15 Obat Sakit Kepala Sebelah Kanan di Apotik

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat sakit kepala sebelah kanan di apotik

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Obat sakit kepala sebelah kanan atau migrain dibutuhkan untuk mengatasi rasa sakit kepala berdenyut hanya di satu sisi saja.

Kepala terasa nyeri dan berdenyut sebelah kanan merupakan salah satu pertanda migrain. Penyebabnya bisa saja karena tekanan darah tinggi hingga kurangnya waktu tidur. Anda dapat mengatasinya menggunakan beragam obat sakit kepala sebelah di apotik.

Apabila tidak segera diatasi, migrain bisa menyebabkan leher terasa kaku dan aktivitas harian pun terhambat.

Baca juga: 15 Obat Pusing Kepala di Apotik Paling Ampuh

Rekomendasi Obat Sakit Kepala Sebelah Kanan di Apotik

Migran atau sakit kepala sebelah kanan membutuhkan penanganan yang berbeda dengan sakit kepala biasa. Anda dapat mencoba menggunakan beberapa rekomendasi obat sakit kepala sebelah kanan di bawah ini yang tersedia di apotik.

1. Panadol Extra

obat sakit sebelah kanan panadol extra

Beli Panadol Extra Klik di Sini

Mengandung paracetamol dan juga kafein, Panadol Extra ampuh digunakan untuk meredakan nyeri saat sakit kepala sebelah. Obat ini bekerja dengan cara menghambat pembentukan protaglandin pemicu nyeri pada tubuh.

Kombinasi kafein dalam Panadol Extra juga membuat obat ini ampuh untuk mencegah rasa kantuk. Anda dapat mengonsumsi 1 kaplet Panadol Extra untuk 3-4 kali dalam sehari. Perlu diperhatikan bahwa obat ini hanya boleh dikonsumsi untuk dewasa saja.

Kisaran harga: Rp 14 ribu/strip

2. Flunarizine

obat sakit kepala sebelah flunarizine

Beli Flunarizine Klik di Sini

Sakit kepala sebelah kanan sampai leher? Terasa seperti ditusuk jarum tentunya ini adalah migrain. Anda dapat menggunakan Flunarizine untuk profilaksis sakit kepala sebelah secara efektif.

Dosis anjuran untuk mengonsumsi flunarizine adalah 5-10mg sehari untuk 1-2 kali konsumsi. Termasuk dalam golongan obat keras, pastikan untuk mendapatkan resep dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan obat ini.

Kisaran harga: Rp 19 ribu/strip

3. Bodrex Migra

obat sakit kepala sebelah bodrex migra

Beli Bodrex Migra Klik di Sini

Diformulasikan khusus untuk mengatasi sakit kepala sebelah, Bodrex Migra memiliki kandungan paracetamol, propyphenazone dan juga kafein di dalamnya. Obat ini dapat dikonsumsi 3 kali sehari sebanyak 1 kaplet dan diminum sesudah makan.

Sakit kepala migrain biasanya juga dapat menjalar hingga ke leher dan mata. Ini tentunya sangat mengganggu kenyamanan aktivitas Anda. Penggunaan Bodrex Migra jadi solusi cepat untuk meredakan rasa sakit tersebut.

Kisaran harga: Rp 3 ribu/strip

4. Ibuprofen

obat sakit kepala ibuprofen

Beli Ibuprofen Klik di Sini

Ampuh mengobati rasa nyeri ataupun sakit skala ringan hingga sedang, Anda dapat mengandalkan ibuprofen untuk mengatasi sakit kepala sebelah kanan. Anjuran mengonsumsi ibuprofen adalah setiap tablet 200mg setiap 4-6 jam sekali.

Dosis tersebut mungkin saja ditingkatkan menjadi 400mg sekali konsumsi atas petunjuk dokter.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

5. Paracetamol

obat sakit kepala sebelah paracetamol

Beli Paracetamol Klik di Sini

Mengurangi kadar prostaglandin penyebab nyeri pada tubuh, paracetamol ampuh bermanfaat untuk mengobati sakit kepala sebelah. Obat ini aman untuk dikonsumsi oleh dewasa dan juga anak-anak.

Apabila Anda sedang hamil ataupun menyusui dan membutuhkan bantuan obat untuk mengatasi sakit kepala sebelah. Namun tentunya, penggunaan obat pada masa hamil dan menyusui tetap harus dibawah pengawasan dokter.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

6. Paramex Tablet

obat sakit kepala di apotik paramex tablet

Beli Paramex Tablet Klik di Sini

Paramex merupakan obat sakit kepala yang mengandung paracetamol, propyphenazone, kafein dan juga dechlorpheniramine maleate di dalamnya. Dapat digunakan untuk dewasa dan juga anak diatas usia 12 tahun, dosis anjuran Paramex adalah 2-3 kali sehari 1 tablet.

Kisaran harga: Rp 3 ribu/strip

7. Puyer No.16

obat sakit kepala sebelah puyer no 16

Beli Puyer No 16 Klik di Sini

Obat sakit kepala berbentuk serbuk, Puyer No. 16 secara efektif mengatasi migrain. Kandungan dalam obat ini adalah paracetamol, acetylsalicylic acid dan juga kafein.

Anjuran mengonsumsi obat puyer ini adalah 3 kali sehari 1 bungkus untuk dewasa dan anak-anak pada umur tertentu.

Kisaran harga: Rp 10 ribu/pack

8. Farsifen Plus

obat sakit kepala sebelah di apotik farsifen plus

Beli Farsifen Plus Klik di Sini

Dengan kandungan paracetamol, ibuprofen dan juga kafein di dalam Farsifen Plus membuat obat ini ampuh menjadi andalan saat sakit kepala sebelah. Selain itu, Farsifen Plus juga dapat meredakan sakit gigi, nyeri saat haid hingga nyeri otot.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

9. Mefenamic Acid

obat sakit kepala belakang mefenamic acid

Beli Asam Mefenamat Klik di Sini

Bekerja efektif untuk menghambat pembentukan prostaglandin, mefenamic acid atau asam mefenamat berfungsi untuk mengatasi nyeri ringan sampai sedang. Apabila sakit kepala sebelah kanan atas maupun belakang menyerang, obat ini dapat menjadi andalannya.

Perlu diperhatikan bahwa penggunaan obat ini tidak disarankan untuk dikonsumsi jangka panjang dan harus sesuai saran dokter. Anjuran dosis mefenamic acid adalah 250-500mg setiap 6 jam sekali.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

10. Poldan Mig

obat sakit kepala sebelah poldan mig

Beli Poldan Mig Klik di Sini

Poldan Mig memiliki kandungan paracetamol, acetylsalicylic acid dan juga kafein di dalamnya. Obat ini bekerja efektif untuk meredakan nyeri saat sakit kepala sebelah secara cepat.

Dosis anjuran untuk mengonsumsi obat sakit kepala ini adalah 3-4 kali sehari dengan aturan 1 kaplet sekali minum. Obat ini hanya diperbolehkan untuk dewasa dan dikonsumsi sesudah makan.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

11. Aknil Tablet

obat sakit kepala aknil tablet

Beli Aknil Tablet Klik di Sini

Salah satu obat sakit kepala yang dapat Anda gunakan adalah Aknil Tablet. Obat ini mengkombinasikan ibuprofen dan juga paracetamol yang ampuh untuk mengatasi nyeri saat sakit kepala sebelah maupun sakit kepala biasa, sakit gigi hingga nyeri haid.

Kisaran harga: Rp 9 ribu/strip

12. Proris

obat sakit kepala di apotek proris

Beli Proris Klik di Sini

Mengandung zat aktif ibuprofen 200mg, proris merupakan obat ampuh untuk meredakan rasa sakit kepala sebelah. Anda dapat mengonsumsi obat ini setiap 4-6 jam sekali atau seseuai dosis yang dianjurkan.

Proris juga merupakan obat yang aman untuk dikonsumsi oleh anak-anak, namun pastikan untuk selalu mengikuti dosis yang tertera pada kemasan. Apabila kondisi tidak kunjung membaik, segera konsultasikan pada dokter ahli.

Kisaran harga: Rp 12 ribu/strip

13. Gratizin

obat sakit kepala sebelah kanan di apotek gratizin

Beli Gratizin Klik di Sini

Selanjutnya, Anda juga dapat memanfaatkan Gratizin untuk mengatasi serangan sakit kepala sebelah atau migrain. Obat ini memiliki kandungan flunarizine di dalamnya.

Termasuk ke dalam golongan obat keras, Anda memerlukan resep dokter untuk mendapatkannya.

Kisaran harga: Rp 60 ribu/strip

14. Sanmol

obat sakit kepala di apotek sanmol

Beli Sanmol Klik di Sini

Bekerja dengan cara menghambat prostaglandin penyebab nyeri pada tubuh, Sanmol memiliki kandungan paracetamol 500mg di dalamnya. Obat ini aman untuk diberikan pada orang dewasa hingga anak usia 6-12 tahun.

Selain ampuh menjadi obat sakit kepala sebelah, Sanmol juga bermanfaat meringankan sakit gigi dan menurunkan demam.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/strip

15. Bodrex Tablet

obat sakit kepala di apotik bodrex tablet

Beli Bodrex Tablet Klik di Sini

Mengkombinasikan paracetamol dengan kafein, Bodrex Tablet bekerja efektif sebagai anti nyeri dan mengatasi sakit kepala. Dosis anjuran mengonsumsi obat ini adalah 3-4 kali sehari sebanyak 1-2 kaplet tiap kali konsumsi.

Kisaran harga: Rp 5 ribu/strip

Itulah tadi beragam obat sakit kepala sebelah kanan yang tersedia di apotik dan dapat Anda coba gunakan. Apabila menginginkan pengobatan migrain dengan cara alami, Anda dapat mengonsumsi secangkir Herbadrink Sari Jahe hangat.

Jika migrain terus berulang menyerang dan tidak kunjung membaik, jangan ragu untuk periksa ke dokter ahli. Rasa sakit tersebut bisa saja menjadi pertanda masalah kesehatan yang lebih serius.

Sakit kepala tiba-tiba dan butuh obat cepat? Tidak perlu ambil resiko keluar rumah, semua jadi lebih praktis dengan K24Klik! Aplikasi kami tersedia di Play Store dan juga App Store, siap melayani Anda 24 jam nonstop dengan jaminan obat 1 jam sampai.

Referensi:

https://www.healthline.com/health/migraine#symptoms diakses pada 2 November 2023

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/migraine-headache/diagnosis-treatment/drc-20360207#:~:text=Triptans.,relieve%20many%20symptoms%20of%20migraine diakses pada 2 November 2023