15 Nama Obat Gatal yang Paten di Apotek

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat gatal yang paten di apotek

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Mengetahui nama obat gatal yang paten di apotek dapat membantu Anda menentukan obat yang tepat untuk mengatasi gatal-gatal di kulit dengan beragam penyebab.

Alergi, biang keringat ataupun peradangan dapat membuat kulit kemerahan, muncul bintik-bintik dan juga gatal-gatal yang mengganggu. Untuk mencegah gatal-gatal menjadi semakin parah sekaligus mengatasinya, Anda dapat menggunakan obat gatal yang paten.

Tersedia beragam nama obat gatal yang paten di apotik mulai dari Orphen, Alleron dan juga Clarihis. Anda perlu untuk mengenali obat-obat tersebut sebelum mengonsumsinya baik secara oral ataupun pemakaian luar seperti obat salep Desolex.

Baca juga: 15 Obat Alergi Gatal di Apotik Paling Ampuh

Rekomendasi Obat Gatal yang Paten di Apotek

Gatal yang dirasakan akibat kulit kering mungkin dapat diatasi dengan menggunakan pelembap ataupun lotion. Namun, rasa gatal yang disebabkan oleh alergi ataupun biang keringat membutuhkan obat untuk mengatasinya.

Berikut ini merupakan beragam rekomendasi nama obat gatal yang paten di apotik dan dapat Anda manfaatkan mengatasi gatal dengan segala penyebab.

1. Desolex Cream

obat gatal paten di apotek desolex cream

Beli Desolex Cream Klik di Sini

Salah satu obat topikal atau oles yang dapat membantu Anda meredakan gatal-gatal adalah Desolex Cream. Obat gatal yang paten ini memiliki kandungan desonide 0,05% di dalamnya.

Termasuk dalam golongan obat keras, Anda memerlukan resep dokter untuk mendapatkan obat ini.

Kisaran harga: Rp 36 ribu/tube

2. Clarihis

obat gatal paten clarihis

Beli Clarihis Klik di Sini

Loratadine dikenal sebagai salah satu obat gatal paling ampuh di apotik. Nah, Clarihis ini merupakan versi patennya dengan kandungan 10 mg loratadine di dalamnya.

Antihistamin ini dapat meredakan beragam gejala rhinitis alergi ataupun urtikaria seperti gatal-gatal.

Kisaran harga: Rp 7 ribu/tablet

3. Orphen

obat gatal paten paling ampuh orphen

Beli Orphen Klik di Sini

Mengandung chlorpheniramine maleate di dalamnya, Orphen bekerja efektif dalam menangani beragam gejala alergi seperti gatal-gatal dan juga demam. Obat ini dapat dikonsumsi 3-4 kali sehari sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Efek samping mengantuk ataupun sakit kepala mungkin saja Anda rasakan saat mengonsumsi obat antihistamin ini. Hindari penggunaan Orphen saat hendak mengemudi ataupun melakukan aktivitas yang membutuhkan fokus tinggi.

Kisaran harga: Rp 1 ribu/strip

4. Alleron

obat gatal paten di apotik alleron

Beli Alleron Klik di Sini

Selain Orphen, obat gatal yang paten di apotek dengan kandungan chlorpheniramine maleate adalah Alleron. Manfaat dari obat ini adalah meringankan gatal-gatal akibat alergi, gigitan serangga ataupun urticaria.

Obat golongan bebas terbatas ini dapat Anda beli di K24Klik dengan harga terjangkau dan produk terjamin 100% asli.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/strip

5. Skizon

obat gatal yang paten di apotek skizon

Beli Skizon Cream Klik di Sini

Skizon merupakan obat gatal-gatal yang mengandung betamethasone dipropionate di dalamnya. Selain meredakan gatal, obat paten juga dapat menangani peradangan dan alergi imunologi.

Anda dapat mengoleskan Skizon Cream secara tipis-tipis pada area yang gatal-gatal 1-2 kali sehari, pada pagi ataupun malam hari.

Kisaran harga: Rp 16 ribu/tube

6. Genoint Salep Kulit

obat gatal genoint salep kulit

Beli Genoint Salep Kulit Klik di Sini

Gatal-gatal pada kulit terkadang juga dbisa disebabkan oleh infeksi bakteri dan perlu obat antibiotik untuk mengatasinya. Salah satu obat paten yang biasa diresepkan dokter adalah Genoint Salep Kulit.

Obat ini memiliki kandungan gentamicin sulfate di dalamnya dan bekerja efektif dalam mengatasi bakteri penyebab infeksi dan juga pemicu gatal-gatal ataupun peradangan pada kulit.

Termasuk dalam golongan obat keras atau merah, Anda memerlukan resep dokter untuk mendapatkan obat ini.

Kisaran harga: Rp 7 ribu/tube

7. Claritin

obat gatal yang paten claritin

Beli Claritin Klik di Sini

Selanjutnya, Anda juga dapat menggunakan Claritin dengan kandungan loratadine di dalamnya untuk mengobati beragam gejala alergi termasuk gatal-gatal. Tiap tablet dari Claritin mengandung 10 mg loratadine di dalamnya.

Anjuran mengonsumsi obat antihistamin ini adalah 1 kali sehari dengan aturan 1 tablet tiap kali minum, sebelum ataupun sesudah makan.

Kisaran harga: Rp 10 ribu/tablet

8. Alegi

obat gatal yang paten alegi

Beli Alegi Klik di Sini

Mengkombinasikan dexamethasone dan juga dexchlorpheniramine maleate, Alegi merupakan obat yang dapat mengatasi gatal-gatal. Tidak hanya itu, obat ini juga dapat meredakan reaksi alergi lainnya baik pada saluran pernapasan maupun mata.

Obat ini termasuk dalam golongan obat keras sehingga memerlukan resep dokter untuk mendapatkannya. Anda dapat memanfaatkan layanan konsultasi dokter Telemedicine sekaligus tebus obat langsung di K24Klik.

Kisaran harga: Rp 23 ribu/strip

9. Lexahist

obat gatal yang paten di apotik lexahist

Beli Lexahist Klik di Sini

Lexahist merupakan obat dengan kandungan cyproheptadine yang bekerja ampuh dalam mengatasi beragam gejala alergi termasuk gatal-gatal. Obat paten yang satu ini termasuk dalam golongan obat keras sehingga membutuhkan resep dokter untuk mendapatkannya.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/strip

10. Polofar Plus Tablet

obat gatal paten polofar plus

Beli Polofar Plus Klik di Sini

Mengandung dexamethasone dan juga dexchlorpheniramine di dalamnya, Polofar Plus dapat mengatasi gatal-gatal akibat alergi ataupun peradangan. Termasuk dalam golongan obat keras, Anda memerlukan resep dokter untuk penggunaan Polofar Plus.

Selain gatal-gatal, obat ini juga dapat mengurangi beragam gejala alergi lainnya yang menyerang saluran pernapasan ataupun mata.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/strip

11. Tiriz Tablet

obat gatal di apotik tiriz tablet

Beli Tiriz Tablet Klik di Sini

Obat antihistamin yang digunakan untuk mengatasi kondisi alergi seperti gatal-gatal ataupun urtikaria, Tiriz Tablet memiliki kandungan cetirizine di dalamnya. anjuran mengonsumsi obat ini adalah sekali sehari 10 mg untuk dewasa.

Kisaran harga: Rp 63 ribu/strip

12. Logista

obat gatal paling ampuh logista

Beli Logista Klik di Sini

Mengandung zat aktif loratadine di dalamnya, Logista dapat menjadi salah satu obat gatal paten yang tepat untuk Anda. Manfaat dari obat ini adalah mengurangi gejala alergi mulai dari gatal-gatal, bersin, hidung berair hingga sensasi terbakar pada mata.

Anjuran mengonsumsi obat ini adalah 1 tablet sehari pada dewasa, lanjut usia ataupun anak usia lebih dari 12 tahun. Penggunaan Logista sendiri dapat diberikan bersama ataupun tanpa makanan.

Kisaran harga: Rp 67 ribu/strip

13. Dehista

obat gatal yang paten dehista

Beli Dehista Klik di Sini

Dehista merupakan obat antihistamin yang dapat digunakan untuk meredakan gatal-gatal, urtikaria ataupun demam akibat alergi. Termasuk dalam obat golongan biru atau bebas terbatas, Anda dapat membeli Dehista tanpa resep dokter.

Aturan pakai obat Dehista ini disesuaikan dengan usia penderita, misalnya dewasa 1 kaplet tiap kali minum untuk 3-4 kali sehari. Kemudian setengah kaplet untuk anak usia 6-12 tahun.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/strip

14. Topcort Cream

obat gatal paten paling ampuh topcort cream

Beli Topcort Cream Klik di Sini

Obat dengan kandungan desoximetasone di dalamnya, Topcort Cream bekerja efektif dalam mengurangi gatal-gatal, bengkak ataupun kulit kemerahan karena dermatosis. Termasuk dalam golongan obat keras, Anda memerlukan resep dokter untuk membeli obat ini.

Kisaran harga: Rp 35 ribu/tube

15. Apolar Cream

obat gatal yang paten apolar cream

Beli Apolar Cream Klik di Sini

Selain desolex, obat topikal dengan kandungan desonide di dalamnya yang dapat Anda gunakan adalah Apolar Cream. Manfaat dari obat ini adalah meredakan gatal-gatal dan juga dermatitis kontak.

Anda dapat mengoleskan Apolar Cream secara tipis-tipis untuk 2-3 kali sehari atau sesuai dosis yang dianjurkan.

Kisaran harga: Rp 45 ribu/tube

Beragam rekomendasi obat gatal yang paten di atas dapat Anda beli di apotik secara bebas ataupun menggunakan resep dokter. Apabila rasa gatal tidak kunjung mereda dan menimbulkan ketidaknyamanan lain, segera konsultasikan lebih lanjut pada dokter ahli.

Butuh obat ataupun vitamin mendadak tapi kehabisan stok? Tidak perlu panik, semua jadi beres bersama aplikasi K24Klik!

Penawaran menarik mulai dari potongan harga ataupun gratis ongkir, yuk unduh aplikasi K24Klik di Play Store ataupun App Store sekarang juga.

Referensi:

https://www.medicalnewstoday.com/articles/311473#treatment diakses pada 5 Maret 2024