15 Obat Muntah di Apotik

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat muntah di apotik

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Dapat mengganggu kenyamanan aktivitas harian, terdapat beberapa pilihan obat muntah di apotik yang dapat Anda manfaatkan seperti Polysilane, Vometa dan juga Domperidone.

Muntah merupakan kondisi tidak nyaman yang biasanya membuat isi lambung seseorang keluar secara paksa melalui mulut. Anda dapat mencoba memanfaatkan beragam pilihan obat muntah di apotik baik jenis obat tablet maupun sirup.

Penyebab dari muntah sendiri sangatlah beragam seperti keracunan makanan, asam lambung naik, morning sickness hingga efek samping obat. Sebelum muntah, biasanya seseorang akan merasakan mual terlebih dahulu yang terkadang cukup mengganggu.

Baca juga: 18 Obat Asam Lambung Naik di Apotik Paling Ampuh

Rekomendasi Obat Muntah di Apotik

Ketika Anda masih merasakan mual, cara paling praktis untuk mengatasinya adalah memanfaatkan minyak angin ataupun obat gosok. Namun ketika sudah muntah, penggunaan obat-obatan oral menjadi pilihan tepat untuk Anda.

Berikut ini merupakan rekomendasi obat muntah di apotik paling ampuh yang dapat Anda coba manfaatkan.

1. Domperidone

domperidone obat muntah di apotik

Beli Domperidone Klik di Sini

Termasuk dalam golongan antagonis reseptor dopamin (D2), Domperidone merupakan obat yang dapat bekerja ampuh dalam mengurangi mual dan muntah.

Obat ini dapat mempercepat gerakan saluran pencernaan sehingga makanan di dalam lambung cepat berlanjut ke usus. Anjuran mengonsumsi obat ini pada dewasa adalah 10-20 mg per 4-8 jam atau sesuai petunjuk dokter.

domperidone sirup untuk muntah

Beli Domperidone Sirup Klik di Sini

Selain sediaan obat tablet, Domperidone Sirup juga dapat menjadi andalan Anda terutama jika diberikan pada anak-anak sesuai dengan dosis anjuran.

Kisaran harga: Rp 6 ribu/strip dan Rp 8 ribu/botol sirup 60 ml

2. Plantacid

plantacid suspensi

Beli Plantacid Klik di Sini

Salah satu penyebab seseorang muntah adalah rasa penuh pada lambung yang dapat diatasi menggunakan Plantacid. Obat ini mengkombinasikan kandungan magnesium hydroxide, magnesium hydroxide dan juga simethicone di dalamnya.

Anjuran mengonsumsi obat ini adalah 5-10 ml sekali minum saat sesudah makan dan juga menjelang tidur malam.

Kisaran harga: Rp 14 ribu/botol

3. Antimo

antimo untuk muntah mabuk perjalanan

Beli Antimo Klik di Sini

Mabuk perjalanan juga dapat menjadi penyebab seseorang mengalami mual hingga muntah. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat mengonsumsi Antimo yang memiliki kandungan dimenhydrinate di dalamnya.

Obat muntah anak dan dewasa ini dapat dikonsumsi 30 menit sebelum melakukan perjalanan dan dapat diulang tiap 4 jam sekali.

Kisaran harga: Rp 5 ribu/strip

4. Polysilane

polysilane sirup

Beli Polysilane Klik di Sini

Diproduksi oleh PT. Pharos Indonesia, Polysilane merupakan obat muntah muntah yang disebabkan adanya kelebihan asam lambung ataupun gastritis. Komposisi dari obat ini adalah magnesium hydroxide, alumunium hydroxide dan juga dimethicone.

Anjuran mengonsumsi obat Polysilane ini adalah sebelum makan ataupun 1-2 jam setelah makan sesuai dengan aturan pakai yang tertera pada kemasan.

Kisaran harga: Rp 28 ribu/botol

5. Primperan

primperan untuk muntah

Beli Primperan Klik di Sini

Untuk mengatasi mual dan muntah, Primperan merupakan obat dengan kandungan metoclopramide HCl di dalamnya yang ampuh untuk Anda manfaatkan. Obat ini membantu mempercepat proses pencernaan sehingga makanan dapat terdorong ke dalam usus.

Anda dapat mengonsumsi obat ini dalam kondisi perut kosong, 1-2 jam sebelum makan sesuai dosis anjuran pada dewasa yaitu 10 mg untuk 3 kali dalam sehari.

Kisaran harga: Rp 10 ribu/strip

6. Narfoz Sirup

obat narfoz sirup

Beli Narfoz Sirup Klik di Sini

Setelah menjalani operasi ataupun kemoterapi, mual dan muntah menjadi gejala yang wajar dialami oleh seseorang. Untuk mengatasi kondisi tersebut, Anda dapat memanfaatkan Narfoz Sirup dengan kandungan ondansetron di dalamnya.

Perlu diketahui bahwa obat ini termasuk dalam golongan obat keras sehingga perlu resep dokter untuk mendapatkannya.

Kisaran harga: Rp 111 ribu/botol

7. Vometa

obat muntah paling ampuh vometa

Beli Vometa Klik di Sini

Dengan kandungan domperidone di dalamnya, Vometa dapat membantu mengatasi rasa mual dan juga muntah. Termasuk dalam golongan obat keras, Anda memerlukan resep dokter untuk mendapatkan obat ini.

Perhatikan anjuran mengonsumsi obat ini yang telah tertera pada kemasan, sesuai keluhan mual muntah dan juga usia penderita.

Kisaran harga: Rp 84 ribu/botol

8. Provomer

provomer tablet

Beli Provomer Klik di Sini

Provomer merupakan salah satu obat muntah muntah yang memiliki kandungan zat aktif pyrathiazine throclate dan juga pyridoxine di dalamnya. Tersedia dalam bentuk tablet, Anda dapat mengonsumsi obat ini 1 tablet sekali sehari atau sesuai petunjuk dokter.

Beberapa keluhan muntah yang biasa diatasi menggunakan Provomer adalah muntah-muntah masa kehamilan, karena perjalanan dan juga muntah setelah operasi.

Kisaran harga: Rp 34 ribu/strip

9. Vosedon

vosedon suspensi untuk mual muntah

Beli Vosedon Klik di Sini

Obat yang diproduksi oleh Sanbe Farma ini memiliki kandungan domperidone di dalamnya. Manfaat utama dari penggunaan obat ini adalah mengatasi dispepsia fungsional dan mual  muntah pada anak yang disebabkan karena kemoterapi dan radioterapi kanker.

Cara kerja Vosedon ini adalah meningkatkan pergerakan lambung dan juga usus sehingga mual serta muntah dapat mereda. Termasuk dalam golongan obat keras, pastikan untuk menggunakan resep dokter guna mendapatkan obat muntah yang satu ini.

Kisaran harga: Rp 46 ribu/botol

10. Galdom

galdom tablet di apotik

Beli Galdom Klik di Sini

Mual dan muntah dapat membuat penderitanya merasakan ketidaknyamanan hingga mengganggu aktivitas harian. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat mengonsumsi obat muntah seperti Galdom yang memiliki kandungan domperidone di dalamnya.

Waktu yang dianjurkan untuk mengonsumsi obat ini adalah 15-30 menit sebelum makan atau kondisi perut kosong.

Kisaran harga: Rp 32 ribu/strip

11. Vosea

vosea sirup untuk muntah

Beli Vosea Klik di Sini

Beberapa kondisi yang biasanya menyebabkan seseorang merasa mual dan muntah adalah migrain, GERD, kemoterapi dan juga operasi. Untuk meredakan muntah karena kondisi tersebut, Vosea menjadi pilihan yang tepat.

Obat ini memiliki kandungan metoclopramide HCl di dalamnya dan aman untuk dikonsumsi oleh anak-anak maupun dewasa sesuai dosis yang dianjurkan.

Kisaran harga: Rp 7 ribu/botol

12. Mylanta

mylanta tablet

Beli Mylanta Klik di Sini

Kelebihan produksi asam lambung menjadi salah satu pemicu seseorang merasakan mual hingga muntah. Anda dapat mengonsumsi Mylanta untuk mengatasi asam lambung naik sekaligus merasal mual muntahnya.

Obat ini mengkombinasikan kandungan magnesium hidroksida, alumunium hidroksida dan juga simetikon di dalamnya.

KIsaran harga: Rp 9 ribu/strip

13. Otede

otede tablet obat mual muntah

Beli Otede Klik di Sini

Hadir dengan kandungan diphenhydramine HCl di dalamnya, Otede merupakan salah satu pilihan obat yang dapat digunakan untuk mengatasi mual dan muntah yang disebabkan mabuk perjalanan ataupun morning sickness.

Selain itu, obat ini juga sering digunakan untuk memudahkan seseorang tidur ketika mengalami kesulitan tidur atau amnesia.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

14. Dimenhydrinate

obat dimenhydrinate

Beli Dimenhydrinate Klik di Sini

Mual dan muntah karena mabuk perjalanan dapat dibantu dengan mengonsumsi obat Dimenhydrinate. Tidak hanya mengatasi mual muntah, obat ini juga dapat digunakan untuk meredakan pusing berputar atau vertigo.

Kisaran harga: Rp 23 ribu/pcs

15. Metoclopramide

metoclopramide obat mual dan muntah

Beli Metoclopramide Klik di Sini

Selanjutnya, obat tablet di apotik yang dapat Anda manfaatkan untuk meredakan mual dan muntah adalah Metoclopramide. Termasuk dalam golongan obat keras, pembelian obat ini di aplikasi K24Klik memerlukan resep dokter.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/strip

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi obat muntah di apotik yang dapat Anda gunakan sesuai dengan petunjuk pemakaian yang ada. Apabila frekuensi muntah tidak kunjung membaik hingga menyebabkan masalah kesehatan lain, segera periksakan pada dokter.

Sakit tiba-tiba dan butuh obat maupun vitamin? Semua jadi beres dan lebih praktis, Anda dapat memanfaatkan aplikasi K24Klik.

Unduh aplikasi K24Klik di Play Store maupun App Store sekarang juga, dapatkan beragam penawaran harga menarik dan gratis ongkos pengiriman khusus untuk Anda sekarang juga. (writer/ib)

Referensi:

https://www.medicalnewstoday.com/articles/vomiting diakses pada 24 Mei 2024