Rhinos SR – Manfaat, Dosis dan Efek Samping

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Rhinos SR - Manfaat, Dosis dan Efek Samping
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Rhinitis alergi merupakan jenis gangguan kesehatan yang disebabkan oleh reaksi alergi. Cara mengatasinya tidak sulit. Rhinos SR adalah jenis obat yang memiliki manfaat dalam meringankan gejala yang timbul akibat rhinitis alergi. Selain itu, Anda bisa pula menggunakan obat ini untuk mengatasi common cold atau pilek.

Manfaat Rhinos SR dalam meredakan berbagai gejala alergi membuatnya sebagai pilihan obat yang cukup sering digunakan masyarakat. Oleh karena itu, Anda perlu memahami dosis, cara pemakaian, serta efek samping yang bisa muncul akibat penggunaannya. Dengan begitu, Anda bisa memperoleh manfaat obat ini secara tepat.

Manfaat Rhinos SR

Rhinos SR merupakan jenis obat yang bertujuan untuk meringankan gejala rhinitis alergi. Gejala tersebut meliputi, rasa gatal di hidung, hidung tersumbat, bersin, serta mata berair. Hanya saja, Anda harus tahu kalau pemakaian obat hanya ditujukan untuk penanganan jangka pendek. Dokter tak akan menyarankan konsumsi obat ini dalam jangka panjang.

Rhinos SR - Manfaat, Dosis

Beli Rhinos SR Klik di Sini

Kandungan Rhinos SR

Terdapat 2 kandungan utama yang ada dalam setiap kapsul Rhinos SR, yaitu pseudoephedrine HCL dan loratadine. Keduanya memiliki kegunaan sebagai berikut:

  • Loratadine. Manfaat Rhinos SR dalam meringankan gejala rhinitis alergi berkaitan erat dengan kandungan loratadine. Senyawa ini yang merupakan zat antihistamin. Keberadaannya pun bisa menghambat aktivitas senyawa histamin yang merupakan reaksi tubuh saat terpapar alergen.
  • Pseudoephedrine HCL. Senyawa ini termasuk obat kategori dekongestan. Keberadaannya bisa membantu tubuh dalam meredakan pembengkakan yang terjadi pada rongga hidung dan sekaligus mengecilkan pembuluh darah. Dengan begitu, permasalahan hidung tersumbat bisa lebih ringan.

Jenis Obat Rhinos SR

Anda tidak bisa sembarangan dalam membeli dan mengonsumsi obat Rhinos SR kapsul. Alasan utamanya adalah karena kapsul ini termasuk dalam kategori obat keras. Artinya, penggunaannya berlaku secara terbatas dan hanya boleh dengan resep dokter.

Tidak hanya harus disertai dengan resep dokter, pembelian obat keras untuk penanganan rhinitis alergi ini juga tidak bisa di sembarang tempat. Anda hanya bisa menemukannya di fasilitas pelayanan kesehatan seperti puskesmas, apotek, klinik, atau rumah sakit.

Dosis dan Aturan Pakai Rhinos SR

Dalam pemakaiannya sebagai obat antialergi dan pilek, Anda harus mengetahui dosis Rhinos SR. Konsumsi obat keras ini ditujukan untuk mereka yang telah berusia lebih dari 12 tahun. Selanjutnya, dosis pemakaiannya adalah sebanyak 1 kapsul per 12 jam.

Selanjutnya, Anda perlu memperhatikan aturan pakai dari kapsul ini sebagai berikut:

  • Ikuti petunjuk pemakaian dari dokter. Jangan membiasakan untuk menambah atau mengurangi dosis obat.
  • Rhinos SR merupakan jenis obat yang bisa Anda konsumsi baik sebelum atau sesudah makan.
  • Untuk memperoleh manfaat Rhinos SR secara maksimal, usahakan untuk mengonsumsinya pada jam yang sama.
  • Biasakan untuk menelan Rhinos SR kapsul dalam bentuk utuh. Anda bisa melakukannya lewat bantuan segelas air putih. Hindari kebiasaan meminum obat ini dengan terlebih dulu membuka kapsul. Cara konsumsi seperti ini dapat berpengaruh pada meningkatnya risiko efek samping obat.
  • Kalau lupa minum Rhinos SR dan jeda waktu konsumsi obat berikutnya masih lama, segera minum obat. Namun, kalau jeda waktu minum obat selanjutnya sudah dekat, Anda bisa melewatkan dosis yang terlupa.
  • Bila Anda sudah mengonsumsi obat ini dalam waktu yang cukup panjang dan tidak ada efek gejala rhinitis alergi mereda, segera kunjungi dokter. Jangan tergesa-gesa untuk menghentikan pemakaiannya. Hentikan konsumsi obat antialergi ini setelah berkonsultasi dengan dokter.
  • Tempatkan Rhinos SR kapsul pada area penyimpanan yang kering dan tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa obat tersebut berada jauh dari jangkauan anak-anak.

Peringatan Tentang Rhinos SR

Ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum mengonsumsi obat Rhinos SR, yaitu:

  • Konsumsi Rhinos SR tak disarankan untuk orang dengan gangguan penyakit tertentu, seperti hipertensi, jantung koroner, retensi urine, aritmia, hipertiroidisme, ataupun angina pektoris. Oleh karena itu, jelaskan kondisi kesehatan tubuh Anda secara jelas ketika berkonsultasi dengan dokter.
  • Orang yang mempunyai alergi pseudoephedrine atau loratadine harus menghindari konsumsi Rhinos SR. Jadi, Anda perlu menjelaskan riwayat alergi tersebut ketika melakukan konsultasi kesehatan.
  • Kalau mengonsumsi obat kategori monoamine oxidase inhibitors (MAOI) dalam kurun 10-14 hari sebelumnya, beritahukan kepada dokter. Obat MAOI seperti, isocarboxazid, selegiline, phenelzine, dan tranylcypromine merupakan jenis obat yang bertujuan untuk meredakan gejala depresi.
  • Hindari konsumsi minuman yang memiliki kandungan alkohol saat mengonsumsi Rhinos SR. Konsumsi alkohol bisa menimbulkan risiko efek samping yang lebih tinggi dari obat ini.
  • Informasikan dokter terkait kebiasaan mengonsumsi produk herbal, suplemen, atau obat yang tengah Anda lakukan. Tujuannya adalah agar dokter dapat melakukan antisipasi adanya interaksi antarobat.
  • Kalau Anda merasakan demam atau gejala yang tak kunjung reda setelah menggunakan Rhinos SR, lakukan pemeriksaan ke dokter.
  • Kalau muncul efek samping serius atau terdapat reaksi alergi terhadap obat, segera periksakan diri ke dokter.

Efek Samping dan Bahaya Rhinos SR

Ada beberapa efek samping yang dapat muncul akibat konsumsi Rhinos SR, termasuk di antaranya adalah

  • Rasa kantuk
  • Insomnia
  • Pusing
  • Tenggorokan, hidung, atau mulut yang terasa kering

Kalau efek samping tersebut terus muncul dan bahkan makin parah, konsultasikan segera kepada dokter. Selain itu, Anda juga perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter ketika mendapati efek samping yang serius seperti:

  • Nyeri pada bagian mata
  • Tubuh mengalami kejang-kejang
  • Kesulitan buang air kecil
  • Gelisah, pusing, dan tidak bisa diam
  • Jantung berdebar

Rhinos SR untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Konsumsi obat Rhinos SR tidak diperbolehkan untuk anak di bawah usia 12 tahun. Sementara itu, penggunaannya pada ibu hamil dan menyusui harus dengan saran dokter. Apalagi, Anda harus tahu kalau sampai saat ini belum ada bukti terkait keamanan konsumsi pseudoephedrine pada ibu hamil.

Sebagai tambahan, Anda juga perlu mengetahui kalau kandungan pseudoephedrine serta loratadine bisa mempengaruhi ASI. Oleh karenanya, Anda perlu melakukan konsultasi dengan dokter ketika ingin mengonsumsi obat ini.

Itulah penjelasan lengkap mengenai penggunaan Rhinos SR. Dengan memperhatikan aturan pakai dan efek sampingnya, Anda perlu bijak ketika meminum obat ini. Ketika membutuhkan obat ini untuk mengatasi gejala alergi, Anda dapat membelinya dengan mudah.

Saat ini tersedia layanan K24Klik. Dengan K24Klik, Anda bisa memperoleh berbagai jenis obat dengan mudah dan praktis tanpa harus datang ke apotek K24 terdekat. Segala jenis obat bisa Anda pesan cukup dengan menggunakan aplikasi K24Klik, tersedia di PlayStore dan AppStore, Gratis!