15 Obat Sakit Kepala Sebelah di Apotek

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat sakit kepala sebelah di apotik

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Obat sakit kepala sebelah berguna untuk mengatasi migrain yang mengganggu dan membuat penderitanya terbatas melakukan aktivitas. 

Sakit kepala sebelah atau migrain merupakan kondisi kepala berdenyut di satu sisi yang membuat penderitanya merasa tidak nyaman untuk beraktivitas. Untuk mengatasinya, Anda memerlukan beragam obat sakit kepala sebelah yang telah banyak tersedia di apotik.

Kondisi migrain sendiri pada beberapa kasus bukan sekedar sakit kepala biasa, namun mampu membuat penderitanya menjadi sensitif terhadap cahaya maupun suara. Apabila tidak segera sembuh, migrain juga dapat menjadi gejala dari penyakit yang lebih serius.

Baca juga: 15 Obat Sakit Kepala Sebelah Kanan di Apotik

Rekomendasi Obat Sakit Kepala Sebelah di Apotek

Berbeda dengan sakit kepala biasa, migrain biasanya membutuhkan penanganan yang lebih efektif dalam mengatasi serangan sakit dan mencegah vertigo. Berikut ini merupakan beragam rekomendasi obat sakit kepala sebelah atau migrain di apotek terbaik.

1. Sinral

obat sakit kepala sebelah di apotik sinral

Beli Sinral Klik di Sini

Mengandung bahan aktif flunarizine, Sinral merupakan salah satu obat sakit kepala sebelah atau migrain yang tepat untuk Anda manfaatkan. Selain itu, obat ini juga dapat mencegah gangguan perifer dan serebrovaskular serta mencegah vertigo.

Anjuran penggunaan obat Sinral adalah 5-10 mg per hari dan diberikan pada malam hari. Beberapa efek samping penggunaan obat ini mungkin dapat Anda rasakan seperti mengantuk ataupun kelelahan.

Kisaran harga: 77 ribu/strip

2. Flunarizine

obat sakit kepala sebelah terbaik flunarizine

Beli Flunarizine Klik di Sini

Untuk mengobati sakit kepala sebelah, Anda juga dapat menggunakan obat generik seperti Flunarizine. Manfaat utama dari penggunaan obat ini adalah mengatasi migrain, pusing vestibular dan juga gangguan sirkulasi perfifer karena arteriopati organik.

Termasuk dalam golongan obat keras, Anda memerlukan resep dokter untuk mendapatkan Flunarizine.

Kisaran harga: 28 ribu/strip

3. Aknil Kaplet

obat sakit kepala sebelah aknil kaplet

Beli Aknil Kaplet Klik di Sini

Mengkombinasikan bahan aktif ibuprofen dan juga paracetamol, Aknil Kaplet dapat menjadi obat migrain terbaik untuk Anda. Obat ini bekerja dengan cara meredakan nyeri yang dialami saat migrain, haid hingga sakit gigi.

Pada dewasa, Anda dapat mengonsumsi obat ini 3 kali sehari 1 kaplet tiap kali minum, peningkatan dosis bisa saja dilakukan atas petunjuk dokter.

Kisaran harga: Rp 9 ribu/strip

4. Bodrex Migra

obat sakit kepala sebelah di apotek bodrex migra

Beli Bodrex Migra Klik di Sini

Mudah ditemukan di apotek-apotek, Bodrex Migra merupakan obat dengan kandungan paracetamol, propyphenazone dan juga kafein. Obat ini bekerja efektif dalam meringankan sakit kepala sebelah atau migrain.

Produk dijamin 100% asli dan siap diantar kapanpun kemanapun, Anda dapat membeli Bodrex Migra di K24Klik.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/strip

5. Paracetamol

obat sakit kepala sebelah paling ampuh paracetamol

Beli Paracetamol Klik di Sini

Bagaimana ketika Anda mengalami sakit kepala sebelah dengan kondisi hamil atau menyusui? Penggunaan obat-obatan pada ibu hamil dan ibu menyusui sendiri sangatlah tidak disarankan, kecuali atas petunjuk dokter.

Paracetamol menjadi salah satu obat yang masuk dalam kategori C dan aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan ibu menyusui. Obat yang satu ini dapat membantu Anda meredakan sakit kepala biasa, migrain dan juga menurunkan demam.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

6. Poldan Mig

obat sakit kepala sebelah di apotek poldan mig

Beli Poldan Mig Klik di Sini

Bekerja efektif dalam meredakan migrain, Poldan Mig memiliki kandungan paracetamol, acetylsalicylic acid dan juga kafein di dalamnya. Manfaat lain dari obat ini adalah sebagai anti nyeri ringan hingga sedang serta penurun demam.

Mengandung kafein di dalamnya, Poldan Mig hanya boleh diberikan pada dewasa sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

7. Ibuprofen

obat sakit kepala sebelah ibuprofen

Beli Ibuprofen Klik di Sini

Obat anti nyeri yang juga dapat membantu mengobati migrain adalah Ibuprofen. Selain mengatasi sakit kepala sebelah, Ibuprofen juga biasa dimanfaatkan untuk mengatasi nyeri otot, sakit gigi dan juga penurun panas atau demam.

Dosis penggunaan obat ini pada anak-anak memerlukan konsultasi dokter terlebih dahulu. Sedangkan pada dewasa, Ibuprofen dapat dikonsumsi tiap 6-8 jam sekali dengan maksimal dosis 3.200mg per hari.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

8. Panadol Extra

obat sakit kepala sebelah di apotik panadol extra

Beli Panadol Extra Klik di Sini

Mengandung zat aktif paracetamol dan juga kafein, Panadol Extra bekerja efektif dalam meredakan rasa nyeri saat sakit kepala biasa maupun migrain. Tidak hanya itu, Panadol Extra juga dapat berfungsi sebagai penurun demam.

Untuk dewasa, Anda dapat mengonsumsi Panadol Extra 3-4 kali sehari dengan aturan 1 kaplet tiap kali minum.

Kisaran harga: Rp 14 ribu/strip

9. Sanmol Forte

obat sakit kepala sebelah sanmol forte

Beli Sanmol Forte Klik di Sini

Sanmol Forte merupakan obat dengan kandungan paracetamol 650mg dalam setiap tabletnya. Obat ini dapat meredakan nyeri saat sakit kepala, sakit kepala sebelah, sakit gigi dan juga berperan efektif sebagai penurun demam.

Kisaran harga: Rp 3 ribu/strip

10. Proris

obat sakit kepala sebelah di apotik proris

Beli Proris Klik di Sini

Memiliki kandungan bahan aktif ibuprofen 200mg, Proris merupakan salah satu obat anti nyeri yang juga dapat Anda manfaatkan dalam mengatasi sakit kepala sebelah. Anjuran mengonsumsi obat ini adalah sesudah makan, sesuai dosis yang tetera pada kemasan.

Kisaran harga: Rp 12 ribu/strip

11. Puyer Bintang 7 No.16

obat sakit kepala sebelah puyer bintang 7 no 16

Beli Puyer Bintang 7 No.16 Klik di Sini

Obat sakit kepala dengan bentuk serbuk, Puyer Bintang 7 No. 16 memiliki kandungan acidum acetylsalicylicum, acetaminophenum dan juga coffein di dalamnya. Beberapa kegunaan dari obat ini adalah mengatasi sakit kepala, nyeri haid dan sakit gigi.

Penggunaan obat ini lebih disarankan hanya untuk dewasa saja karena bentuk serbuk yang dapat memberikan rasa pahit, tentunya kurang nyaman pada anak-anak. Anjuran konsumsi puyer ini adalah 3 kali sehari sebanyak 1 sachet tiap kali minum.

Kisaran harga: Rp 10 ribu/pack

12. Bodrex

obat sakit kepala sebelah di apotik bodrex

Beli Bodrex Klik di Sini

Mengandung kombinasi bahan aktif paracetamol dan juga kafein, Bodrex menjadi salah satu obat sakit kepala terbaik di apotik. Efek analgetik dari obat ini ampuh bekerja dalam meredakan nyeri ringan hingga sedang, termasuk saat sakit kepala sebelah menyerang.

Selain sakit kepala, obat ini juga dapat membantu meredakan panas atau demam. Pastikan untuk mengonsumsi Bodrex sesudah makan guna mengantisipasi ketidaknyamanan pada lambung.

Kisaran harga: Rp 5 ribu/strip

13. Gratizin

obat sakit kepala sebelah gratizin

Beli Gratizin Klik di Sini

Selanjutnya, Anda juga dapat memanfaatkan Gratizin yang memiliki kandungan flunarizine di dalamnya. Obat ini bekerje efektif dalam mengatasi serangan migrain atau sakit kepala sebelah, gangguan keseimbangan di telingga dan juga gangguan pemuluh darah.

Anda memerlukan resep dokter untuk mendapatkan Gratizin atau lakukan konsultasi online bersama dokter ahli lewat layanan Telemedicine di aplikasi K24Klik.

Kisaran harga: Rp 64 ribu/strip

14. Mefenamic Acid

obat sakit kepala sebelah di apotik mefenamic acid

Beli Mefenamic Acid Klik di Sini

Merupakan salah satu obat NSAID, Mefenamic Acid dapat membantu meredakan sakit kepala sebelah. Cara kerja obat ini adalah menghambat pembentukan prostaglandin pemicu rasa sakit atau nyeri pada tubuh.

Penggunaan obat mefenamic acid pada dewasa dan anak usia lebih dari 14 tahun adalah 250-500mg tiap 6 jam atau sesuai anjuran dokter.

Kisaran harga: Rp 6 ribu/strip

15. Paramex

obat sakit kepala sebelah paramex

Beli Paramex Klik di Sini

Paramex mengandung kombinasi zat aktif paracetamol, propyohenazone, kafein dan juga dexchlorpheniramine maleate. Obat ini dapat meredakan demam, nyeri saat sakit kepala dan juga sakit gigi.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/strip

Itulah tadi beragam rekomendasi obat sakit kepala sebelah paling ampuh di apotik yang dapat Anda gunakan.

Beberapa kasus sakit kepala sebelah yang tidak kunjung membaik dapat mengindikasikan masalah kesehatan serius, pastikan untuk segera berkonsultasi pada dokter ahli.

Sakit menyerang dan kehabisan stok obat? Tidak perlu susah-susah pergi ke apotek offline, pesan saja di K24Klik!

Banyak promo gratis ongkir dan diskon produk, unduh aplikasi K24Klik di Play Store ataupun App Store sekarang juga.

Referensi:

https://www.nhs.uk/conditions/migraine/ diakses pada 20 Februari 2024