubuh

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Kafein dalam kopi ternyata memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh seperti mendukung kesehatan otak dan menurunkan resiko depresi. Tidak hanya itu, manfaat kopi untuk tubuh juga didukung dengan kandungan antioksidan.

Mengonsumsi kopi di pagi hari tidak hanya memberikan semangat energi, tetapi juga berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Anda perlu untuk mengetahui apa saja manfaat kopi untuk kesehatan tubuh sebelum memutuskan rutin mengonsumsinya.

Manfaat Kopi untuk Kesehatan Tubuh

Kopi merupakan salah satu minuman yang banyak diminati untuk meningkatkan energi sebelum dan juga saat beraktivitas. Belum lagi ketika rasa kantuk menyerang di waktu-waktu padat kerjaan, kopi menjadi solusinya.

Ternyata, manfaat kopi tidak hanya sekedar meningkatkan energi dan mengatasi rasa kantuk saja loh. Dalam satu seduhan kopi, Anda mungkin saja bisa mendapatkan beberapa manfaat kopi untuk kesehatan di bawah ini.

1. Mendukung Kesehatan Otak

Banyak penelitian yang sudah mendukung fakta bahwa rutin mengonsumsi kopi sesuai takaran ternyata dapat mendukung kesehatan otak. Kandungan kafein dalam kopi dapat membantu Anda berkonsentrasi dan juga meningkatkan kewaspadaan.

Dengan meningkatnya kesehatan otak, Anda dapat meminimalisir resiko terserang gangguan neurodegeneratif seperti penyakit parkinson dan juga alzheimer.

vitamin-otak-wellness-ginkgo

Beli Wellness Ginko Formula Klik di Sini

Baca juga: 15 Vitamin Otak untuk Anak dan Dewasa di Apotik

2. Menurunkan Resiko Depresi

Kopi hitam diketahui mengandung antidepresan yang dapat membantu menurunkan resiko depresi seseorang. Dengan mengonsumsi satu hingga maksimal empat cangkir kopi setiap harinya, angka depresi menjadi lebih rendah.

Namun, tentunya takaran atau intensitas mengonsumsi kopi tiap orang tidak bisa disamakan. Kondisi psikis memerlukan pertimbangan dokter untuk mendapatkan penanganan terbaik, terutama jika depresi sudah ada di tingkat tinggi.

3. Meningkatkan Energi

Sumber energi tubuh yang utama tentunya tetap membutuhkan asupan kalori dari makanan ataupun minuman. Namun, kandungan kafein dalam kopi dapat menjadi stimulan untuk membuat energi seseorang meningkat dan tidak mudah merasa lelah.

Manfaat kopi bagi tubuh berkaitan dengan energi adalah meningkatkan fungsi otak seperti daya ingat, suasana hati, kewaspadaan. Hal ini yang membuat seseorang lebih berenergi dalam menjalankan aktivitas setelah mengonsumsi kopi.

4. Menjaga Berat Badan Ideal

Bingung cara menurunkan berat badan secara sehat dan juga efektif? Mengonsumsi kopi secara rutin ternyata dapat menjadi salah satu cara diet yang mudah, efektif dan tidak ekstrem hingga mengganggu kesehatan tubuh loh.

Kandungan kafein dalam kopi ampuh untuk meningkatkan thermogenesis sehingga tubuh pun dapat membakar lebih banyak kalori. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan di bawah ini jika ingin menurunkan berat badan dengan mengonsumsi kopi.

  • Konsumsi kopi murni tanpa tambahan pemanis yang mengandung kurang dari 5 kalori. Apabila Anda menambahkan gula ataupun susu, kopi tidak dapat bekerja efektif untuk menjaga berat badan ideal dan justru menjadi kurang sehat.
  • Jangan mengonsumsi kopi sebagai pengganti sarapan, konsumsi makanan terlebih dahulu sebelum menyeruput kopi. Efek mengurangi rasa lapar dari kopi dapat membuat Anda melewatkan jam makan, kemudian makan berlebih di lain waktu.
  • Hindari untuk meminum kopi 6-7 jam menjelang waktu tidur Anda. Hal ini berguna untuk memastikan kualitas tidur tetap terjaga, terhindar dari rasa lapar berlebih yang membuat Anda mengonsumsi banyak kalori.
  • Tidak menyukai rasa pahit kopi? Alih-alih menambahkan gula, Anda dapat memberikan sedikit bubuk kayu manis ataupun dark chocolate dalam secangkir kopi murni. Anda juga dapat menggunakan alternatif pemanis sehat seperti Tropicana Slim.
pemanis-sehat-tropicana-slim-classic

Beli Tropicana Slim Klik di Sini

5. Menurunkan Resiko Kanker dan Stroke

Kandungan kafein dalam kopi hitam dapat menghambat pertumbuhan sekaligus mencegah penyebaran sel-sel kanker dalam tubuh. Dengan rutin mengonsumsi secangkir kopi hitam setiap harinya, resiko terserang berbagai jenis kanker pun menurun.

Tidak hanya kanker, kopi juga dapat menurunkan resiko stroke karena stimulan yang membuat saraf motorik tetap terjaga. Untuk mendapatkan kedua manfaat kopi tersebut, tentunya juga perlu diimbangi dengan pola hidup yang lebih sehat.

6. Menjaga Kesehatan Hati

Kopi hitam memiliki khasiat ampuh dalam membantu seseorang untuk menurunkan resiko gangguan penyakit hati. Mengonsumsi secangkir kopi diketahui memiliki resiko kurang lebih 70 persen lebih rendah untuk mengalami gangguan hati.

Hal ini dikarenakan berbagai kandungan dalam kopi ampuh untuk menurunkan tingkat enzim hati yang berbahaya. Kemudian, kopi juga bantu mengurangi luka hati pada pasien yang menderita hepatitis C.

7. Menurunkan Resiko Diabetes Melitus Tipe 2

Kandungan kafein dalam kopi bekerja ampuh untuk meningkatkan sekresi insulin. Cara kerja kafein adalah menghambat penyerapan glukosa berlebih ke dalam sel otot sehingga turut menurunkan resiko terjadinya penyakit diabetes melitus tipe 2.

Kopi juga mengandung asam klorogenat yang bekerja ampuh dalam mengatur kadar gula darah, kemudian juga menghambat penyerapan glukosa usus.

Perlu diketahui, bahwa diabetes melitus 2 merupakan yang paling sering dialami oleh masyarakat karena pemicunya adalah pola hidup yang tidak sehat. Jadi, Anda tidak bisa hanya semata-mata mengandalkan konsumsi kopi untuk mencegah penyakit ini.

Baca juga: 15 Obat Diabetes Paling Ampuh di Apotik

8. Melindungi Tubuh dari Efek Radikal Bebas

Apabila radikal bebas menyerang tubuh secara berlebihan, dapat menyebabkan beberapa bahaya seperti penyakit kanker, katarak, penurunan fungsi ginjal hingga penyempitan pembuluh darah. Untuk itu, Anda perlu mengatasinya menggunakan antioksidan.

Nah, kopi diketahui merupakan salah satu minuman yang memberikan asupan antioksidan yang baik untuk tubuh. Kandungan asam klorogenat dan polifenol dalam kopi terbukti ampuh mengurangi peradangan serta menurunkan resiko penyakit kronis.

Manfaat Kopi untuk Kesehatan Rambut

Menjadi salah satu minuman bernutrisi, kopi juga memiliki manfaat baik untuk kesehatan rambut. Mulai dari masalah rambut rontok, ketombe dan lain sebagainya. Berikut ini merupakan beberapa manfaat kopi untuk kesehatan rambut yang perlu Anda ketahui.

1. Meningkatkan Sirkulasi Darah di Kulit Kepala

Selanjutnya, salah satu manfaat minum kopi adalah meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. Mengapa bisa? Hal ini dikarenakan berbagai kandungan baik dalam minyak kopi yaitu asam lemak yang terdiri dari asam palmitat, asam oleat dan asam linoleat.

2. Mengurangi Kerontokan dan Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Tidak hanya untuk kesehatan organ tubuh dan pencegahan penyakit, permasalahan rambut juga bisa diatasi menggunakan kopi. Kandungan kafein dalam kopi ampuh untuk merangsang pertumbuhan rambut baru sekaligus mengatasi kerontokan.

Bagaimana cara menggunakan kopi untuk rambut? Anda cukup mengoleskan kopi pada rambut dan juga kulit kepala secara rutin. Diamkan untuk setidaknya satu jam, lalu pastikan membilasnya sampai bersih agar tidak menyumbat kulit kepala.

Anda juga dapat memanfaatkan Erhair DF Hairgrow Tonic untuk memberikan ekstra nutrisi pada rambut dan kulit kepala.

erhair-df-hairglow-tonic

Beli Erhair DF Hairglow Tonic Klik di Sini

3. Mengatasi Ketombe di Kulit Kepala

Kulit kepala gatal-gatal karena ketombe? Ampas kopi dapat Anda gunakan untuk mengeksfoliasi kulit kepala, mengangkat sel-sel kulit mati yang menempel di kulit kepala dan menyebabkan rasa gatal serta mengganggu penampilan.

Cara memanfaatkan kopi untuk mengatasi ketombe pun sangat mudah, cukup olah ampas kopi menjadi masker rambut. Diamkan selama beberapa saat, lalu bilas bersih. Kulit kepala dijamin akan terasa lebih bersih dan juga segar.

Manfaat Kopi untuk Kesehatan Kulit

Ingin kulit lebih cerah dan sehat? Yuk ketahui apa saja manfaat kopi untuk kesehatan kulit yang dapat Anda coba terapkan.

1. Eksfoliasi Kulit

Kulit yang terlihat kusam bisa saja disebabkan oleh sel-sel kulit mati yang menumpuk di pori-pori. Untuk mengatasinya, Anda dapat melakukan eksfoliasi kulit yaitu pengangkatan sel-sel kulit mati.

Kopi dapat diolah menjadi salah satu bahan eksfoliasi yang membantu kulit menjadi lebih sehat, mulus dan terlihat lebih cerah. Untuk mendapatkan manfaat kopi untuk wajah, dapat dijadikan masker yang ampuh dalam mencerahkan sekaligus menghaluskan kulit wajah.

2. Menghilangkan Selulit

Stretch mark atau selulit buat Anda jadi tidak percaya diri? Selain membuat penampilan kurang nyaman, selulit juga dapat menjadi tanda kulit tidak sehat karena kandungan bioaktif di dalamnya.

Anda dapat memanfaatkan kopi untuk kulit menjadi lebih sehat karena dengan kandungan antioksidannya ampuh dalam memperbaiki tekstur kulit. Kemudian kafein dalam kopi akan melebarkan pembuluh darah untuk membantu Anda mengurangi selulit yang ada pada kulit.

Itulah tadi beragam manfaat kopi untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Konsumsilah kopi sesuai dengan takaran, jangan berlebihan. Itu akan sangat berguna untuk mengefektifkan manfaat minum kopi tanpa menyebabkan masalah kesehatan.

Sakit tiba-tiba dan butuh obat segera? Tidak perlu keluar rumah, Anda dapat mengandalkan K24Klik. Sebagai aplikasi beli obat online yang melayani Anda 24 jam nonstop, kami menjamin produk farmasi 100% asli dengan pengiriman cepat.

Unduh aplikasi K24Klik di Play Store dan App Store sekarang juga, dapatkan beragam promo menarik yang buat belanja obat online jadi lebih hemat dan praktis!

Referensi:

https://www.rush.edu/news/health-benefits-coffee diakses pada 1 Agustus 2023

https://www.healthline.com/nutrition/top-evidence-based-health-benefits-of-coffee diakses pada 1 Agustus 2023