15 Obat Sakit Kepala Belakang di Apotek

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat sakit kepala belakang di apotek

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Leher kaku, kepala terasa berat buat aktivitas terhambat? Anda dapat mengatasinya menggunakan berbagai obat sakit kepala belakang seperti panadol, neuralgin dan masih banyak lagi.

Sakit kepala belakang dapat disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari tensi yang tinggi, kurang tidur hingga dehidrasi. Rasa sakit dan nyeri tersebut biasanya juga akan menjalar ke leher sehingga leher pun terasa kaku.

Anda dapat mencoba menggunakan beragam obat anti nyeri seperti paracetamol dan ibuprofen untuk mengatasinya. Apabila ingin memanfaatkan cara alami, teh herbal menjadi salah satu andalan tepat untuk meredakan rasa sakit di kepala.

Baca juga: 15 Obat Pusing Kepala di Apotik Paling Ampuh

Rekomendasi Obat Sakit Kepala Belakang di Apotek

Lalu, apa saja obat yang dapat dikonsumsi untuk mengatasi sakit kepala belakang? Mulai dari paracetamol dan juga ibuprofen, berikut ini merupakan beberapa rekomendasi obat sakit kepala belakang di apotek yang dapat Anda gunakan.

1. Paracetamol

obat sakit kepala belakang paracetamol

Beli Paracetamol Klik di Sini

Merupakan salah satu obat analgesik, paracetamol ampuh digunakan untuk mengobati sakit kepala belakang dan leher. Cara kerja obat ini adalah menghambat prostaglandin penyebab rasa nyeri dan juga peradangan pada tubuh.

Anjuran mengonsumsi obat ini adalah 3 kali sehari sebanyak 1 tablet tiap kali konsumsi atau jika merasa sakit saja. Pastikan Anda menggunakan paracetamol setelah makan dan peningkatan dosis mungkin saja terjadi atas saran dokter.

Kisaran harga: Rp 3 ribu/strip

2. Neuralgin Rx Tablet

obat sakit kepala belakang neuralgin rx tablet

Beli Neuralgin Rx Tablet Klik di Sini

Neuralgin Rx memiliki kandungan metampiron, tiamin HCL, pyridoxine HCl, cyanocobalamine dan juga trimethlxantine di dalamnya. Obat ini berfungsi untuk mengatasi rasa nyeri pada kepala, gigi dan juga sendi.

Penggunaan obat ini pada anak-anak usia dibawah usia 12 tahun hanya berdasarkan saran dokter saja. Neuralgin Rx sendiri juga merupakan salah satu obat golongan keras sehingga memerlukan resep dokter untuk mendapatkannya.

Kisaran harga: Rp 13 ribu/strip

3. Asam Mefenamat

obat sakit kepala belakang asam mefenamat

Beli Asam Mefenamat Klik di Sini

Asam mefenamat atau mefenamic acid merupakan obat yang bekerja ampuh untuk meredakan nyeri saat sakit kepala, sakit gigi, radang sendi hingga haid. Ketika leher kaku dan sakit kepala terasa sangat nyeri, asam mefenamat dapat menjadi salah satu obatnya.

Obat ini ampuh meredakan rasa nyeri dengan cara menghambat pembentukan prosaglandin penyebab rasa sakit. Namun apabila sakit kepala belakang terasa sangat kencang dan tidak kunjung membaik, segeralah periksa ke dokter ahli.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

4. Trimalgin

obat sakit kepala di apotik trimalgin

Beli Trimalgin Klik di Sini

Termasuk golongan obat NSAID, Trimalgin bermanfaat untuk meredakan sakit kepala, sakit gigi hingga menurunkan panas. Anda dapat mengonsumsi trimalgin sesudah makan sesuai dosis yang tertera pada kemasan.

Obat dengan kandungan metamizole sodium ini termasuk ke dalam golongan obat keras sehingga memerlukan resep dokter untuk mendapatkannya. 

Kisaran harga: Rp 2 ribu/strip

5. Bodrex Extra

obat sakit kepala belakang bodrex extra

Beli Bodrex Extra Klik di Sini

Bodrex Extra merupakan salah satu obat andalan untuk mengatasi sakit kepala. Obat ini memiliki kandungan paracetamol, ibuprofen dan juga kafein di dalamnya.

Bodrex Extra sendiri mudah ditemukan dimana-mana. Namun, pastikan untuk selalu mendapatkan obat-obatan melalui apotek offline maupun K24Klik yang menjamin keaslian produk 100% dengan expired dated terbaik.

Anjuran mengonsumsi obat ini untuk dewasa dan juga anak-anak diatas usia 12 tahun adalah 3-4 kali sehari dengan ketentuan 1 kaplet tiap kali konsumsi. Apabila ingin menggunakan pada anak usia 6-12 tahun, berikan setengah tablet untuk 3-4 kali sehari.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/strip

6. Panadol Extra Tablet

obat sakit kepala belakang panadol extra tablet

Beli Panadol Extra Tablet Klik di Sini

Memiliki kandungan paracetamol dan juga kafein, Panadol Extra Tablet dapat menjadi salah satu obat sakit kepala belakang andalan Anda. Obat ini dapat dikonsumsi 1-2 kaplet tiap minum untuk 3-4 kali dalam sehari.

Anjuran mengonsumsi obat ini adalah setelah makan dan penggunaan pada anak-anak lebih baik untuk berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu.

Kisaran harga: Rp 14 ribu/strip

7. Ibuprofen

obat sakit kepala belakang ibuprofen

Beli Ibuprofen Klik di Sini

Obat dewa andalan untuk mengatasi rasa nyeri dan sakit dari skala ringan hingga sedang, Ibuprofen dapat membantu meredakan sakit kepala belakang bagian bawah, kiri ataupun kanan.

Anjuran untuk mengonsumsi Ibuprofen adalah 200mg setiap 4-6 jam sekali, namun bisa juga ditingkatkan menjadi 400mg atas saran dokter.

Kisaran harga: Rp 3 ribu/strip

8. Puyer Sakit Kepala No 19

obat sakit kepala belakang puyer sakit kepala no 19

Beli Puyer Sakit Kepala No.19 Klik di Sini

Memiliki kandungan acetylsalicylic acid, paracetamol dan juga kafein membuat Puyer Sakit Kepala No 19 ampuh untuk mengobati sakit kepala belakang. Obat berbentuk puyer ini dapat Anda taburkan ke lidah dan ditelan langsung ataupun dicampurkan ke minuman.

Selain meredakan sakit kepala, puyer ini juga dapat membantu mengatasi nyeri saat sakit gigi dan juga haid.

Kisaran harga: Rp 1 ribu/pcs

9. Tolak Angin Care Minyak Angin

obat sakit kepala belakang tolak angin care minyak angin

Beli Tolak Angin Care Minyak Angin Klik di Sini

Pemakaian obat luar seperti Tolak Angin Care Minyak Angin juga dapat Anda gunakan untuk mengatasi sakit kepala belakang. Minyak angin ini dikemas dalam bentuk roll on yang mudah digunakan dan dapat diaplikasikan langsung pada kuit.

Tolak Angin Care Minyak Angin sendiri memiliki kandungan menthol, camphor, peppermint oil dan juga ginger oil di dalamnya. Masuk angin, mual, kembung, pegal linu hingga mabuk kendaraan juga dapat diatasi menggunakan Tolak Angin Care.

Kisaran harga: Rp 14 ribu/pcs

10. Puyer Bintang Toedjoe

obat sakit kepala belakang puyer bintang toedjoe

Beli Puyer Bintang Toedjoe Klik di Sini

Dikemas dalam bentuk serbuk, Puyer Bintang Toedjoe no.16 memiliki kandungan acidum acetylsalicylicum, acetaminophenum dan juga kafein di dalamnya. Obat ini ampuh digunakan untuk meredakan sakit kepala, termasuk sakit kepala belakang.

Kisaran harga: Rp 10 ribu/pack

11. Oskadon Extra

obat sakit kepala belakang oskadon extra

Beli Oskadon Extra Klik di Sini

Bermanfaat untuk meredakan sakit kepala, Oskadon Extra mengandung paracetamol, ibuprofen dan juga kafein. Obat ini dapat dikonsumsi oleh anak-anak dan dewasa, sesuai dengan dosis anjuran.

Kisaran harga: Rp2 ribu/strip

12. Poldan Mig

obat sakit kepala belakang poldan mig

Beli Poldan Mig Klik di Sini

Poldan Mig merupakan obat anti nyeri dengan kandungan paracetamol, acetylsalicylic acid dan juga kafein. Memiliki efek analgesik, obat ini ampuh untuk meredakan nyeri saat sakit kepala dan juga sakit dengan skala ringan hingga sedang lainnya.

Perlu diperhatikan bahwa obat Poldan Mig hanya diperbolehkan untuk dewasa. Anjuran mengonsumsi obat ini adalah sesudah makan, 3-4 kali sehari 1 kaplet sekali minum.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

13. Biogesic

obat sakit belakang di apotek biogesic

Beli Biogesic Klik di Sini

Mengandung paracetamol 500mg, Biogesic bermanfaat untuk meredakan rasa nyeri saat sakit kepala belakang menyerang. Obat analgesik ini dapat dikonsumsi sebelum ataupun sesudah makan, baik untuk anak-anak usia diatas 6 tahun maupun dewasa.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/strip

14. Sumagesic

obat sakit kepala belakang sumagesic

Beli Sumagesic Klik di Sini

Kandungan zat aktif paracetamol 600mg dalam Sumagesic ampuh bekerja untuk meredakan pusing, sakit kepala belakang, sakit gigi hingga nyeri otot. Cara kerja obat ini adalah menghambat pembentukan prostaglandin penyebab nyeri pada tubuh.

Kisaran harga: Rp 3 ribu/strip

15. Farsifen

obat sakit belakang di apotik farsifen

Beli Farsifen Klik di Sini

Bantu mengurangi rasa sakit, Farsifen memiliki kandungan ibuprofen 200mg. Obat ini ampuh untuk mengatasi sakit kepala belakang dan juga leher.

Kisaran harga: Rp 3 ribu/strip

Itulah tadi berbagai obat sakit kepala belakang di apotik yang dapat Anda manfaatkan. Sakit kepala bagian belakang bisa saja menjadi pertanda penyakit serius, jadi apabila tidak kunjung membaik segera periksakan ke dokter ahli.

Sakit kepala tiba-tiba dan panik karena tidak punya stok obat? Tidak perlu repot keluar rumah, Anda dapat mengandalkan aplikasi K24Klik. Segera unduh di Play Store dan juga App Store, rasakan praktisnya beli obat online yang tersedia 24 jam nonstop!

Referensi:

https://www.medicinenet.com/what_causes_headaches_at_the_back_of_the_head/article.htm diakses pada 1 November 2023