Perbedaan Sunscreen dan Sunblock

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

perbedaan sunscreen dan sunblock

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Meski sama-sama berfungsi untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari, terdapat beberapa perbedaan sunscreen dan sunblock yang penting untuk diketahui.

Sunscreen dan sunblock merupakan produk ampuh untuk melindungi kulit dari bahaya sinar rasidasi ultraviolet (UV). Meski memiliki manfaat yang sama, namun terdapat beberapa perbedaan sunscreen dan sunblock yang memengaruhi penggunaannya.

Apabila paparan sinar UV langsung mengenai kulit, beberapa masalah kesehatan mungkin akan muncul dalam jangka panjang. Misalnya adalah meningkatnya resiko kanker kulit, muncul flek hitam dan tanda-tanda penuaan dini.

Baca juga: 10 Manfaat Sunscreen untuk Kesehatan Kulit

Oleh karena itu, penggunaan sunscreen dan sunblock pun menjadi kebutuhan penting untuk Anda perhatikan.

Perbedaan Sunblock dan Sunscreen

Sama-sama bertujuan untuk melindungi kulit dari bahaya paparan sinar UV, tahukah Anda bahwa sunblock dan sunscreen ternyata berbeda? Kedua produk ini memang sangat efektif untuk digunakan sebelum beraktivitas di luar ruangan yang terkena paparan sinar matahari.

Berikut ini merupakan beberapa perbedaan sunblock dan sunscreen yang perlu Anda ketahui untuk memaksimalkan penggunaan.

1. Cara Kerja

Sunblock merupakan produk yang dapat membentuk lapisan fisik di atas kulit untuk menangkal sinar UV. Penggunaan sunblock sangat tepat ketika Anda memiliki kegiatan di luar ruangan seharian dengan waktu buruk paparan sinar matahari.

Sedangkan sunscreen bekerja dengan cara memfilter paparan sinar UV sebelum mencapai kulit secara langsung. Jadi, penggunaan suncreen masih membiarkan sedikit sinar UV mengenai kulit dengan potensi bahaya yang minim.

sunscreen somethinc glowing stick

Beli Somethinc Glowing Up Sunscreen Klik di Sini

2. Tekstur

Produk sunscreen memiliki tekstur yang cenderung lebih ringan dibandingkan sunblock. Dengan tekstur ringan ini, sunscreen akan lebih mudah menyerap ke kulit dan nyaman untuk digunakan sehari-hari.

Berbeda dengan sunscreen, sunblock memiliki tekstur lebih kental dan cenderung sulit menyerap pada kulit. Saat mengaplikasikan sunblock pada kulit, Anda dapat merasakan kulit terasa lebih kaku dan membentuk lapisan fisik yang jelas.

Dengan perbedaan tekstur ini, Anda mungkin dapat mempertimbangkan bagaimana penggunaan sunscreen dan sunblock yang tepat sesuai aktivitas harian.

3. Kandungan Produk

Kandungan bahan aktif dalam sunblock sendiri biasanya adalah titanium dioxide dan juga zinc oxide. Kedua mineral tersebut bekerja secara efektif untuk memantulkan sinar matahari yang mengenai kulit.

Sedangkan sunscreen memiliki kandungan zat aktif oxybenzone ataupun avobenzone. Kandungan bahan yang terkandung dalam sunscreen ini dapat menyerap sinar UV dan meminimalisir bahaya dari paparannya ke kulit.

4. Efektivitas Perlindungan

Diantara sunblock dan sunscreen, manakah yang lebih efektif untuk melindungi kulit dari bahaya paparan sinar UV? Sebelum memahami efektivitas perlindungan dari kedua produk tersebut, Anda perlu mengetahui bahwa bahaya sinar UV sendiri terbagi dalam 2 jenis.

Pertama, terdapat sinar UVA yang dapat menimbulkan beragam tanda penuaan dini pada kulit seperti flek hitam dan kerutan. Kemudian terdapat sinar UVB, paparan sinar UV jenis ini dapat mengakibatkan warna kulit menjadi gelap hingga menimbulkan luka bakar.

Baik sinar UVA maupun UVB, keduanya sama-sama memiliki bahaya meningkatkan resiko kanker kulit apabila tidak ditangani dengan tepat.

Nah, perbedaan efektivitas perlindungan antara sunblock dan sunscreen berkaitan dengan dua jenis sinar UV tersebut. Pada sebagian besar sunblock biasanya sudah ampuh memberikan perlindungan terdapat sinar UVA dan UVB.

Sedangkan tidak semua sunscreen dapat memberikan perlindungan yang setara dengan sunblock. Beberapa sunscreen biasanya hanya mampu untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UVB.

sunscreen parasol lotion

Beli Parasol Sunscreen Lotion Klik di Sini

Apa itu Sunscreen?

Sunscreen adalah produk tabir surya yang bermanfaat untuk melindungi kulit dari bahaya paparan sinar UV. Saat ini, sudah banyak jenis sunscreen yang marak dipergunakan mulai dari gel, lotion, spray hingga foam.

Penggunaan sunscreen sendiri disarankan rutin setiap hari, terutama di waktu paparan sinar UV sangat kuat yaitu pukul 10 pagi hingga 3 sore. Apabila Anda memiliki aktivitas luar ruangan yang padat, maka pemakaian ulang atau reapply sunscreen sangat dibutuhkan.

Cara pemakaian sunscreen yang tepat adalah 20-30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan.

Apa itu Sunblock?

Sunblock adalah produk perawatan kulit yang berfungsi untuk menghalangi paparan sinar UV menyentuh kulit secara langsung. Tektsur dari sunblock sendiri biasanya sulit menyerap ke kulit karena memiliki tujuan utama yaitu membentuk lapisan fisik perlindungan.

Penggunaan sunblock dapat membantu Anda memantulkan kembali sinar UV yang mengenai kulit. Berbeda dengan sunscreen yang biasanya hanya diaplikasikan di wajah, sunblock dapat digunakan pada seluruh bagian tubuh yang terpapar sinar UV.

Apabila tekstur sunblock pada kulit tubuh terasa berat, Anda juga dapat memanfaatkan alternatif lainnya yaitu lotion yang memiliki kandungan SPF di dalamnya.

parasol sunscreen gel

Beli Parasol Sunscreen Gel Klik di Sini

Kelebihan dan Kekurangan Masing-Masing

Diantara sunblock dan sunscreen, tabir surya manakah yang lebih baik untuk Anda gunakan? Berikut ini merupakan beberapa kelebihan dan kekurangan masing-masing dari sunblock dan suncreen yang perlu Anda ketahui.

Kelebihan dan Kekurangan Sunscreen

Salah satu kelebihan dari penggunaan sunscreen adalah formula yang sangat ringan dan beberapa tekstur bening yang mudah diaplikasikan. Ketika Anda menggunakan sunscreen, kulit tidak akan terlihat mengkilap ataupun merusak penampilan.

Sedangkan kekurangan sunscreen adalah tidak mampu memberikan perlindungan maksimal saat Anda terpapar sinar matahari yang terik. Hal ini membuat Anda perlu untuk reapply sunscreen setiap beberapa saat agar kembali efektif melindungi kulit.

Terbuat dari bahan aktif avobenzene ataupun oxybenzene, beberapa sunscreen juga memiliki potensi mengiritasi kulit.

Kelebihan dan Kekurangan Sunblock

Berbeda dengan sunscreen, kekurangan tekstur sunblock adalah cenderung pekat dan sulit untuk meresap pada kulit. Tidak heran apabila saat Anda menggunakan sunblock, muncul white cast pada kulit yang terkadang cukup mengganggu penampilan.

Anda mungkin juga akan cukup kesulitan untuk membilas bersih kulit dari sunblock dibandingkan dengan sunscreen. Namun, efektivitas sunblock untuk menghadapi paparan sinar matahari ekstrim sangatlah dapat diandalkan.

Kelebihan lain dari penggunaan sunblock adalah tidak perlu rutin melakukan reapply seperti sunscreen. Kandungan bahan aktif dalam sunblock juga aman untuk kulit sensitif karena jarang menimbulkan iritasi.

acanthe sunscreen cream spf 30

Beli Acanthe Sunscreen Cream Klik di Sini

Kesimpulan

Lalu, jenis tabir surya mana yang lebih tepat untuk Anda gunakan? Penyesuaian produk perlindungan kulit dapat dilihat dari seberapa lama Anda akan beraktivitas di luar ruangan, di waktu seterik apa.

Mengingat perbedaan cara kerja dan juga efektivitas perlindungan, Anda mungkin akan lebih memerlukan sunblock saat bepergian lama. Misalnya ketika ingin berlibur ke pantai di siang terik matahari, penggunaan sunblock pada kulit tubuh sangatlah disarankan.

Namun, apabila Anda melakukan lebih banyak aktivitas di dalam ruangan yang minim paparan sinar matahari maka penggunaan sunscreen pun sudah cukup.

Selain itu, perbedaan sunblock dan sunscreen yang perlu Anda perhatikan lagi adalah tekstur dan kandungan bahan aktif di dalamnya. Hal ini menyangkut sensitivitas kulit dan juga kenyamanan penampilan Anda.

Mengetahui perbedaan sunscreen dan sunblock seperti informasi yang tertera di atas sendiri sangatlah penting demi perlindungan terbaik untuk kulit Anda. Jadi, apakah sekarang Anda sudah paham harus menggunakan tabir surya jenis apa?

Apabila sakit tiba-tiba menyerang dan kehabisan stok obat, Anda tak perlu lagi panik! K24Klik merupakan aplikasi beli obat online yang siap melayani 24 jam nonstop, jaminan pengiriman cepat dan produk 100% asli.

Ingin dapatkan harga terbaik dan promo menarik dari kami? Yuk segera unduh aplikasi K24Klik di Play Store dan juga App Store sekarang juga!

Referensi:

https://www.verywellhealth.com/sunscreen-or-sunblock-514381 diakses pada 8 Desember 2023

https://www.bswhealth.com/blog/sunblock-vs-sunscreen#:~:text=The%20difference%20between%20sunscreen%20and%20sunblock&text=Most%20sunscreens%20only%20cover%20UV,A%20and%20UV%2DB%20rays diakses pada 8 Desember 2023