15 Obat Kesemutan di Apotik

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat kesemutan di apotik
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Semua orang tentunya sudah pernah mengalami yang namanya kesemutan. Penyebabnya pun cukup bervariasi. Walaupun bisa hilang sendiri, kondisi ini tetap harus ditangani dengan obat kesemutan. Terlebih jika tidak segera hilang, bisa jadi itu adalah gejala penyakit tertentu.

Dalam istilah medis, kesemutan disebut dengan parestesia. Kondisi ini ditandai dengan munculnya mati rasa atau kebas dengan sensasi seperti ditusuk-tusuk jarum. Umumnya, bagian tubuh yang diserang adalah kaki dan tangan.

Kesemutan memang dapat terjadi pada siapa saja. Namun risikonya jauh lebih tinggi bila kamu melakukan atau mengalami sejumlah hal seperti di bawah ini:

  • Melakukan gerakan berulang yang membuat saraf anggota gerak tertekan. Misalnya mengetik atau olahraga.
  • Terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol.
  • Kekurangan vitamin B kompleks dan asam folat.
  • Kondisi autoimun.
  • Kondisi yang berhubungan dengan saraf, seperti multiple sclerosis.

Rekomendasi 15 Obat Kesemutan di Apotik

Seperti yang disinggung sebelumnya, kesemutan memang bisa hilang dengan sendirinya. Namun ada baiknya untuk segera ditangani, terlebih bagi yang sering kesemutan. Di bawah ini adalah beberapa rekomendasi obat kesemutan yang bisa didapatkan di apotik.

1. Neurobion Forte Fc Tablet

obat kesemutan neurobion forte tablet

Beli Neurobion Forte Klik di Sini

Neurobion Forte merupakan suplemen untuk mengatasi dan mencegah kondisi kesemutan yang disebabkan oleh defisit vitamin neurotropik. Obat ini diperkaya dengan tiga zat aktif, yakni thiamine, pyridoxine, dan cyanocobalamin.

Obat ini dapat dikonsumsi sebanyak 1 tablet per hari setiap sesudah makan. Meskipun tergolong obat bebas, kondisi tertentu tetap membutuhkan anjuran dokter. Sementara, untuk penderita hipersensitivitas tidak dianjurkan untuk mengonsumsinya.

KIsaran harga: Rp 47 ribu/strip

2. Neurobion Fc Tablet

obat kesemutan di apotek neurobion fc tablet

Beli Neurobion Fc Tablet Klik di Sini

Neurobion Fc Tablet merupakan vitamin neurotropik yang diperkaya dengan vitamin B1, B6, dan B12. Tak jauh berbeda dari Neurobion yang sebelumnya, obat satu ini juga ditujukan untuk mengatasi dan mencegah kesemutan serta kebas pada anggota gerak.

Kandungan vitamin B kompleks dalam produk ini mampu memperbarui sel saraf tepi yang menjadi penyebab kaki dan tangan kesemutan.

Kisaran harga: Rp 26 ribu/strip

3. Neurosanbe Tablet

obat kesemutan neurosanbe

Beli Neurosanbe Klik di Sini

Neurosanbe dibuat dengan kandungan vitamin B kompleks, seperti B1, B6, dan juga B12. Produk ini dapat dikonsumsi untuk mengatasi kondisi yang diakibatkan oleh kekurangan vitamin B kompleks, seperti kesemutan dan pegal-pegal otot.

Untuk mendapatkan efektivitasnya, Neurosanbe dapat dikonsumsi 1 tablet sekali sehari. Bagi yang sedang menjalani terapi pengobatan lain, sebaiknya konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu. Selain itu, segera hubungi dokter bila timbul efek samping yang berbahaya.

Kisaran harga: 17 ribu/strip

4. Neo Rheumacyl Tablet

obat kesemutan neo rheymacyl tablet

Beli Neo Rheumacyl Klik di Sini

Rekomendasi obat kaki kesemutan selanjutnya adalah Neo Rheumacyl. Sediaan obat ini mengandung paracetamol dan ibuprofen. Kedua kandungan tersebut dapat membantu mengurangi nyeri otot yang disertai dengan kesemutan.

Mengingat produk ini tergolong obat bebas, maka dapat dikonsumsi tanpa resep dokter. Namun untuk penderita asma, gangguan hati dan ginjal, serta hipersensitivitas, ada baiknya untuk tetap mengikuti anjuran dokter.

Kisaran harga: Rp 9 ribu/strip

5. Selesbion Kapsul

obat kesemutan di apotik selesbion

Beli Selesbion Kapsul Klik di Sini

Suplemen pabrikan PT Sejahtera Lestari Farma ini diperkaya dengan vitamin B kompleks. Fungsinya untuk membantu mengatasi kondisi kerusakan sel saraf, seperti kesemutan, kebas, dan pegal-pegal.

Selesbion bisa dikonsumsi 1 kaplet sehari baik sesudah maupun sebelum makan. Untuk efek sampingnya sendiri belum ada yang dilaporkan. Namun bagi pasien dengan hipersensitivitas, perlu waspada dengan komposisi suplemen ini.

Kisaran harga: Rp 8 ribu/strip

6. Neo Rheumacyl Neuro

obat kesemutan neo rheumacyl neuro

Beli Neo Rheumacyl Neuro Klik di Sini

Berbeda dengan Neo Rheumacyl sebelumnya, varian Neuro adalah obat untuk rasa nyeri yang terjadi pada saraf neuralgia. Contohnya seperti nyeri akibat sakit gigi dan kondisi degenaratif pada tulang belakang yang kerap disertai kesemutan, kebas, dan kram.

Di dalamnya terkandung beberapa zat aktif, seperti ibuprofen, thiamine, pyridoxine HCL, dan cyanocobalamin. Keempat kandungan ini berfungsi memenuhi kebutuhan nutrisi yang dapat meringankan kondisi neurotropik.

Kisaran harga: Rp 11 ribu/strip

7. Lapibion Tablet

obat kesemutan di apotek lapibion

Beli Forderm CR Klik di Sini

Lapibion merupakan sediaan obat yang mengandung vitamin B kompleks dan vitamin C. Produk dari Lapi Indonesia ini berguna untuk membantu pembentukan hemoglobin dalam darah. Jadi, cocok untuk mengatasi masalah saraf, seperti pegal-pegal disertai dengan kesemutan.

Untuk orang dewasa dapat dikonsumsi 1 tablet per hari sesudah makan. Selain itu, beberapa kondisi tertentu membutuhkan anjuran dari dokter karena produk ini termasuk obat bebas terbatas.

Kisaran harga: Rp 19 ribu/strip

8. Forneuro Kapsul

obat kesemutan forneuro

Beli Forderm CR Klik di Sini

Sering mengalami kondisi kaki kesemutan? Coba atasi dengan Fornuero. Multivitamin ini dilengkapi dengan vitamin B kompleks, vitamin E, dan juga asam folat. Komposisi ini dapat membantu mengatasi gejala kesemutan, kebas, kram, dan nyeri otot.

Selain itu, Fornuero juga dapat dikonsumsi untuk mengatasi masalah defisit vitamin B dan juga anemia megaloblastik. Dosis yang dianjurkan adalah satu kapsul sekali sesudah makan.

Kisaran harga: Rp 50 ribu/strip

9. Neurodex

obat kesemutan di apotik neurodex

Beli Forderm CR Klik di Sini

Rekomendasi obat kesemutan selanjutnya adalah Neurodex. Produk ini dibuat dengan kombinasi vitamin B kompleks. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, vitamin B kompleks bisa membantu mengurangi kondisi saraf, seperti kesemutan.

Selain untuk kesemutan, Neurodex juga dapat dikonsumsi untuk mengatasi anemia, lelah, dan kondisi lain akibat defisit vitamin neurotropik. Untuk penggunaannya, cukup 1 tablet sehari atau sesuai dengan rekomendasi dokter.

Kisaran harga: Rp 7 ribu/strip

10. Nevradin E Tablet

obat kesemutan nevradin e

Beli Nevradin E Klik di Sini

Kesemutan umumnya bisa diatasi dengan cara herbal atau alami, seperti menggunakan minyak esensial dan berendam dengan air garam epsom. Bila gejalanya belum hilang, barulah diberi obat dalam, seperti Nevradin E.

Produk ini mengandung vitamin B kompleks untuk membantu pembentukan hemoglobin. Pasalnya, kekurangan hemoglobin dapat menyebabkan kondisi kesehatan saraf, seperti kesemutan dan kebas.

Kisaran harga: Rp 32 ribu/strip

11. Sohobion 5000 Tablet

obat kesemutan sohobion 5000

Beli Sohobion 5000 Klik di Sini

Sohobion 5000 merupakan obat tablet yang mengandung vitamin B1, B6, dan B12. Kombinasi vitamin ini dapat digunakan untuk mengatasi dan mencegah masalah kekurangan vitamin B kompleks. Di antaranya adalah kesemutan, neuralgia, neruritis perifer, dan beri-beri.

Seperti obat kesemutan lainnya, Sohobion 5000 cukup dikonsumsi satu tablet sekali. Perlu dicatat juga bahwa produk ini termasuk obat keras. Jadi, pembelian dan penggunaannya memerlukan resep dokter.

Kisaran harga: Rp 27 ribu/strip

12. Nature Plus B-complex

obat kesemutan nature plus b complex

Beli Nature Plus B-Complex Klik di Sini

Sesuai namanya, suplemen satu ini diperkaya dengan kandungan vitamin B kompleks. Selain bisa untuk mencegah dan mengatasi kesemutan serta kondisi saraf lainnya, suplemen ini juga bisa meningkatkan fungsi otak dan kesehatan kulit, rambut, serta hati.

Di samping itu, Nature Plus B-complex juga bisa membuat tubuh menjadi lebih berenergi. Sebab, kandungannya membantu reaksi enzim dengan makanan sehingga menghasilkan energi. Suplemen ini tergolong obat bebas yang dapat dikonsumsi dengan atau tanpa anjuran dokter.

Kisaran harga: Rp 216 ribu/strip

13. Neurovit E Tablet

obat kesemutan neurovit E tablet

Beli Neurovit E Klik di Sini

Rekomendasi berikutnya berasal dari Kimia Farma. Neurovit E hadir dalam bentuk tablet salut gula. Suplemen ini dilengkapi dengan vitamin E dan juga vitamin B kompleks. Jadi, cocok untuk meredakan masalah saraf, seperti kesemutan.

Secara umum, produk ini bisa diminum 1 tablet sekali sesudah makan. Bila dikonsumsi dalam dosis yang dianjurkan, tidak ada efek samping yang timbul. Namun bagi yang memiliki hipersensitivitas, disarankan untuk tidak mengonsumsinya.

Kisaran harga: Rp 40 ribu/strip

14. Farbion Tablet

obat kesemutan farbion tablet

Beli Farbion Klik di Sini

Selanjutnya ada Farbion, sediaan tablet dengan kandungan cyanocobalamin, pyridoxine HCL, dan thiamine HCL. Komposisinya tersebut bisa membantu mengurangi rasa sakit akibat neuralgia dan neuritis.

Bagi yang kerap mengalami kesemutan juga bisa mengonsumsi obat ini. Berbeda dengan obat atau suplemen di atas, Farbion dapat diminum 2-3 kali sehari. Sebagai catatan, obat ini bisa menimbulkan efek samping, seperti mual, muntah, diare, dan sakit perut.

Kisaran harga: Rp 17 ribu/strip

15. Fatigon Kaplet

obat kesemutan fatigon tablet

Beli Fatigon Kaplet Klik di Sini

Rekomenasi terakhir ini tak hanya diperkaya dengan vitamin B kompleks dan vitamin E, tapi juga magnesium aspartate dan kalium aspartate. Fungsinya untuk memenuhi kebutuhan multivitamin dan mineral tubuh, khususnya vitamin B.

Seperti yang sudah kamu ketahui, kekurangan vitamin B dapat menyebabkan masalah saraf. Di antaranya nyeri otot, lemas, kesemutan, dan anemia. Dengan mengonsumsi Fatigon, kondisi-kondisi tersebut dapat dicegah dan diatasi.

Kisaran harga: Rp 7 ribu/strip

Itulah rekomendasi obat kesemutan yang bisa didapatkan di apotik terdekat. Selain di apotik, obat dan suplemen di atas juga bisa didapatkan secara online di K24Klik. Lewat K24Klik, kamu bisa membeli beragam jenis obat dan vitamin secara mudah dan praktis. Yuk unduh aplikasi K24Klik sekarang juga di Play Store atau App Store, dapatkan manfaatnya untuk Anda.

Sumber:

healthline.com. “What is Parasthesia?”. Diakses pada 26 Maret 2023, dari   https://www.healthline.com/health/paresthesia