15 Obat Pengencer Dahak di Apotik Paling Ampuh

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat pengencer dahak di apotik paling ampuh

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Dahak yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan pada saluran pernapasan. Untuk mengatasinya, Anda memerlukan obat pengencer dahak paling ampuh yang kini telah banyak tersedia di apotik.

Lendir kental atau dahak yang berada di saluran pernapasan secara berlebihan dapat menyebabkan gangguan kesehatan serius seperti batuk dan asma. Memanfaatkan obat pengencer dahak dapat menjadi salah satu solusi yang tepat untuk Anda.

Dahak dapat membuat Anda kesulitan untuk bernapas secara normal dan tentunya sangat memengaruhi kenyamanan aktivitas harian. Pada beberapa kondisi, dahak berlebihan juga dapat mengganggu tidur seseorang. 

Baca juga: 15 Obat Batuk Berdahak dan Kering Paling Ampuh di Apotik

Rekomendasi Obat Pengencer Dahak di Apotik Paling Ampuh

Cara paling alami untuk mengeluarkan dahak adalah mengonsumsi air putih hangat dengan intensitas yang cukup banyak. Namun, Anda juga dapat memanfaatkan berbagai obat pengencer dahak paling ampuh di bawah ini.

1. Bisolvon Extra

obat pengencer dahak di apotik bisolvon extra

Beli Bisolvon Extra Klik di Sini

Salah satu kandungan obat yang paling efektif untuk mengencerkan dahak adalah bromhexine HCl. Mengkombinasikan bromhexine HCl dan guaifenesin, Bisolvon Extra menjadi obat pengencer dahak dewasa dan anak yang ampuh.

Anjuran mengonsumsi obat ini adalah 3 kali sehari dengan takaran yang disesuaikan dengan usia Anda. Untuk dewasa dan anak-anak diatas 12 tahun mengonsumsi 10 ml, anak usia 6-11 tahun sebanyak 5 ml dan 2,5 ml untuk anak usia 2-5 tahun.

Kisaran harga: Rp 58 ribu/botol

2. Rexcof Plus Sirup

obat pengencer dahak rexcof plus sirup

Beli Rexcof Plus Sirup Klik di Sini

Mengencerkan dan memudahkan dahak untuk keluar, Rexcof Plus Sirup memiliki kandungan bahan aktif bromhexine HCl dan guaifenesin di dalamnya. Dengan bentuk obat sirup, membuat obat ini mudah untuk dikonsumsi oleh dewasa dan anak-anak.

Kisaran harga: Rp 27 ribu/botol

3. Acetylcysteine

obat pengencer dahak acetylcysteine

Beli Acetylcysteine Klik di Sini

Memecah serat asam mukopolisakarida, acetylcysteine merupakan obat yang ampuh bekerja untuk mengencerkan dahak tanpa batuk. Selain itu, obat ini juga dapat membuat dahak lebih mudah keluar sehingga tenggorokan pun menjadi lebih lega.

Kisaran harga: Rp 14 ribu/strip

4. L-Acys Eff Tablet

obat pengencer dahak l acys eff tablet

Beli L-Acys Eff Tablet Klik di Sini

L-Acys Eff Tablet merupakan obat pengencer dahak yang mengandung bahan aktif acetylcysteine. Obat ini bermanfaat untuk membuat dahak lebih mudah keluar dan meredakan batuk berdahak.

Obat pengencer dahak dewasa ini dapat dikonsumsi dengan anjuran dosis 600 mg setiap harinya.

Kisaran harga: Rp 16 ribu/tablet

5. Salbuven Ekspektoran Sirup

pengencer dahak di apotik salbuven ekspektoran sirup

Beli Salbuven Ekspektoran Sirup Klik di Sini

Dahak yang memenuhi saluran pernapasan dapat menjadi pemicu asma ataupun batuk. Untuk mengeluarkan dahak tersebut, Anda dapat memanfaatkan Salbuven Ekspektoran Sirup.

Obat dengan kandungan salbutamol dan guaifenesin ini bekerja ampuh dalam melemaskan otot-otot sekitar saluran pernapasan yang menyempit. Kemudian, obat ini juga bekerja sebagai pengencer dahak dan memudahkannya untuk keluar melalui batuk.

Kisaran harga: Rp 58 ribu/botol

6. OB Herbal

obat pengencer dahak ob herbal

Beli OB Herbal Klik di Sini

Terbuat dari berbagai bahan herbal bermanfaat, OB Herbal dapat membantu Anda untuk mengencerkan dan mengeluarkan dahak. Dengan begitu, saluran pernapasan pun menjadi lebih lega.

Selain bekerja sebagai pengencer dahak, OB Herbal juga ampuh bekerja dalam meredakan batuk karena masuk angin. Pastikan untuk mengonsumsi obat ini setelah makan, aman dikonsumsi baik untuk dewasa maupun anak-anak sesuai dosis anjuran.

Kisaran harga: Rp 18 ribu/botol

7. Ambroxol Tablet

obat pengencer dahak ambroxol tablet

Beli Ambroxol Tablet Klik di Sini

Bekerja dengan cara memecah serat asam mukopolisakarida, Ambroxol bermanfaat dalam mengencerkan dahak sehingga mudah untuk dikeluarkan. Obat pengencer dahak tablet ini dapat dikonsumsi oleh dewasa dan juga anak-anak sesuai dosis yang dianjurkan.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

8. Bisolvon Straw Kids

obat pengencer dahak anak bisolvon straw kids

Beli Bisolvon Straw Kids Klik di Sini

Salah satu obat pengencer anak di apotik yang dapat Anda andalkan adalah Bisolvon Straw Kids. Obat ini mengandung bromhexine HCl yang berfungsi sebagai ekspektoran atau pengencer dahak.

Dengan mengonsumsi Bisolvon Straw Kids, dahak lebih mudah dikeluarkan dan bantu melegakan saluran pernapasan si kecil.

Kisaran harga: Rp 55 ribu/botol

9. Triaminic Ekspektoran Sirup

obat pengencer dahak triaminic ekspektoran sirup

Beli Triaminic Exp Sirup Klik di Sini

Mengandung zat aktif pseudoephedrine HCl dan guaifenesin, Triaminic Ekspektoran Sirup merupakan obat yang ampuh bekerja dalam mengencerkan dahak. Anjuran mengonsumsi obat ini adalah 3 kali sehari dengan takaran sesuai usia si kecil.

Anak-anak dengan usia diatas 12 tahun dapat mengonsumsi 2 sendok takar Triaminic Ekspektoran Sirup, kemudian 1 sendok takar untuk usia 6-12 tahun dan setengah sendok takar untuk anak usia 2-5 tahun.

Kisaran harga: Rp 91 ribu/botol

10. Vestein Dry Sirup

obat pengencer dahak vestein dry sirup

Beli Vestein Dry Sirup Klik di Sini

Merupakan obat mukolitik yang ampuh bekerja sebagai pengencer dahak, Vestein Dry Sirup memiliki kandungan erdosteine di dalamnya. Penggunaan obat ini harus berada di bawah pengawasan dokter, sehingga Anda membutuhkan resep untuk membelinya.

Cara mengonsumsi obat dengan bentuk sirup kering ini adalah menambahkan air terlebih dahulu hingga membentuk suspensi 60ml. Setelah itu, Vestein Dry Sirup dapat dikonsumsi sesuai dosis anjuran yang dikategorikan berdasakan usia, berat badan dan kondisi penyakit.

Kisaran harga: Rp 86 ribu/botol

11. Mucopect

obat pengencer dahak di apotik mucopect tablet

Beli Mucopect Klik di Sini

Mengandung ambroxol HCl di dalamnya, Mucopect merupakan obat yang bermanfaat sebagai ekspektoran. Selain mengencerkan dan memudahakan dahak untuk keluar, obat ini juga dapat meredakan batuk.

Kisaran harga: Rp 50 ribu/strip

12. Actifed Exp Sirup Hijau

pengencer dahak actifed exp sirup hijau

Beli Actifed Exp Sirup Hijau Klik di Sini

Kombinasi tripolidine HCl, pseudoephedrin dan juga guaifenesin membuat actifed exp sirup hijau menjadi salah satu obat yang ampuh dalam meringankan berbagai gejala flu. Guaifenesin dalam obat ini dapat menjadi ekspektoran pengencer dahak.

Apabila dahak lebih mudah untuk dikeluarkan, maka saluran pernapasan pun menjadi lebih bersih dan lancar dalam menyalurkan oksigen ke seluruh jaringan tubuh.

Kisaran harga: Rp 70 ribu/botol

13. Silopect Sirup

obat pengencer dahak silopect sirup

Beli Silopect Sirup Klik di Sini

Ambroxol merupakan kandungan zat aktif yang berfungsi sebagai agen mukolitik atau pengencer dahak. Silopect Sirup ini memiliki kandungan ambroxol HCl di dalamnya dan aman untuk dikonsumsi baik dewasa maupun anak-anak.

Pastikan untuk mengonsumsi obat ini sesudah makan, sesuai dosis yang dianjurkan. Merupakan golongan obat keras, Anda memerlukan resep dokter untuk mendapatkan SIlopect Sirup.

Kisaran harga: Rp 48 ribu/botol

14. Benadryl Batuk Berdahak Sirup

obat pengencer dahak benadryl batuk berdahak sirup

Beli Benadryl Batuk Berdahak Sirup Klik di Sini

Dahak berlebihan pada saluran pernapasan dapat memicu iritasi dan menyebabkan batuk. Untuk mengatasinya, Anda dapat memanfaatkan Benadryl Batuk Berdahak Sirup. Obat ini mengandung bromhexine HCl dan juga guaifenesin di dalamnya.

Dengan bentuk obat sirup yang mudah dikonsumsi, Benadryl Batuk Berdahak Sirup bekerja sebagai ekspektoran yang ampuh mengencerkan dahak. Obat ini memudahkan dahak untuk kelua melalui batuk sehingga secara efektif melegakan saluran pernapasan.

Kisaran harga: Rp 27 ribu/botol

15. Cohistan Ekspektoran Sirup

pengencer dahak cohistan ekspektoran sirup

Beli Cohistan Exp Sirup Klik di Sini

Tenggorokan terasa tidak nyaman karena dahak berlebihan? Anda dapat menggunakan Cohistan Ekspektoran Sirup sebagai obat pengencer dahak di tenggorokan. Obat ini mengandung guaifenesin dan juga chlorpheniramine maleate di dalamnya.

Kisaran harga: Rp 28 ribu/botol

Itulah tadi beberapa rekomendasi obat pengencer dahak di apotik paling ampuh untuk Anda gunakan. Apabila gangguan di saluran pernapasan tidak kunjung membaik, konsultasikan pada dokter ahli untuk mendapatkan pengobatan yang tepat dan cepat.

Butuh obat mendadak? Tidak perlu repot ke apotik secara langsung, kami siap antarkan sampai ke depan rumah Anda! Cek Play Store dan App Store, unduh langsung aplikasi K24Klik dan beli obat online pun jadi lebih praktis!

Referensi:

https://www.webmd.com/drugs/2/drug-161994/mucus-and-cough-relief-oral/details#:~:text=Guaifenesin%20belongs%20to%20a%20class,reduce%20the%20urge%20to%20cough diakses pada 4 September 2023