14 Obat Maag Alami Paling Ampuh yang Aman

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat maag alami paling ampuh yang aman

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Jadi salah satu masalah kesehatan yang umum dialami banyak orang, maag ternyata bisa saja diatasi sendiri di rumah. Anda dapat menggunakan beberapa rekomendasi obat maag alami paling ampuh yang aman.

Maag merupakan gangguan pencernaan yang terjadi karena asam lambung naik. Umum dialami oleh banyak orang, maag bisa diatasi menggunakan obat herbal yang dibuat sendiri di rumah. Tidak hanya untuk menghilangkan rasa sakit, obat maag alami juga dapat membantu Anda menyeimbangkan asam lambung dan menjaga kesehatan pencernaan.

Penyebab maag sendiri biasanya bermacam-macam, mulai dari pola makan yang tidak teratur kemudian ditambah dengan konsumsi makanan pedas berlebihan. Apabila Anda tengah berada dalam kondisi stress, itu juga dapat memengaruhi asam lambung naik.

Rekomendasi Obat Maag Alami Paling Ampuh yang Aman

Tidak hanya obat-obatan kimia, herbal juga dapat menjadi salah satu solusi efektif untuk mengatasi gangguan kesehatan seperti maag. Beberapa rekomendasi obat maag alami paling ampuh dan aman di bawah ini dapat Anda gunakan sesuai anjuran dan kebutuhan.

Baca juga: 15 Obat Asam Lambung di Apotik Paling Ampuh dan Harganya

1. Madu dan Lemon

Kandungan alami dalam madu memiliki sifat anti inflamasi, antioksidan dan juga ampuh mengatasi bakteri jahat. Dipadukan dengan lemon yang ampuh untuk memberi ekstra proteksi pada lambung menjadikan keduanya sebagai salah satu obat alami maag. Anda dapat mengonsumsi campuran madu dan sedikit perasan lemon.

Pastikan Anda menggunakan madu murni seperti Nusantara Madu Murni yang dijual dengan kisaran harga 43 ribuan per botol di K24Klik.

obat maag paling ampuh nusantara madu murni

Beli Nusantara Madu Murni Klik di Sini

2. Jahe

Tidak hanya ampuh untuk memberi efek menghangatkan pada tubuh, jahe juga dapat menjadi obat sakit maag alami. Manfaatnya adalah untuk mengurangi asam lambung sehingga ampuh untuk menenangkan perut dan mengatasi gangguan pencernaan.

Anda dapat mengonsumsi jahe dengan membuatnya sendiri, caranya cukup merebus satu atau dua potong jahe sampai mendidih. Campurkan lemon atau madu sebelum meminumnya agar rasa menjadi lebih nikmat. Pastikan untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi jahe karena dapat menyebabkan rasa mulas dan tenggorokan terbakar.

Untuk versi lebih praktisnya, Anda dapat langsung menyeguh Intra Jahe Wangi yang tersedia di K24Klik dengan kisaran harga Rp 11 ribuan per dos.

obat maag alami di apotik intra jahe wangi

Beli Intra Jahe Wangi Klik di Sini

3. Cuka Sari Apel

Khasiat kesehatan dari cuka sari apel memang sudah dikenal ampuh untuk mengatasi berbagai penyakit, termasuk maag. Berbagai kandungan dalam cuka sari apel ampuh untuk menetralkan asam lambung. Manfaat tersebutlah yang membuat cuka sari apel menjadi salah satu obat maag alami paling ampuh.

Lalu, bagaimana cara mengonsumsi cuka sari apel sebagai obat alami untuk sakit maag? Campurkan dua sendok teh cuka sari apel dengan air minum, segera konsumsi setelah tercampur sempurna. Pastikan untuk menghentikan pengonsumsian obat herbal ini apabila Anda mengalami efek samping berlebihan seperti mual dan rasa terbakar di tenggorokan.

Anda dapat membeli cuka sari apel di K24Klik dengan kisaran harga Rp 59 ribuan per botol.

obat maag alami yang aman tahesta cuka apel

Beli Tahesta Cuka Apel Klik di Sini

4. Adas

Selama ini, adas telah dikenal sebagai salah satu herbal yang ampuh untuk mengobati berbagai gangguan pencernaan termasuk maag. Adas bekerja sebagai stimulan pencernaan karena mengandung alkaloid dan juga quercetin biji manis. Obat alami maag ini dapat Anda kunyah secara langsung setelah makan berat setiap hari.

5. Chamomile

Efek menenangkan dari chamomile dapat bantu meredakan ketidaknyamanan pada usus, mengatasi maag ataupun gangguan pencernaan lainnya. Cara mengonsumsi chamomile yang paling mudah adalah menjadikannya teh dengan campuran madu. Saat ini juga sudah banyak teh chamomile yang dikemas praktis dalam kemasan teh celup siap seduh.

Selain mengatasi gangguan pencernaan, teh chamomile juga dapat membantu Anda untuk meredakan kecemasan sehingga terhindar dari gangguan sulit tidur. 

6. Peppermint

Bantu mengatur sekresi pencernaan perut, peppermint dapat menjadi salah satu herbal yang ampuh untuk mengobati maag. Kandungan menthol dan flavonoid di dalamnya bermanfaat untuk meredakan asam lambung yang naik sehingga maag pun dapat teratasi. Anda dapat mengonsumsi peppermint dalam bentuk teh yang ditambahkan dengan madu.

7. Licorice

Akar manis atau licorice dapat menjadi obat alami untuk maag karena ampuh meredakan kejang otot dan peradangan pada saluran pencernaan. Cara mengonsumsinya, Anda cukup merebus licorice bersama dengan air sampai mendidih. 

8. Oatmeal

Tidak hanya digunakan sebagai makanan diet, oatmeal juga dapat menjadi salah satu cara alami untuk mengobati maag. Konsumsi oatmeal untuk sarapan setiap hari, caranya cukup larutkan bersama air maupun susu. Tambahkan juga beberapa buah-buahan agar rasanya semakin lezat seperti pisang, apel, strawberry dan lain sebagainya.

Anda dapat membeli Quaker Instant Oatmeal dengan kisaran harga Rp 14 ribuan per pcs di apotik online.

obat maag alami quaker instant oatmeal

Beli Quaker Instant Oatmeal Klik di Sini

9. Yogurt

Kandungan probiotik dalam Yogurt ampuh untuk mengurangi produksi asam lambung. Anda dapat mengonsumsi Cimory Yogurt Drink Plain sebagai obat alami untuk sakit maag. Selain mengonsumsi secara langsung, Anda juga dapat mencampurkannya dengan oatmeal maupun buah pisang agar semakin lezat dengan manfaat kesehatan semakin banyak.

obat maag alami di apotik cimory yogurt drink plain

Beli Cimory Yogurt Drink Plain Klik di Sini

10. Sari Lidah Buaya

Tahukah kalian bahwa sari lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan? Tidak hanya dapat dipergunakan untuk skincare, sari lidah buaya juga dapat menjadi obat maag alami untuk Anda. Hal ini dikarenakan aloin, flavonoid dan beberapa kandungan lainnya dalam lidah buaya yang memiliki efek anti radang untuk mengurangi asam lambung.

Anda dapat mengonsumsi sari lidah buaya dengan mengolahnya menjadi jus. Anjuran mengonsumsi jus lidah buaya ini adalah 1-2 gelas untuk setiap harinya. Namun apabila kondisi perut sudah membaik, coba untuk mengurangi konsumsi jus lidah buaya karena jika berlebihan dapat mengganggu keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

11. Air Kelapa

Seperti yang sudah diketahui, seluruh bagian dari pohon kelapa memiliki manfaat yang baik untuk banyak orang. Nah, air kelapa ternyata memiliki kandungan anti inflamasi sehingga efektif untuk mengatasi asam lambung naik dan juga menetralisir rasa sakitnya. Obat alami untuk maag ini aman dikonsumsi setiap hari dengan manfaat lain yaitu mengurangi stress.

Versi lebih praktisnya, Anda dapat mengonsumsi Hydro Coco yang tersedia di K24Klik dengan kisaran harga Rp 14 ribuan per pcs. Minuman ini terbuat dari air kelapa asli tanpa pengawet, pewarna maupun pemanis buatan.

obat maag alami yang aman air kelapa hydro coco

Beli Hydro Coco Klik di Sini

12. Daun Kemangi

Sering menjumpai daun kemangi sebagai lalapan? Tidak hanya nikmat untuk menjadi pelengkap makanan, daun kemangi juga ternyata bisa dijadikan sebagai obat alami maag. Sifat karminatif, anti bakteri dan anti inflamasinya ampuh untuk meredakan kejang usus dan mengurangi rasa sakit maag.

Rekomendasi Obat Maag Alami di Apotik yang Ampuh dan Aman

Mengonsumsi obat herbal tanpa perlu ribet meracik sendiri? Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi obat maag alami yang dapat Anda beli di apotik.

1. Promag Herbal

obat maag alami di apotik promag herbal

Beli Promag Herbal Klik di Sini

Obat herbal yang satu ini mengandung delapan macam ekstrak bahan alami seperti jahe merah, adas, kunyit, peppermint, nanas, madu dan juga royal jelly. Promag Herbal ampuh untuk membantu Anda mengatasi maag, kemudian juga perut kembung, mual, begah dan masuk angin.

Anda dapat mengonsumsi Promag Herbal dengan cara diminum langsung ataupun dicampur menggunakan air hangat. Anjuran penggunaan obat ini adalah tiga kali sehari satu sachet.

Kisaran harga: Rp 14 ribuan per dos

2. Esemag

obat maag alami paling ampuh di apotik esemag

Beli Esemag Klik di Sini

Bermanfaat untuk mengatasi gangguan lambung, Esemag terbuat dari berbagai bahan herbal. Mulai dari kunyit, licorice, meniran dan juga madu. Obat maag alami buatan Sidomuncul ini menawarkan rasa mint yang menyegarkan dan memiliki manfaat lain untuk menjaga daya tahan tubuh.

Kisaran harga: Rp 10 ribuan per dos

Itulah tadi beberapa rekomendasi obat maag alami paling ampuh yang aman dikonsumsi untuk Anda. Apabila kondisi semakin memburuk, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter ahli agar mendapatkan penanganan terbaik.

Beli obat anti ribet? Tenang saja, K24Klik kini hadir khusus untuk Anda agar dapat membeli berbagai kebutuhan farmasi secara lebih praktis. Unduh aplikasi K24Klik di Play Store atau App Store, jaminan produk 100% dan pengiriman cepat akan Anda dapatkan segera.

Referensi:

https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-indigestion#ginger diakses pada 10 Mei 2023

https://www.athreyaherbs.com/blogs/news/8-natural-remedies-for-indigestion diakses pada 10 Mei 2023