Mefenamic Acid – Manfaat, Dosis dan Efek Samping

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

mefenamic acid manfaat dosis efek samping

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Mefenamic Acid adalah obat yang digunakan untuk meredakan nyeri ringan hingga sedang. Obat ini biasanya dimanfaatkan untuk mengatasi nyeri haid, sakit gigi, sakit kepala, radang sendi hingga nyeri akibat cedera.

Sering juga disebut sebagai asam mefenamat, obat mefenamic acid ini merupakan salah satu pereda nyeri paling ampuh yang tersedia di apotik. Cara kerja obat ini adalah dengan menghambat pembentukan prostaglandin yang merupakan pemicu gejala peradangan ataupun nyeri pada tubuh.

Selain versi generiknya, mefenamic acid juga tersedia dalam berbagai merek obat paten seperti anastan forte, mefinal dan juga ponstelax.

Baca juga: 15 Obat Sakit Gigi Berlubang dan Ngilu di Apotik

Manfaat Mefenamic Acid

Termasuk dalam golongan Nonsteroidal Anti-Inflammatory Drug (NSAID), Mefenamic Acid merupakan obat yang bekerja ampuh dalam meredakan nyeri pada tubuh seperti saat sakit kepala, sakit gigi, nyeri haid hingga radang sendi.

Obat ini efektif untuk menghambat kerja dari enzim siklooksigenasi (COX) yang berfungsi dalam membantu pembentukan prostaglandin, pemicu sakit dan peradangan.

Ketika kerja enzim COX ini terhalangi, maka produksi prostaglandin pun berkurang, begitupula rasa sakit dan peradangan pada tubuh. Secara umum, asam mefenamat ini merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi nyeri ringan hingga sedang.

Dosis dan Aturan Pakai Mefenamic Acid

Untuk mengatasi nyeri ringan hingga sedang, berikut ini merupakan dosis dan aturan pakai mefenamic acid yang perlu Anda perhatikan.

  • Dewasa dan anak-anak usia di atas 12 tahun: 500 mg mefenamic acid sekali minum, diikuti dengan 250 mg tiap 6 jam apabila dibutuhkan.
  • Anak-anak usia lebih dari 6 bulan hingga 2 tahun: 25 mg/kg per harinya dengan dosis yang terbagi atau bisa juga mengacu pada aturan pakai 50 mg, 1-3 kali dalam sehari.
  • Anak-anak usia 2-5 tahun: 100 mg sekali minum untuk 1-3 kali sehari
  • Anak-anak usia 5-9 tahun: berikan mefenamic acid 1-3 kali sekali dengan dosis 150 mg sekali minum.
  • Anak-anak usia 9-12 tahun: 1-3 kali sehari sebanyak 200 mg sekali minum.

Selain untuk mengatasi keluhan nyeri, obat asam mefenamat ini juga dapat membantu meredakan demam akibat peradangan dalam tubuh anak. Anda dapat memberikan obat oral ini pada anak usia di atas 6 bulan dengan dosis 25 mg/kg dalam dosis terbagi.

Perlu diketahui bahwa mefenamic acid termasuk dalam golongan obat merah atau keras sehingga penggunaannya perlu memerhatikan dosis yang dianjurkan ataupuns sesuai petunjuk dokter.

Efek Samping dan Bahaya

Pada beberapa kasus, penggunaan obat NSAID ini mungkin saja dapat menimbulkan beragam efek samping ringan hingga berat.

Anda dapat menanggulanginya dengan memerhatikan dosis dan aturan pakai ataupun menghentikan penggunaan apabila efek samping tidak kunjung membaik dan bertambah parah.

Berikut ini merupakan beberapa efek samping ringan dan sering ditemui yang mungkin Anda alami saat mengonsumsi asam mefenamat.

Meskipun sangat jarang ditemukan, asam mefenamat juga dapat menimbulkan beberapa efek samping serius seperti di bawah ini.

  • Leukopenia
  • Hipoplasia sumsum tulang
  • Eosinofilia

Setiap orang dapat mengalami efek samping maupun bahaya dari obat ini secara berbeda-beda dan membutuhkan penanganan yang berbeda pula. Untuk diagnosa yang lebih pasti, jangan ragu untuk memeriksakan diri pada dokter ahli sesegera mungkin.

Peringatan Mefenamic Acid

Selain kemungkinan terjadinya efek samping, penggunaan obat pereda nyeri ini juga dapat meningkatkan beragam resiko masalah kesehatan. Hal ini dapat disebabkan oleh durasi penggunaan, over dosis dan lain sebagainya.

Berikut ini merupakan beberapa peringatan resiko masalah kesehatan dari asam mefenamat yang perlu Anda ketahui.

  • Obat-obatan golongan NSAID dapat meningkatkan resiko kejadian trombotik kardiovakular yang serius hingga stroke.
  • NSAID juga mampu meningkatkan resiko efek samping gastrointestinal serius seperti pendarahan, ulserasi, perforasi lambung ataupun usus.

Pastikan untuk selalu mengonsumsi mefenamic acid sesuai dosis yang dianjurkan untuk menghindari efek samping dan meminimalisir resiko penyakit atau masalah kesehatan serius.

Penggunaan pada Ibu Hamil dan Menyusui

Lalu, apakah mefenamic acid aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui? Obat NSAID ini termasuk dalam kategori C, dimana telah terbukti menimbulkan efek samping pada penelitian terhadap binatang.

Memang belum ada studi lebih mendalam yang membuktikan secara khusus efek samping ataupun bahaya pada ibu hamil dan ibu menyusui, namun lebih baik untuk dihindari.

Penggunaan obat-obatan apapun pada kondisi mengandung dan menyusui harus sesuai dengan petunjuk dokter.

Interaksi Obat

Mengkombinasikan satu obat dengan obat lainnya sering kali dianjurkan untuk mengatasi beragam masalah kesehatan. Namun, tentunya interaksi obat perlu dipertimbangkan karena dapat menimbulkan masalah serius pada kesehatan tubuh.

Anda dapat menghindari kombinasi mefenamic acid dengan obat-obatan di bawah ini.

  • Meningkatkan resiko pendarahan apabila diberikan dengan obat NSAID lainnya seperti aspirin, kemudian antikoagulan seperti warfarin dan kortikosteroid.
  • Dapat mengurangi efek obat natriuretik dan juga diuretik seperti furosemide dan hydrochlorothiazide.
  • Berpotensi menurunkan efektivitas obat antihipertensi seperti ACE inhibitor, antagonis angiotensin II dan juga beta blocker.
  • Meningkatkan resiko nefrotoksitas siklosporin ataupun tacrolimus.

Selain interaksi dengan obat-obatan, asam mefenamat juga dapat menimbulkan masalah kesehatan serius apabila dikonsumsi bersamaan dengan alkohol.

Sediaan Mefenamic Acid di Apotik

Obat pereda nyeri yang satu ini telah mudah dan banyak ditemukan di apotek offline maupun online K24Klik. Sesuaikan dengan kebutuhan dan juga petunjuk dokter, berikut ini merupakan beberapa rekomendasi mefenamic acid di apotik yang dapat Anda manfaatkan.

1. Kaplet

asam mefenamat

Beli Asam Mefenamat Klik di Sini

Jenis obat asam mefenamat yang paling sering diresepkan adalah kaplet. Obat mefenamic acid 500 mg ini banyak tersedia dalam versi generik maupun patennya. Salah satunya adalah asam mefenamat yang diproduksi oleh Triman.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

mefenamic acid anastan forte

Beli Anastan Forte Klik di Sini

Dengan dosis yang sama yaitu 500 mg per kapletnya, Anda juga dapat memanfaatkan versi paten dari obat NSAID ini yaitu Anastan Forte. Untuk efektivitas dari obat generik maupun paten sendiri adalah sama.

Kisaran harga: Rp 5 ribu/strip

2. Sirup Suspensi

pondex sirup suspensi di apotik

Beli Pondex Forte Suspensi Klik di Sini

Kesulitan mengonsumsi obat dalam bentuk kaplet, tablet maupun kapsul? Tidak perlu khawatir, mefenamic acid juga memiliki sediaan sirup suspensi di apotik yang dapat Anda manfaatkan sebagai pereda nyeri ringan hingga sedang.

Tiap 5 ml dari Pondex Forte Suspensi memiliki kandungan 50 mg asam mefenamat di dalamnya. Perhatikan dosis anjuran yang tertera pada kemasan atau sesuai petunjuk dokter.

Kisaran harga: Rp 14 ribu/botol

Itulah tadi informasi lengkap seputar mefenamic acid obat apa beserta manfaat, dosis dan juga efek sampingnya. Apabila nyeri pada tubuh tidak kunjung sembuh setelah mengonsumsi obat ini, segera periksakan ke dokter ahli untuk penanganan terbaik.

Butuh obat segera tapi tidak punya stok? Tidak perlu khawatir, K24Klik jadi solusi tepat untuk beli obat online dengan jaminan 30 menit sampai dan produk 100% asli.

Unduh aplikasi K24Klik di Play Store ataupun App Store sekarang juga, dapatkan beragam penawaran harga produk menarik dan juga gratis ongkos pengiriman khusus untuk Anda. (writer/ib)

Referensi:

https://www.mims.com/indonesia/drug/info/mefenamic%20acid?mtype=generic diakses pada 2 Juli 2024