10 Obat Batuk Pilek Bayi di Apotek

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat batuk pilek bayi di apotek

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Obat batuk pilek bayi dapat membantu meredakan ketidaknyamanan pada saluran pernapasan Si Kecil. Beberapa obat batuk pilek yang aman untuk bayi adalah Transpulmin Baby Balsam, Sterimar Baby Nasal Spray dan Purekids.

Infeksi virus pada hidung maupun tenggorokan dapat membuat bayi mengalami batuk pilek yang mengganggu. Untuk meredakannya, Anda dapat memanfaatkan beragam pilihan obat batuk pilek bayi yang tersedia di apotik.

Sistem kekebalan tubuh bayi yang belum berkembang sempurna sendiri menjadi salah satu penyebab mengapa bayi rentan terserang flu ataupun gangguan kesehatan lainnya. Meski perlu segera diatasi, penggunaan obat-obatan pada bayi memerlukan perhatian khusus.

Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter ahli ataupun menggunakan obat-obat alami atau mengandung bahan yang aman untuk bayi.

Baca juga: Obat Sariawan Bayi di Apotik yang Aman

Rekomendasi Obat Batuk Pilek Bayi di Apotek

Langkah pertama untuk meredakan batuk pilek pada bayi biasanya adalah memanfaatkan obat gosok, baik itu minyak angin maupun balsam. Namun, ada juga beberapa obat kimia yang dikemas dalam bentuk sirup dan aman digunakan pada bayi atas petunjuk dokter.

Kebanyakan obat gosok bayi dapat Anda beli secara bebas di apotek terdekat ataupun aplikasi K24Klik. Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi obat batuk pilek bayi di apotek yang dapat Anda gunakan.

1. Transpulmin Baby Balsam

obat batuk pilek bayi transpulmin baby balsam

Beli Transpulmin Baby Balsam Klik di Sini

Obat gosok khusus bayi di bawah 2 tahun, Transpulmin Baby Balsam memiliki kandungan chamomile dan juga eucalyptol di dalamnya.  Anda dapat mengoleskan obat ini 2-4 kali sehari pada dada, punggung dan juga leher bayi.

Obat batuk pilek bayi 6 bulan hingga usia 2 tahun ini dapat memberikan sensasi menghangatkan pada tubuh Si Kecil. Tidak hanya meredakan batuk pilek, Transpulmin Baby Balsam juga dapat meredakan sakit perut dan sakit kepala.

Kisaran harga: Rp 60 ribu/tube

2. Sterimar Baby Nasal Spray

obat batuk pilek bayi sterimar baby nasal spray

Beli Sterimar Baby Nasal Spray Klik di Sini

Dengan kandungan sea water dan purified water di dalamnya, Sterimar Baby Nasal Spray dapat menjadi salah satu obat batuk pilek bayi andalan Anda. Obat ini hadir dalam bentuk spray yang mudah digunakan.

Obat ini bekerja ampuh dalam melembabkan hidung si kecil yang kering dan juga meradang saat pilek. Anda dapat memberikan Sterimar Baby Nasal Spray 2-6 kali sehari dan pastikan untuk mengikuti petunjuk pemakaian yang tertera pada kemasan.

Kisaran harga: Rp 181 ribu/pcs

3. Cessa Essential Oil

cessa essential oil untuk bayi

Beli Cessa Essential Oil Klik di Sini

Selanjutnya, Anda juga dapat memanfaatkan Cessa Essential Oil yang dapat melegakan pernafasan, hidung tersumbat, batuk dan juga pilek. Terbuat dari 100% bahan alami, essential oil yang satu ini diformulasikan khusus untuk bayi dan anak-anak.

Anda dapat mengoleskan obat batuk pilek bayi alami ini pada beberapa titik seperti sepanjang tulang belakang, dada hingga belakang leher. Sensasi menghangatkan dari Cessa Essential Oil juga dapat membantu merelaksasi bayi.

Kisaran harga: Rp 40 ribu/pcs

4. Purekids Inhalant Decongestan Oil

purekids inhalation decongestan oil

Beli Purekids Inhalant Decongestan Oil Klik di Sini

Tidak hanya menggunakan obat gosok, memanfaatkan aromaterapi dapat membantu meredakan batuk pilek pada bayi di bawah 1 tahun hingga usia 2 tahun. Anda dapat meneteskan Purekids Inhalant Decongestan Oil pada tungku aromaterapi.

Komposisi dari decongestan oil yang satu ini adalah kombinasi minyak eukaliptus, minyak cengkeh, minyak cajuput hingga methyl salicylate. Dapatkan penawaran harga terbaik khusus untuk Anda di aplikasi K24Klik.

Kisaran harga: Rp 60 ribu/pcs

5. Bigroot Nose Hygiene Ultra Gentle Baby

bigroot nose hygiene ultra gentle baby

Beli Bigroot Nose Hygiene Ultra Gentle Baby Klik di Sini

Salah satu cara untuk meredakan pilek pada bayi sekaligus melegakan saluran pernapasannya adalah membersihkan rongga hidung. Bigroot Nose Hygiene Ultra Gentle Baby sendiri merupakan pembersih rongga hidung dengan formulasi aman untuk bayi.

Dengan menggunakan obat ini, Anda dapat membuat bayi terbebas dari lendir dan melegakan saluran pernapasannya.

Tidak hanya digunakan saat bayi telah terserang batuk dan pilek, Bigroot Nose Hygiene Ultra Gentle Baby juga dapat dimanfaatkan untuk mencegah sinus dan alergi hingga melebambkan bagian dalam hidung si kecil.

Kisaran harga: Rp 135 ribu/pcs

6. Minyak Telon Tresnojoyo

obat batuk pilek bayi minyak telon tresnojoyo

Beli Minyak Telon Tresnojoyo Klik di Sini

Minyak Telon Tresnojoyo merupakan obat oles yang memiliki kandungan oleum cajuputi, oleum anisi, oleum citronela, oleum jojoba dan juga oleum cocos di dalamnya. Anda dapat menggunakan minyak telon ini untuk meredakan pilek pada bayi.

Sensasi menghangatkan dari penggunaan Minyak Telon Tresnojoyo dapat membantu melegakan saluran pernapasan bayi. Selain itu, manfaat lain dari minyak telon ini adalah meredakan perut kembung dan melindungi dari gigitan nyamuk.

Kisaran harga: Rp 27 ribu/pcs

7. BNS Breathy Nasal Spray

BNS breathy nasal spray untuk bayi

Beli BNS Breathy Nasal Spray Klik di Sini

Diproduksi oleh PT. Novell Pharmaceutical, BNS Breathy Nasal Spray merupakan obat semprot hidung yang bekerja efektif dalam meredakan pilek bayi, anak-anak dan dewasa.

Kandungan dari obat semprot hidung ini sendiri adalah natrium chloride yang dapat membantu melembabkan membran hidung dan juga alergi. Untuk bayi usia lebih dari 1 bulan, Anda dapat memberikan satu kali semprotan sehari di setiap lubang hidung.

Kisaran harga: Rp 111 ribu/botol

8. Balsem Telon Tresnojoyo

balsem telon tresnojoyo untuk batuk pilek bayi

Beli Balsem Telon Tresnojoyo Klik di Sini

Memberikan sensasi menghangatkan, Balsem Telon Tresnojoyo juga dapat membantu Anda meredakan batuk dan pilek pada bayi. Komposisi dari balsem ini adalah oleum foeniculi, camphora, eucalyptus oil dan juga menthol.

Anda dapat mengoleskan balsem ini apda leher dan juga punggung bayi untuk meringankan batuk serta melagakan saluran pernapasan.

Kisaran harga: Rp 10 ribu/pcs

9. Vicks Baby Balsam

batuk pilek bayi vicks baby balsam

Beli Vicks Baby Balsam Klik di Sini

Vicks Baby Balsam merupakan obat gosok yang memiliki kandungan ekstrak lidah buaya, wewangian eucalyptus, rosemary dan juga lavender di dalamnya. Anda dapat menggunakan Vicks Baby Balsam untuk meredakan batuk pilek pada bayi.

Cara penggunaan balsam ini pun sangat mudah, cukup oleskan di beberapa bagian tubuh si kecil seperti belakang leher dan juga dada. Selain ampuh meredakan batuk pilek bayi, balsam ini juga dapat memberikan efek relaksasi.

Kisaran harga: Rp 76 ribu/pcs

10. Breathy Tetes Hidung

breathy tetes hidung untuk bayi

Beli Breathy Tetes Hidung Klik di Sini

Mengandung larutan NaCl di dalamnya, Breathy Tetes Hidung dapat menjadi salah satu andalan untuk Anda mengatasi pilek pada bayi. Obat ini bekerja ampuh dalam melembabkan membran nasal atau hidung yang kering dan meradang karena pilek.

Anda dapat langsung meneteskan Breathy Tetes Hidung untuk bayi dengan anjuran penggunaan 1-2 tetes pada masing-masing lubang hidung sekali sehari.

Kisaran harga: Rp 52 ribu/botol

Itulah tadi beragam rekomendasi obat batuk pilek bayi di apotek yang dapat Anda manfaatkan. Pastikan untuk selalu memperhatikan dosis penggunaan guna meminimalisir terjadinya efek samping pada si kecil.

Apabila batuk pilek bayi tidak kunjung membaik, segera periksakan pada dokter ahli untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Si Kecil sakit tapi kehabisan stok obat di rumah? Tidak perlu repot, Anda dapat membeli obat secara online melalui aplikasi K24Klik.

Unduh aplikasi kami di Play Store ataupun App Store sekarang juga, dapatkan beragam penawaran khusus untuk Anda.

Referensi:

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/common-cold-in-babies/symptoms-causes/syc-20351651 diakses pada 30 April 2024