15 Manfaat Sari Kurma Untuk Kesehatan Tubuh

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Manfaat Sari Kurma Untuk Kesehatan Tubuh
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Kurma adalah buah yang sangat populer dan sudah dinikmati sejak ribuan tahun lalu. Manfaat sari kurma yang luar biasa menjadikan buah ini sebagai salah satu makanan pokok penduduk di Timur Tengah dan Afrika Utara.

Ada banyak alasan mengapa perlu menambahkan kurma dalam diet harian Anda. Artikel ini akan mengajak Anda lebih jauh memahami manfaat sari kurma untuk kesehatan tubuh.  

Manfaat Sari Kurma Untuk Kesehatan Tubuh

Tingginya nutrisi yang terkandung dalam kurma menjadi alasan kenapa buah ini memiliki begitu banyak manfaat.

Berikut ini adalah 15 manfaat sari kurma yang akan Anda dapatkan dengan mengonsumsi buah ini.

1. Sangat kaya nutrisi

Buah kurma memiliki banyak manfaat baik untuk anak maupun orang dewasa. Hal ini karena buah ini sangat kaya nutrisi. Buah kurma mengadung nutrisi karbohidrat, serat, protein, gula, kalsium, kalium, zat besi, zinc, vitamin A.

Selain itu kurma juga kaya antioksidan yang diketauhi merupakan sumber nutrisi penting dengan banyak manfaat kesehatan.

2. Membantu pergerakan usus yang sehat

Karena sangat tinggi serat, buah kurma sangat baik untuk menjaga kesehatan usus. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kurma secara rutin akan membuat pencernaan semakin lancar dan mengurangi konsentrasi ammonia pada kotoran. Itulah mengapa buah ini bisa menjaga kesehatan pencernaan.

3. Kaya antioksidan

Antioksidan adalah senyawa yang menghambat proses oksidasi dan membersihkan radikal bebas berbahaya yang bisa merusak sel-sel tubuh. Oksidasi bisa sangat berbahaya karena mampu merusak struktur dan integritas genetic sel-sel tubuh.

Kurma dikenal tinggi senyawa antioksidan seperti karotenoid, flavonoid, asam fenolat. Antioksidan ini mampu menjaga agar sel-sel tubuh tetap sehat.

4. Meningkatkan kinerja otak

Manfaat sari kurma selanjutnya adalah meningkatkan kinerja otak dengan mengurangi kadar IL-6 yang dapat memengaruhi perkembangan penyakit neurodegeneratif. Sebuah penelitian in-vivo juga menunjukkan bahwa mengonsumsi kurma dapat mengurangi produksi plak yang berbahaya bagi otak.

5. Membantu persalinan normal

Kurma juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Manfaat sari kurma untuk ibu hamil adalah meningkatkan kemungkinan persalinan secara alami. Senyawa unik yang ada pada kurma mampu mengurangi kebutuhan oksitosin selama kehamilan.

6. Baik untuk asam lambung

Penderita asam lambung bisa mendapatkan khasiat sari kurma dengan mengonsumsinya dalam jumlah yang tepat. Kurma baik untuk asam lambung karena dapat mengurangi peradangan pada dinding lambung. Selain itu, buah ini juga dapat membantu menetralkan kembali asam lambung yang tinggi.

7. Menstabilkan gula darah

Pasalnya, mengonsumsi buah kurma yang tepat bisa bermanfaat untuk penderita diabetes. Memiliki Diabetes bukan berarti tidak boleh mengonsumsi buah kurma sama sekali. Namun, tetap berkonsultasi dengan dokter dahulu ya Sobat Sehat untuk mengetahui seberapa banyak porsinya.

8. Mengurangi risiko kanker

Penelitian mendalam terhadap kurma menemukan adanya senyawa beta D-glucan yang sangat baik untuk mendorong kegiatan anti-tumor di dalam tubuh. Antioksidan di dalam buah ini juga dapat membantu mengurangi aktivitas radikal bebas yang menjadi salah satu elemen penyebab kanker.

9. Melindungi ginjal

Manfaat kurma selanjutnya adalah melindungi ginjal agar tetap sehat. Ekstrak kurma juga bisa membantu mengurangi plasma dan kreatinin berlebih pada ginjal sehingga meningkatkan kesehatan organ tersebut.

10. Meningkatkan kesuburan

Berbagai macam nutrisi berupa vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah kurma membantu meningkatkan jumlah sperma dan gairah seksual pria. Flavanoid dan beragam asam amino di dalam kurma memberikan energi yang cukup bagi pria untuk menjaga gairah seksual.

11. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat buah kurma berikutnya adalah menjaga kesehatan tulang berkat tingginya kandungan mikro nutrisi seperti mangan, selenium, magnesium, dan tembaga. Nutrisi ini sangat penting untuk perkembangan tulang dan menjaganya tetap sehat.

Jika Anda memiliki masalah dengan kesehatan tulang, buah kurma bisa menjadi suplemen penting agar tulang segera sembuh kembali. Pasalnya, mikro nutrisi yang ada dalam kurma juga sangat efektif untuk mengatasi masalah tulang seperti osteoporosis.

12. Memperkuat sistem saraf

Sistem saraf yang bermasalah bisa sangat berbahaya bagi tubuh karena dapat memengaruhi beberapa bagian tubuh di waktu yang sama. Buah kurma kaya potassium yang sangat baik untuk kesehatan saraf.

Makanan yang kaya potassium membuat komunikasi antara sel-sel saraf menjadi lebih mudah. Tidak hanya itu saja, karena kurma rendah sodium, maka buah ini juga mampu mengurangi kemungkinan terjadinya hipertensi sehingga dapat menjaga saraf tetap aman dari tekanan darah tinggi.

13. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat sari kurma ini pasti akan sangat disukai para wanita. Bagaimana tidak, buah ini ternyata juga kaya vitamin C dan D yang memastikan kulit menerima semua nutrisi yang diperlukan agar tetap sehat dan bercahaya. Dua jenis vitamin ini juga meningkatkan elastisitas kulit yang bisa sangat sulit dilakukan seiring bertambahnya usia.

14. Mengurangi kerontokan rambut

Sari kurma adalah alternatif yang sangat baik untuk obat-obatan lain yang mengklaim mampu menghentikan kerontokan rambut. Buah ini sangat kaya zat besi yang bermanfaat bagi rambut. Meningkatnya zat besi memastikan aliran darah tetap kuat dan terjaga sehingga kulit kepala bisa ternutrisi dengan baik.

Meningkatnya aliran oksigen ke kulit kepala membantu pertumbuhan rambut baru. Tidak hanya itu saja, hal ini juga bisa mengurangi kerontokan rambut secara signifikan.

15. Mengatasi anemia

Selain membantu mengurangi kerontokan rambut, zat besi yang terdapat dalam kurma juga mampu mengatasi anemia atau masalah kekurangan darah.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat sari kurma yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsinya secara rutin. Selain bisa dinikmati langsung, Anda juga bisa mengonsumsi sari kurma atau suplemen kurma yang sudah banyak tersedia di apotik.

Anda bahkan bisa langsung membelinya dari rumeh dengan mengunjungi apotik online K24 di https://www.k24klik.com/.