15 Obat Ambeien Alami Yang Ampuh

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat ambeien alami yang ampuh

Obat ambeien alami dapat menjadi pilihan tepat untuk mengobati benjolan di sekitar anus beserta rasa gatal dan perihnya. Saat ini, beberapa obat yang terbuat dari bahan-bahan alami juga sudah tersedia di apotik.

Ambeien atau wasir pastinya menimbulkan ketidaknyamanan baik saat Anda duduk ataupun melakukan aktivitas lainnya. Tidak harus selalu mengandalkan obat-obatan kimia, Anda juga dapat memanfaatkan obat ambeien alami. Tenang saja, beberapa rekomendasi obat alami ambeien bahkan dapat Anda buat dengan mudah di rumah.

Gejala dari ambeien sendiri bermacam-macam, tetapi yang paling umum adalah timbulnya benjolan di area anus. Kemudian adanya darah saat buang air besar (BAB), iritasi ataupun nyeri di sekitar anus. Jika sudah merasakan beberapa gejala tersebut, lebih baik untuk segera menanganinya sebelum menyebabkan peradangan lebih parah dan timbul benjolan keras.

Rekomendasi Obat Ambeien Alami Yang Ampuh

Lalu, apa saja herbal yang dapat Anda gunakan untuk mengobati ambeien? Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi obat ambeien alami yang ampuh dan mudah ditemukan atau diracik sendiri.

Baca juga: 5 Obat Ambeien / Wasir Paling Ampuh di Apotik dan Harganya

1. Lidah Buaya

Salah satu obat alami yang terbukti ampuh untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan adalah lidah buaya. Dengan mengoleskan gel lidah buaya ke area ambeien, maka benjolan di sekitar anus pun akan membaik. Obat alami ambeien yang satu ini memiliki sifat anti peradangan yang membuatnya ampuh untuk mengatasi penyakit wasir.

2. Witch Hazel

Selanjutnya, Anda juga dapat menggunakan witch hazel untuk mengobati ambeien. Cukup mengoleskannya pada area sekitar anus, maka rasa sakit, gatal dan pendarahan ambeien pun mereda. Hal ini disebabkan oleh kandungan minyak dan juga tanin dalam witch hazel yang ampuh atasi peradangan ambeien.

3. Garam Epsom

Sebagai obat alami untuk wasir, Anda dapat menggunakan garam epsom sebagai kompres atau rendam. Jika tertarik memanfaatkan garam epsom untuk berendam, pastikan untuk menggunakan air hangat di bak mandi agar lebih memberi sensasi rileks. Untuk penggunaan sebagai kompres, Anda dapat mencampurkan garam epsom dan gliserin.

4. Minyak Kelapa

Minyak kelapa telah dikenal memiliki banyak khasiat baik untuk kesehatan, termasuk membantu Anda dalam mengobati ambeien atau wasir. Sifat anti inflamasi yang kuat dalam minyak kelapa murni ampuh untuk mengurangi peradangan dan pembengkakkan saat wasir. Anda cukup mengoleskannya pada area sekitar anus secara rutin sesuai kebutuhan.

5. Tea Tree Oil

Beberapa kandungan dalam tea tree oil terbukti ampuh untuk mengurangi radang dan pembengkakan saat ambeien. Obat wasir alami ini jika dikombinasikan dengan witch hazel atau lidah buaya maka akan semakin ampuh mempercepat pemulihan. Sifat antimikroba dan antibakterinya juga dapat membantu Anda menjaga kebersihan area anus.

6. Kulit Manggis

Tidak hanya daging buah manggis, kulitnya juga berkhasiat untuk tubuh termasuk sebagai obat wasir alami. Kandungan xanthone pada kulit manggis dapat berperan sebagai antioksidan, anti peradangan, anti bakteri, anti kanker dan juga anti plasmodial. Anda cukup merebus kulit manggis hingga mendidih lalu minum selagi hangat.

7. Daun Sirsak

Senyawa dalam daun sirsak dapat berperan sebagai anti bakteri untuk bantu mengobati ambeien secara alami. Anda cukup merebus beberapa lembar daun sirsak bersama dua gelas air. Pastikan untuk merebus hingga air menyusut menjadi satu gelas saja, lalu minum setiap pagi dan malam.

8. Kompres Es

Dengan melakukan kompres es atau kompres dingin, maka nyeri dan pembengkakan di area anus pun akan berkurang. Anda dapat memasukkan beberapa es batu ke dalam kantong plastik, lalu balut menggunakan handuk bersih. Aplikasikan langsung sebagai kompres pada ambeien selama kurang lebih 15 menit.

9. Bawang Putih

Merupakan bumbu dapur yang paling sering digunakan, bawang putih diketahui memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan. Kandungan allicin pada bawang putih dapat menjadi obat ambeien alami yang ampuh. Anda cukup menumbuk dua siung bawang putih sampai halus kemudian oleskan langsung ke benjolan sekitar anus.

Namun, apabila Anda merasa mengoles langsung ke benjolan sekitar anus membuat tidak nyaman maka mengonsumsi jus bawang putih pun dapat menjadi pilihan Anda. Jika dikonsumsi secara rutin, jus bawang putih dapat membantu Anda melawan bakteri dalam tubuh sehingga sistem kekebalan semakin meningkat.

10. Akar Kangkung

Vitamin A, B1, C, protein, kalsium, fosfor dan juga zat besi pada kangkung memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Sebagai obat ambeien alami, Anda dapat menggunakan bagian akar dan batangnya. Cuci sampai bersih terlebih dahulu, kemudian rebus hingga mendidih dan minum secara rutin agar lebih efektif.

11. Cocor Bebek

Tumbuhan cocor bebek tidak hanya dapat menjadi tanaman hias, tetapi juga obat alami untuk wasir. Beberapa kandungan pada cocor bebek berperan sebagai anti inflamasi yang membantu Anda untuk mengatasi ambeien.

Jemur daun cocor bebek hingga kering, lalu tumbuk hingga halus. Setelah itu Anda dapat menyeduhnya menggunakan air hangat. Apabila dikonsumsi secara rutin, air rebusan daun cocor bebek juga dapat menjaga daya tahan tubuh.

Rekomendasi Obat Ambeien dari Bahan Alami di Apotik

Ingin mengatasi ambeien secara alami tapi malas ribet meracik sendiri? Tenang, saat ini sudah banyak obat di apotik yang terbuat dari bahan-bahan alami. Berikut ini merupakan rekomendasi obat ambeien alami di apotik yang dapat Anda gunakan.

1. Hemoroid Kapsul

obat ambeien alami hemoroid kapsul

Beli Hemoroid Kapsul Klik di Sini

Terbuat dari bahan-bahan herbal, hemoroid kapsul ampuh untuk meringankan sakit ambeien, mengatasi bengkak dan pendarahan hingga mengurangi gatal-gatal. Anda dapat mengonsumsi hemoroid kapsul 3 kali sehari sebanyak 2 kapsul. Perlu diperhatikan bahwa penggunaan pada ibu hamil dan menyusui serta anak-anak harus dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter.

Kisaran harga: Rp 51 ribuan per dos

2. Mediven Kapsul

obat ambeien alami mediven kapsul

Beli Mediven Kapsul Klik di Sini

Pembengkakkan di area anus tentunya membuat Anda tidak nyaman untuk beraktivitas, sehingga perlu diobati segera. Terbuat dari ekstrak daun ungu, daun pepaya dan bunga sophora japonica membuat Mediven Kapsul ampuh untuk mengobati ambeien. Tidak hanya untuk wasir, herbal ini juga ampuh untuk melancarkan buang air besar.

Kisaran harga: Rp 21 ribuan per strip

3. Veridin Tablet

obat ambeien alami veridin tablet

Beli Veridin Tablet Klik di Sini

Obat herbal veridin tablet terbuat dari ekstrak ciutrus sinens fructus dapat digunakan untuk meringankan gejala wasir. Meskipun terbuat dari bahan herbal, penggunaan veridin tablet untuk anak-anak, ibu hamil dan menyusui harus dikonsultasikan kepada dokter terlebih dahulu.

Kisaran harga: Rp 62 ribuan per strip

4. Nuwasir Kapsul

obat ambeien alami nuwasir kapsul

Beli Nuwasir Tablet Klik di Sini

Nuwasir terbuat dari ekstrak daun ungu, kunyit dan juga pegagan yang ampuh untuk mengobati wasir. Anjuran untuk mengonsumsi obat herbal yang satu ini adalah 1-2 kapsul diminum 3 kali sehari. Hentikan pemakaian jika efek samping seperti ruam, gatal-gatal dan biduran semakin memburuk.

Kisaran harga: Rp 255 ribuan per strip

Itulah tadi beberapa rekomendasi obat ambeien alami yang ampuh untuk Anda gunakan. Apabila benjolan terasa semakin mengganggu, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter ahli. Ambeien yang tidak ditangani dengan tepat bisa saja menyebabkan penyakit yang lebih serius.

K24Klik siap antar segala kebutuhan obat, vitamin dan juga susu sampai ke depan rumah. Tenang saja, kami menjamin produk farmasi yang lengkap, produk 100% asli dan juga pengiriman cepat. Unduh aplikasi K24Klik di Play Store dan App Store sekarang juga, beli obat jadi lebih praktis!

Referensi:

https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-hemorrhoids diakses pada 16 Mei 2023