7 Obat Muntaber di Apotik yang Bagus

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat muntaber di apotik yang bagus
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Muntaber adalah peradangan di dinding saluran pencernaan, khususnya lambung dan usus. Biasanya disebabkan oleh penyakit perut yang disebabkan oleh bakteri dan virus. Muntaber bisa menyerang siapa saja dari berbagai rentang usia. Namun paling sering terjadi pada anak-anak. Namun tak perlu khawatir sekarang banyak obat muntaber yang dapat Anda temukan di Apotik.

Muntaber disebabkan oleh virus jenis Rotavirus dan Norovirus. Gejala muntaber bisa membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Tapi umumnya muntaber bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu kurang lebih satu minggu. Dengan langkah-langkah yang tepat, Anda bisa merawat diri Anda sendiri atau anggota keluarga yang mengalami muntaber di rumah sampai Anda atau orang yang Anda rawat membaik.

Rekomendasi Obat Muntaber Alami

Seperti yang sudah disebutkan, muntaber pada dasarnya bisa disembuhkan sendiri di rumah (tanpa perlu ke dokter atau ke rumah sakit). Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah menemukan obat muntaber alami. Ada beberapa opsi yang bisa Anda pilih untuk pengobatan antara lain:

Jahe

Jahe bisa memberikan efek hangat yang akan membantu menenangkan perut yang bermasalah. Anda bisa membeli produk teh jahe siap seduh atau membuat minuman sendiri dari bahan jahe segar.

Mint

Sama seperti jahe, daun mint juga bisa memberikan efek anti mual. Bagi Anda yang mengalami mual dan muntah hebat karena muntaber, konsumsi teh daun mint bisa membantu membuat Anda merasa lebih baik.

Rekomendasi Obat Muntaber di Apotik

Jika dengan pengobatan berbahan alami muntaber yang dialami tidak kunjung mereda, Anda bisa membeli beberapa opsi obat yang tersedia di apotik. Perlu diketahui bahwa beberapa jenis obat-obatan mungkin tidak bisa digunakan sembarangan dan bisa menimbulkan efek samping. Simak beberapa pilihan obat muntaber yang bagus berikut ini!

Bismuth Subsalisilat

Bismuth subsalisilat adalah obat bebas yang bisa Anda beli secara bebas di apotek. Obat ini bisa meringankan beberapa gejala bakteri seperti mual dan diare. Bismuth subsalisilat bekerja dengan cara menekan pertumbuhan bakteri pada saluran pencernaan dan meningkatkan penyerapan air. Efeknya, diare bisa mereda.

Walaupun bisa dibeli tanpa resep dokter, tapi pastikan Anda tidak menggunakannya dalam jangka panjang karena bisa menimbulkan beberapa efek samping. Obat ini bisa Anda beli dengan harga mulai Rp18 ribuan per strip isi 10 tablet.

Oralit

obat muntaber di apotek oralit

Beli Oralit Klik di Sini

Jika Anda mencari obat muntaber anak yang aman, Anda bisa memilih Oralit. Oralit merupakan obat yang bisa membantu mencegah tubuh agar tidak kehilangan banyak cairan karena dehidrasi. Bagi pasien yang mengalami muntah hebat dan diare, Oralit bisa menggantikan cairan dan elektrolit yang hilang sehingga tubuh tidak semakin lemas.

Oralit bisa Anda beli di apotik online k24klik dengan harga berkisar antara Rp500 – Rp2.000 per sachet.

Probiotik

obat muntaber synbio capsul

Beli Synbio Capsul Klik di Sini

Obat lain yang juga sering digunakan untuk mengatasi muntaber adalah probiotik. Konsumsi probiotik bisa membantu menyeimbangkan jumlah bakteri baik dalam usus sehingga fungsi pencernaan bisa lebih optimal.

Obat muntaber ini bisa dibeli dalam bentuk serbuk, sirup maupun tablet. Walaupun dianggap cukup efektif untuk mengatasi muntaber, Anda tidak disarankan mengonsumsinya tanpa petunjuk dokter karena bisa membuat gastroenteritis karena bakteri yang Anda alami jadi lebih parah.

Ada banyak sekali opsi probiotik yang bisa Anda pilih dengan rentang harga mulai belasan ribu rupiah sampai ratusan ribu rupiah. Salah satu yang dapat menjadi pilihan Anda adalah Synbio Capsul.

Paracetamol

obat muntaber paracetamol

Beli Paracetamol Klik di Sini

Beberapa penderita muntaber bisa mengalami gejala penyerta lain yang tidak boleh diabaikan yakni demam. Untuk meredakan demam, pasien direkomendasikan untuk meminum paracetamol. Obat ini dijual bebas di pasaran dan sebaiknya tidak diberikan lagi jika demam sudah mereda.

Harga mulai Rp3 ribuan per strip.

Doxycycline

obat muntaber doxycycline

Beli Doxycycline Klik di Sini

Apabila muntaber yang Anda alami disebabkan oleh infeksi bakteri, dokter biasanya akan meresepkan antibiotik untuk membantu meringankan gejalanya. Salah satu antibiotik yang biasa digunakan adalah Doxycycline. Obat ini bekerja dengan cara memperlambat dan menghentikan perkembangan bakteri penyebab muntaber di dalam perut.

Perlu diketahui bahwa antibiotik sebaiknya hanya dikonsumsi dengan resep dokter. Pastikan Anda memakan semua obat sampai habis sesuai dengan anjuran dokter agar bakteri tidak menjadi kebal terhadap pengobatan. Obat ini bisa dibeli di apotik online k24klik dengan harga mulai dari Rp700 per tablet.

Domperidone

Beli Domperidone Klik di Sini

Obat muntaber lainnya yang juga bisa membantu mengatasi mual, muntah serta rasa tidak nyaman karena muntaber adalah Domperidone. Obat ini hanya bisa dibeli dengan resep dokter. Anda bisa membeli obat ini dengan harga mulai Rp600 per tablet.

Loperamide

obat muntaber loperamide

Beli Loperamide Klik di Sini

Loperamide adalah obat muntaber di apotik yang dapat digunakan untuk meringankan berbagai gejala yang muncul. Loperamide bekerja dengan cara memperlambat gerakan usus dan mengurangi frekuensi buang air besar yang dialami oleh penderita. Anda dapat membeli obat ini dengan harga mulai Rp200-an per tablet.

Itulah beberapa rekomendasi obat muntaber alami dan obat muntaber di apotik. Untuk mendapatkan berbagai jenis obat di atas, Anda tidak perlu repot-repot keluar rumah dan mencari apotek terdekat. Cukup dengan mengakses K24Klik, Anda bisa menemukan beragam jenis obat yang Anda butuhkan. Pesan, lakukan pembayaran dan tunggu sampai obatnya diantarkan ke rumah Anda. Yuk segera unduh K24Klik di Play Store atau App Store, pesan obat jadi makin praktis!

Sumber:

https://www.nhsinform.scot/illnesses-and-conditions/stomach-liver-and-gastrointestinal-tract/gastroenteritis diakses tanggal 23 Maret 2023

https://www.healthline.com/health/viral-gastroenteritis#home-remedies diakses tanggal 23 Maret