10 Obat Gusi Bengkak Alami Cepat Sembuh

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat gusi bengkak alami cepat sembuh

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Obat gusi bengkak alami dapat menjadi pilihan untuk mengatasi gusi yang menonjol, nyeri hingga mudah berdarah.

Gusi bengkak merupakan salah satu masalah kesehatan yang menyebabkan gusi menonjol, berwarna kemerahan, mudah berdarah dan juga menimbulkan rasa nyeri tak tertahankan. Apabila masih ringan, Anda dapat memanfaatkan beragam obat gusi bengkak alami.

Penyebab dari gusi bengkak sendiri sangatlah beragam. Mulai dari kebersihan mulut yang kurang terjaga, kekurangan nutrisi vitamin karena pola makan buruk, infeksi bakteri dan lain sebagainya.

Penanganan intensif mungkin dibutuhkan ketika gusi bengkak tidak kunjung membaik hingga membuat Anda sulit beraktivitas. Jangan ragu untuk segera memeriksakan diri pada dokter ahli untuk pengobatan gusi bengkak terbaik.

Baca juga: 15 Obat Gusi Bengkak Karena Gigi Berlubang di Apotik

Rekomendasi Obat Sakit Gusi Bengkak Alami

Saat tubuh sakit, penggunaan obat-obatan baik generik maupun paten dengan beragam jenis sediaan biasanya menjadi pilihan mayoritas orang. Namun, beberapa orang mungkin akan memikirkan alternatif lain dibanding mengonsumsi obat-obatan kimia.

Dalam skala sakit ringan, berikut ini merupakan beragam rekomendasi obat sakit gusi bengkak alami yang dapat Anda coba manfaatkan.

1. Larutan Air Garam

Kandungan antiseptik dalam larutan air garam dapat menjadi salah satu cara ampuh dalam mengatasi infeksi bakteri penyebab gusi bengkak. Apabila Anda sudah mulai merasakan nyeri dan gusi yang menonjol, obat alami ini dapat menjadi pertolongan pertama.

Lalu, bagaimana cara memanfaatkan larutan air garam untuk mengatasi gusi bengkak? Anda cukup mencampurkan 1 sendok teh garam dengan air hangat, kemudian gunakan untuk berkumur selama kurang lebih 30 detik lamanya.

Pastikan untuk segera memuntahkan larutan air garam dalam mulut Anda dan lakukan langkah tersebut 2-3 kali sehari hingga gusi bengkak membaik.

2. Kunyit

Tahukah Anda bahwa kunyit mengandung kurkumin yang kaya akan manfaat baik untuk kesehatan tubuh? Kurkumin memiliki sifat antioksidan dan juga anti-inflamasi yang dapat membantu Anda dalam mengatasi gusi bengkak.

Anda dapat memanfaatkan gel kunyit seusai menyikat gigi, mengoleskannya langsung pada gusi yang sakit. Obat gusi bengkak alami cepat sembuh ini dapat Anda gunakan 2 kali sehari.

3. Lidah Buaya

Lidah buaya menjadi salah satu herbal kaya manfaat, termasuk dalam menyembuhkan gusi bengkak dan mencegahnya bertambah parah. Anda dapat mencampurkan lidah buaya dengan air, lalu gunakan untuk berkumur 2 kali sehari.

Selain itu, sediaan gel lidah buaya juga dapat Anda oleskan langsung ke gusi yang sakit. Tentunya, cara ini dapat Anda lakukan sesudah menyikat gigi dengan bersih.

4. Madu

Anti-inflamasi pada madu bekerja ampuh dalam meredakan pembengkakan pada gusi. Anda dapat mengoleskan madu murni langsung pada gusi yang sakit, 3 kali sehari hingga bengkaknya membaik.

Pastikan untuk memanfaatkan madu murni yang belum diolah dan ditambah pemanis lain agar dapat berperan efektif sebagai obat gusi bengkak alami.

5. Minyak Kelapa

obat gusi bengkak alami minyak kelapa

Beli Mutiara Virgin Coconut Oil Klik di Sini

Minyak kelapa memiliki kandungan asam laurat dengan antibakteri dan antiinflamasi di dalamnya. Kandungan tersebut yang menjadikan minyak kelapa menjadi salah satu obat gusi bengkak alami paling ampuh untuk Anda manfaatkan.

Caranya cukup menggunakan minyak kelapa secukupnya untuk berkumur untuk beberapa kali dalam sehari.

6. Kantong Teh

Kandungan zat tanin dalam kantong teh memiliki sifat antiinflamasi yang ampuh dalam meredakan gusi bengkak. Selain bantu mengurangi pembengkakkan, kantong teh juga dapat meredakan nyeri tak tertahankan yang Anda rasakan.

Pertama-tama, Anda dapat menyeduh kantong teh menggunakan air panas terlebih dahulu. Setelah itu, gunakan kantong teh untuk mengompres gusi bengkak selama 5 menit. Cara ini dapat Anda lakukan berulang hingga gusi bengkak membaik.

7. Air Lemon

Selain garam, air perasan lemon juga dapat mengatasi bakteri penyebab gusi bengkak. Kandungan asam pada air perasan lemon juga dapat membantu mengatur keseimbangan pH dalam mulut.

Bagaimana cara memanfaatkan air lemon sebagai obat gusi bengkak alami? Anda dapat mencampurkan air perasan lemon dengan air hangat, kemudian gunakan untuk berkumur 2-3 kali sehari.

8. Bawang Putih

Bawang putih memiliki sifat antimikroba dan juga antiseptik yang bekerja ampuh dalam mengurangi rasa sakit gusi bengkak. Selain itu, antioksidan kuat yaitu flavonoid quercetin dalam bawang putih juga bekerja efektif dalam meredakan sakit gigi.

Apabila Anda nyaman dan suka dengan rasa bawang, tempelkan langsung irisan bawang pada bagian gusi yang sakit. Namun apabila ingin mengonsumsi bawang putih dengan lebih nyaman, Anda dapat mencampurkan tumbukan bawang putih dengan garam.

Setelah larutan tumbukan bawang putih dan garam jadi, Anda dapat mengoleskannya langsung ke area gusi yang sakit.

9. Jahe

Memiliki sifat antibakteri, anti-inflamasi dan juga antioksidan membuat jahe menjadi salah satu rempah yang ampuh berperan sebagai obat gusi bengkak alami. Selain itu, sensasi menghangatkan dari jahe juga dapat meningkatkan sirkulasi darah di gusi.

Anda dapat memanfaatkan herbal ini dengan cara memarutnya hingga halus. Kemudian, campurkan parutan jahe dengan garam hingga membentuk pasta kasar. Oleskan pasta jahe tersebut pada area gusi bengkak dan diamkan 10 menit sebelum dibilas.

10. Daun Jambu Biji

Salah satu manfaat herbal daun jambu biji adalah menjaga kebersihan mulut yang juga dapat membantu pengobatan sakit gusi bengkak. Hal ini dikarenakan gusi bengkak dapat disebabkan oleh bakteri ataupun mikroba yang ada di dalam mulut.

Anda dapat merebus daun jambu biji terlebih dahulu, kemudian menggunakan air rebusan tersebut untuk meredakan nyeri saat gusi bengkak dan membasmi bakteri di dalam mulut. Lakukan cara ini 2 kali sehari hingga gusi bengkak membaik.

Cara Mencegah Gusi Bengkak secara Alami

Mencegah lebih baik daripada mengobati juga dapat Anda coba lakukan dalam kasus sakit gusi bengkak. Berikut ini merupakan beberapa cara untuk mencegah gusi bengkak secara alami yang dapat Anda ikuti.

1. Rajin Menyikat Gigi

Menjaga kebersihan gigi dan mulut merupakan cara paling ampuh untuk mencegah infeksi bakteri penyebab gusi bengkak.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk rajin menyikat gigi setidaknya 2 kali dalam sehari untuk memastikan mulut bersih dari sisa makanan dan bakteri.

2. Menggunakan Obat Kumur

obat kumur untuk bersihkan gusi listerine fresh burst

Beli Listerine Fresh Burst Klik di Sini

Menyikat gigi saja tidak cukup untuk membersihkan mulut, termasuk kotoran di sela-sela gigi dan gusi. Cara paling ampuh membersihkan area mulut adalah dengan memanfaatkan obat kumur seperti Listerine Fresh Brust.

3. Mengonsumsi Makanan Bernutrisi Baik

Pola makan yang sehat dengan memastikan asupan nutrisi terpenuhi juga dapat membantu Anda menjaga kesehatan gusi. Beberapa vitamin yang baik untuk gusi adalah vitamin D, vitamin C dan nutrisi lain seperti kalsium serta fosfor.

Beragam rekomendasi obat gusi bengkak alami di atas dapat Anda manfaatkan sebagai pertolongan pertama ataupun mengatasi sakit ringan. Apabila kondisi gusi bengkak sudah parah dan terus kambuh, segera periksakan pada dokter ahli untuk penanganan terbaik.

Butuh obat tapi cuaca dan macet di luar membuat Anda enggan pergi ke apotek? Anti ribet, hidup sehat jadi lebih praktis dalam satu genggaman bersama K24Klik.

Dapatkan aplikasi kami di Play Store ataupun App Store sekarang juga, beragam penawaran menarik khusus untuk pengguna pertama menunggu Anda!

Referensi:

https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-swollen-gums diakses pada 21 Februari 2024