Tremenza Obat Apa? Manfaat, Dosis dan Efek Samping

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

tremenza-obat-apa_manfaat-dosis-dan-efek-samping

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Tremenza adalah obat yang ampuh untuk meringankan berbagai gejala flu seperti hidung tersumbat dan juga bersin-bersin. Obat ini tidak boleh dikonsumsi sembarangan, memerlukan resep dokter untuk membeli tremenza.

Ketika gejala flu menyerang, pastinya Anda merasa tidak nyaman untuk beraktivitas sehari-hari. Tremenza obat flu dapat menjadi pilihan tepat karena mengandung tripolidine HCl dan juga pseudoephedrin yang bekerja ampuh mengatasi berbagai gejala flu.

Penggunaan obat flu yang satu ini bisa saja menyebabkan berbagai efek samping dan perlu disesuaikan dengan kondisi serta usia pasien, ini yang membuat pertimbangan dokter pun dibutuhkan.

Baca juga: 15 Obat Flu dan Batuk Paling Ampuh di Apotik

Manfaat Tremenza

Termasuk dalam golongan obat keras yang memerlukan resep dokter untuk pembelian, tremenza obat apa? Berikut ini merupakan beberapa manfaat dari obat tremenza yang perlu Anda ketahui.

  • Bantu melegakan pernafasan saat hidung tersumbat atau pilek
  • Meringankan bersin-bersin yang diakibatkan oleh alergi rhinitis dan juga infeksi
  • Meringankan berbagai gejala flu

Kandungan dosis, kombinasi zat aktif dalam obat tremenza tentunya menjadi hal yang penting diperhatikan agar tidak dikonsumsi secara sembarangan. Sebelum memanfaatkan obat tremenza, berikut ini merupakan beberapa gejala flu yang mungkin Anda alami.

Komposisi Tremenza

Baik tremenza tablet maupun tremenza sirup, mengandung dua komposisi utama yaitu triprolidine HCl dan juga pseudoephedrine. Kedua kandungan ini bekerja efektif untuk mengatasi berbagai gejala flu.

Sedangkan masing-masing manfaat dari kandungan obat dalam tremenza adalah sebagai berikut ini.

  • Triprolidine HCl, merupakan zat aktif yang ampuh meredakan berbagai gejala alergi seperti rhinitis dan juga urtikaria. Termasuk ke dalam salah satu antihistamin golongan pertama, triprolidine HCl memiliki efek sedatif rendah
  • Pseudoephedrin, zat aktif yang bekerja sebagai nasal dekongestan yang dapat mengecilkan pembuluh darah untuk meredakan pembengkakan dan penyumbatan pada saluran pernapasan

Jenis Tremenza

Penggunaan obat flu ini dapat disesuaikan dengan kondisi dan juga usia pasien. Berikut ini merupakan dua jenis obat tremenza yang dapat Anda manfaatkan.

1. Tremenza Tablet

obat-tremenza-tablet

Beli Tremenza Tablet Klik di Sini

Jenis yang pertama adalah tremenza tablet. Dengan kandungan pseudoephedrine 60 mg dan 2,5 triprolidine HCl ampuh untuk meredakan berbagai gejala flu seperti bersin-bersin dan juga hidung tersumbat.

Untuk jenis obat tremenza tablet ini, cocok digunakan pada anak-anak usia 6-12 tahun, diatas 12 tahun dan juga orang dewasa. 

Kisaran harga: Rp 22 ribu/strip

2. Tremenza Sirup

obat-tremenza-sirup

Beli Tremenza Sirup Klik di Sini

Untuk anak-anak usia di bawah 12 tahun, tremenza sirup dapat menjadi salah satu andalan Anda dalam mengatasi flu. Anda dapat memberikan obat ini 3-4 kali dalam sehari.

Penggunaan tremenza untuk anak dapat diberikan dengan dosis tiap konsumsi yang dianjurkan yaitu 1 sendok takar untuk usia 6-12 tahun dan 1/2 sendok untuk usia 2-5 tahun.

Kisaran harga: Rp 30 ribu/pcs

Dosis dan Aturan Pakai Tremenza

Penggunaan tremenza sendiri tergantung pada jenis obat dan juga usia pasien. Pastikan untuk selalu mengikuti resep dokter atau aturan pakai yang sesuai untuk menghindari berbagai dampak buruk yang mungkin saja timbul.

Obat jenis tablet disarankan untuk anak-anak di atas 12 tahun dan juga orang dewasa. Berikut ini merupakan anjuran penggunaan tremenza tablet:

  • Anak-anak usia lebih dari 12 tahun, dapat mengonsumsi 1 tablet obat dalam satu kali konsumsi untuk 3-4 kali sehari
  • Dewasa, 1 tablet obat tremenza dan dapat dikonsumsi 3-4 kali sehari atau sesuai anjuran dan kebutuhan

Berbeda dengan obat jenis tablet, tremenza sirup sangat cocok apabila diberikan pada anak-anak usia 6-12 tahun maupun usia 2-5 tahun. Anda dapat menggunakan dosis pemakaian tremenza di bawah ini untuk jenis obat sirup.

  • Anak usia 2-5 tahun, berikan setengah sendok takar obat sirup yang dapat dikonsumsi untuk 3-4 kali dalam sehari
  • Usia 6-12 tahun, anjuran penggunaan tremenza sirup adalah 1 sendok takar dengan intensitas sama yaitu 3-4 kali sehari
  • Anak-anak usia 12 tahun atau lebih, minum 2 sendok takar obat sirup tremenza untuk 3-4 kali dalam sehari

Peringatan Tentang Tremenza

Dalam penggunaan obat tremenza, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah interaksi ketika dikonsumsi bersama dengan obat-obatan lain.

Hindari mengonsumsi tremenza bersamaan dengan minuman beralkohol. Hal ini dikarenakan interaksi antara tremenza dan minuman beralkohol dapat meningkatkan kandungannya, berpotensi menyebabkan efek samping dan juga bahaya lainnya.

Selain itu, orang dengan kondisi kesehatan khusus perlu berhati-hati saat mengonsumsi tremenza. Apabila memiliki beberapa kondisi kesehatan khusus di bawah ini, pastikan untuk menghindari penggunaan tremenza atau konsultasi dokter terlebih dahulu.

  • Riwayat asma
  • Memiliki kondisi hipersensitivitas maupun alergi terhadap kandungan dalam tremenza yaitu pseudoephedrine dan triprolidine
  • Sedang atau memiliki riwayat hipertensi, glaukoma serta diabetes
  • Mengonsumsi obat penghambat MAO yang biasa digunakan pada berbagai terapi kesehatan

Pastikan untuk selalu mengonsumsi tremenza sesuai anjuran dokter, baik dari dosis maupun lama konsumsinya.

Efek Samping dan Bahaya Tremenza

Penggunaan obat tremenza sendiri memiliki potensi beberapa efek samping yang perlu Anda perhatikan. Efek samping di bawah ini mungkin saja timbul ketika Anda mengonsumsi tremenza dengan kandungan pseudoephedrine dan triprolidine.

Pastikan untuk segera berkonsultasi dengan dokter ahli apabila Anda merasakan efek samping penggunaan obat tremenza tidak kunjung mereda. Hentikan penggunaan obat flu tremenza apabila Anda mengalami beberapa efek samping serius di bawah ini.

  • Tubuh mudah memar atau berdarah
  • Sesak napas
  • Suasana hati yang mudah berubah-ubah
  • Detak jantung cepat
  • Berbagai gejala tekanan darah tinggi seperti sakit kepala, telinga berdengung, kejang, gelisah)
  • Jarang atau sedikit buang air kecil

Tremenza untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Selama masa kehamilan, penggunaan Tremenza sangat tidak dianjurkan dan lebih baik untuk dihindari.   

Untuk obat jenis apapun saat masa hamil maupun menyusui, lebih baik untuk selalu berkonsultasi pada dokter ahli. Kesehatan ibu dan juga si kecil perlu dijaga dengan ekstra hati-hati dan dianjurkan untuk tidak mengonsumsi obat-obatan kimia apapun.

Sedangkan untuk ibu menyusui, mengonsumsi tremenza bisa saja menyesap ke dalam ASI. Hal ini berpotensi mengurangi kualitas ASI dari ibu dan beresiko membahayakan si kecil.

Untuk ibu hamil dan ibu menyusui, mengonsumsi obat hanya disarankan oleh dokter ahli ketika memberikan banyak manfaat dibanding resikonya.

Itulah tadi informasi lengkap seputar obat tremenza yang perlu Anda ketahui. Jangan mengonsumsi tremenza secara sembarangan, pastikan untuk mengkonsultasikannya bersama dokter ahli terlebih dahulu.

Sakit tiba-tiba, butuh obat tapi malas keluar rumah? Tenang, K24Klik siap melayani Anda 24 jam nonstop dengan jaminan produk 100% asli dan pengiriman cepat 1 jam sampai. Yuk unduh aplikasi kami di Play Store dan App Store sekarang juga!

Referensi:

https://www.mims.com/indonesia/drug/info/tremenza diakses pada 26 Juli 2023

https://www.cdc.gov/flu/professionals/acip/clinical.htm#:~:text=Uncomplicated%20influenza%20illness%20is%20typically,sore%20throat%2C%20and%20rhinitis) diakses pada 26 Juli 2023