10 Manfaat Sunscreen untuk Kesehatan Kulit

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Manfaat Sunscreen untuk Kesehatan Kulit
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Sebagian dari Anda mungkin menganggap kalau sunscreen (tabir surya) sekadar produk untuk menjaga kulit dari paparan sinar matahari, sehingga akan membuat pria tetap tampan dan wanita senantiasa cantik. Padahal manfaat sunscreen tak sesederhana itu. Masih banyak manfaat lain yang bisa didapatkan ketika Anda rajin memakai sunscreen.

Salah satu contohnya, sunscreen bisa melindungi Anda dari risiko terkena kanker kulit akibat paparan sinar ultraviolet (UV). Di samping itu, sunscreen juga bisa membuat Anda tampak lebih awet muda.

Daftar Manfaat Sunscreen untuk Kesehatan Kulit

Berikut ini adalah daftar lengkap manfaat memakai sunscreen secara rutin sebelum melakukan aktivitas sehari-hari, seperti dikutip dari berbagai sumber.

1. Kurangi Risiko Kanker Kulit

Seperti yang telah disebutkan di atas, salah satu manfaat menggunakan sunscreen dapat melindungi Anda dari risiko terkena kanker kulit. Hal itu karena sunscreen yang memiliki kandungan Sun Protection Factor (SPF) tinggi (30 atau lebih) mampu memberikan perlindungan terhadap kulit dari paparan ultraviolet A (UVA) serta ultraviolet B (UVB).

UVA dan UVB merupakan dua jenis UV yang terdapat pada sinar matahari. Keduanya bisa memicu pertumbuhan kanker kulit apabila Anda sering terpapar matahari secara langsung dalam waktu lama. Oleh sebab itu, rajin memakai sunscreen, terutama saat beraktivitas di luar ruangan, bisa menjadi solusi untuk menghindari kanker kulit yang berbahaya.

2. Cegah Penuaan Dini

Selain mencegah kanker, manfaat menggunakan sunscreen seperti yang telah disebutkan di awal adalah membuat Anda tampak awet muda. Hal itu benar adanya, sebab sunscreen dapat mencegah atau memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan, seperti kerutan, garis halus, hingga bintik matahari dan hiperpigmentasi.

Dikutip dari stylecraze.com, sebuah hasil penelitian mengungkapkan bahwa orang-orang yang berusia di bawah 55 tahun dan rajin menggunakan sunscreen punya peluang lebih kecil (24 persen) untuk mendapat tanda penuaan. Sementara mereka yang tidak menggunakan sunscreen, berpeluang lebih tinggi untuk mendapat tanda penuaan.

Beli Acanthe Sunscreen Klik di Sini

3. Lindungi Kulit dari Sinar UV Berbahaya

Sinar UV pada matahari tidak hanya menjadi penyebab kanker kulit dan munculnya tanda-tanda penuaan, tetapi juga mampu merusak kulit secara keseluruhan. Tentu saja hal ini akan terjadi jika Anda terkena paparan sinar tersebut dalam waktu lama tanpa pelindung sama sekali.

Salah satu kerusakan yang akan langsung tampak adalah perubahan struktur kulit menjadi kering dan kasar. Oleh sebab itu, penggunaan sunscreen menjadi sangat penting untuk mengatasi masalah ini.

Hal itu karena salah satu manfaat sunscreen untuk kulit kering adalah membuatnya jadi lebih lembap. Secara umum, sunscreen memiliki kandungan zat pelembap seperti collagen, aloe vera, lanolin, serta hyaluronic acid.

4. Membuat Warna Kulit Lebih Merata

Masalah lain yang ditimbulkan oleh paparan sinar UV berlebihan adalah terjadinya hiperpigmentasi pada kulit. Salah satu ciri kondisi ini ialah terjadinya perubahan warna pada kulit secara tidak merata.

Nah, salah satu manfaat sunscreen adalah mampu mempertahankan warna kulit untuk tetap rata, jika dipakai secara rutin. Manfaat ini akan semakin maksimal jika Anda memilih produk sunscreen yang mengandung bahan-bahan tambahan seperti minyak jojoba, minyak rosehip, serta vitamin C.

5. Cegah Sunburn

Sunburn adalah iritasi kulit yang disebabkan oleh luka bakar akibat terlalu sering terpapar sinar matahari secara langsung. Kondisi ini biasanya disertai dengan menipisnya kulit, tampak memar, terjadi pembengkakan dan pengelupasan, hingga terasa gatal. Hal ini tentunya sangat mengganggu penampilan dan aktivitas sehari-hari.

Kondisi sunburn sebenarnya merupakan cikal bakal dari kanker kulit jenis melanoma yang sangat mematikan apabila tidak segera ditangani. Maka, untuk mencegah hal tersebut, jangan lupa untuk selalu menggunakan sunscreen agar Anda terlindungi dari paparan sinar-sinar maupun zat berbahaya lainnya.

6. Hindari Peradangan dan Kemerahan

Jika Anda berada di bawah paparan sinar matahari dalam waktu lama, Anda pasti akan mendapati kulit yang mengalami kemerahan hingga terjadi peradangan. Sekilas, kondisi ini tak berbahaya dan akan kembali membaik setelah beberapa saat. Namun sebenarnya, kondisi ini amat berbahaya dan bisa memicu berbagai jenis penyakit kulit.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, sinar matahari memiliki kandungan UV yang sangat mengancam kesehatan kulit. Oleh sebab itu, memakai sunscreen sebelum memulai aktivitas akan menjaga Anda dari berbagai ancaman bahaya tersebut.

7. Cegah Munculnya Jerawat

Anda mungkin menganggap jerawat muncul hanya karena adanya kotoran pada wajah. Padahal, ada pengaruh sinar UV dalam kemunculan jerawat. Hal tersebut terjadi saat wajah terlalu banyak terkena paparan sinar UV, sehingga produksi minyak akan meningkat.

Meningkatnya produksi minyak, ditambah menumpuknya kotoran di wajah, akan memicu kemunculan jerawat. Nah, jika Anda mengalami masalah jerawat, memakai sunscreen bisa menjadi solusi untuk mengatasinya.

Manfaat sunscreen untuk wajah berjerawat bisa Anda dapatkan dengan mengaplikasikan produk tersebut secara rutin. Sunscreen akan bekerja dengan melindungi wajah Anda dari paparan sinar UV sekaligus memperbaiki struktur kulit.

8. Hentikan Kerusakan DNA

Menurut studi ilmiah yang dilaporkan eminenceorganics.com, paparan sinar matahari dalam jangka waktu lama bisa memicu kerusakan DNA (Deoxyribose Nucleic Acid). Kerusakan DNA ini selanjutnya akan menyebabkan berbagai masalah lain yang lebih serius pada tubuh. Salah satunya adalah terjadi inflamasi hingga berkembangnya tumor.

Tentu kondisi tersebut sangat berbahaya. Oleh sebab itu, demi menghentikan kerusakan DNA akibat paparan sinar UV, aplikasikan sunscreen pada kulit setiap kali akan beraktivitas di bawah sinar matahari secara langsung. Manfaat sunscreen dalam melindungi kulit akan membantu Anda terhindar dari berbagai penyakit berbahaya.

9. Cegah Pecahnya Pembuluh Darah

Pada kulit manusia terdapat pembuluh darah kecil yang bisa menyebabkan masalah besar jika sampai mengalami kerusakan. Oleh sebab itu, Anda harus selalu menjaganya dengan rutin menggunakan sunscreen.

Salah satu masalah yang bisa muncul jika Anda tak memakai sunscreen saat beraktivitas di bawah sinar matahari langsung adalah telangiektasis. Kondisi ini terjadi ketika pembuluh darah pada kulit mengalami pembengkakan akibat paparan sinar UV, hingga pecah, dan ditandai dengan munculnya garis halus kemerahan pada permukaan kulit.

10. Membuat Kulit Lebih Cerah

Terakhir, sebagai salah satu produk perawatan kulit (skincare), sunscreen mampu membuat kulit Anda menjadi tampak lebih cerah, halus, dan berkilau. Hal ini terjadi karena sunscreen memiliki berbagai kandungan yang mampu menutrisi kulit dari dalam sekaligus melindunginya dari paparan zat-zat berbahaya dari luar seperti sinar UV.

Untuk itu, rutin memakai sunscreen dalam tahapan skincare harian perlu untuk dilakukan demi mendapat berbagai manfaat sunscreen tersebut. Namun demikian, Anda juga perlu teliti dalam memilih produk sunscreen.

Pilihlah produk yang cocok dengan kondisi kulit, dan pastikan Anda tak mengombinasikannya dengan produk lain yang dapat memicu alergi maupun masalah lainnya.

Itulah 10 manfaat sunscreen untuk kesehatan kulit. Jika Anda ingin merasakan manfaat tersebut, jangan lupa untuk selalu memakai sunscreen sebelum beraktivitas di luar ruangan. Kini, produk sunscreen bisa Anda dapatkan dengan mudah di berbagai apotik maupun toko kosmetik lainnya.

Bahkan, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi K24Klik untuk membeli sunscreen secara online. Ada banyak produk sunscreen yang bisa Anda pilih, dan harganya pun sangat terjangkau. Tanpa harus keluar rumah, kegiatan belanja tentu akan jadi semakin mudah.

Segera manfaatkan K24Klik untuk memenuhi kebutuhan produk skincare seperti sunscreen dan obat-obatan lainnya dengan mengunduh aplikasi tersebut secara gratis di Play Store dan App Store.

Referensi:

  1. 11 Reason Sunscreen Is Important For The Skin & How To Use It, https://www.stylecraze.com/articles/sunscreen-why-use/ (Diakses 25 Februari 2023, pukul 12.24 WIB)
  2. Mengenal Penyebab, Jenis, hingga Gejala Kanker Kulit, https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/kanker-kulit (Diakses 25 Februari 2023, pukul 12.36 WIB)
  3. 5 Benefits of Sunscreen, https://usa.renskincare.com/blogs/clean-thoughts/5-benefits-of-sunscreen (Diakses 25 Februari 2023, pukul 12.50 WIB)
  4. 5 Reason To Use Sunscreen Every Day, https://www.parrishhealthcare.com/news/2020/july/5-reasons-to-use-sunscreen-every-day/ (Diakses 25 Februari 2023, pukul 13.26 WIB)
  5. The Benefits of Sunscreen: Why Do I Need To Wear SPF Every Day?, https://eminenceorganics.com/ca/blog/2020/11/20/benefits-sunscreen-why-do-i-need-wear-spf-every-day (Diakses 25 Februari 2023, pukul 13.27 WIB)
  6. Top 5 Important Reason You Should Always Wear Sunscreen, https://ehe.health/blog/always-wear-sunscreen/ (Diakses 25 Februari 2023, pukul 18.28 WIB)
  7. 5 Benefits of Sunscreen, https://www.katesomerville.com/us/en/blog/5-benefits-of-sunscreen.html (Diakses 25 Februari 2023, pukul 18.40 WIB)
  8. 4 Surprising Benefits of Sunscreen (and one obvious one!), https://www.skinrepair.net.au/4-surprising-benefits-of-sunscreen-and-one-obvious-one/ (Diakses 25 Februari 2023, pukul 18.47 WIB)