15 Obat Darah Tinggi Alami Paling Ampuh

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat darah tinggi alami paling ampuh

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Obat darah tinggi alami paling ampuh dapat Anda gunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi dengan aman. Apabila tidak segera diobati, darah tinggi berpotensi menyebabkan masalah kesehatan yang serius seperti stroke.

Gejala tekanan darah tinggi atau hipertensi biasanya tidak disadari oleh penderitanya. Padahal, apabila tekanan darah tinggi tidak segera diobati dapat meningkatkan resiko penyakit jantung dan juga stroke. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui rekomendasi obat darah tinggi alami paling ampuh yang dapat dibuat sendiri di rumah atau beli di apotik dan harganya.

Rekomendasi Obat Darah Tinggi Alami Paling Ampuh

Ingin mencoba untuk menggunakan obat-obatan alami dibandingkan obat kimia? Tentunya langkah obat herbal lebih aman untuk dikonsumsi dan minim efek samping. Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi obat darah tinggi alami paling ampuh yang dapat Anda coba.

1. Bawang Putih

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa bawang putih dapat digunakan sebagai obat herbal yang ampuh mengatasi berbagai penyakit. Nah, senyawa belerang yang ada dalam bawang putih ini dapat membantu meningkatkan aliran darah dan juga mengendurkan pembuluh darah. Hal tersebut sangat berpengaruh untuk menurunkan tekanan darah.

Pada beberapa penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi bawang putih dapat mengurangi tekanan darah sistolik dan juga diastolik. Efek ini mirip dengan penurun darah tinggi yang biasanya dijual di apotik seperti obat Atenolol. Sebagai alternatifnya, Anda dapat mengonsumsi Wellness Odorless Garlic yang mengandung ekstrak bawang putih.

obat darah tinggi alami wellness odorless garlic

Beli Wellness Odorless Garlic Klik di Sini

2. Seledri

Seledri memiliki banyak nutrisi baik untuk kesehatan seperti zat besi, magnesium, mangan, kalsium dan juga serat. Tidak hanya bantu memenuhi asupan nutrisi, seledri dikenal sebagai obat darah tinggi alami paling ampuh. Tentunya manfaat ini dikarenakan kandungan nutrisi terutama serat di dalamnya mampu bekerja sebagai penghambat saluran kalsium alami.

Wellness Celery Complex dapat Anda beli di apotik dengan kandungan seledri untuk bantu mengatasi tekanan darah tinggi.

obat darah tinggi alami di apotik wellness celery complex

Beli Wellness Celery Complex Klik di Sini

Baca juga: 15 Obat Darah Tinggi / Hipertensi di Apotik Paling Ampuh

3. Kemangi

Sering mengonsumsi kemangi sebagai lalapan? Tak hanya nikmat, kemangi ternyata memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan sehingga populer digunakan dalam pengobatan alternatif. Terutama daun kemangi yang memiliki rasa manis yang khas, itu menandakan bahwa kandungan eugenolnya tinggi.

Eugenol merupakan antioksidan nabati yang ampuh untuk menurunkan tekanan darah sehingga mampu mengatasi hipertensi. Kandungan ini bekerja sebagai penghambat saluran kalsium alami sehingga mengakibatkan pembuluh darah menjadi lebih rileks.

4. Kayu Manis

Bumbu aromatik yang satu ini telah lama digunakan sebagai salah satu obat herbal ampuh untuk mengatasi berbagai keluhan penyakit. Kayu manis dapat membantu melebarkan dan juga mengendurkan pembuluh darah sehingga membuatnya efektif sebagai penurun darah tinggi alami.

5. Jahe

Menjadi salah satu herbal utama yang digunakan dalam pengobatan tradisional, jahe dikenal sangat serbaguna. Beberapa manfaat yang biasa didapatkan dengan mengonsumsi jahe adalah meningkatkan kesehatan jantung, melancarkan sirkulasi darah hingga mengontrol tekanan darah agar tetap normal.

Jahe dapat menjadi pemblokir saluran kalsium sehingga ampuh untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Anda dapat mengonsumsi jahe geprek buatan sendiri atau berbagai suplemen dan minuman kesehatan terbuat dari jahe seperti Herbadrink Sari Jahe yang tersedia di Apotik.

obat darah tinggi alami herbadrink sari jahe

Beli Herbadrink Sari Jahe Klik di Sini

6. Kapulaga

Kandungan antioksidan pada kapulaga dapat membantu Anda untuk menurunkan tekanan darah. Obat alami darah tinggi ini bekerja sebagai penghambat saluran kalsium alami sehingga ampuh mengurangi tekanan darah secara signifikan mendekati normal.

7. Parsley

Berbagai masakan khas di dunia banyak yang menggunakan parsley tidak hanya sebagai hiasan, tetapi juga tambahan nutrisi. Kandungan vitamin C dan juga karotenoid pada parsley diketahui ampuh untuk menurunkan tekanan darah. Tidak hanya itu, parsley juga memiliki sifat antioksidan yang ampuh mengurangi kolesterol jahat pada tubuh.

8. Temulawak

Tanaman obat temulawak sudah populer digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit secara tradisional. Kandungan flavonoid di dalam temulawak efektif melindungi endotel vascular. Ini akan membantu Anda untuk menurunkan tekanan darah tinggi, terlebih lagi jika dikombinasikan bersama herbal lainnya seperti selederi ataupun kunyit.

Apabila ingin mengonsumsi temulawak secara praktis, saat ini telah tersedia kemasan minuman ataupun kapsul di apotik. Misalnya Sidomuncul Temulawak Kapsul dan juga Iboe Natural Drink Temulawak yang aman dikonsumsi rutin dan memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan.

obat darah tinggi alami sidomuncul sari temulawak kapsul

Beli Sidomuncul Temulawak Kapsul Klik di Sini

9. Pegagan

Kemudian, Anda juga dapat memanfaatkan pegagan untuk bantu memperlancar aliran darah. Kandungan zat aktif asiatikosida di dalamnya membuatnya berperan ampuh sebagai penurun tekanan darah alami. Tidak hanya itu, pegagan juga dapat mengobati sakit kepala.

10. Teh Herbal

Sifat antioksidan dari teh dapat membantu proses pemulihan Anda, terutama jika terdapat tambahan herbal lainnya seperti rosella. Mengonsumsi teh dapat mengurangi resiko darah tinggi, menjaga tekanan darah tetap normal. Minuman herbal dengan kandungan rosella seperti Iboe Natural Drink Rosella pun saat ini sudah bisa dibeli di Apotik.

obat darah tinggi alami iboe natural drink rosella

Beli Iboe Natural Drink Rosella Klik di Sini

11. Delima

Buah delima diketahui mengandung vitamin C, antioksidan dalam dosis tinggi yang tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Apabila Anda mengonsumsi delima baik secara utuh maupun mengolahnya menjadi jus maka akan berdampak pada tekanan darah sistolik. Selain itu, delima juga dapat digunakan sebagai salah satu makanan sehat untuk diet.

12. Coklat

Apakah Anda menyukai rasa manis coklat? Selain membuat mood jadi lebih baik, coklat ternyata juga dapat menjadi obat alami darah tinggi. Dark chocolate diketahui mengandung flavonoid tinggi sebagai antioksidan yang bermanfaat baik untuk kesehatan tubuh.

Lalu, bagaimana coklat bisa menurunkan tekanan darah tinggi? Flavonoid tinggi pada coklat ampuh untuk meningkatkan aliran darah dan memicu penurunan resistensi vaksular. Tidak butuh waktu lama, coklat bahkan dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik dalam beberapa jam setelah dikonsumsi.

13. Daun Thyme

Selanjutnya, Anda juga dapat memanfaatkan daun thyme. Kandungan asam rosmarinic pada daun thyme dapat meningkatkan aliran darah dan secara signifikan mengurangi tekanan darah tinggi. Daun thyme juga dapat mengurangi resiko penyakit jantung seperti mengatur kadar kolesterol jahat dan juga trigliserida.

14. Daun Kelor

Penderita hipertensi dapat rutin mengonsumsi daun kelor untuk mendapatkan manfaat penurunan tekanan darah. Mengapa bisa? Kandungan dalam daun kelor dapat mengendalikan tekanan darah. Ini akan membantu Anda untuk mengatasi hipertensi atau sekedar menjaga tekanan darah tetap normal. 

15. Cakar Kucing Cina

Pengobatan tradisional Cina menjadi salah satu acuan untuk memanfaatkan obat-obatan herbal. Cakar kucing cina ini telah banyak digunakan untuk mengobati berbagai penyakit termasuk tekanan darah tinggi. 

Kandungan dalam cakar kuning cina tersebut terbukti ampuh bekerja sebagai penghambat saluran kalsium alami. Kemudian, cakar kucing cina juga dapat membantu pembuluh darah jadi lebih rileks. Manfaat tersebut yang membuat tanaman obat ini berguna sebagai penurun tekanan darah alami.

Itulah tadi beberapa rekomendasi obat darah tinggi alami paling ampuh yang dapat Anda gunakan. Apabila efek dari tekanan darah tinggi semakin parah hingga mengganggu aktivitas, segera konsultasikan pada dokter ahli. Jika tidak segera ditangani, darah tinggi dapat memicu penyakit serius seperti stroke.

Butuh obat, vitamin atau susu tanpa ribet? Tenang, K24Klik siap antar sampai ke rumah! Unduh aplikasi K24Klik di Play Store atau App Store, dapatkan produk farmasi terlengkap dengan jaminan 100% asli. Kami juga menawarkan berbagai promo menarik khusus untuk Anda, mulai dari paket bundling hingga diskon produk yang buat belanja jadi lebih hemat.

Referensi:

https://www.nhs.uk/conditions/high-blood-pressure-hypertension/ diakses pada 3 Mei 2023

https://www.healthline.com/nutrition/herbs-to-lower-blood-pressure#2.-Parsley diakses pada 4 Mei 2023

https://www.medicinenet.com/19_herbs_that_may_help_lower_high_blood_pressure/article.htm diakses pada 4 Mei 2023