6 Obat Disengat Tawon di Apotik

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat disengat tawon di apotik
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Disengat lebah atau tawon bagi sebagian orang mungkin hanya akan menyebabkan kulit menjadi gatal, merah dan membengkak. Kadang bekas gigitannya bisa meninggalkan sensasi perih. Karena sengatan tawon mengandung racun, ada yang bisa mengalami alergi berat yang membahayakan jiwa. Karena itu, penting bagi Anda untuk mencari tahu apa obat disengat tawon yang bagus.

Ketika tawon menggigit, ada racun yang dilepaskan ke tubuh lewat sengatannya. Setiap orang memiliki reaksi yang berbeda-beda terhadap sengatan tawon. Tapi biasanya reaksi yang muncul relatif ringan dan masih bisa diatasi dengan pengobatan rumahan. Beberapa gejala sengatan tawon yang perlu Anda ketahui antara lain adalah:

  • Rasa perih di bagian yang disengat
  • Sensasi seperti terbakar pada permukaan kulit
  • Muncul rasa gatal, kemerahan dan bengkak di permukaan kulit
  • Kulit mengalami iritasi.

Jika gigitan menyebabkan reaksi alergi, gejala yang timbul bisa lebih parah. Kalau sampai penderita mengalami gejala anafilaksis seperti bengkak di wajah, peningkatan denyut jantung, tubuh lemas dan kesulitan bernapas, segera bawa ke pusat kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan.

Pertolongan Pertama Disengat Tawon

Apapun gejala yang muncul baik itu ringan atau berat, Anda perlu memberikan pertolongan pertama pada orang yang disengat tawon. Adapun langkah-langkahnya adalah:

  • Cabut tawon yang menyengat dari tubuh. Hindari menggunakan benda tajam atau tangan telanjang saat menyingkirkannya. Anda bisa memakai kertas karton atau kartu. Pastikan juga Anda mencabut sisa sengatan yang masih tertempel di permukaan kulit
  • Cuci luka. Setelah sengatan dibuang, bersihkan luka dengan memakai sabun dan air mengalir. Ini bisa membantu mencegah infeksi lebih lanjut akibat bakteri. Jika penderita memakai perhiasan atau pakaian yang menekan bagian yang disengat, segera lepaskan agar aliran darah lebih lancar
  • Kompres bagian yang disengat. Luka bekas sengatan akan mulai memerah dan membengkak. Dalam situasi ini, Anda harus meredakan bengkaknya dengan mengompresnya. Gunakan kantung es atau handuk lembut yang sudah dibasahi air dingin. Kompres selama beberapa menit setiap kali luka terasa perih atau semakin membengkak.

Jika beberapa cara di atas tidak mampu meredakan bengkak dan merah, gunakan obat-obatan OTC (Over-the-Counter) yang bisa dibeli secara bebas di apotek. Obat-obatan ini akan kita bahas dalam poin berikutnya.

Rekomendasi Obat Disengat Tawon yang Bagus

Untuk penanganan di rumah, ada beberapa obat yang bisa Anda beli di apotek terdekat. Obat disengat tawon tersebut antara lain adalah:

1. Minyak Gosok Cap Tawon

obat disengat tawon minyak gosok cap tawon

Beli Minyak Gosok Cap Tawon Klik di Sini

Minyak Gosok Cap Tawon adalah salah satu obat herbal yang dipercaya mampu mengatasi rasa sakit, gatal dan bengkak karena gigitan serangga termasuk tawon atau lebah. Cara penggunaannya sangat mudah. Anda tinggal mengoleskannya saja ke bagian yang disengat.

Minyak Gosok Cap Tawon tersedia dalam beberapa ukuran kemasan mulai dari 20 ml (dijual dengan harga mulai Rp25 ribuan), ukuran 30 ml (dijual dengan harga mulai Rp34 ribuan), ukuran 60 ml (dijual dengan harga mulai Rp56 ribuan) dan ukuran 90 ml (dijual dengan harga mulai Rp80 ribuan).

2. Minyak Tawon 912

Selain Minyak Gosok Cap Tawon, Anda juga bisa memilih brand lain yakni Minyak Tawon 912. Minyak ini dibuat dari bahan-bahan herbal alami yang sudah teruji dan dipercaya selama bertahun-tahun oleh masyarakat Indonesia. Untuk Anda yang mengalami sengatan lebah, minyak oles ini bisa dipakai sebagai opsi pertolongan pertama untuk meringankan rasa sakit dan bengkak.

Minyak Tawon 912 bisa dibeli dengan harga mulai Rp23 ribuan saja per botolnya.

3. Caladine Lotion

obat disengat tawon caladine lotion

Beli Hydrocortisone Klik di Sini

Caladine Lotion merupakan lotion kulit yang diformulasikan dengan beberapa bahan aktif termasuk calamine, diphenhydramine HCL dan zinc oxide. Dengan bahan dasar air, lotion ini sangat cocok dipakai untuk kita yang tinggal di daerah tropis.

Selain mengatasi alergi karena biang keringat, Caladine Lotion juga mampu mengatasi masalah gatal dan kemerahan karena gigitan serangga beracun seperti tawon. Cara penggunaannya cukup mudah, tinggal dioleskan saja ke bagian yang merah atau bengkak.

Caladine Lotion bisa Anda temukan dengan harga mulai Rp11 ribuan per botol.

4. Hydrocortisone 2,5% Salep

obat disengat tawon hydrocortisone

Beli Hydrocortisone Klik di Sini

Salep Hydrocortisone merupakan jenis obat kortikosteroid golongan ringan yang bisa membantu berbagai masalah kulit termasuk gatal-gatal, inflamasi, kemerahan dan gigitan serangga. Untuk mengobati bekas sengatan tawon, cukup oleskan salep tipis-tipis sebanyak 2 sampai 3 kali sehari.

Perlu diketahui bahwa obat ini termasuk obat keras dan sebaiknya dibeli dengan resep dokter. Salep Hydrocortisone juga tidak direkomendasikan untuk dioleskan pada luka terbuka, mata atau kulit yang sensitif, Hindari juga penggunaan jangka panjang.

Hydrocortisone 2,5% Salep bisa dibeli dengan harga mulai Rp13 ribuan per tube.

5. Ibuprofen

obat disengat tawon ibuprofen

Beli Ibuprofen Klik di Sini

Bagi sebagian orang, sengatan tawon bisa menyebabkan rasa sakit di bagian yang disengat. Untuk meringankan rasa sakit itu, Anda bisa menggunakan obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas seperti Ibuprofen.

Ibuprofen termasuk ke dalam golongan NSAID (obat anti-inflamasi non-steroid). Perlu diketahui bahwa obat ini juga bisa menyebabkan beberapa efek samping seperti pusing, sakit kepala, mual dan muntah. Karena itu, pastikan Anda mengonsumsinya sesuai dengan petunjuk dokter atau aturan yang tertera pada kemasan.

Ibuprofen bisa ditemukan di apotek dengan berbagai merek. Versi generiknya bisa dibeli dengan harga mulai Rp5 ribuan saja per strip.

6. Chlorpheniramine Maleate

obat disengat tawon chlorphenamine maleate

Beli Chlorpheniramine Maleate Klik di Sini

Jika sengatan tawon yang Anda alami menyebabkan reaksi alergi seperti gatal, iritasi dan ruam kemerahan, Anda perlu mengonsumsi anti-histamin. Salah satu opsi anti-histamin yang bisa Anda pilih adalah Chlorpheniramine maleate.

Dengan kemampuannya tersebut, obat ini bisa mengatasi berbagai gejala alergi dan radang termasuk saat Anda disengat tawon. Obat ini juga memiliki sejumlah efek samping yang perlu diketahui seperti mual, muntah, sakit kepala dan mengantuk. Pastikan Anda hanya mengonsumsi obat ini sesuai dengan petunjuk yang tertera pada kemasan.

Obat ini bisa Anda temukan dalam berbagai merek dengan harga per strip mulai Rp1.500 saja.

Itulah beberapa rekomendasi obat disengat tawon yang bisa Anda beli di apotek. Mau belanja obat yang lebih cepat, praktis dan mudah? Anda bisa pesan lewat K24Klik. Tinggal pilih obat yang Anda butuhkan dan lakukan pembayaran. Kami akan mengantarkan obatnya langsung ke rumah Anda. Yuk unduh K24Klik di Play Store atau App Store sekarang juga, dapatkan manfaatnya.

Sumber:

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/bee-stings/diagnosis-treatment/drc-20353874 (diakses tanggal 26 Maret 2023)

https://hellosehat.com/hidup-sehat/pertolongan-pertama/obat-disengat-tawon/ (diakses tanggal 26 Maret 2023)