17 Obat Bisul Paling Ampuh di Apotik Agar Cepat Sembuh

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Obat Bisul Paling Ampuh di Apotik Agar Cepat Sembuh

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Obat bisul di apotik seperti Kapsida Kembang Bulan dan Darsi Jamu berguna untuk mengatasi benjolan kecil di permukaan kulit yang biasanya mengeluarkan nanah dan membuat sensasi rasa sakit yang mengganggu.

Bisul adalah sebuah benjolan kecil di permukaan kulit berwarna merah dan kadang hingga keunguan. Umumnya, penyebab bisul adalah bakteri yang menimbulkan nanah dan terasa sakit. Penggunaan obat bisul pun dibutuhkan untuk mempercepat proses penyembuhan.

Perlu diketahui bahwa memaksakan benjolan bisul untuk hilang secara alami dengan memencetnya justru dapat memperparah infeksi. Jadi dibandingkan melakukan tindakan-tindakan lain, lebih baik untuk memanfaatkan obat-obatan.

Apabila bisul tidak kunjung membaik dan menimbulkan beragam efek samping seperti gatal yang mengganggu, segera periksakan pada dokter ahli.
Baca juga: 18 Obat Jerawat Alami Paling Ampuh dan Terbukti

Rekomendasi Obat Bisul Paling Ampuh di Apotik Agar Cepat Sembuh

Pada dasarnya, bisul dapat menghilang dengan sendirinya apabila tidak disertai dengan infeksi yang serius dan juga membutuhkan waktu relatif lama. Untuk penyembuhan yang lebih cepat dan aman, berikut ini rekomendasi obat bisul paling ampuh di apotik.

1. Paracetamol

obat bisul cepat sembuh paracetamol

Beli Paracetamol Klik di Sini

Jika memiliki bisul di pantat maupun area tubuh lainnya yang tidak terlalu mengkhawatirkan, maka beberapa cara alami bisa dilakukan. Anda bisa mengatasinya dengan beragam cara alami seperti mengompres dengan air hangat dan menjaga kebersihan.

Untuk meminimalkan rasa nyeri yang mengganggu akibat bisul, Anda dapat mengonsumsi paracetamol. Obat ini relatif dijual bebas di pasaran, tetapi tetap konsumsi sesuai petunjuk yang sudah tertera.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

2. Ibuprofen

obat bisul di apotek ibuprofen

Beli Ibuprofen Klik di Sini

Selain paracetamol, ibuprofen juga bisa jadi alternatif untuk mengurangi nyeri akibat bisul. Obat ini tergolong kelompok nonsteroidal anti-inflammatory drug yang akan mengurangi rasa sakit akibat peradangan.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

3. Bedak Salicyl

obat bisul di apotik bedak salicyl

Beli Bedak Salicyl Klik di Sini

Selanjutnya, Anda juga dapat memanfaatkan Bedak Salicyl untuk membantu meredakan dan menyembuhkan beragam keluhan pada kulit. Misalnya adalah rasa gatal-gatal pada kulit, cacar air, keringat buntet hingga bisul.

Bedak Salicyl Cap Gajah sendiri mengkombinadikan kandungan talc venetum dan juga acid salicyl di dalamnya. Anda dapat langsung menggosokkan bedak salicyl ke area kulit yang gatal, terdapat bisul ataupun cacar air.

Untuk mengoptimalkan efektivitas obat dalam bentuk bedak ini, pastikan permukaan kulit yang akan diberi bedak ini dibersihkan terlebih dahulu.

Kisaran harga: Rp 6 ribu/pcs

4. Kapsida Kembang Bulan

obat bisul paling ampuh kapsida kembang bulan

Beli Kapsida Kembang Bulan Klik di Sini

Kalau mencari obat bisul tradisional di apotik, Kapsida Kembang Bulan adalah pilihan yang tepat. Obat tradisional ini mengandung beragam herbal bermanfaat seperti centella herba, amomi fructus, curcuma domestica rhizoma, zingiberis aromaticae rhizoma, dan lain-lain.

Kapsida Kembang Bulan telah banyak digunakan secara luas untuk membantu meringankan keluhan pada kulit seperti gatal-gatal, jerawat, koreng, dan bisul. Anda dapat mengonsumsi obat ini 3 kali sehari sebanyak 2 kapsul tiap kali minum.

Kisaran harga: Rp 18 ribu/botol

5. Darsi Jamu

obat alami bisul darsi jamu

Beli Darsi Jamu Klik di Sini

Obat bisul alami lainnya yang tersedia di apotik adalah Darsi Jamu. Herbal yang satu ini dapat dikonsumsi baik untuk perempuan maupun laki-laki, sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Beberapa manfaat dari Darsi Jamu ini adalah memperlancar peredaran darah, meredakan beragam masalah kulit termasuk bisul. Komposisi dalam obat alami ini adalah ekstrak temulawak, jahe, andrographis paniculata dan beragam herbal bermanfaat lainnya.

Kisaran harga: Rp 27 ribu/pcs

6. Hemolok

antiseptik bisul hemolok

Beli Hemolok Klik di Sini

Hemolok merupakan obat luar berupa antiseptik dengan kandungan feracrylum. Anda bisa menggunakan obat ini untuk menjaga kebersihan area bisul yang memang memerlukan kebersihan ekstra agar tidak semakin parah.

Anda cukup menggunakan kasa steril yang dimasukkan ke dalam larutan antiseptik Hemolok. Setelah itu, kompres area bisul dengan kasa tersebut selama beberapa menit.

Kisaran harga: Rp 146 ribu/botol

7. Ichtyol

obat bisul ichtiyol

Beli Ichtyol Klik di Sini

Obat untuk bisul ini merupakan jenis salep yang juga digunakan untuk beberapa penyakit kulit seperti jerawat, eksim, dan psoriasis. Ichtyol bisa Anda dapatkan tanpa resep dokter, tetapi harus tetap sesuai petunjuk saat menggunakannya.

Oles tipis-tipis salep ini pada area bisul dan ulangi 2-3 kali sehari, jangan berlebihan karena  dapat menimbulkan iritasi berat. Ichtyol mengandung zat aktif Icthamol yang memiliki kandungan belerang di dalamnya dengan sifat antifungal, antibakteri, dan antiinflamasi.

Kisaran harga: Rp 9 ribu/pot

8. Amoxicillin

antibiotik obat bisul amoxicillin

Beli Amoxicillin Klik di Sini

Mengonsumsi obat jenis antibiotik juga dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi bisul pada kulit. Hal ini dikarenakan bisul juga dapat terjadi dikarenakan infeksi bakteri dan yang paling ampuh mengatasi adalah antibiotik.

Termasuk dalam obat golongan keras, penggunaan antibiotik seperti Amoxicillin untuk mengatasi bisul memerlukan resep dokter.

Kisaran harga: Rp 5 ribu/strip

9. Clindamycin

obat bisul clindamycin

Beli Clindamycin Klik di Sini

Clindamycin adalah salah satu obat bisul yang biasanya diresepkan oleh dokter. Obat Clindamycin ini bermanfaat untuk berbagai macam penyakit infeksi bakteri termasuk yang menyebabkan bisul.

Penggunaan obat antibiotik sendiri harus sesuai dengan dosis yang dianjurkan dan dihabiskan untuk memaksimalkan efektivitas obat.

Kisaran harga: Rp 19 ribu/strip

10. Gentamicin

obat bisul di apotek gentamicin

Beli Gentamicin Klik di Sini

Gentamicin telah lama digunakan sebagai obat untuk mengobati infeksi bakteri pada kulit, termasuk yang menyebabkan bisul. Obat ini termasuk kelompok antibiotik aminoglikosida yang akan membunuh sekaligus mencegah pertumbuhan bakteri.

Penggunaan Gentamicin salep sangat mudah, cukup mengoleskannya secara tipis-tipis ke area bisul yang sudah dibersihkan area sekitarnya. Anjuran penggunaan Gentamicin salep adalah 3 hingga 4 kali sehari atau sesuai petunjuk dokter.

Kisaran harga: Rp 5 ribu/tube

11. Afucid

obat bisul paling ampuh afucid

Beli Afucid Klik di Sini

Bisul bisa saja muncul di beberapa titik sehingga tak heran jika ada pula bisul pada kemaluan wanita. Beberapa wanita bahkan mungkin tidak menyadari adanya bisul tersebut dan dapat hilang dengan sendirinya.

Namun, jika Anda mengalami keluhan tertentu dengan kondisi ini, menggunakan Afucid juga bisa jadi salah satu alternatif. Mengingat obat bisul ini termasuk golongan obat keras, pastikan untuk berkonsultasi pada dokter ahli terlebih dahulu.

Kisaran harga: Rp 59 ribu/tube

12. Mupirocin

obat bisul di apotik mupirocin

Beli Mupirocin Klik di Sini

Mupirocin adalah salah satu obat bisul di apotik yang cukup ampuh. Bahan ini dimanfaatkan untuk perawatan luka dan infeksi kulit oleh bakteri dengan cara menghalangi sintesis protein bakteri.

Meski tersedia dalam bentuk salep, penggunaan mupirocin tetap harus berhati-hati. Jika Anda memiliki riwayat alergi terhadap kandungan obat ini, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu.

Kisaran harga: Rp 43 ribu/tube

13. Liposin Salep

obat bisul di apotek liposin salep

Beli Liposin Salep Klik di Sini

Benjolan bernanah atau bisul dapat disebabkan oleh infeksi bakteri. Untuk mengatasinya, Anda dapat memanfaatkan Liposin Salep. Komposisi di dalamnya adalah bacitrcin, lidocaine HCl dan neomycin sulfate.

Untuk anak-anak usia di atas 2 tahun hingga dewasa, dapat menggunakan obat oles ini 1-3 kali sehari atau sesuai petunjuk dokter.

Kisaran harga: Rp 55 ribu/tube

14. Erythromycin

obat bisul erythromycin

Beli Erythromycin Klik di Sini

Salah satu antibiotik yang sering diresepkan untuk mengatasi bisul adalah Erythromycin. Obat ini bekerja efektif dalam mengatasi infeksi bakteri di berbagai bagian tubuh seperti kulit, saluran pernapasan dan juga saluran pencernaan.

Kisaran harga: Rp 20 ribu/strip

15. Nosib Salep

obat bisul paling ampuh nosib salep

Beli Nosib Salep Klik di Sini

Nosib Salep merupakan obat yang biasa digunakan untuk mengobati jamur, kurap, panu bisul, kutu air hingga gatal-gatal. Komposisi dalam obat ini adalah acidum salicylicum, acidum benzoicum, sulfur praecipitalum dan juga metholum.

Kisaran harga: Rp 13 ribu/pcs

16. Nebacetin

nebacetin untuk bisul

Beli Nebacetin Klik di Sini

Salep antibiotik yang mengkombinasikan kandungan neomycin sulfate dan juga bacitracin di dalamnya, Nebacetin dapat digunakan untuk mengatasi infeksi bakteri pada kulit seperti bisul. Obat ini dapat dioleskan langsung pada area yang sakit sesuai petunjuk dokter.

Termasuk dalam golongan obat keras, penggunaan obat bisul salep Nebacetin ini harus berdasarkan resep dokter dan sesuai aturan pakai yang ada.

Kisaran harga: Rp 31 ribu/tube

17. Bactoderm

salep antibiotik bactoderm

Beli Bactoderm Klik di Sini

Salah satu cara mengobati bisul agar cepat kempes adalah dengan memanfaatkan salep antiobiotik. Dengan kandungan mupirocin di dalamnya, Bactoderm efektif mengatasi infeksi bakteri positif ataupun bakteri gram negatif pada kulit.

Antibiotik topikal ini dapat membantu mengatasi bisul, impetigo, folikulitis dan juga furunkulosis. Penggunaan obat ini harus sesuai dengan petunjuk dokter karena termasuk antibiotik yang merupakan golongan obat keras.

Kisaran harga: Rp 97 ribu/tube

Itulah tadi beragam rekomendasi obat bisul paling ampuh di apotik agar cepat sembuh yang dapat Anda coba manfaatkan. Jangan ragu untuk berkonsultasi pada dokter ahli apabila bisul menyebabkan ketidaknyamanan yang terus-menerus.

Butuh obat mendadak? Tidak perlu repot keluar rumah, K24Klik siap menjadi andalan Anda! Aplikasi kami tersedia di Play Store dan juga App Store, jaminan layanan 24 jam dan pengiriman cepat satu jam sampai khusus untuk Anda. (writer/ib)

Referensi:
https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-a-boil#causes diakses pada 13 September 2024