15 Obat Asma Paling Ampuh di Apotik

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat asma paling ampuh di apotik

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Serangan asma buat Anda tidak bisa beraktivitas hingga pingsan? Oleh karena itu, penting untuk mengetahui apa saja obat asma paling ampuh di apotik terlebih dahulu.

Saluran pernafasan yang menyempit ataupun kaku dapat membuat Anda kesulitan bernafas dan menimbulkan penyakit asma. Untuk mengatasinya secara tepat dan aman, Anda perlu mengetahui apa saja obat asma paling ampuh yang tersedia di apotik dan harganya.

Penyebab asma sendiri bermacam-macam mulai dari infeksi virus, kondisi cuaca, paparan debu, asap rokok dan juga bulu hewan. Apabila Anda memiliki aktivitas yang bersinggungan dengan bahan-bahan kimia, beberapa paparan diantaranya juga dapat memicu asma.

Apabila asma dibiarkan, mungkin saja membuat penderitanya kesulitan melakukan aktivitas dengan nyaman hingga berpotensi menyebabkan kematian.

Rekomendasi Obat Asma Paling Ampuh di Apotik

Lalu, apa yang harus Anda konsumsi untuk mengatasi berbagai gejala asma? Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi obat asma paling ampuh di apotik yang dapat Anda gunakan.

Baca juga: Asma pada Anak, Gejala, Penyebab dan Cara Mengobatinya

1. Symbicort Turbuhaler

obat asma paling ampuh di apotik symbicort turbuhaler

Beli Symbicort Turbuhaler Klik di Sini

Serangan asma disaat genting? Tenang, Anda dapat memanfaatkan Symbicort Turbuhaler untuk mengatasinya. Dengan kandungan formoterol dan budenisode, penggunaan obat ini cukup dengan dihisap 2 kali sehari, tergantung beratnya gejala atau sesuai anjuran dokter.

Kisaran harga: Rp 300-700 ribu/pcs

2. Ventolin Sirup

obat asma di apotik ventolin exp sirup

Beli Ventolin Sirup Klik di Sini

Kandungan zat aktif salbutamol bekerja ampuh untuk melancarkan saluran pernafasan sehingga oksigen dapat berjalan lancar. Dengan bentuk obat cair yang mudah dikonsumsi, dosis pemakaian Ventolin Sirup adalah 2-3 kali sehari sebanyak 2-4 sendok teh.

Kisaran harga: Rp 81 ribu/botol

3. Singulair

obat asma paling ampuh singulair chew

Beli Singular Chew Klik di Sini

Apa yang harus dilakukan jika asma menyerang anak-anak? Anda dapat memberikan Singular Chew dengan cara mengonsumsi mudah yaitu dikunyah sesuai dosis yang dianjurkan. Tenang saja, obat ini dapat diberikan pada anak mulai usia 2 tahun.

Kisaran harga: Rp 12 ribu/tablet

4. Combivent

obat asma paling ampuh combivent

Beli Combivent Klik di Sini

Bermanfaat untuk mencegah sekaligus mengontrol berbagai gejala sesak nafas, Combivent mengandung ipratropium bromide dan juga salbutamol. Anda dapat menggunakan obat ini 3-4 kali sehari, 1 ampul setiap pemakaian atau sesuai anjuran.

Kisaran harga: Rp 28 ribu/pcs

5. Seretide Inhaler

obat asma di apotik seretide inhaler

Beli Seretide Inhaler Klik di Sini

Serangan asma mendadak? Salah satu solusi cepat untuk mengatasinya adalah memanfaatkan Seretide Inhaler.

Obat hirup dengan kandungan salmeterol sinapoat dan juga flutikason propionat, Seretide Inhaler ampuh meringankan berbagai gejala asma dengan cepat sekaligus menjadi terapi rutin mengatasi penyumbatan saluran pernafasan.

Kisaran harga: Rp 225 ribu/pcs

6. Astherin

obat asma paling ampuh astherin

Beli Astherin Klik di Sini

Kandungan terbutaline sulfat dalam Astherin merupakan obat golongan bronkodilator yang ampuh untuk meringankan sesak nafas. Obat ini ampuh melebarkan saluran pernafasan sehingga sirkulasi udara keluar masuk paru-paru jadi lebih lancar.

Kisaran harga: Rp 3 ribu/strip

7. Ventolin Inhaler

obat asma di apotik ventolin inhaler

Beli Ventolin Inhaler Klik di Sini

Dengan kandungan salbutamol sulfat, Ventolin Inhaler ampuh untuk meringankan berbagai gejala asma secara cepat. Cukup hirup 1-2 puff, pemakaian 4 kali dalam sehari.

Kisaran harga: Rp 173 ribu/pcs

8. Lasmalin Sirup

obat asma di apotik lasmalin sirup

Beli Lasmalin Sirup Klik di Sini

Pengobatan asma baik untuk anak maupun dewasa, Lasmalin Sirup mengandung terbutaline sulfate dan dapat digunakan 2-3 kali sehari sesuai dosis anjuran.

Kisaran harga: Rp 50 ribu/botol

9. Euphyllin Retard Tablet

obat asma paling ampuh euphyllin retard tablet

Beli Euphyllin Retard Tablet Klik di Sini

Salah satu obat asma ampuh di apotek yang dapat Anda gunakan selanjutnya adalah Euphyllin Retard Tablet. Termasuk obat keras, pastikan untuk memperhatikan dosis pemakaian yang dianjurkan atau sesuai saran dokter ahli.

Kisaran harga: Rp 40 ribu/strip

10. Ataroc Sirup

obat asma di apotik ataroc sirup

Beli Ataroc Sirup Klik di Sini

Mengandung procaterol HCl hemihydrate, Ataroc Sirup dapat menjadi salah obat asma anak dan dewasa yang ampuh dan tersedia di apotik. Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter ahli terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat ini.

Kisaran harga: Rp 67 ribu/botol

11. Velutine Inhalation Sol

obat asma di apotik velutine inhalation

Beli Velutine Inhalation Sol Klik di Sini

Cara yang aman dan ampuh untuk mengobati asma pada anak adalah menggunakan metode penguapan dengan bantuan nebulizer.

Anda dapat menggunakan Velutine Inhalation Sol sebagai cairan obat dengan kandungan salbutamol sulfate. Kemudian, manfaatkan nebulizer yang dapat Anda beli di K24Klik.

Kisaran harga: Rp 10 ribu/pcs

12. Salbutamol

obat asma di apotik salbutamol

Beli Salbutamol Klik di Sini

Salbutamol merupakan salah satu obat asma dewasa yang ampuh dan aman juga digunakan sebagai obat asma untuk anak. Bekerja sebagai bronkodilator, salbutamol ampuh untuk melebarkan saluran pernafasan dan meredakan berbagai gejala asma.

Untuk menggunakan obat asma ini pada ibu hamil, mungkin perlu saran lebih lanjut dari dokter ahli. Obat ini masih dalam kategori aman untuk ibu hamil, dengan pertimbangan manfaat yang lebih besar daripada risikonya.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/strip

13. Farbivent Sol

obat asma paling ampuh farbivent sol

Beli Farbivent Sol Klik di Sini

Selain velutine, Anda juga dapat memanfaatkan Farbivent Sol sebagai larutan obat yang diuapkan menggunakan nebulizer. Setiap ampul obat ini mengandung ipratropium br dan salbutamol sulphate.

Kisaran harga: Rp 15 ribu/pcs

14. Lasal Sirup

obat asma di apotik lasal sirup

Beli Lasal Sirup Klik di Sini

Kombinasi zat aktif salbutamol dan juga guaifenesin dalam Lasal Sirup membuatnya ampuh berperan sebagai obat untuk asma. Obat sirup ini dapat diberikan pada orang dewasa maupun anak-anak, sesuai dosis yang dianjurkan.

Kisaran harga: Rp 61 ribu/botol

15. Berotec

obat asma paling ampuh berotec

Beli Berotec Klik di Sini

Dengan kandungan fenoterol hbr, Berotec bekerja dengan cara melemaskan otot di sekitar saluran pernafasan sehingga mempermudah oksigen mengalir lebih lancar. Obat ini dapat dikonsumsi sesuai saran dokter.

Kisaran harga: Rp 310 ribu/pcs

Itulah tadi beberapa rekomendasi obat asma paling ampuh di apotik yang dapat Anda coba gunakan. Kandungan maupun jenis obat bisa saja berbeda-beda untuk tiap orang berdasarkan seberapa parah gejalanya dan juga usia. Jangan ragu untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter ahli seputar gangguan kesehatan yang Anda alami.

Jika butuh obat tengah malam sekarang tidak perlu repot lagi ke apotik langsung loh. Gunakan aplikasi K24Klik yang tersedia di Play Store dan juga App Store, beli obat jadi lebih praktis!

Referensi:

https://medlineplus.gov/ency/patientinstructions/000008.htm#:~:text=Some%20quick%2Drelief%20asthma%20medicines,Metaproterenol diakses pada 22 Juni 2023

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/asthma/in-depth/asthma-medications/art-20045557 diakses pada 22 Juni 2023