Sucralfate Obat Apa? Manfaat, Dosis dan Efek Samping

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

sucralfate obat apa_manfaat dosis efek samping

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Sucralfate adalah obat yang digunakan untuk mengatasi peningkatan asam lambung dan juga peradangan pada lambung seperti GERD, dispepsia, gastritis kronis hingga tukak lambung.

Luka pada lambung dapat membuat permasalahan kesehatan yang mengganggu dan menimbulkan beberapa gejala seperti mual muntah dan nyeri di ulu hati. Untuk mengatasi gangguan tersebut, sucralfate menjadi salah satu obat yang sering direkomendasikan.

Obat lambung yang satu ini bekerja efektif dalam memberikan perlindungan terhadap luka yang ada di lambung, sekaligus meredakan beragam gejala yang mengganggu. Namun perlu diperhatikan, penggunaan obat ini harus sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang ada.

Penggunaan obat-obatan apapun yang tidak sesuai anjuran dapat meningkatkan potensi terjadinya efek samping mengganggu dan mengurangi efektivitas obat.

Baca juga: 20 Obat Asam Lambung Paling Ampuh di Apotik

Manfaat Sucralfate

Secara umum, manfaat dari sucralfate adalah mengatasi tukak lambung dan juga beragam permasalahan lambung lainnya yang diakibatkan oleh peradangan maupun peningkatan asam lambung.

Berikut ini merupakan beberapa masalah kesehatan yang dapat diobati menggunakan sucralfate dan perlu untuk Anda ketahui.

  • Dispepsia
  • Tukak lambung
  • Ulkus duodenum
  • Gatritis kronis atau GERD

Dosis dan Aturan Pakai

Penggunaan obat lambung yang satu ini tergantung pada jenis penyakit, tingkat keparahan dan juga hasil diagnosa dokter.

Untuk pengobatan gastritis kronis atau GERD, berikut ini merupakan aturan pakai yang harus diperhatikan.

  • Anjuran mengonsumsi sucralfate untuk pengobatan ini adalah setiap waktu makan dan juga sebelum tidur, 4 kali sehari dengan dosis 1 gram tiap kali minum.
  • Bisa juga, 2 kali sehari pada waktu sarapan ataupun sebelum tidur dengan aturan 2 gram tiap kali minum.
  • Penggunaan obat ini untuk 4-8 minggu atau bisa juga hingga 12 minggu atas pertimbangan dokter.

Sedangkan untuk mengatasi duodenal ulcer, Anda dapat memperhatikan dosis di bawah ini.

  • Pengobatan jangka pendek untuk 4-8 minggu dengan aturan 4 kali sehari, 1 gram sekali minum.
  • Anjuran mengonsumsi obat ini adalah 1-2 jam setelah makan ataupun sebelum tidur.
  • Dosis alternatifnya, Anda dapat disarankan untuk mengonsumsi 2 gram sucralfate sebelum sarapan dan juga sebelum tidur hingga 12 minggu di bawah pengawasan dokter.

Aturan pakai untuk profilaksis pendarahan gastrointestinal pada dewasa adalah 6 kali sehari dengan dosis 1 gram tiap kali minum. Dosis ini dapat ditingkatkan menjadi 8 gram per hari sesuai dengan rekomendasi dokter.

Sebagai catatan, mengonsumsi obat ini boleh dan sangat dianjurkan dalam kondisi perut kosong yaitu sebelum ataupun sesudah makan dan sebelum tidur.

Efek Samping

Terdapat beberapa efek samping yang mungkin Anda rasakan ketika mengonsumsi obat sucralfate. Berikut ini merupakan efek samping ringan yang umum dirasakan namun tetap perlu untuk Anda perhatikan.

Selain beberapa efek samping di atas, Anda mungkin dapat merasakan efek samping lain yang memiliki potensi membahayakan seperti hiperglikemia.

Apabila mengalami efek samping yang tidak kunjung membaik, segera hentikan penggunaan obat dan konsultasikan langsung pada dokter ahli untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan mencegah masalah kesehatan kronis.

Peringatan Penggunaan

Meski manfaat utamanya adalah mendukung pengobatan tukak lambung, namun penggunaan sucralfate sendiri memiliki beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan. Hal ini guna menghindari dampak-dampak yang membahayakan untuk kesehatan tubuh.

Berikut ini merupakan peringatan penggunaan obat sucralfate yang perlu untuk Anda perhatikan.

  • Jangan mengonsumsi obat lambung lainnya seperti antasida dengan jarak 30 menit atau kurang dari setelah penggunaan obat ini.
  • Potensi interaksi obat dapat saja terjadi sehingga pastikan untuk berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu apabila memiliki obat yang wajib konsumsi seperti penderita gagal ginjal atau penyakit kronis lainnya.
  • Apabila perlu mengonsumsi obat lain, pastikan memberi jarak setidaknya 2 jam sebelum ataupun sesudah menggunakan sucralfate.
  • Pemberikan sucralfate suspensi ataupun sucralfate sirup dengan dosis yang tidak tepat dapat meningkatkan resiko komplikasi serius.

Pastikan untuk selalu membaca aturan pakai dari obat ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, termasuk terjadinya efek samping parah.

Rekomendasi Sucralfate di Apotik

Sediaan obat lambung yang paling disarankan ini adalah dalam bentuk cair yaitu sirup suspensi. Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi sucralfate yang ada di apotik dan dapat Anda beli secara praktis di K24Klik.

1. Sucralfate Dexa Suspensi

sucralfate suspensi

Beli Sucralfate Dexa Suspensi Klik di Sini

Salah satu sucralfate syrup yang dapat Anda manfaatkan merupakan produksi dari Dexa Medica. Kandungan dalam obat ini adalah sucralfate 500 mg dan dapat dikonsumsi sesuai aturan pakai yang ada.

Beberapa jenis obat dapat menimbulkan interaksi jika dikonsumsi dengan obat ini diantaranya ketoconazole dan juga fenitoin.

Kisaran harga: Rp 32 ribu/botol

2. Inpepsa

obat inpepsa suspensi

Beli Inpepsa Klik di Sini

Termasuk dalam golongan obat keras, Inpepsa merupakan obat yang dapat Anda beli menggunakan resep dokter ataupun memanfaatkan layanan Dokter Siaga Online dari K24Klik. 

Inpepsa sucralfate ini biasa diresepkan untuk pengobatan tukak duodenum dan juga gastritis kronik.

Kisaran harga: Rp 108 ribu/botol

3. Sucralfate Sirup Promed

sucralfate sirup promed

Beli Sucralfate Sirup Promed Klik di Sini

Harga obat sucralfate sirup dari Promed sendiri cukup terjangkau dan efektif mengatasi permasalahan lambung Anda. Pastikan untuk mengonsumsi obat ini sesuai dosis yang dianjurkan.

Kisaran harga: Rp 29 ribu/botol

4. Ulsidex

ulsidex tablet

Beli Ulsidex Klik di Sini

Selain versi sirup, ada juga obat oral sucralfate yang dikemas dalam bentuk tablet seperti Ulsidex. Dapat dikonsumsi saat lambung kosong, aturan penggunaan Ulsidex adalah 3-4 kali sehari, 2 tablet sekali minum.

Kisaran harga: Rp 17 ribu/strip

5. Nucral Tablet

nucral sucralfate

Beli Nucral Tablet Klik di Sini

Selain Ulsidex, sediaan tablet dari obat ini yang dapat Anda gunakan adalah Nucral. Diproduksi oleh PT. Guardian Pharmatama, Nucral mengandung sucralfate sebanyak 500 mg dalam setiap tabletnya.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/tablet

Nah, itulah tadi informasi lengkap mengenai obat sucralfate beserta manfaat, dosis dan juga efek samping yang perlu untuk Anda ketahui. Periksakan diri pada dokter untuk mendapatkan pengobatan penyakit lambung dengan tepat dan terbaik.

Apabila Anda membutuhkan obat tanpa ribet pergi ke apotek langsung, aplikasi K24Klik dapat menjadi solusi tepat dan praktis. Beli obat online dengan jaminan produk 100% asli, kami siap melayani 24 jam nonstop dengan pengiriman cepat 24 menit sampai.

Tambahan ongkos pengiriman membuat Anda ragu pesan obat secara online? Tenang, gunakan kode voucher K24KLIKGRATISONGKIR khusus untuk Anda di Play Store maupun App Store sekarang juga. (writer/ib)

Referensi:

https://reference.medscape.com/drug/carafate-sucralfate-342006?_gl=1*kkxcdf*_gcl_au*MTY4MDYyMzg3My4xNzE2OTQ3OTYx diakses pada 20 Agustus 2024

https://www.mims.com/indonesia/drug/info/sucralfate?mtype=generic diakses pada 20 Agustus 2024