16 Obat Eksim di Apotik Paling Ampuh

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Obat Eksim di Apotik Paling Ampuh

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Terdapat beberapa obat eksim paling ampuh di apotik yang dapat membantu meredakan ketidaknyamanan pada kulit seperti Skizon Cream, Desolex Lotion dan Diprosone.

Eksim adalah kondisi kulit yang menyebabkan kulit menjadi kering, gatal, meradang, dan dapat terjadi pecah-pecah atau terkelupas. Penyakit eksim ini bisa menyebar dan meluas pada kulit, sehingga kondisi perlu segera diatasi dengan obat eksim yang tepat.

Gatal ataupun gejala eksim dapat muncul pada berbagai bagian tubuh, tetapi paling umum terjadi pada wajah, leher, lengan, dan lipatan tubuh seperti siku dan lutut. Kondisi ini biasanya dipicu oleh alergi atau reaksi inflamasi pada kulit yang disebabkan bakteri atau jamur.

Penyakit ini dapat mempengaruhi orang dari berbagai usia dan jenis kelamin, baik pria maupun wanita. Karenanya, diperlukan pengobatan yang tepat meliputi perawatan kulit, penghindaran pemicu, dan penggunaan obat-obatan.

Baca juga: 15 Obat Gatal Kulit Paling Ampuh di Apotik

Rekomendasi Obat Eksim Paling Ampuh di Apotik

Cara mengatasi eksim yang paling ampuh adalah dengan memanfaatkan obat-obatan. Beberapa jenis obat mungkin memerlukan resep dokter untuk mendapatkannya karena eksim merupakan salah satu masalah kulit yang perlu dikonsultasikan terlebih dahulu.

Berikut ini merupakan beragam rekomendasi obat eksim paling ampuh di apotik yang dapat Anda manfaatkan sesuai aturan pakai.

1. Forderm Cream

forderm cream di apotik

Beli Forderm Cream Klik di Sini

Forderm CR adalah obat gatal eksim yang mengandung krim kortikosteroid. Obat ini digunakan untuk mengurangi gejala-gejala inflamasi pada kulit seperti ruam, gatal, dan bengkak.

Perlu diperhatikan, obat ini tidak boleh digunakan pada area kulit yang tipis, wajah, atau area yang terkena infeksi.

Kisaran harga: Rp 54 ribu/tube

2. Sebamed Cleansing Bar

sebamed cleansing bar untuk eksim

Beli Sebamed Cleansing Bar Klik di Sini

Sebamed Cleansing Bar adalah sabun yang dikhususkan untuk kulit sensitif karena diformulasikan dengan pH seimbang yang cocok untuk kulit manusia. Di samping itu, bahan aktif terkandung di dalamnya berfungsi melembapkan kulit dan menjaga kelembaban kulit.

Sabun ini dapat digunakan untuk membantu mengatasi eksim. Cara penggunaannya pun mudah, yaitu dengan cara dioleskan ke kulit yang sudah dibasahi dan dibersihkan dengan air. Untuk mengobati eksim pada tubuh maupun wajah, gunakan Sebamed Cleansing Bar secara teratur 2 kali sehari.

Kisaran harga: Rp 110 ribu/dos

3. Skizone

skizone cream untuk eksim

Beli Skizone Klik di Sini

Skizone (0,05%) adalah obat luar yang mengandung Betamethasone Dipropionate. Obat eskim ini dijual di apotik dengan harga terjangkau mulai dari Rp16 ribu saja untuk kemasan krim 10g.

Skizone dapat digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit kulit, seperti eksim dan dermatitis. Obat ini bekerja dengan mengurangi peradangan dan gatal pada kulit berkat kandungan Betamethasone Dipropionate.

Kisaran harga: Rp 16 ribu/tube

4. Dermovate

obat dermovate di apotik

Beli Dermovate Klik di Sini

Dermovate adalah salah satu obat penyakit eksim yang paling direkomendasikan oleh dokter. Obat yang satu ini termasuk jenis kortikosteroid topikal yang mengandung clobetasol propionate. Dermovate digunakan untuk mengatasi berbagai kondisi kulit termasuk eksim, psoriasis, dermatitis, dan masalah kulit lainnya.

Obat ini bekerja dengan mengurangi peradangan, kemerahan, dan gatal pada kulit. Cara pemakaiannya pun mudah, yaitu dengan mengoleskan pada area yang terinfeksi. Namun, sebaiknya gunakan dengan hati-hati pada area kulit yang tipis, wajah, dan selama kehamilan atau menyusui.

Kisaran harga: Rp 143 ribu/tube

5. Desolex Lot 0,05%

desolex lot untuk penyakit eksim di apotek

Beli Desolex Lot Klik di Sini

Desolex Lot 0,05% dapat digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit kulit, seperti eksim, dermatitis, psoriasis, dan alergi kulit. Dengan kandungan bahan aktif desonide.

Obat ini bekerja dengan cara mengurangi peradangan pada kulit dan mengurangi gatal, kemerahan, dan pembengkakan.

Kisaran harga: Rp 77 ribu/botol

6. Kloderma Cream

kloderma untuk eksim

Beli Kloderma Cream Klik di Sini

Kloderma Cream adalah obat luar untuk mengatasi berbagai jenis penyakit kulit, termasuk psoriasis, eksim, dermatitis, dan kondisi kulit yang terkait dengan inflamasi. Dengan kandungan bahan aktif clobetasol propionat, Kloderma dapat digunakan sebagai obat eksim.

Obat ini bekerja dengan cara mengurangi peradangan, kemerahan, gatal, dan pembengkakan pada kulit. Sebelum menggunakan obat ini, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau apoteker di K24Klik untuk dosis dan cara penggunaannya yang tepat.

Kisaran harga: Rp 50 ribu/tube

7. Elopro Cream

obat eksim elopro krim

Beli Elopro Cream Klik di Sini

Elopro 0,05% yang digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit kulit, seperti eksim, dermatitis, psoriasis, dan alergi kulit. Obat luar ini mengandung bahan aktif Clobetasol Propionate.

Kandungan dalam Elopro bekerja dengan cara mengurangi peradangan pada kulit dan mengurangi gatal, kemerahan.

Kisaran harga: Rp 43 ribu/tube

8. Diprosone

obat diprosone di apotik

Beli Diprosone Klik di Sini

Diprosone OV CR 5g adalah obat luar yang mengandung bahan aktif betametason dipropionat. Berkat kandungan bahan ini, Diprosone banyak dianjurkan untuk mengobati berbagai jenis penyakit kulit, seperti eksim, dermatitis, psoriasis, dan alergi kulit.

Obat ini bekerja dengan cara mengurangi peradangan pada kulit dan mengurangi gatal, kemerahan, dan pembengkakan. Cara penggunaannya pun mudah, yaitu dengan mengoleskan krim pada area yang terinfeksi.

Kisaran harga: Rp 81 ribu/tube

9. Nerilon

nerilon cream untuk mengatasi sakit eksim

Beli Nerilon Klik di Sini

Rekomendasi obat eksim selanjutnya adalah Nerilon 0,1%. Ini merupakan obat luar berupa krim yang digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit kulit, seperti eksim, dermatitis, psoriasis, dan alergi kulit.

Kisaran harga: Rp 86 ribu/tube

10. Clobetasol Propionate

clobetasol propionate

Beli Clobetasol Propionate Etercon Klik di Sini

Clobetasol Propionate Etercon (0,05%) adalah obat luar berupa salep dengan kandungan clobetasol propionate.

Obat ini digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit kulit, seperti psoriasis dan dermatitis atopik atau eksim. Obat ini bekerja dengan mengurangi peradangan dan gatal pada kulit.

Kisaran harga:Rp 20 ribu/tube

11. Desoximetasone

desoximetasone di apotek

Beli Desoximetasone Klik di Sini

Desoximetasone adalah obat luar yang digunakan untuk mengobati berbagai penyakit kulit, termasuk dermatitis atopik dan psoriasis. Berkat kandungan desoximetasone, obat ini bekerja dengan mengurangi peradangan dan gatal pada kulit.

Kisaran harga: Rp 31 ribu/tube

12. Betamethasone

betamethasone cream

Beli Betamethasone Klik di Sini

Betamethasone adalah obat luar yang digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit kulit, seperti eksim dan psoriasis. Obat ini bekerja dengan mengurangi peradangan dan gatal pada kulit berkat adanya betamethasone yang terkandung di dalamnya.

Kisaran harga: Rp 5 ribu/tube

13. Elocon Cream

obat elocon cream untuk kulit

Beli Elocon Cream Klik di Sini

Eksim dapat membuat kulit mengalami peradangan dan menimbulkan beragam gejala alergi mengganggu seperti gatal-gatal dan kemerahan. Untuk mengatasi kondisi tersebut, Anda dapat memanfaatkan obat Elocon Cream.

Dengan kandungan utama mometason furoate di dalamnya, Elocon dapat membantu meringankan gejala inflamasi pada kulit.

Kisaran harga: Rp 157 ribu/tube

14. Bravoderm Cream

obat eksim bravoderm cream di apotek

Beli Bravoderm Cream Klik di Sini

Memiliki kandungan fluocinolone acetonide di dalamnya, Bravoderm Cream dapat membantu mengatasi beragam masalah kulit seperti eksim, infeksi, alergi dan juga ruam. Termasuk dalam golongan obat keras, Anda memerlukan resep dokter untuk mendapatkan obat ini.

Cara penggunaan obat eksim ini pun cukup mudah, langsung oleskan tipis-tipis pada area kulit yang sakit 3-4 kali per hari.

Kisaran harga: Rp 14 ribu/pcs

15. Qv Skin Lot

qv skin lot

Beli Qv Skin Lotion Klik di Sini

Saat eksim menyerang, kondisi kulit biasanya berubah menjadi kering hingga muncul ruam kemerahan yang mengganggu. Anda dapat memanfaatkan pelembab seperti Qv Skin Lotion untuk meredakan kondisi kulit tersebut.

Kisaran harga: Rp 232 ribu/pcs

16. Dermacoid Cream

dermacoid cream

Beli Dermacoid Cream Klik di Sini

Dengan kandungan bahan aktif hydrocortisone 17-butyrate di dalamnya, Dermoid Cream merupakan salah satu obat eksim yang tepat. Obat ini memiliki efek antiinflamasi, antieksema, antialergi dan juga antipruritik.

Kisaran harga: Rp 99 ribu/tube

Nah, itulah tadi beragam rekomendasi obat eksim paling ampuh di apotik yang dapat Anda manfaatkan sesuai dengan aturan pakai yang ada. Apabila timbul efek samping dan eksim semakin parah, segera konsultasikan pada dokter spesialis untuk pengobatan terbaik.

Butuh obat cepat dan hemat? K24Klik jawabannya! Khusus untukmu, terdapat beragam penawaran menarik dari kami seperti GRATISONGKIR dan juga potongan harga produk terbaik.

Yuk unduh aplikasi K24Klik di Play Store dan juga App Store sekarang juga! (writer/ib)

Referensi:

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/atopic-dermatitis-eczema/symptoms-causes/syc-20353273 diakses pada 19 Juli 2024

https://health.clevelandclinic.org/home-remedies-for-eczema/ diakses pada 19 Juli 2024