13 Obat Tipes Paling Ampuh di Apotik dan Harganya

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Obat Tipes Paling Ampuh di Apotik dan Harganya

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Obat tipes dibutuhkan ketika gejala tipis seperti demam tinggi, diare dan juga mual menyerang. Jika tidak segera diatasi, tipes dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya.

Penyakit tipes disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi dan memengaruhi saluran usus dan aliran darah. Apabila tidak segera diatasi dengan beragam obat tipes di apotek ataupun dari dokter, penyakit dapat bertambah parah dan membuat kesehatan tubuh memburuk.

Beberapa gejala tipes yang biasanya dialami oleh sesorang adalah demam tinggi, sakit kepala, kelelahan, nyeri otot hingga kehilangan nafsu makan. Komplikasi mungkin saja dialami ketika penyakit ini ini tidak ditangani dengan tepat dan segera.

Bakteri Salmonella typhi sendiri biasnaya hidup di air ataupun makanan manusia yang telah terkontaminasi. Anda perlu memastikan kebersihan makanan dengan teliti untuk menghindari kontaminasi bakteri berbahaya yang satu ini.

Baca juga: 12 Obat Tipes Alami Cepat Sembuh

Rekomendasi Obat Tipes Paling Ampuh di Apotik K24 dan Harganya

Jika sudah terserang tipes, apa yang harus dilakukan? Sebelum mulai mengonsumsi obat-obatan, ada baiknya untuk Anda berkonsultasi ke dokter ahli terlebih dahulu.

Berikut ini merupakan beberapa obat tipes paling ampuh di apotik dan harganya yang bisa Anda gunakan. Termasuk penyakit infeksi bakteri yang serius, beberapa obat membutuhkan resep dokter untuk mendapatkannya.

1. Daiticin

obat tipes di apotik daiticin

Beli Daiticin Klik di Sini

Memiliki kandungan aktif tiamfenikol sebanyak 500mg di dalamnya, Daiticin merupakan obat yang ampuh untuk mengatasi beragam infeksi bakteri pada tubuh termasuk Salmonella typhi.

Penggunaan obat antibiotik ini harus berdasarkan petunjuk dokter dan sesuai dosis yang dianjurkan.

Kisaran harga: Rp 17 ribu/strip

2. Siantan Demam Typhus

obat tipes siantan demam typhus

Beli Siantan Demam Typhus Tablet Klik di Sini

Tidak hanya obat-obatan kimia, penggunaan obat herbal juga dapat menjadi pilihan untuk mengatasi tipes. Siantan Demam Typhus Tablet mengandung berbagai ekstrak herbal bermanfaat yang ampuh mengobati demam akibat infeksi bakteri Salmonella typhi.

Anjuran penggunaan obat ini disesuaikan berdasarkan usia penderita tipes ataupun mengikuti petunjuk dokter. Berikut ini merupakan aturan pakai Siantan Demam Typhus sesuai yang tertera pada kemasan.

  • Dewasa: 3 x 4 kapsul setiap harinya
  • Balita dan Anak: 3×2 kapsul per hari, khusus balita, serbuk dilarutkan air 1 sendok dan madu.

Kisaran harga: Rp 43 ribu per pcs

3. Floxigra

obat tipes yang ampuh floxigra

Beli Floxigra Klik di Sini

Antibiotik kandungan ciprofloxacin, floxigra merupakan salah satu obat infeksi bakteri yang dapat membantu mengatasi beragam gejala tipes.

Dapat dikonsumsi bersama ataupun tanpa makanan, obat antibiotik ini hanya boleh dikonsumsi atas saran dari dokter. Pembelian obat ini di apotik pun membutuhkan resep dokter.

Kisaran harga: Rp 8 ribu/strip

4. Fixacef

obat tipes paling ampuh fixacef

Beli Fixacef Klik di Sini

Fixacef merupakan obat berbentuk kaplet yang memiliki kandungan bahan aktif Cefixime. Kegunaan Fixacef adalah untuk mengatasi tipes, sekaligus beberapa penyakit lain, yaitu infeksi saluran kemih, faringitis, bronkitis, otitis media, dan tonsilitis.

Merupakan golongan antibiotik sefalosporin, obat ini termasuk ke dalam golongan obat keras yang penggunaannya harus berdasarkan resep dokter.

Kisaran harga: Rp 35 ribu per tablet

5. Zithromax

obat tipes zithromax

Beli Zithromax Klik di Sini

Antibiotik golongan makrolida, zithromax ampuh digunakan untuk pengobatan tipes baik pada anak-anak maupun dewasa. Kandungan dari obat ini adalah azitromisin dengan takaran 250 mg dalam setiap tabletnya.

Untuk dosis penggunaan antibiotik ini disesuaikan dengan keparahan kondisi dan juga usia penderita tipes. Pastikan untuk mengikuti anjuran dokter dan mengonsumsi antibiotik ini sampai habis.

Kisaran harga: Rp 48 ribu/tablet

6. Kalmicetine

obat tipes kalmicetine

Beli Kalmicetine Klik di Sini

Kalmicetine merupakan antibiotik yang dapat diandalkan untuk mengatasi berbagai infeksi dalam tahap serius. Kloramfenikol dalam obat ini ampuh dalam membasmi bakteri dan menghentikan pertumbuhannya sehingga tidak menyebabkan gangguan pada tubuh.

Obat ini dapat bermanfaat untuk mengatasi beragam masalah kesehatan seperti demam tifoid, bakterimia akibat bakteri Salmonella. Kemudian juga dapat membantu meredakan influenza, meningitis, pneumonia hingga infeksi saluran pencernaan.

Kisaran harga: Rp 13 ribu/strip

7 . Vermint Forte Kapsul

obat tipes di apotek vermint forte kapsul

Beli Vermint Forte Kapsul Klik di Sini

Obat herbal tipes dengan kandungan lumbricus rubellus, Vermint Forte Kapsul dapat digunakan sebagai obat tipes anak dan juga dewasa. Anjuran mengonsumsi obat ini adalah 3 kali sehari dengan ketentuan 2 kapsul untuk dewasa dan 1 kapsul untuk anak-anak.

Kisaran harga: Rp 106 ribu/dos

8. Colsancetine Sirup

obat tipes di apotik colsancetine sirup

Beli Colcansetine Sirup Klik di Sini

Salah satu obat tipes di apotik yang dapat Anda manfaatkan adalah Colsancetine Sirup. Obat ini memiliki kandungan chloramphenicol palmitate di dalamnya. Antibiotik ini biasanya digunakan untuk pengobatan tipes, pneumonia hingga infeksi saluran kemih.

Termasuk ke dalam golongan obat keras, pastikan untuk berkonsultasi pada dokter ahli sebelum menggunakan obat ini.

Kisaran harga: Rp 15 ribu/botol

9. Tilung Kapsul

obat tipes tilung kapsul

Beli Tilung Kapsul Klik di Sini

Obat tipes paling ampuh yang biasa digunakan adalah Tilung Kapsul. Obat herbal dengan kandungan ekstrak cacing lumbricus rubbellus ini juga dilengkapi dengan beragam herbal bermanfaat lainnya.

Anda dapat mengonsumsi obat ini 2 kali sehari sebanyak 2 kapsul untuk orang dewasa. Sedangkan penggunaan pada anak-anak, disarankan untuk berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu guna meminimalisir efek samping.

Kisaran harga: Rp 29 ribu/pcs

10. Hufamycetin

obat tipes hufamycetin

Beli Hufamycetin Klik di Sini

Hufamycetin adalah obat yang dapat menyembuhkan penyakit tipes. Obat sakit tipes ini mengandung Kloramfenikol dan dikemas dalam bentuk sirup yang lebih mudah untuk dikonsumsi.

Sebagai antibiotik, Hufamycetin dapat membunuh bakteri yang menimbulkan penyakit. Penyakit tersebut di antaranya adalah demam tifoid, infeksi karena rickettsia, meningitis, dan penyakit demam tifoid. 

Kisaran harga: Rp 12 ribu per botol

11. Urfamycin

obat tipes paling ampuh urfamycin

Beli Urfamycin Klik di Sini

Mengandung thiamphenicol di dalamnya, urfamycin merupakan antibiotik yang ampuh dalam mendukung pengobatan tipes. Obat ini juga biasa digunakan untuk mengatasi infeksi saluran pernapasan, saluran kemih dan juga kelamin.

Penggunaan obat ini harus berdasarkan petunjuk dari dokter dan dikonsumsi sebelum makan.

Kisaran harga: Rp 7 ribu/tablet

12. Zenichlor Sirup

obat tipes di apotek zenichlor

Beli Zenichlor Klik di Sini

Zenichlor merupakan obat tipes yang memiliki kandungan chloramphenicol di dalamnya. Obat yang diproduksi oleh Zenith ini ampuh untuk digunakan dalam pengobatan tipes, pneumonia, infeksi saluran kemih dan lain sebagainya.

Saran penggunaan obat ini adalah dikonsumsi saat perut masih kosong atau selisih 1 jam sebelum waktu makan. Pastikan untuk berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan obat golongan keras ini.

Kisaran harga: Rp 14 ribu/botol

13. Fermino Kapsul

obat tipes fermino kapsul

Beli Fermino Kapsul Klik di Sini

Dengan kandungan ekstrak lumbricus rubellus, Fermino kapsul dapat membantu Anda untuk meredakan demam saat tipes. Obat herbal yang satu ini juga aman untuk dikonsumsi baik penderita tipes dewasa maupun anak-anak.

Pastikan untuk selalu mengikuti dosis anjuran yang tertera di kemasan dan mengonsumsi fermino kapsul setelah makan.

Kisaran harga: Rp 68 ribu/dos

Nah, itulah beberapa rekomendasi obat tipes yang bisa digunakan dan tersedia di apotik. Jangan lupa untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

Butuh obat disaat darurat? Tenang, K24Klik siap membantu Anda! Akses aplikasi kami di Play Store dan juga App Store, dapatkan manfaat beli obat jadi lebih praktis dengan beragam promo menarik dan jaminan 1 jam sampai.

Referensi:

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/typhoid-fever/symptoms-causes/syc-20378661 diakses pada 28 Oktober 2023

https://www.webmd.com/a-to-z-guides/typhoid-fever diakses pada 28 Oktober 2023