16 Obat Pereda Nyeri Haid di Apotek

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat pereda nyeri haid di apotik

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Tersedia banyak pilihan obat pereda nyeri haid di apotek yang dapat Anda manfaatkan seperti Feminax, Ibuprofen dan juga iFree Pad.

Pada saat menstruasi atau haid, rasa sakit ataupun nyeri tak tertahankan menjadi hal yang sering dialami oleh wanita. Untuk mengatasinya, Anda dapat memanfaatkan beragam pilihan obat pereda nyeri haid yang tersedia di apotek.

Umumnya, rasa sakit saat haid dapat mereda dengan sendirinya namun tentunya memerlukan waktu dan cukup mengganggu aktivitas. Penggunaan obat-obatan baik oral, minuman tradisional hingga Pad penghangat pun dapat menjadi pilihan terbaik.

Baca juga: 18 Obat Sakit Perut dengan Penyebabnya di Apotik

Rekomendasi Obat Pereda Nyeri Haid di Apotek

Perlu diketahui bahwa nyeri perut ataupun beberapa bagian tubuh lainnya normal dirasakan terutama saat haid hari pertama. Apabila terpaksa harus mengonsumsi obat, pastikan gunakan sesuai dosis anjuran untuk meminimalisir efek samping.

Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi obat pereda nyeri di apotek paling ampuh yang dapat Anda manfaatkan.

1. Ibuprofen

ibuprofen obat nyeri haid

Beli Ibuprofen Klik di Sini

Salah satu obat penghilang rasa sakit yang dapat berperan sebagai pereda nyeri haid adalah Ibuprofen. Obat ini bekerja dengan cara menghambat pembentukan prostaglandin yang merupakan pemicu munculnya nyeri dan kram perut saat haid.

Anjuran mengonsumsi Ibuprofen adalah 1 tablet 200-400mg tiap 4-6 jam sekali atau sesuai kebutuhan.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

2. Kiranti Sehat Datang Bulan

kiranti sehat datang bulan

Beli Kiranti Sehat Datang Bulan Klik di Sini

Minuman sehat alami yang satu ini memiliki khasiat ampuh dalam membantu meredakan nyeri saat menstruasi datang. Komposisi dari Kiranti Sehat Datang Bulan adalah kunyit, asam jawa, kencur, gula jawa, jahe, paulinia dan juga kayu manis.

Anda dapat mengonsumsi minuman sehat ini 1-2 botol per harinya, lebih baik untuk 3 hari sebelum, selama dan juga sesudah haid.

Kisaran harga: Rp 7 ribu/botol

3. Velpo Kapsul

velpo kapsul untuk haid

Beli Velpo Kapsul Klik di Sini

Jamu berbentuk kapsul yang diproduksi oleh PT. Kembang Bulan, Velpo Kapsul bermanfaat untuk mengurangi sensasi rasa nyeri saat haid. Tidak hanya itu, jamu ini juga dapat membantu melancarkan haid.

Velpo Kapsul sendiri terbuat dari beragam ekstrak herbal bermanfaat dengan aturan pakai 3 kali sehari 2 kapsul sekali minum.

Kisaran harga: Rp 11 ribu/pcs

4. Feminax

obat nyeri haid feminax tablet beli di k24klik 30 menit sampai

Beli Feminax Tablet Klik di Sini

Selanjutnya, Anda dapat memanfaatkan Feminax Tablet sebagai salah satu obat pereda nyeri perut saat haid. Obat ini mengkombinasikan kandungan zat aktif paracetamol dan juga hyoscyami extract di dalamnya.

Untuk dewasa, Anda dapat mengonsumsi Feminax untuk 3 kali sehari 1-2 tablet sekali minum atau sesuai kebutuhan.

Kisaran harga: Rp 3 ribu/strip

5. Neuralgin Rhema

neuralgin rhema tablet

Beli Neuralgin Rhema Klik di Sini

Neuralgin Rhema merupakan obat yang mengandung diklofenak, vitamin B1, B6 dan juga B12. Manfaat dari obat ini adalah meredakan nyeri ringan hingga berat, termasuk nyeri saat haid.

Pastikan untuk mengonsumsi Neuralgin Rhema sesudah makan, sesuai dosis yang dianjurkan yaitu 3 kali sehari 1-2 kapsul sekali minum.

Kisaran harga: Rp 11 ribu/blister

6. IFree Pad

ifree pad terapi hangat pereda nyeri haid

Beli iFree Pad Terapi Hangat Klik di Sini

Selain obat oral, Anda juga dapat memanfaatkan IFree Pad Terapi Hangat untuk meredakan nyeri haid. Obat ini dirancang dengan proses OxyHeat alami dan memberikan sensasi hangat saat digunakan di area perut.

Dengan menggunakan Pad terapi yang satu ini, nyeri dan juga kram perut saat haid dapat mereda. Gunakan IFree Pad sesuai dengan kebutuhan dan ikuti aturan pakai yang tertera di kemasan untuk memaksimalkan manfaatnya.

Kisaran harga: Rp 12 ribu/pcs

7. Menses Plus Cair

menses plus cair

Beli Menses Plus Cair Klik di Sini

Mengkombinasikan beragam ekstrak bahan alami seperti daun beluntas, rimpang kunyit dan rimpang jahe membuat Menses Plus Cair menjadi salah satu pilihan obat pereda nyeri haid yang tepat untuk Anda.

Hadir dalam bentuk cair, Anda dapat mengonsumsi Menses Plus Cair secara langsung. Anjuran mengonsumsi obat ini adalah 3 kali sehari 1 sachet sekali minum.

Kisaran harga: Rp 19 ribu/dos

8. Mefenamic Acid

obat pereda nyeri haid mefenamic acid

Beli Mefenamic Acid Klik di Sini

Selain Ibuprofen, obat pereda nyeri paling ampuh yang dapat Anda konsumsi adalah Mefenamic Acid. Bekerja dengan cara menghambat pembentukan prostaglandin pemicu nyeri pada tubuh, obat ini juga dapat menjadi andalan saat nyeri otot, sakit kepala dan sakit gigi.

Perlu diketahui bahwa Mefenamic Acid termasuk dalam golongan obat keras sehingga Anda perlu resep dokter untuk membelinya di aplikasi K24Klik. Tapi tenang saja, sekarang layanan Dokter Siaga Online siap 24 jam nonstop untuk melayani kebutuhan obat keras Anda.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

9. Kapsul Tuntas

kapsul tuntas di apotek

Beli Kapsul Tuntas Klik di Sini

Kapsul Tuntas merupakan obat yang bekerja efekif dalam mengatasi beragam keluhan saat haid seperti nyeri perut, mulas dan nyeri pinggang. Ekstrak herbal dari obat ini sendiri adalah jinten hitam, daun seribu, daun sembung, jahe dan juga kunyit.

Anda dapat mengonsumsi obat herbal ini 1 kali sehari 2 kaplet sekali minum. Anjuran terbaik untuk memanfaatkan Kapsul Tuntas adalah pada hari pertama haid, kemudian 3 hari berturut-turut.

Kisaran harga: Rp 13 ribu/pcs

10. Aknil Kaplet

aknil kaplet di apotik

Beli Aknil Kaplet Klik di Sini

Anda juga dapat memanfaatkan Aknil Kaplet sebagai obat pereda nyeri yang bagus di apotik. Obat ini memiliki kandungan Ibuprofen 200 mg dan juga paracetamol 350 mg di dalamnya.

Selain meredakan nyeri haid, manfaat lain dari obat ini adalah mengatasi sakit kepala, nyeri saat sakit gigi dan juga membantu menurunkan demam.

Kisaran harga: Rp 9 ribu/strip

11. Sumagesic

sumagesic tablet untuk haid

Beli Sumagesic Klik di Sini

Dengan kandungan paracetamol 600 mg di dalamnya, Sumagesic dapat membantu meredakan demam, pusing, berbagai keluhan nyeri termasuk nyeri haid. Dosis anjuran penggunaan obat ini adalah 3-4 kali sehari 1 tablet sekali minum pada dewasa.

Kisaran harga: Rp 3 ribu/strip

12. Raven Orange Mint Sirup

raven orange mint sirup

Beli Raven Orange Mint Sirup Klik di Sini

Mengkombinasikan paracetamol dan juga ibuprofen, Raven Orange Mint Sirup dapat membantu meredakan nyeri haid, nyeri otot, sakit kepala dan juga sakit gigi. Anda dapat mengonsumsi obat ini 3 kali sehari 1 sachet sekali minum.

Kisaran harga: Rp 61 ribu/dos

13. Lanamol

lanamol kaplet untuk nyeri perut

Beli Lanamol Klik di Sini

Lanamol merupakan obat dengan kandungan paracetamol yang dikemas dalam bentuk kapsul. Obat ini dapat meredakan nyeri otot, nyeri saat sakit gigi dan juga nyeri haid. Anjuran mengonsumsi obat ini pada dewasa adalah 3-4 kali sehari, 1-2 kapsul sekali minum.

Kisaran harga: Rp 5 ribu/strip

Rekomendasi Pereda Nyeri Haid Alami

Selain obat-obatan kimia, terdapat beberapa pereda nyeri haid alami yang juga dapat Anda coba. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun termasuk mudah ditemukan dan juga memiliki manfaat baik lainnya untuk kesehatan tubuh.

1. Kompres Hangat

Pertolongan pertama yang paling mudah dilakukan untuk meredakan nyeri haid adalah kompres menggunakan air hangat. Anda dapat memanfaatkan handuk yang sebelumnya sudah direndam air hangat, kemudian tempelkan ke area perut.

Sensasi hangat dari kompres ini dapat membantu merelaksasi otot tubuh sehingga nyeri haid pun berkurang.

2. Mengonsumsi Minuman Hangat

Memiliki khasiat yang sama seperti melakukan kompres hangat, Anda juga dapat mengonsumsi minuman hangat untuk mengurangi nyeri haid. Salah satu minuman hangat yang paling direkomendasikan adalah jahe hangat.

Selain sensas menghangatkan dari minuman herbal ini, jahe juga mengandung zat anti peradangan yang baik untuk kesehatan tubuh.

3. Olahraga

Meskipun nyeri dan kram saat haid membuat Anda merasa tidak nyaman beraktivitas, namun berdiam diri saja juga tidak membuatnya membaik. Oleh karena itu, Anda dapat mencoba untuk melakukan olahraga untuk melancarkan peredaran darah dan meredakan sakit saat haid.

Beberapa pilihan olahraga saat haid yang dapat Anda coba lakukan adalah yoga, latihan aerobik dan juga pilates.

Itulah tadi beragam rekomendasi obat pereda nyeri haid paling ampuh di apotek dan juga pereda nyeri haid alami yang perlu Anda ketahui.

Apabila rasa nyeri tidak kunjung berkurang dan semakin mengganggu aktivitas, segera periksakan pada dokter spesialis untuk mendapatkan penanganan terbaik.

Nyeri haid menyerang dan kehabisan stok obat? Tidak perlu panik, semua jadi beres dalam satu genggaman aplikasi K24Klik!

Aplikasi beli obat online yang bekerjasama dengan jaringan apotek terbesar di Indonesia, kami siap melayani Anda 24 jam nonstop dengan jaminan pengiriman cepat sampai. Yuk unduh aplikasi kami di Play Store ataupun App Store sekarang juga! (writer/ib)

Referensi:

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/menstrual-cramps/diagnosis-treatment/drc-20374944 diakses pada 19 Juni 2024