10 Obat Batu Empedu di Apotik

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat batu empedu di apotik
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Batu empedu adalah kondisi di mana kantung empedu dipenuhi dengan cairan pencernaan yang mengendap dan mengeras. Endapan ini berbentuk butiran pasir, tapi ada juga yang hingga sebesar bola golf. Dalam beberapa kasus, konsumsi obat batu empedu diperlukan untuk mengeluarkan endapan tersebut.

Bila tidak mengeluarkan gejala, umumnya batu empedu bisa keluar sendiri bersama dengan urine. Namun bukan berarti tidak membutuhkan penanganan. Jika kondisi sudah menimbulkan rasa sakit berlebih, penderita wajib segera mengonsultasikannya dengan dokter.

Kemungkinan, dokter akan menyarankan pembedahan atau non-bedah, tergantung kondisi pasien. Pastinya, dokter juga akan merekomendasikan pasien untuk mengonsumi obat tertentu.

Rekomendasi Obat Batu Empedu di Apotik

Berikut ini adalah sejumlah obat penghancur batu empedu yang alami maupun yang bisa dibeli di apotik. Yuk, simak!

Baca juga: 15 Obat Sakit Perut dengan Penyebabnya di Apotik dan Harganya

1. Estazor Tablet

obat batu empedu estazor tablet

Beli Estazor Klik di Sini

Rekomendasi pertama datang dari PT Fahrenheit. Estazor merupakan sedian obat tablet yang diperkaya dengan kandungan asam ursodeoksikolat. Kandungan ini merupakan asam dalam kantung empedu yang bisa mengurangi asam jenuh pada empedu. Dengan begitu, pembentukan batu empedu dapat diminimalkan.

Umumnya, Estazor diberikan pada pasien yang menolak untuk melakukan operasi. Pasien lanjut usia dengan risiko tinggi juga dapat mengonsumsi obat ini. Tentunya harus menggunakan anjuran dari dokter karena Estazor merupakan obat keras.

Kisaran harga: Rp 12 ribu/tablet

2. Urdafalk Kapsul

obat batu empedu urdafalk

Beli Urdafalk Klik di Sini

Urdafalk merupakan obat generik yang digunakan untuk mengatasi batu empedu. Lebih tepatnya untuk penderita yang menolak maupun tidak bisa menerima tindakan operasi. Seperti obat sebelumnya, Urdafalk juga mengandung asam ursodeoksikolik.

Kandungan di dalam obat ini bekerja dengan cara menurunkan kadar kolesterol dalam saluran pencernaan. Selain itu juga meningkatkan enzim dalam hati untuk melarutkan batu empedu berukuran di bawah 20 mm. Perlu diingat juga bahwa Urdafalk tergolong obat keras sehingga pembelian dan penggunaannya membutuhkan resep dokter.

Kisaran harga: Rp 14 ribu/tablet

3. Ursodeoxycholic Acid

obat batu empedu ursodeoxycholic acid

Beli Ursodeoxycholic Klik di Sini

Ursodeoxycholic Acid produksi PT Novell ini dapat dikonsumsi untuk mengobati batu empedu. Biasanya, dokter memberikan obat ini bila ukuran batu empedu tidak lebih atau di bawah 20 mm. Selain untuk batu empedu juga bisa digunakan untuk mengatasi kolestatik. Penggunaannya juga harus dengan resep dokter karena jika tidak, maka bisa menimbulkan kondisi kesehatan lainnya.

Kisaran harga: Rp 6 ribu/tablet

4. Ursolic Kapsul

obat batu empedu ursolic kapsul

Beli Ursolic Klik di Sini

Ursolic adalah obat sediaan kaplet untuk mengatasi penyakit batu empedu. Umumnya, dokter menyarankan obat ini untuk pasien yang tidak bisa menerima tindakan operasi. Pasien lanjut usia atau dengan kondisi kesehatan tertentu juga bisa mengonsumsinya.

Ursolic diperkaya dengan kandungan ursodeoxycholic acid. Cara kerjanya dengan mengurangi penyerapan kolesterol pada sistem pencernaan, sekresi kolesterol, dan menurunkan sintesis hati. Karena termasuk obat keras, dosis penggunaannya harus sesuai dengan anjuran dokter.

Kisaran harga: Rp 12 ribu/tablet

5. Urdex Kapsul

obat batu empedu urdex kapsul

Beli Urdex Klik di Sini

Urdex adalah obat untuk batu empedu yang diproduksi oleh Dexa Medica. Selain digunakan untuk menghancurkan batu empedu kurang dari 20 mm, Urdex juga diberikan untuk mengatasi gangguan hati (kolestatik).

Obat ini mengandung ursodeoxycholic acid yang bekerja secara aktif untuk mengeluarkan endapan dalam kantung empedu. Bagi penderita yang memiliki sensitivitas terhadap senyawa aktif tersebut, dokter umumnya tidak akan menyarankan obat ini.

Kisaran harga: Rp 12 ribu/tablet

6. Fenavel

obat batu empedu fenavel

Beli Fenavel Klik di Sini

Fenavel termasuk sediaan Nonsteroidal Anti-inflamantory Drug (NSAID). Di dalamnya terkandung diclofenac, yakni zat aktif yang dapat membantu mengurangi nyeri ringan hingga sedang.

Selain itu juga bisa digunakan untuk mengatasi inflamasi, meredakan nyeri akibat arthritis, hingga nyeri yang diakibatkan oleh kondisi batu empedu. Dengan kata lain, obat ini tidak berfungsi untuk menghancurkan endapan batu empedu, melainkan mengurangi rasa sakitnya. Untuk batu empedu akut, tetap butuh obat generik seperti di atas.

7. Ursochol

obat batuk empedu ursoschol

Beli Ursoschol Klik di Sini

Rekomendasi obat sakit batu empedu selanjutnya datang dari Dankos Farma. Ursochol memiliki kandungan ursodeoxycholic acid yang dapat diberikan pada pasien batu empedu. Khususnya mereka yang memiliki riwayat masalah kandung kemih.

Pemberian Ursochol dapat membantu menghancurkan batu empedu radiolusen, yakni yang berukuran 20 mm atau kurang dari itu. Penggunaannya harus membutuhkan resep dokter. Sebab, dosis yang boleh dikonsumsi harus disesuaikan dengan berat badan pasien.

8. Chenofalk

obat batu empedu chenofalk

Beli Chenofalk Klik di Sini

Chenofalk mengandung chenodeoxycholic acid yang cara kerjanya tak jauh berbeda dari obat generik yang disebutkan di atas. Produk buatan Darya Varia ini diperuntukkan bagi pasien batu empedu radiolusen yang tidak bisa menerima tindakan bedah.

Karena tergolong obat keras, penggunaan Chenofalk harus sesuai dengan anjuran dokter. Selain itu dosisnya juga disesuaikan dengan berat badan pasien. Jadi, satu pasien dengan pasien lainnya membutuhkan dosis yang berbeda.

9. Lofibra

obat batu empedu lofibra

Beli Lofibra Klik di Sini

Rekomendasi obat batu empedu yang terakhir adalah Lofibra. Sediaan obat tablet ini juga mengandung ursedeoxycholic acid yang bekerja secara aktif dalam proses penghancuran batu empedu.

Produk ini umumnya diberikan dokter untuk menangani pasien batu empedu tembus sinar X dan dengan diameter tidak lebih dari 20 mm. Di samping itu, obat ini juga dapat diberikan ke pasien yang tidak bisa menerima tindakan operasi batu empedu.

10. Minyak Jarak

Minyak jarak juga dipercaya dapat mengatasi rasa nyeri akibat batu empedu. Cara menggunakannya adalah dengan mencelupkan kain hangat ke minyak jarak. Kemudian ditempelkan ke bagian perut bagian kanan atas perut atau yang terasa sakit.

Itulah sejumlah rekomendasi obat batu empedu untuk mengatasi masalah pengendapan cairan di kantung empedu. Obat tersebut bisa didapatkan secara online lewat K24Klik. Lewat K24Klik, kamu bisa membeli obat maupun vitamin secara mudah dan praktis. Download aplikasi K24Klik di Play Store atau App Store, dapatkan manfaatnya sekarang juga.

Sumber:

healthline.com. “Are There Natural Ways to Treat Gallstones?”. Diakses pada 26 Maret 2023, dari https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-gallstones#_noHeaderPrefixedContent

mayoclinic.com. “Gallstones”. Diakses pada 26 Maret 2023, dari https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/gallstones/symptoms-causes/syc-20354214