15 Obat Gatal Paling Ampuh di Apotik Cepat Hilang

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat gatal paling ampuh di apotik cepat hilang

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Beragam obat gatal paling ampuh di apotik dapat membantu meredakan gatal-gatal pada kulit yang diakibatkan oleh alergi ataupun penyebab lainnya.

Gatal-gatal pada kulit dapat terjadi karena beragam penyebab seperti alergi, masalah biang keringat dan lain sebagainya. Untuk membantu mengurangi sekaligus gatal tersebut, Anda dapat memanfaatkan beragam pilihan obat gatal paling ampuh yang tersedia di apotik.

Ketika kulit terasa gatal-gatal, Anda dapat merasa tidak nyaman bahkan memengaruhi aktivitas harian. Warna kulit dapat menjadi kemerahan, muncul bintik-bintik hingga mengelupas ketika terlalu parah dalam menggaruknya.

Baca juga: 15 Nama Obat Gatal Tablet di Apotik Paling Ampuh

Rekomendasi Obat Gatal Paling Ampuh di Apotik Cepat Hilang

Apabila gatal-gatal di kulit masih dalam kategori ringan, penggunaan obat-obatan antihistamin mungkin dapat menjadi salah satu pilihan terbaik Anda. Namun jika gatal-gatal pada kulit sudah parah, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri pada dokter ahli.

Baik menggunakan resep dokter ataupun dapat dibeli secara bebas, berikut ini merupakan rekomendasi obat gatal paling ampuh di apotik cepat hilang yang dapat Anda manfaatkan.

1. Alleron

obat gatal paling ampuh alleron

Beli Alleron Klik di Sini

Salah satu penyebab gatal-gatal adalah alergi dan dapat diatasi menggunakan obat antihistamin seperti Alleron. Komposisi dari obat Alleron ini adalah kandungan chlorpheniramine maleate (CTM) 4 mg.

Perlu diketahui bahwa obat gatal yang satu ini memiliki efek samping mengantuk hingga pandangan kabur. Jadi, pastikan untuk menghindari mengonsumsi Alleron saat hendak melakukan aktivitas berat atau membutuhkan fokus tinggi seperti menyetir.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/strip

2. Incidal

obat gatal di apotek incidal

Beli Incidal Klik di Sini

Dengan kandungan cetirizine di dalamnya, Incidal menjadi salah satu obat antialergi yang bekerja efektif dalam mengatasi rinitis perenial, rinitis alergi, urtikaria dan gatal-gatal pada kulit.

Incidal obat gatal ini dapat dikonsumsi oleh anak-anak usia di atas 12 tahun dan juga dewasa dengan anjuran dosis satu kali sehari sebanyak 1 kapsul tiap kali minum.

Kisaran harga: Rp 21 ribu/strip isi 4 kapsul

3. Gel Pengurang Gatal Konicare

gel pengurang gatal paling ampuh di apotik

Beli Gel Pengurang Gatal Konicare Klik di Sini

Untuk mengatasi gatal-gatal, Anda tidak hanya dapat memanfaatkan obat oral namun juga obat topikal seperti Gel Pengurang Gatal Konicare. Penggunaan obat ini hanya cukup dioleskan langsung secara merata pada bagian kulit yang gatal.

Kandungan dalam obat gatal yang satu ini adalah ekstrak bunga hammamelis, aloe vera, etanol, carbomer, propilenglikol, trietanolamin hingga air murni.

Kisaran harga: Rp 13 ribu/pcs

4. Histaklor

obat gatal paling ampuh histaklor

Beli Histaklor Klik di Sini

Memiliki kandungan zat aktif dexchlorpheniramine maleate di dalamnya, Histaklor merupakan obat yang bekerja efektif dalam mengatasi gatal-gatal ataupun reaksi alergi lain seperti pilek dan eksim.

Untuk dewasa dan anak-anak di atas 12 tahun, Histaklor dapat dikonsumsi untuk 3 kali sehari sebanyak 1 tablet tiap kali minum. Sedangkan untuk anak usia 6-12 tahun, pemberian obat Histaklor dapat dilakukan dengan takaran setengah tablet tiap kali minum 3 kali sehari.

Rp 2 ribu/strip

5. Salep Sriti Antiseptic

obat gatal salep sriti antiseptic

Beli Salep Sriti Antiseptic Klik di Sini

Selanjutnya, Anda juga dapat memanfaatkan Salep Sriti Antiseptic sebagai salah satu obat gatal paling ampuh di apotik. Obat ini memiliki kandungan benzethonium chlorida sebanyak 0,2% di dalamnya.

Tidak sekedar mengatasi gatal-gatal, Salep Sriti Antiseptic juga dapat mengobati jamuran, kadas, kurap, kudis dan juga panuan. Produk dijamin 100% asli dengan penawaran harga terbaik, Anda dapat membeli Salep Sriti Antiseptic di K24Klik.

Kisaran harga: Rp 10 ribu/pcs

6. Cetirizine

obat gatal di apotek cetirizine

Beli Cetirizine Klik di Sini

Obat antihistamin yang satu ini bekerja efektif dalam mengurangi gatal-gatal baik pada kulit, mata ataupun tenggorokan yang diakibatkan oleh alergi. Termasuk dalam golongan obat keras, Anda memerlukan resep dokter untuk membeli Cetirizine di K24Klik.

Cetirizine obat gatal ini memiliki efek samping mengantuk yang minor, penglihatan kabur hingga mulut terasa kering. Pastikan untuk mengonsumsi ini sesuai dosis yang telah dianjurkan untuk mengoptimalkan efektivitas obat.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

7. Polofar Plus

obat gatal paling ampuh polofar plus

Beli Polofar Plus Klik di Sini

Reaksi alergi pada setiap orang dapat berbeda-beda mulai dari gatal-gatal pada kulit, peradangan dan lain sebagainya. Untuk mengatasinya, Anda dapat memanfaatkan Polofar Plus yang mengkombinasikan dexamethasone dan juga dexchlorpheniramine di dalamnya.

Pada dewasa, Anda dapat memanfaatkan Polofar Plus sebagai obat gatal untuk 3-4 kali sehari sebanyak 1 tablet tiap kali minum. Dengan dosis yang sama, anak usia 6-12 tahun dapat mengonsumsi setengah tablet dan anak usia 2-6 tahun sebanyak seperempat tablet.

Termasuk dalam golongan obat keras, penggunaan obat Polofar Plus ini membutuhkan resep dokter.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/strip

8. Betamethasone

obat gatal di apotik betamethasone

Beli Betamethasone Klik di Sini

Obat luar yang hadir dalam jenis cream, Betamethasone bekerja efektif dalam mengatasi gatal-gatal atau peradangan kulit akibat alergi maupun eksim. Betamethasone dapat mencegah pelepasan senyawa kimia tubuh yang menyebabkan peradangan dan gatal-gatal.

Anda dapat mengoleskan cream ini 3-4 kali sehari pada area yang gatal ataupun meradang, sesuai dengan anjuran dokter.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/tube

9. Loratadine

obat gatal paling ampuh loratadine

Beli Loratadine Klik di Sini

Anda juga dapat menggunakan Loratadine untuk meredakan gatal-gatal pada kulit. Obat ini dapat diberikan sesudah makan sebagai dosis tunggal sekali sehari untuk anak-anak usia di atas 12 tahun dan juga dewasa.

Kisaran harga: Rp 5 ribu/strip

10. Orphen

obat gatal di apotik orphen

Beli Orphen Klik di Sini

Memiliki kandungan chlorpheniramine maleate di dalamnya, Orphen dapat mengatasi keluhan gatal-gatal pada kulit. Tidak hanya itu, obat ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi reaksi alergi lainnya seperti demam dan rinitis alergi.

Beberapa efek samping yang mungkin Anda arasakan saat mengonsumsi Orphen adalah mengantuk, sakit kepala hingga kelemahan otot.

Kisaran harga: Rp 1 ribu/strip

11. Dextamine

obat gatal paling ampuh dextamine

Beli Dextamine Klik di Sini

Termasuk golongan obat kortikosteroid, Dextamine merupakan salah satu obat yang bekerja ampuh dalam meredakan gatal-gatal. Obat ini mengkombinasikan kandungan dexamethasone dan juga dexchlorpheniramine maleate di dalamnya.

Anda dapat mengonsumsi Dextamine 3 kali sehari sebanyak 1 tablet tiap kali minum atau sesuai anjuran dokter.

Kisaran harga: Rp 25 ribu/strip

12. Scabimite Cream

obat gatal di apotek scabimite cream

Beli Scabimite Cream Klik di Sini

Obat berbentuk krim yang mengandung permethrin di dalamnya, Scabimite Cream biasa digunakan untuk beragam masalah kulit seperti scabies atau gatal-gatal yang disebabkan oleh tungau atau kutu kecil.

Termasuk dalam golongan obat keras, Anda memerlukan resep dokter untuk mendapatkan Scabimite Cream. Solusi hidup sehat jadi lebih praktis, Anda juga dapat memanfaatkan layanan konsultasi dokter online Telemedicine di K24Klik.

Kisaran harga: Rp 70 ribu/tube

13. Caladine Cream

obat gatal caladine cream

Beli Caladine Cream Klik di Sini

Aman untuk diberikan pada anak-anak maupun dewasa, Caladine Cream mengandung calamin, zinc oxcide, camphor dan juga menthol di dalamnya. Obat oles ini dapat mengurangi rasa gatal pada kulit, baik akibat alergi maupun biang keringat.

Kisaran harga: Rp 8 ribu/tube

14. Alloris Sirup

obat gatal paling ampuh alloris sirup

Beli Alloris Sirup Klik di Sini

Mengandung loratadine, Alloris Sirup merupakan salah satu obat gatal paling ampuh di apotik yang dapat Anda manfaatkan. Jenis obat sirup tentunya membuat Anda lebih mudah mengonsumsinya, terutama apabila diberikan pada anak-anak.

Pastikan untuk mengonsumsi obat ini sesuai dosis yang tertera pada kemasan untuk memaksimalkan efektivitas obat. Selain sirup, Alloris juga tersedia dalam bentuk tablet.

Kisaran harga: Rp 77 ribu/botol

15. Ketoconazole

obat gatal di apotik ketoconazole

Beli Ketoconazole Klik di Sini

Gatal-gatal pada kulit juga dapat disebabkan oleh pertumbuhan jamur, jadi Anda dapat memanfaatkan Ketoconazole. Obat ini dapat diberikan setelah makan, baik pada anak-anak maupun dewasa.

Kisaran harga; Rp 5 ribu/strip

Itulah tadi beragam rekomendasi obat gatal paling ampuh di apotik cepat hilang yang dapat Anda manfaatkan. Jika gatal pada kulit tidak kunjung mereda dan mulai mengganggu aktivitas, segera periksakan pada dokter ahli guna mendapatkan pengobatan terbaik.

Kulit gatal dan butuh obat segera tapi kehabisan stok? Semua kebutuhan kesehatan mulai dari obat, vitamin dan susu dapat Anda beli secara online melalui aplikasi K24Klik.

Tidak hanya menawarkan hidup sehat jadi lebih praktis, aplikasi K24Klik di Play Store ataupun App Store juga memiliki banyak promo menarik khusus untuk Anda. Tunggu apalagi? Yuk unduh aplikasi kami dan rasakan manfaatnya sekarang juga!

Referensi:

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/itchy-skin/symptoms-causes/syc-20355006 diakses pada 5 Maret 2024