12 Obat Insomnia di Apotik Paling Ampuh dan Aman

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat insomnia di apotik paling ampuh dan aman

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Insomnia atau gangguan tidur dapat menyebabkan beragam masalah kesehatan seperti sistem kekebalan tubuh menurun dan meningkatkan resiko stroke. Beberapa obat insomnia di apotik paling ampuh adalah Lelap, Otede dan Antangin Good Night.

Mengalami gangguan tidur secara terus-menerus dapat meningkatkan resiko penyakit kronis seperti stroke, obesitas dan diabetes. Untuk membantu pengobatan insomnia, Anda dapat memanfaatkan beragam pilihan obat insomnia di apotik paling ampuh dan aman.

Selain memanfaatkan obat-obatan di apotik, terdapat beberapa cara tradisional atau alami untuk mengatasi insomnia. Beberapa diantaranya adalah melakukan olahraga intensitas ringan di sore hari, mengonsumsi teh chamomile di malam hari dan buat suasana kamar nyaman.

Baca juga: 15 Vitamin E yang Bagus di Apotik dan Harganya

Rekomendasi Obat Insomnia di Apotik Paling Ampuh dan Aman

Apabila telah mencoba beragam cara alami tetapi tidak kunjung berhasil, penggunaan obat insomnia atau obat tidur pun dapat menjadi pilihan tepat. Tentunya, memeriksakan diri kepada dokter terlebih dahulu menjadi saran yang perlu dipertimbangkan.

Dikonsumsi sesuai aturan pakai yang ada, berikut ini merupakan rekomendasi obat untuk insomnia di apotik paling ampuh dan aman.

1. Lelap

obat insomnia di apotik lelap

Beli Lelap Klik di Sini

Lelap merupakan obat yang mengkombinasikan kandungan valerianae radix, myristicae semen, eleuthrogingseng radix dan juga polygalae radix. Obat ini dapat membantu Anda meringankan gangguan tidur.

Aturan pakai dari obat lelap sendiri adalah 30 menit hingga 1 jam sebelum tidur, 1-2 kaplet per hari.

Kisaran harga: Rp 14 ribu/strip

2. Valdres

valdres atasi gangguan tidur

Beli Valdres Klik di Sini

Mengandung diphenhydramine di dalamnya, Valdres efektif mengatasi indikasi transient dan short term insomnia. Saran penggunaan obat ini adalah untuk anak-anak di atas 12 tahun dan dewasa sesuai dosis yang dianjurkan.

Perlu diketahui bahwa Valdres ini termasuk dalam golongan obat keras sehingga memerlukan resep dokter untuk mendapatkannya.

Kisaran harga: Rp 3 ribu/tablet

3. Otede

otede tablet di apotik

Beli Otede Klik di Sini

Diproduksi oleh PT. Sanbe Farma, Otede memiliki kandungan diphenhydramine HCl 50 mg di dalamnya. Manfaat utama dari mengonsumsi obat ini adalah memudahkan tidur untuk penderita insomnia.

Untuk pengobatan insomnia pada dewasa dan juga anak-anak usia di atas 12 tahun, obat ini dapat dikonsumsi 1 kali sehari 1 tablet sebelum tidur.

Kisaran harga: Rp 1 ribu/tablet

4. Nutrimax DreamZ

obat insomnia di apotik Nutrimax DreamZ

Beli Nutrimax DreamZ Klik di Sini

Tidak hanya mengandalkan obat-obatan, Anda juga dapat memanfaatkan suplemen seperti Nutrimax DreamZ untuk membantu mengatasi gangguan tidur. Komposisi dari suplemen ini adalah hops flos extract, passion flower flos extract dan juga hawthorn flos extract.

Anjuran mengonsumsi suplemen ini adalah 1-2 tablet per hari, diminum 1 jam sebelum tidur untuk dewasa.

Kisaran harga: Rp 231 ribu/pcs

5. Antangin Good Night

antangin good night tablet

Beli Antangin Good Night Klik di Sini

Tablet herbal yang mengkombinasikan beragam bahan-bahan alami di dalamnya, Antangin Good Night dapat membantu meringankan insomnia dan juga meredakan gejala masuk angin. Obat herbal insomnia ini dapat dikonsumsi 2-4 tablet per hari, sebelum tidur.

Beberapa kandungan kaya manfaat dari Antangin Good Night adalah jahe, daun mint, biji pala, passion flower dan juga daun sembung.

Kisaran harga: Rp 5 ribu/strip

6. Snoozzz Kapsul

snoozzz kapsul untuk gangguan tidur

Beli Snoozzz Kapsul Klik di Sini

Memiliki kandungan utama akar valerian, Snoozzz Kapsul dapat membantu meningkatkan kualitas tidur sehingga insomnia pun teratasi. Anda dapat mengonsumsi obat tradisional ini 1-2 kapsul, 30 menit sebelum tidur.

Selain ekstrak akar valerian, Snoozzz juga mengandung myristicae fragrances, semen, kaempferiae fragransis dan juga methae averbsis herba.

Kisaran harga: Rp 17 ribu/strip

7. Supertin

supertin di apotik

Beli Supertin Klik di Sini

Tidak hanya membantu mengatasi gangguan tidur atau insomnia, Supertin merupakan suplemen yang juga dapat meningkatkan vitalitas dan juga kelelahan. Komposisi dari suplemen ini adalah ginseng, royal jelly, panthenol, vitamin A, vitamin B kompleks hingga zinc.

Anjuran penggunaan suplemen ini adalah 1 kapsul per hari, sesudah makan. Suplemen Supertin juga dapat dimanfaatkan untuk membantu meningkatkan nafsu makan.

Kisaran harga: Rp 8 ribu/strip

8. Unalium

unalium untuk gangguan tidur

Beli Unalium Klik di Sini

Tidak semua obat yang digunakan untuk insomnia dapat dibeli secara bebas, namun memerlukan resep dokter seperti Unalium. Termasuk dalam golongan obat keras, Unalium memiliki kandungan flunarizine HCl di dalamnya.

Obat ini biasa digunakan untuk mengatasi gangguan sirkulasi pada otak, termasuk dalam membantu mengatasi gangguan tidur.

Kisaran harga: Rp 8 ribu/tablet

9. Flunarizine

flunarizine tablet di apotek

Beli Flunarizine Klik di Sini

Selain versi paten seperti Unalium, Anda juga dapat memanfaatkan versi generik dari Flunarizine. Manfaat utama dari penggunaan obat ini sebenarnya adalah membantu mengatasi migrain, pusing vestibular dan juga gangguan sirkulasi perifer.

Namun, dokter mungkin dapat meresepkan obat keras yang satu ini untuk penderita insomnia berdasarkan sesi konsultasi yang telah dilakukan sebelumnya.

Kisaran harga: Rp 3 ribu/tablet

10. Wellness Vitamin D3

obat insomnia wellness vitamin d3 di apotik

Beli Wellness Vitamin D3 Klik di Sini

Salah satu vitamin yang dapat membantu meringankan gangguan tidur adalah vitamin D. Anda dapat mengonsumsi Wellness Vitamin D3 yang tidak hanya meningkatkan kualitas tidur, tetapi juga menjaga tulang tetap kuat serta mencegah resiko penyakit jantung.

Kisaran harga: Rp 185 ribu/pcs

11. Biolectra Magnesium

biolectra magnesium di apotik

Beli Biolectra Magnesium Klik di Sini

Kekurangan magnesium juga dapat menjadi salah satu pemicu seseorang mengalami kesulitan tidur atau insomnia. Untuk membantu pengobatan insomnia, Anda dapat mengonsumsi Biolectra Magnesium.

Vitamin yang satu ini memiliki kandungan magnesium 365 mg di dalamnya dan dapat sekaligus membantu memenuhi kebutuhan magnesium harian.

Kisaran harga: Rp 237 ribu/pcs

12. Blackmores Multi B Performance

blackmores multi b performance di apotik

Beli Blackmores Multi B Performance Klik di Sini

Untuk meningkatkan kualitas tidur, Anda juga dapat memanfaatkan Blackmores Multi B Performance. Vitamin ini efektif membantu meredakan gejala stres dan juga kecemasan, penyebab dari gangguan tidur atau insomnia.

Selain mengatas insomnia, vitamin ini juga dapat membantu menjaga kesehatan organ tubuh seperti sistem pencernaan.

Kisaran harga: Rp 389 ribu/pcs

Itulah tadi beragam rekomendasi obat insomnia di apotik paling ampuh dan aman untuk Anda konsumsi sesuai dengan aturan pakai yang ada. Apabila masih mengalami kesulitan tidur, segera konsultasikan pada dokter ahli untuk mendapatkan pengobatan terbaik.

Tidak perlu repot pergi ke apotik secara langsung untuk mendapatkan obat insomnia, pesan dari rumah saja menggunakan aplikasi K24Klik. Kami siap melayani Anda kapan pun dimana pun, jaminan pengiriman cepat 24 menit sampai.

Unduh aplikasi K24Klik di Play Store maupun App Store, gunakan kode voucher K24KLIKGRATISONGKIR sekarang juga! (writer/ib)

Referensi:

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/insomnia/symptoms-causes/syc-20355167#:~:text=Common%20causes%20of%20long%2Dterm,also%20may%20lead%20to%20insomnia diakses pada 12 Agustus 2024

https://www.medicalnewstoday.com/articles/vitamins-to-help-sleep#vitamins-for-sleep diakses pada 13 Agustus 2024